Awkward on Stage

Tanpa perlu ditebak lagi (siapa yang mao nebak juga) saya itu orangnya lumayan gak bisa hidup tanpa musik. Setiap kali pasti ada aja lagu yang lagi nangkring di kepala. Kalau lagi ngerjain sesuatu yang tidak memerlukan fokus penuh (macam baking, nyetrika, jalan pagi, nyapu, dll) saya lebih suka sambil dengerin musik. Gimana kalau gak ada musik? saya nyanyi sendiri, kalau udah capek nyanyi, senandung2 aja atau siul2 satu lagu penuh.

Iya bibir saya suka pegel gara2 suka siul2 satu lagu penuh.

Dulu malah pas jaman saya masih SD lebih parah, kalau lagi duduk di mobil, terus bosen ga ada kerjaan (baca : ga ada cemilan dan baca buku di mobil bikin mual), saya nyanyi lagu Butet berbagai versi, versi asli, versi siul, sampai versi senandung dengan nyanyian satu kata. Apa tuh nyanyian satu kata? misal kita pilih katanya ‘Wau’ maka saya akan menyanyi begini :

wawaaaauuuu,

wawau wawawau

wawau wawawau

wawau wawauuuuuuuu…

(nyanyikan dengan nada “Buteeeeeeeeet, di pangungsian, do amangmuuu, aleee buteeett”)

Kadang ‘Pipip’, pernah juga ‘Nyunyu’, sesuka hati aja. Lagunya juga terus berganti2. Sampe sekarang juga kadang masih begitu, tapi udah malu sama ponakan (HAHAHA).

itu semua dinyanyikan satu lagu penuh, diulang2 sampai saya capek sendiri terus ketiduran. Saya cukup kagum sama ibu dan bapak saya yang bahkan gak berpikir kalau saya ini ada kelainan. Mungkin bukan kelainan tapi jelas2 saya sering mengekspresikan diri dengan cara yang aneh *menghela nafas*.

Intinya saya suka musik lah ya (sebenernya mau bilang ini doang tapi harus banget buka aib).

NAH. tapi secara saya anaknya suka telat tahu dan males denger radio (kecuali lagi kejebak macet) atau tivi (kecuali nonton AFC), maka biasanya lagu2 yang saya dengarkan itu bukan berbasis lagu-nya, tapi penyanyi siapa yang sedang saya gandrungi saat itu. Misal lagi asik2 jalan di mall, denger lagu enak, terus mulai deh apalin liriknya, googling, ketemu nama penyanyinya, dan mulai mendengarkan seluruh lagunya dari jaman baru eksis sampe udah terkenal. Kalau saya suka 50% dari discography-nya, apalagi kalau ditambah suka karakternya dari rekaman interview di youtube, maka saya resmi jadi fans. Jadi gak heran seringkali ada momen2 dimana saya lagi tergila-gila lagu yang udah hits dari entah-jaman-kapan saat semua orang sedang keranjingan Bruno Mars, Adele, atau Psy (masih naik daun gak sih?)

Gak maksud jadi anti-mainstream tapi emang moodnya suka gak pas sama trend aja. Bisa jadi 20 tahun lagi saya baru gembar-gembor Bruno Mars, saat semua orang lagi tergila-gila dengan Afika si Goyang Ulir. Gak typo, ulir ya, bukan ular. Yes, yes, mengulir kayak sekrup, makin muter makin jongkok, kalau diputer arah sebaliknya dia berdiri lagi.

what? jalan hidup orang kan ga ada yang bisa nebak, lihat Tina Toon! lihat Aurel Ananghijau!

Terus, karena sifat ini jugalah saya suka kesepian karena pemuda dan pemudi yang seangkatan sama saya jarang banget yang suka Louis Armstrong, atau Dean Martin, atau Ella Fitzgerald. Jangankan temen seumuran, ibu saya aja suka merasa saya ini terlalu jadul. Karena sifat ini jugalah dan karena emang saya anaknya ceroboh tapi suka detail untuk hal2 gak penting, saya baru sadar bahwa,

Beberapa penyanyi idola saya itu awkward di atas panggung.

