Criminal Case!

Saya lagi ketagihan sama salah satu game Facebook, namanya Criminal Case. Aktivitas FB saya belakangan kebanyakan update mainan ini dan sempet bikin sepupu saya Ombink agak2 sebel (dipikir2 nama lo tuh muncul hampir di setiap post gue ya bok, udah kayak posting berbayar). Dia nyinyir karena gak mau dipengaruhi terus ketagihan lagi! tapi saya sebagai tukang ngeracunin sejati, saya gak ngoyo dalam mempengaruhi orang, ngikut arus aja, entar juga kalau emang takdirnya sih bakal kecebur sendiri *ketawa nyebelin*.

Saya suka mainin ini karena seru gitu, mecahin kasus. Sistem mainnya sendiri gabungan antara The Sims Social (ada energy, coin, dan real cash), Hidden Object games (buat pas cari barang bukti gitu) dan sesekali ada puzzle juga. Paling yang ditambahin adalah sistem bintang (buat nerusin progress, jadi kalau mau interogasi suspect = 1 bintang, lanjut kasus berikutnya = 2 bintang, bisa dapet kalau rajin2 cari barang di TKP). Terus timnya juga gak cuma kita, ada partner dummy yang namanya Jones, terus bisa partner-an juga sama temen FB yang juga main, terus ada juga ahli IT, tim forensik, lab, tokoh polisi lokal, bos, dan tentu saja suspect2 yang kadang mukanya aja udah model preman pasar.

Dulu sih saya main The Sims Social, secara saya ini penggemar The Sims sejak zaman The Sims 1, jelaslahya bagaimana mungkin saya tidak ikut terlibat dalam dunia perdesims-an, tapi terus karena banyaknya pengguna, dan expand fungsi sistem yang bikin lamban, saya jadi males main lagi. Terus suka bete aja ngapa2in mesti minta approve temen, mau bangun rumah? nunggu respon, mau perluas tanah? nunggu respon, ribet gila deh. Gue sebagai manusia yang rendah hati suka agak2 gak enak gitu kalau mau perluas tanah rumah aja pake pamer dolo *seakan-akan tanahnya luas*, belum lagi kalau barangnya kebanyakan, tanahnya kelebaran, scrollnya lama… atau ada system error yang biarpun udah restart dan doa jampi2 masih aja gak sembuh, jadi yaudah semakin membuat jadi males main.

Sempet sih agak kasian sama notifikasi orang2 yang request macem2 tapi gak gue kabulkan karena kecewa sama lambatnya si sistem itu, tapi karena kakak saya masih suka main dan dia bilang sering mampir rumah saya di TSS (entah ngapain, numpang pipis kali, atau… main trampolin? gue kayaknya punya trampolin di TSS) jadi saya bertahan gak saya apus. Tapi seminggu yang lalu sih udah saya delete, dengan asumsi kakak saya yang susah move on itu udah bosen mainnya, hehehehe.

Tapi, bak pepatah “tertutup pintu satu maka terbuka 1000 pintu lainnya”, tiba2 saya ketemu aja sama game Criminal Case ini, dan langsung jatuh cinta. Kenapa?

1. Kalau di saya, yang main belum banyak, loading-nya masih cepet. Total partner yang dari friend list saya tuh sekitar 15-an saat ini, dan sebagian besar masih aktif bermain, jadi seneng banget :D. Berasa partner-an sama orang2 yang kayaknya kalau di dunia nyata jadi partner buat memberantas kejahatan itu pas banget (you know who you are, ya.. hueheheh).

2. Tampilannya oke. Sebagai seorang illustrator yang waktu kecil pake didikan komik Jepang, saya cinta deh liat lay out sama gambarnya. Demen demen demen.

3. Karena ini mengabulkan mimpi terpendam saya sebagai agent FBI. HUAHAHAHAHA. Eh beneran loh, saya ini dari dulu suka banget nonton Criminal Minds, sampe sekarang pun masih ngikutin. Suka aja menebak2 jalan pikir tersangka, terus mencoba meluruskan benang kusut kasus, meskipun sebenarnya saya ini anaknya kurang detail dan sering salah nebak. Tapi gara2 nonton Criminal Minds dan tv seri lain bertema kriminal, saya sempet mikir apa jadinya kalau saya lahir di Amrik, mungkin bisa masuk FBI, jadi anggota tim BAU (Behavioural Analysis Unit) yang bermarkas di Quantico, Virginia?. Tapi gimana, saya lahirnya gak disana, terus umur juga udah bukan anak sekolah/kuliah yang bisa menclok sana sini, jadi yaudah mimpi itu jadi intermezzo aja. Lalu sayapun melihat dunia kepolisian Indonesia dan entah kenapa gak merasa momennya tepat, karena saat ini jangankan mau bikin tim BAU yang kayak FBI di Amrik, nampak masih cari2 identitas juga. Makanya pas ketemu game Criminal Case ini rasanya jadi kayak dream come true *lebay to the max*.

