Chocolate Muffin.

Oke jadi kali ini saya mau bagi resep. Setelah 2 minggu mempertimbangkan masak2, akhirnya diputuskan mendingan berbagi resep yang udah sering bikin dan emang bener2 gampang karena…

ya karena yang berbagi juga pemula jadi apa mau dikata *ketawa miris*.

Terus diputuskan, yaudah kali ini ngebahas soal Muffin aja deh, Muffin Coklat.Β  Tadinya mau berbagi resep Phoenix Claw alias Dimsum Ceker, karena itulah makanan yang lagi disempurnakan belakangan. Saya mau coba test masak final buat nentuin resep paling sip, tapi entah kenapa udah 3 kali ke supermarket deket rumah berkali2 persediaan ceker mereka habis. Terus setelah dipikir lagi, gak semua orang juga suka ceker (padahal enak banget loh itu), jadi yaudah lah.

Resep muffin ini adalah resep kedua yang saya coba setelah checkerboard biscuit. Waktu itu saya sedang getol cari2 resep yang gampang tapi enak terus langsung jatuh cinta sama muffin, karena gampang banget dan memang diharuskan untuk gak mengaduk2 adonan sampai rata. Gak ada kata2 Au Bain Marie, Soft Peak, Stiff Peak, gak harus ditungguin sampai mengembang blablablaa. Cepat, gampang, enak, bahannya juga mudah didapat. Sangat forgiving untuk para pemula. Aslinya saya udah coba buat sampai banana muffin, vanilla muffin, terus cheese muffin juga, tapi kali ini chocolate muffin dulu aja, yah :D.

Karena cukup mengenyangkan, muffin ini enak buat sarapan dan bekal. Tapi kalau emang nggragas ya dijadiin cemilan aja sebagai teman minum teh πŸ™‚ *ngikik*.

Oh ya, saya ini masih pemula, jadi saran, info atau kritik akan sangat membantu*peluk*

Chocolate Muffin ala Mandhut

inspired by Chocolate-Chip Muffins by Nigella Lawson

untuk 10 buah.

Bahan Kering :

  • 1 3/4 cup tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
  • 1 SDT Baking Powder
  • 1/2 SDT Baking Soda
  • 2 SDM bubuk coklat (Van Houten – bukan Charly *kabur*)
  • 1/2 cup gula pasir putih (untuk yang suka manis, takaran gulanya ditambah ya, ini udah diukur2 supaya manisnya gak terlalu over, soalnya orang di rumah saya gak terlalu suka manis) – akan lebih enak kalau pakai brown sugar, karena rasanya lebih legit πŸ˜€ (dan saya penggemar Anna Olson garis keras), tadi sih brown sugar saya abis makanya pake Gulaku aja :).
  • 1 cup chocolate chip (Colatta)

Bahan Basah :

  • 1/3 cup minyak canola/minyak sayur (saya pakai Mazola) – bisa juga pake unsalted butter, tapi saya lebih demen pake minyak sayur ini, less messy dan hasil panggangnya lebih rapih karena topping chocolate chipnya gak keburu meleleh. Kalau pakai unsalted butter biasanya topping ditambahin di tengah2 proses panggang dan itu ribet benjet, mana panas. hih.
  • 1 cup (200 ml) plain yoghurt (2 kemasan Biokul Plain Yoghurt kecil @ 100 ml) – resep lain ada yang pakai buttermilk atau susu aja. Tapi setelah coba semuanya, lidah saya paling suka yang pakai yoghurt πŸ™‚
  • 1 telur
  • 1 SDT vanilla essence

Langkah :

  1. Campur bahan kering. Untuk chocolate chip, masukkan dulu 3/4 cup-nya. Aduk sampai semua bahan merata.
  2. Campur bahan basah, aduk sampai semua bahan menyatu.
  3. Campur bahan kering dan basah. JANGAN DIADUK SAMPAI TERLALU RATA, karena muffin lebih enak agak chunky. Cukup pastikan semua bahan kering udah tersentuh sama bahan basah, gak ada tepung2 atau bubuk coklat yang masih nganggur, lalu jangan diaduk lagi.
  4. Siapkan loyang, untuk yang loyangnya dari alumunium bisa dilapis pakai kertas cupcake atau dilumurin mentega di dinding loyang. Tapi bisa juga pakai loyang anti lengket kayak saya, cuma hati2 ya suhunya jangan sampe terlalu panas, ada zat yang bisa terpapar ke makanan nantinya.
  5. Tempatkan di loyang, isi masing2 3/4 takaran cup loyang. Karena adonannya sangat lengket, jadi lebih enak pakai sendok eskrim. Setelah itu, taburkan sisa 1/4 chocolate chip dari bahan kering di atas masing2 adonan sebagai topping. Sekedar tips, kalau bisa topping chocolate chipnya pastikan di tengah, jangan tersentuh dinding loyang karena nanti coklatnya cair kayak saya *hiks*. Kalau suka, taburin aja banyak2 :D.
  6. Panggang di oven dengan suhu 400 derajat Fahrenheit (sekitar 200 derajat Celcius) selama 20 menit.
  7. Hidangkan hangat2.

