Feedly, I’m In Love!

untuk pertama kalinya gue merasa agak IT setelah bertahun2 melarikan diri. Tapi karena ini lagi pada kocar kacir setelah Google Reader ditiadakan, dan gue lihat betapa hal ini penting demi kualitas hidup serta betapa banyak juga yang masih belum tahu, mari gue kasih sedikit review dan rekomendasi tentang pilihan RSS Reader lain, ya :D. Teman2 IT-ku yang lebih tahu, mohon dibenerin kalau ada yang salah ya *gak pede*. :)).

Apa sih RSS?

RSS itu singkatan dari Rich Site Summary atau suka juga disebut Really Simple Syndication. Jadi bijimana yang menjelaskannya… *rada males mikir*. Pokoknya setiap post, baik berupa text, video, audio, itu biasanya ada RSS-nya, yaitu kumpulan data simpel yang berisi ringkasan posting (biasanya paragraf2 awal kalau teks), terus metadata semacam info website, author, tanggal dan jam post dibuat, dll dsb.

Terus RSS Reader apa?

Seperti yang udah gue jelaskan di atas, RSS itu memberikan info postingan dalam bentuk paling sederhana. Nah, RSS Reader ini semacam aplikasi yang kalau diumpamakan dalam kehidupan sehari2, macam majalah/katalog yang majang data2 RSS itu.

Kalau misal dulu lo ngefans sama website A, B, C, terus saban hari lo ngecekin website A, B, C, nunggu2 ada posting baru apa enggak, sejam sekali refresh, ini gak usah. Lo tinggal daftarin website kesukaan lo ke RSS reader, terus ongkang2 kaki, entar tinggal cek2 aja dari situ web apa aja yang ada postingan baru, itupun baru berupa summary dan judul aja, baru klik untuk mau baca lebih lanjut. Jadi jelas dari segi waktu, akses informasi dan bandwidth (bagi yang bandwidth-nya terbatas) ini akan sangat membantu.

jadi kayak majalah online yang konten-nya lo sendiri yang nentuin :P.

Pertama kali gue tahu soal RSS Reader ini dari temen namanya Dendy. Jaman kuliah tingkat 2 awal gitu deh kalau ga salah. Dia suruh gue pake Google Reader, dan ngenalinnya juga simpel : “Kayak majalah online aja Man, tapi lo yang tentuin content-nya” dan sejak itu gue gak pernah bisa lepas dari Google Reader. Setiap pagi / malam sebelum tidur gue ngecekin dulu ada posting baru gak, jadi setiap hari gue selalu senang karena tersuplai info2 yang gue suka dan menurut gue penting :D. Ada tentang resep, design, blog yang gue pantengin, dll dsb. puas banget deh ^^.

MAKANYA YAAAA pas Google Reader pensiun pas tanggal 1 Juli yang lalu, yaitu tanggal ulang tahun Agnes Monica *penting abis*, gue berasa kehilangan banget. Udah dibilangin berkali2 ama pihak Google Reader-nya ngingetin 1 juli udah out, gue masih denial, baru pindahan ke bloglovin deket2 hari perpisahan huks huks huks, berasa digusur. Itupun pas pake bloglovin gue masih ngebanding2in, terus akhirnya coba2 deh RSS reader yang lain.

Tapi dari semuanya aku masih kangen Google Reader :(( :(( :((. Soalnya RSS Reader yang lain ada aja deh masalahnya, dari tampilan kurang enak lah, mau adding website susah beneeerrr mesti gue cariin dulu alamat RSS-nya, ri to the bet.

Cuma karena hidup harus terus berjalan dan masih lebih baik pake RSS Reader biar kata kurang mumpuni timbang enggak sama sekali, jadinya setelah coba2 ini dan itu, pilihanku jatuh padaaaa….