Emaaaaaang siiiihh kasusnya masih ece2 *belagu*. Clue-nya suka udah jelas banget, kayak clue yang ada di “Case 1 : The Death of Rosa Wolf” : pelaku laki2, bertopi biru dan berbaju jersey biru nomor 9. Terus setelah proses interogasi, pelacakan bukti, daftar suspect-nya begini :

YA MENURUT LOOHHH???!!!

Sebenernya secara level 1, gue berusaha untuk berpikir sederhana sih, jelas2 ini kasus bakal dibuat gampang. Jadi pembunuhnya sudah pasti yang mana, tapi sempat terlintas masa sih si suspect masi pake topi dan baju biru kemana2 setelah abis bunuh orang? tapi sudahlah, yang penting bisa lanjut ke kasus berikutnya.

“Case 2 : Corpse in Garden” juga gak kalah tricky, karena kali ini suspect-nya lumayan bejibun :

Tapi tetep aja clue-nya gamprit banget. Nah disini saya sempat curiga apakah si pelayan cewek itu transexual (itu dada palsu kan? tampang kamu maskulin!) dan sempet gemes kenapa si pelayan ama Marconi, si cowok kedua dari kanan gak suruh nyengir juga (karena salah satu clue-nya adalah gigi ompong, ada bukti gigi emas ketinggalan di TKP – epic) dan.. aneh, kenapa gak tes DNA aja? gigi copot ada bekas iler kan harusnya?. Semua tampangnya mencurigakan kecuali Marconi tampangnya agak2 sejuk gitu. Tapi saya sebagai Deputy (baru naik pangkaatt kyaaa) tidak akan tertipu karena biasanya yang muka2 malaikat itu suka lebih jahat dari muka macam.. well…. macam si Joe, manajer supermarket yang kedua dari kiri. Itu paling jahatnya mungkin cuma ketawa2 aja di pojokan bikin serem, atau…. bau badan? intinya mengganggu kenyamanan masyarakat! angkut deh!.

Kayaknya emang ga cocok jadi agent FBI ya kerjaannya guyon =)).

Sekarang saya dengan bangga sudah sampai ke “Case 3Β  : The Grim Butcher” (alhamdulillah ya Allah, nyampenya lama karena mesti dapet report dari friend + nyelesein additional case, tapi saya bekerja keras dan akhirnya sampai << lebay abis, tapi berasa pencapaian banget) terus belum apa2 udah disambut ama pemandangan ini :

Itu ya tadinya di antara babi2 potong itu ada mayat telanjang berdarah2 digantung terbalik, cuma udah gue ambil sebagai evidence, lagi masuk forensik besok kayaknya beres (iya makan waktu 18 jam, berasa real banget kan?) terus lagi rajin2 cari barang di TKP biar bisa interogasi pemilik toko daging itu . Case 1 ama 2 juga ada mayat sih, terpotong2, lehernya disayat, tapi so far ini lebih jijik. Jadi kayaknya yang punya anak2 di bawah umur mending jangan suruh maen deh ya, timbang entar gedenya aneh2.

Huhuhu, biarpun kasusnya berasa ece2, tapi saya berharap banyak sama kasus2 berikutnya nih, karena yah, kalau diliat dari peta, kasusnya masih banyaaakkkk :

Dan itu baru satu area, di daerah industrial, di atas-kanan-nya masih ada area lain, university area, financial center, historic center, dan saya gak sabar pengen liat semua kasuuuss. sungguh menjanjikan!

Pokoknya, yang suka nonton tv seri kriminal, suka baca novel detektif, adek2 yang lagi belajar bahasa inggris – mau nambah vocab, coba deh main. Tapi yang di bawah umur minta ijin ortu dulu ya :). Tapi kalau udah main, jangan ketagihan kayak saya ya :D.

Stay safe!

Waspadalah! WASPADALAH!

Deputy Amanda yang baru level 8 udah belagu.

Advertisements

93 thoughts on “Criminal Case!