Itu muffin buatan saya agak gosong dikit pinggirannya gara2 saya keasikan main hape, terus suhunya lupa dikontrol T-T, jadinya sempet aja terpanggang dalam suhu 500 derajat fahrenheit *panik*. Tapi santailah, tetep enak kok. Like I said before, it’s a very forgiving cake. Kalau misal entar ovennya gak ada takaran suhu, pakailah api sedang, lalu pastiin aja bahwa si muffin udah mengembang, terus pakai tusuk gigi untuk tahu apakah dalamnya udah mateng apa belum. Semoga nasib muffin kalian lebih beruntung ya :).

Trivia :

Perbedaan Muffin dan Cupcake -> Muffin itu tidak semanis cupcake dan tanpa frosting, adonannya juga -seperti yang sudah saya jelaskan- cenderung lebih chunky dan padat ketimbang cupcake. Muffin buatnya ya gitu, bahannya cuma dikategoriin bahan basah sama bahan kering, dua2nya dicampur rata masing2 karena nanti pas semuanya digabung ngaduknya ga boleh lebay. Sementara cupcake itu menteganya musti dibuat creamy dulu bareng gula sama telor, baru masukkan bahan kering, macam mau bikin cake. Kalau saya sih nyimpulinnya, muffin itu makanan cepat sajinya orang bule, semacam nasi gorengnya kita, sementara kalau cupcake itu untuk cemil2 cantik. πŸ˜€ *asal*

Ada 3 jenis Muffin :

  1. Muffin amerika, yang saya buat di atas.
  2. English Muffin, yang sekarang udah ada di McDonald buat breakfast, nah kayak gitu deh. Dimasaknya gak di dalam oven, tapi di atas pinggan panas, terus dibolak balik, jadi agak rata macam serabi.
  3. Corn Muffin. Dibuat dari cornmeal, rasanya lebih manis.

Ada juga resep muffin yang pakai buttermilk instead of susu biasa, atau yoghurt, seperti saya. Buttermilk itu adalah sisa susu dari proses pembuatan mentega. Di beberapa negara Buttermilk ini juga salah satu jenis minuman. Kenapa pakai buttermilk? karena nantinya si sodium bicarbonate (soda kue) itu akan bereaksi dengan buttermilk yang cenderung asam untuk menghasilkan gas karbondioksida biar muffinnya mengembang. Nah, kalau di indo kan rada susah gitu ya nemuin buttermilk, kita bisa buat, caranya adalah : tempatkan heavy cream dalam sebuah toples yang tertutup rapat, goncang2 maju mundur sampai nanti di atasnya terbentukb 2 lapisan, lapisan atas menggumpal warna kekuningan (mentega) sisanya buttermilk.

Tapi ribet ye berapa lama juga goncang2nya sampe jadi mentega :)). Makanya saya suka pake substitutenya aja, untuk 1 cup substitute buttermilk, resepnya : 1 cup susu + 1 SDM air lemon / cuka. Aduk2, terus tutup dan tungguin kurang lebih 10 menit sampai si susu menggumpal, tinggal pake deh!. Bisa sih pakai low fat, tapi enakan pake susu full cream aja.

Resep Muffin lainnya :

Chocolate Muffin from About.com

Chocolate Muffins from Recipe Girl

Chocolate Muffin from Joyofbaking

Chocolate Muffin from NZ’s FavoriteΒ  Recipe

Terakhir pesan saya adalah, resep boleh dapet darimana aja, rasa juga gak harus sama persis sama yang di toko. Skill boleh jeblok, tapi yang penting eksis *curcol*. Yang penting adalah bikinnya happy, sambil mikirin pacal misalnya, untuk keluarga, untuk adik yang masih tk, untuk bekal ayah ke kantor. Terus jangan lupa berdoa semoga hasil akhirnya bisa dimakan :D.

Selamat Mencoba!

Mandhut.

Advertisements

2 thoughts on “Chocolate Muffin.

  1. wah kalo aku malah gak terlalu suka muffin, soalnya (menurut aku sih) terlalu padat jadi cepet kenyang πŸ˜€ lebih suka cupcake soalnya ‘ringan’ jadi bisa makan sampe beberapa buah gitu deh *maruk* πŸ˜† anyway thanks resep nya yaaah πŸ˜‰ soal english muffin baru tau lho, kemaren sempet mikir yang di McD ini kok namanya muffin ya, padahal bentuknya kan gak kayak muffin ‘biasa’, ternyataaa emang English muffin kayak gitu yah heheeeu

    1. iya karena sangat mengenyangkan itulah makanya di barat sana biasanya buat sarapan :)).
      hah ngomongin english muffin mcD jadi kepengen deh *maruk*.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s