  • Dari semuanya gue paling suka tampilan si Feedly ini soalnya bisa diset warna soft, terus tampilan paling mendekati Google Reader, tapi lebih ciamik lagi :D.
  • Add blog gampang :). Kemaren sempet rada heran kenapa blog2 dari blogspot aga susah dicoba add, tapi hari ini udah beres. Lala lala.
  • MANAGE BLOG GAMPANG BANGET MASYAOLOH. Tinggal drag and drop!
  • Bagi mantan pengguna google reader, impor data rada ribet, tapi kalau mau baca bener2 sih pasti bisa, yah. Cuma tinggal donwload file google reader lo dari Google Take Out, terus entar unzip dan yang diupload ke feedly itu file .xml-nya :D.
  • Ada fungsi saved for later dan langsung liat postingan terbaru hari ini ^^.
  • Bisa share langsung ke twitter, tapi bisa juga share ke fb dan twitter lewat buffer.Cuma mbuh ya belum gue eksplor lagi :P.
  • fungsi preferences-nya detail banget deh, ampe warna link yang udah dibaca sama warna link yang belum mau dikasih warna apa juga ditanyain :)), terus ada stocks feed segala
  • *update 15:24 – 4/07/13*Β  baru dicoba pake browser di PC/Laptop ya, kalau tablet atau android gak tahu tampilannya masih enak pa gak πŸ˜›

Nah untuk yang gamau ribet, bisa juga pake bloglovin, RSS Reader yang direkomendasiin langsung dari google readernya waktu itu, makanya gue sempet buat account juga disana. Import dari google reader-nya sih harusnya sih gampang tinggal klik2 tombol aja :D, kalau yang lain musti download upload file .xml dulu. Add blog baru lumayan gampang, tinggal search terus follow blog yang kita suka. Cuma kurangnya adalah orang bisa liat blog apa aja yang kita follow, bisa sih di-set private, tapi itu musti contreng satu2 per blog yang kita add, rada peer kalau follow-nya banyak :D. Di Bloglovin ini, selain blog2 yang kita follow, kita juga bisa liat2 blog lain yang populer, jadi bisa iseng2 baca, nah itu bisa dicari per-topik dan per-negara, tapi sayangnya Indonesia belum ada :)). Lengkapnya monggo dibaca di link ini yah.

Terus selain itu ada juga yang namanya Old Reader yang bagus juga kok masih mirip2 Google Reader, terus Pulse yang visualnya metal banget sih, tapi gue gak suka, terus ribet manage blog-nya, ada juga Digg Reader yang sempet dibilangin Nilla, tapi gue lebih suka Feedly :P.

Kalau mau coba2 yang lainnya masih banyak sih, tinggal google aja pake keyword RSS Reader ntar muncul satu2, cuma beragam ya OS dan free/enggak-nya :D.

Jadi, mari tingkatkan kualitas surfing dunia maya anda dengan RSS Reader! Hip hip hurraaahh!

Mandhut.

//

10 thoughts on “Feedly, I’m In Love!

  1. Reblogged this on {ndutyke} and commented:
    WHAT? Manda kok tampilan Feedly-mu mirip banget ama mendiang GR/ Google Reader sih?? Simpel gitu, kayak interface-nya email. Feedly-ku yg di Android tuh too sophisticated for me, deh. Ga suka ngeliatnya. Trus kudu bolak-balik login. Arghhhh gimme back my GR…. *obrak-abrik kantor Google* Aku jg udah download Flipboard tapi ya gitu, terlalu modern gt tampilannya, aku gak suka…. *edisi mengeluh krn ditinggal matek GR, wkwkwkwkwk* Anyway, untuk di laptop aku pake NetNewsWire. Tapi semua blm ada yg cucok ning ati….. *masa berkabung*

    1. salam kenaaal πŸ˜€

      overload kali ya lagi banyak yang menyerbu pada cari rss reader baru, soalnya kalau googling ‘best rss reader’ rata2 pada rekomendasi si feedly ini, jadi mungkin emang lagi beken πŸ˜›

      semoga cepet bener πŸ˜€

Leave a Reply