  1. Tenang,, akupun membayar dengan namamu selalu muncul di postingan blog akika bok

    Sudah saya duga.. pasti akan muncul postingan macam ini
    eng, kayaknya keren juga ya? *mulai tergoda #chikusooo

    1. huahahaaa asik nama lo udah muncul di friend list gue, udah nyoba ya? kalau suka terusin, ga suka ya delete aja app-nya ;)). Senaaaaaang bisa partner-an!

          1. Salam Gamer wkwk.. aku termasuk yang ketagihan main salah satu game facebook ini.
            kalo buat ngelanjut pasti ada notif itu ya.. dan itu nyebelin
            aku biasanya nggak meminta laporan 3 temen fb tapi disitu (dibawah) ada tulisannya wait for 3 days. jadi ya nunggu 3 hari lagi baru bisa main.. tapi sebelum itu harus download dulu level itu (disarankan untuk pakai wifi.. biar cepet maksudnya hehe)

            btw.. itu yang versi aplikasi buat ipad kalo game langsung di PC/Laptop kurang tau tapi sepertinya sama sih

            semoga membantu ^-^

  2. cara u/ masuk case 3 ya minta 3 laporan, cara dapetin laporan minta aja d permintaan ke temen” yg di FB/yg sering maen CC..klu udah completed 3 laporan’a bakal k unlock/kebuka Case 3’a … πŸ˜‰

  3. Yang ke 3 tersangka nya orang pakai rambut cewek rambut:hitam ada bunga matahari di rambutnya gw udah lvl 4 add fb saya rifky marfhian satu sembilan dua sembilan untuk laporan he he…

  4. Yang punya blog ini kita partner-an yukπŸ˜„ Profil: Luthfi Malik Ibrahim
    kasus#6 Polisi Baik Tewas

  5. ntar kasus terakhir bakal seru…….. para detektif bakal berhadapan ama konspirasi kelas berat di grimsborough melibatkan org2 penting di grimsborough……

    ane udah inspektur level 120 di pasific bay

  6. Mbak Mandaaa, kasih rekomendasi game-game detektif lain yang seru dong dan serial tv yang kayak detektif-detektif gitu. Ditunggu postingan detektifnya :p Makasih mbak man! πŸ˜‰

  7. Salam kenal.. Buat yang stuck ga bisa buka kasus 3 itu mungkin karen kasusnya belum di download… Aq main nih game yg versi android, untk kasus berikutnya dmulai dari kasus ke 3 selain butuh laporan dari tiga teman (kalo tanpa bantuan mesti nunggu 3 hari) juga mesti download dulu baru bisa dibuka… πŸ™‚ CMIIW

  8. hi aq ada main cc sudah lumayan sepuh sih gua hahaha mau minta bantuan nih kan aq ada download di android untuk main cc setelah aq update koq ga bs main lg yaa? selalu dibilangnya space ga cukup pdhl sdh di clear data dan sempat jg uninstall trus install ulang tetap aja ga bisa ,,,,,pleas bantu ya guys kasi solusi biar bisa main lg addicted parahhh nihh tqb4 yaa πŸ˜€

  9. Kl saya kemarin pake iphone mainny tp pas pke samsung hrs ulang dr awal pdhl udh jauh,, kok gk sprt candy crush ya? Ulang instal dimanapun gk hilang

    1. tunggu aja sampai 3 hari gan atau kalo main d android buka pengaturan tanggal misalkan sekarang tanggal 4 april 2016 dimajukan gan jadi 7 atau 8 april gan insyallah bisa kok

    1. Hahaha iya emang lama2 bikin ketagihan. Waduh, kalau buku detektif jarang, tapi film2 detektif ada sih. Coba aja cek2 siapa tau saya review di postingan2 terbaru ya πŸ™‚

  10. untuk masuk ke case berikutnya, kita harus minta tolong ke temen2 CC kita (temen FB yg juga main CC). Kan ada pilihannya ask friends tuh. Ya udah dicentangin aja yang kira2 masih demen main CC.
    Ntar kalo udah kumplit dapet 3 bantuan, ada notifikasi kalo report kita udah rampung. Trus download deh case berikut yang kita tuju.
    Oh ya, case sebelumnya yang udah kita selesain bisa didelete kok, untuk ngurangi space memory

  11. kak gimana ya kalo kan maen criminal casedan aku mau nyampe kasus 3 dan aku terhalang oleh katanya aku butu laporanmu terus aku minta bantuan teman teman kata teman teman udah dikompir tapi di criminal case nya gimana tu kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s