Nyanyi boleh oke, bakat boleh luar biasa, tapi joget masih susah. Salah satu yang saya perhatikan jogetnya agak aneh adalah Ke$ha yang baru belakangan saya gandrungi. Eh itu yang ngernyit2 ngejudge di pojokan jangan sok kecantikan ya, kalau lagu enak ya enak aja. Mari menerima kenyataan bahwa orang yang suka lagu karena lirik itu biasanya lagi curcol (iya saya juga sering gitu), apresiasi yang tulus itu ya suka lagu karena emang enak didenger aja. Lagian meski mbaknyah suka dituduh mabora kalau lagi nyanyi, tapi fakta bahwa dia nyanyi dengan cara begitu secara konstan membuktikan kalau dia ga mabok, cuma emang bawaan kromosom aja kalau ngomong agak2 ngeslur (apalah bahasa baru). Kalau menurut saya sih mending Ke$ha ketimbang Lady Gaga sama Katy Perry. Eh tapi gatau ya kalau di masa depan dia memutuskan untuk mendoping diri dengan mirasantika sebelum manggung, semoga enggak sih :D.

Jadi si jeng Ke$ha ini saya perhatikan kalau lagi tampil live, dia kan suka bawa2 penari latar gitu, nah itu koreografinya saklek banget, si mbak goyangnya kayak sambil ngafal buat tes ujian praktek Penjaskes. Sepanjang yang saya tahu, gak pernah ada momen dimana Ke$ha memutuskan untuk bernyanyi free style keluar dari koreografi. Kalaupun iya, paling cuma jalan dari dari pinggir ke pinggir panggung lainnya aja. Gak ngarep dia nyanyi terus tiba2 split bikin ngilu kayak artis lulusan Beijing Dance Academy sih (referensi : Victoria F(x)), atau joget Gangnam style, tapi paling gak jangan kaku lah ya. Bisa dicek sendiri ya di youtube, males nih kalau harus meng-embed 2-3 video, seterusnya bakal ada video2 lain soalnya.

Itu mbak Ke$ha yang dituduh mabok di atas panggung, mau tahu yang kalau nyanyi sering banget gak sober? Amy Winehouse.

HUKS. hati gue perih setiap mengingat almarhumah Amy Winehouse (lagu latar : Gugur Bunga di Taman Bakti). Dia tuh kayak contoh orang yang gak sempat meresapi makna lagu Mirasantika-nya Rhoma Irama. Masalahnya ya, menurut saya lagunya Amy Winehouse itu enak banget… kapan lagi nemu penyanyi seangkatan saya yang memilih genre selain pop mainstream? saya suka hampir semua lagunya di album Frank sama Back to Black T-T. Udah pernah coba-coba nyanyi lagu Amy Winehouse pas sesi karaoke tapi tetep aja gak bisa menyamai (iya, saya sepede itu soal karaoke). Mungkin karena sering banget mabok pas manggung itulah jogetnya kadang suka kurang nampol, seperti yang bisa dilihat di bawah ini :

Tuh doski pake minum dulu di tengah2 lagu, terus goyangnya males banget. Perhatiin juga deh dua mas2 botak penyanyi latar, narinya semangat banget ya? inget goyang poco2 ibu2 kompleks tiap lihat mereka berdua.

NAH, tapi dari Ke$ha sama Amy Winehouse, ada satu mas2 yang sukses bikin saya ngakak kalau lihat dia lagi nyanyi, in fact, dialah yang menginspirasi saya untuk buat postingan ini. Bahkan gak perlu intip2 video pas manggung live karena dia tetap awkward setelah melewati proses record and editing untuk official music video. Dialah…..

Nathaniel Motte dari grup 3OH!3.

(tengkurep di meja, perutnya geli nginget2 kelakuan mas Motte)

Jadi ceritanya kan kemaren secara tidak sengaja ngeliat ada orang mencover lagu My First Kiss-nya 3OH!3 feat Ke$ha. Secara saya lagi agak suka ama Ke$ha dan emang pernah denger itu lagu dulu banget, akhirnya penasaran pengen liat video klipnya. Saya bener2 amaze pas nemu duo 3OH!3 ini, karena kok timpang banget? Sean-nya bertinggi standar dengan rambut kecoklatan, gak terlalu menonjol, tapi begitu liat Nathaniel Motte perasaan saya langsung campur2, antara kagum, iba sama pengen ngakak. Soalnya di balik semua bakat dia menciptakan lagu dll, gerakannya awkward banget.. :))

Kiri : Nathaniel Motte, kanan : kalau gak salah namanya Sean (males ngecek)

Jadi mari saya bawa anda2 semua ke official music video My First Kiss by 3OH!3 and Ke$ha, sengaja saya link ke youtube aja, ga embed, biar terkontrol ya, ada mature content soalnya. Liat yang menit ke 0:43 – 1:11 terus 1:23 – 2:11 .

