Small Pebbles,

Memang yang namanya berusaha, selalu diiringi harapan bahwa keberhasilan itu akan datang. Kalau bisa instant, gak perlu nunggu lama2. Gak peduli sesering apapun orang bilang : “learn to love the process, not the result”. Pasti ada aja racun2 dalam hati yang terlalu takut untuk merasakan yang namanya penolakan, kegagalan, sakit hati. Dimana-mana, semua kepengennya sekali tembak langsung dapet apa yang dimau.

Tapi hidup tidak seperti itu, kadang usaha terbaik kita pada saat itu masih belum cukup, belum lagi ditambah faktor X yang turut ikut campur. Saya sendiri, termasuk orang yang mudah kecewa, kritik menyakiti saya secara personal, membuat saya malas untuk berusaha kembali. Yang perlu pintar bukan hanya otak, tapi juga hati. Karena kadang otak tahu apa yang harus dilakukan, tapi hati terlalu bebal untuk mengerti. Terlalu banyak ego yang menurunkan kecerdasan.

Lalu, saya pun mulai berusaha mencari the right answer untuk keraguan ini.

Saat berusaha, ingatlah kisah Pak Beruang.

  1. Hari pertama Pak Beruang pergi ke sungai untuk mencari ikan. Dia menceburkan diri ke dalam sungai, dari pagi hingga malam, tapi tidak ada satupun ikan yang didapatkan. Bajunya basah kuyup, dan dia pun masuk angin.
  2. Hari kedua Pak Beruang pergi ke sungai untuk mencari ikan. Dia membawa bekal makanan dan baju ganti. Seharian dia mencari ikan, namun masih saja belum ada ikan yang dia dapatkan.
  3. Hari ketiga Pak Beruang pergi ke sungai untuk mencari ikan. Dia menggunakan pancingan dan kail, seharian dia menunggu, tapi masih saja tidak ada satupun ikan yang bisa dia bawa pulang.
  4. Hari keempat Pak Beruang pergi ke sungai untuk mencari ikan. Dia memasang umpan ulat pada kailnya, seharian dia menunggu, hanya satu ikan yang dia dapatkan.
  5. Hari kelima Pak Beruang pergi ke sungai untuk mencari ikan. Dia pergi tempat dimana ikan berkumpul dan berkembang biak, dia mendapatkan ikan lebih dari pada yang dia harapkan.

Hidup itu adalah pelajaran tanpa akhir. Kalau mencoba sekali tapi masih belum juga mendapatkan apa yang diinginkan, mungkin memang hari itu adalah hari dimana kalian belajar untuk selangkah lebih dekat dengan tujuan. So don’t be afraid, you are perfect, you just need to learn the tricks a lil’ bit more.

Nobody trips over mountains.  It is the small pebble that causes you to stumble.  Pass all the pebbles in your path and you will find you have crossed the mountain.  ~anonymous

*berdoa sambil self-hypnotize*

Mandhut.

Advertisements

3 thoughts on “Small Pebbles,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s