Kenapa sih pas Sean nyanyi si Nat mesti bolak-balik di belakang Sean dengan muka BINGUNG? kayak sambil mikir :

Bro bro, jangan makan tempat bro

Bro gue butuh camera time bro

BRO TADI DI AWAL JANJINYA GA GINI DEH

Paling enggak kasi gue bentar deh bro, kasian emak gue nonton

Kameramen bangkek, ke gue napa nyorotnya

Rambut gue udah lepek aja…. kenapa sih susah banget mau cakep…

Eh abis ini gue ngapain ya?

Kayak lagi siaran langsung liputan panjat pinang pas tujuh belasan. Reporter sibuk melaporkan, sementara anak penduduk lokal loncat di kiri kanan.

(ngakak lagi)

Dan itu dia lakukan di seluruh show, baik mv maupun live. Terus gue sempet mikir apa ini orang aslinya emang ngelawak ya? jadi gue liat interviewnya, ternyata tidak dong, si  Nathaniel Motte ini kalau ngomong datar. Jadi emang awkward aja di panggung?

You know, pelawak paling lucu itu orang yang ngelucu bukan karena sengaja, tapi emang nasib aja.

Terus dari sekian banyak komentar, ada satu komen di youtube yang palin bikin ngenes :

The shorter dude was like : “Hey, what’s up?!  look at me, I’m cool”, but the other one was like : “Hello, I’m potato.”

(ketawa sampe nangis)

HEH! Jangan jahat sama mas Nathaniel ya! (tapi sendirinya ngakak)

Ini rasanya bener-bener rumit deh, pengen nyela tapi sayang. benci benci rindu. Kalau dilanjutkan bisa ngefans beneran.

Tapi tapi, saya baru tahu kalau sekarang Mas Motte udah potong rambut, jadi begini :

cieh, potong rambut nih ye

ga ridhooooo!!! kurang nampol kalau rambutnya ga lepek!

Kenapa sih mesti krisis identitas? padahal ya gak usah potong rambut juga kalau diliatin terus lama2 bisa keliatan lumayan, kayak ini :

see? lumayan kan si Nathaniel-nya?

Tapi yasudahlah, sebagai fans yang baik saya harus terus mendukung apapun keinginan Mas Motte, termasuk saat dia kepengen agak necis. Don’t get me wrong mas Motte, saya juga jauh dari sempurna, tapi dirimu menghibur banget sampe hati ini tak bisa bohong kalau jadi agak2 naksir meskipun dirimu agak kayak toge etiolasi.

Btw, Mas Motte kalau nampil di Indonesia nanti insya Allah saya nonton ya…

“Iyaaaaaaaa…”

PFFFFTTTT…. =)) =)) =))

*ngakak sampe nangis*

Manda.

6 thoughts on “Awkward on Stage

  1. holaa

    kalo mnurut saya grupben lokal yang awkward on stage itu PADI 😀

    dan tenatang musik, saya rasa suatu saat nnti saya akan benci musik
    pertama : bersama embrace (grupben inggris klo g salah), saya pernah cilaka di simpang pahlawan (bdg), gak tau knapa, tiba2 ada setir motor di rusuk bagian kanan saya, dan itu 3 bulan gak ilang2 birunya wkwkwkw
    kedua : masih tntang celaka juga dan kali ni di simpang dago, ciuman dengan angkot ijo
    ketiga : bisa bikin rela keluar jam 2 ato tiga pagi buat beli ro*ok, hanya krna… gak tau krna apa, jd pengen aj
    keempat : bisa bikin waktu mandi jadi lebih lama… dan saya setuju dengan bahasa malaysianya toilet itu ‘bilik merenung’
    kelima : ini mungkin karena sayanya aj yang payah, tapi kadang suka kbawa saat solat, muncul dah berjuta2 lirik, semoga gak lagi, masih terus belajar juga ahaha

    semangat kk!

    oh iya, perkenalkan saya yang cinta racauman manda sejak 2009
    semangat!

  2. Pingback: Topic 1 : Blog Favorit | Racauan Manda

  3. Pingback: Topic 3 : Seven Years of Blogging. | Racauan Manda

  4. Pingback: Topic 4 : Baju Impian Saat Langsing. | Racauan Manda

  5. Pingback: Topic 11 : Suka Duka Skripsi. | Racauan Manda

  6. Pingback: Topic 12 : Kenapa Diet? | Racauan Manda

Leave a Reply

