Besok Ramadhan!

Gak terasa tiba2 udah mau masuk bulan Ramadhan lagi. Kalau lagi momen2 menjelang bulan puasa gini, suka mikir deh betapa dulu jaman kecil kayaknya Ramadhan ada sensasi2 rasa tersendiri yang ga bisa dijelaskan dengan kata2. Excited, happy, pokoknya berasa beda aja. Terus mulai kuliah langsung rasanya biasa, plain (pas cerita ama ibu gue dia bilang nanti kalau udah nikah biasanya rasanya sedih karena harga bahan makanan pada naek =)) ). Sebenernya kangen banget pengen ngerasain perasaan excited kayak dulu, cuma gatau aja gimana caranya. Apa dulu berasa banget Ramadhan-nya gara2 ada tugas mencatat khotbah tarawih tiap hari ya? (yang mana suka males nyatet, jadi biasanya khotbahnya entah ngarang2 sendiri *jangan dicontoh* atau nyatet dari Kultum-nya Qurais Shihab sebelum buka puasa :D, terus tanda tangannya gue palsu, Astaghfirullah… =)) )

Kalau diinget2 lagi, jaman kecil itu ada banyak sekali hal2 kecil merintil yang bikin hepi pas Ramadhan. Yang seharusnya sih kalau yang bener ya hepinya karena ketemu sama bulan penuh ampunan, bulan dimana pahalanya dilipatgandakan, tapi namanya anak kecil, biasa kali ya kalau hepi2nya justru ke hal2 duniawi di bulan tersebut :). 3 Hal yang istimewa buat saya pas bulan Ramadhan adalah :

1. Momen2 Makan.

Bok, gue inget deh dulu ada masa2 pas SD dimana gue kalau sahur dan buka minumnya harus 3 macem : minum teh anget manis, minum susu, minum air putih yang banyak, saking takut kurang *baca : rada rakus*, itu ditambah makanan sahur/buka. Terus biasanya kalau orang2 dibangunin sahur suka pada males, kayak nyokap ama kakak gue kalau sahur 20 hari terakhir suka maunya minum teh anget aja terus tidur lagi, gue gak pernah ngeluh, pasti bangun dan duduk di meja makan.

Sahurnya juga sederhana, kadang ama abon aja, kadang telor ceplok + kecap, ada masanya pas ibu gue sibuk kerja + gak ada ART semua harus dibuat simpel, jadi sempet tiap sahur makannya nasi + teri kacang karena bisa disimpen lama, ga perlu ada yang masak. Biasanya di bulan ini jugalah nyokap suka bikin es blewah kesukaan kakak gue, terus suka beli kolak candil, terus nanti ada jadwalnya spaghetti ala kakak gue muncul, pokoknya banyak sekali makanan cecil maricil di saat buka maupun sahur yang jarang2 ada kalau hari biasa :D.

2. Acara khusus Ramadhan

Di kala hiburan hanya sebatas tv lokal dan internet belum semudah sekarang, yaitu masa gue masih SD, acara2 tivi Ramadhan itu bener2 menyenangkan. Sinetron, kuis, acara lawak, sampe acara khotbah dan siaran langsung tarawih dari Masjidil Haram juga bisa tuh ditonton bareng2 :D. Kalau yang paling gue inget sih jelas sinetron Doaku Harapanku yang pemainnya mba Krisdayanti. Ihh itu dendamnya kesumat deh ama mertua KD di sinetron. Biasanya sambil buka puasa sambil nonton rame2 gitu di meja makan. Dulu bagusnyaΒ  karena emang bener2 diputernya khusus Ramadhan doang, kalau sekarang sih sukanya sambungan dari sinetron yang udah eksis, atau pas Ramadhan udah lewat eh sinetronnya masih main :P.

Terus kalau gue, dulu suka banget nonton Lorong Waktu, yang ada Deddy Mizwar, Adjie Pangestu sama Jourast Jourdy yang jadi Zidane. Gak pernah absen loh itu nonton sambil nungguin buka puasa.

Pas mulai2 SMP-SMA, mulai deh kalau abis tarawih suka begadang kalau malem libur. Terus biasanya waktu begadang itu dihabiskan dengan main The Sims semalaman *ahahahaha* sambil nonton siaran langsung Tarawih dari Masjidil Haram. Kesannya agamis ya, padahal kadang sih cuma biar ga takut aja begadang sendirian malem2 di ruang kerja saat semua orang tidur. Itu semaleman di ruang kerja yang ga ada pendingin dan banyak nyamuk juga dijabanin. Kalau udah mulai2 mau jam 2 gitu, mulai deh mainnya sambil nonton acara sahur. Kalau sekarang acara sahurnya lagi milik OVJ Sahur, tapi dulu yang paling hits itu acara Sahur Kita yang dibawain Eko Patrio sama Ulfa Dwiyanti. Kalau ditanya sekarang persisnya acaranya kayak apa juga udah lupa, cuma inget ada kuis2 gitu deh, tapi yang jelas dulu kalau nonton ngakaknya ngepol banget :D.

Pas udah kuliah sih masih ada prosesi begadang semaleman sambil main The Sims pas bulan Ramadhan, tapi entah kenapa udah ga seistimewa dulu :P. Dulu kayaknya spesial banget :D.

Sekarang2 sih acaranya udah mulai terasa biasa ya, karena justru kadang kalau begadang nunggu sahur itu nontonnya entah drama korea atau tv seri dari Amerika, itu kalau gak lagi main The SIms :D. Terus acara2 di tivi juga udah ga seseru dulu, OVJ sahur sih dulu sempet ya mantengin, tapi cuma 1 kali Ramadhan doang, tahun depannya udah bosen :P. Tapi kemaren2 liat di tivi terus bakal ada sinetron Deddy Mizwar yang baru dan itu ada Teddy Syaaaachhh kayyayyauyauauyaya. Secara menurut gue di antara 4 bersaudara Syach (Atalarik-Teddy-Attila-Attar) Teddy itu yang paling ganteng dan paling ‘cowok’ makanya gue ga bisa ga ngiler pengen nonton satu-dua episod. Semoga aja jadinya gak kaya sinetron dia yang Romo-Romo itu, capek deh.

Free Web Proxy

tuh kan cowok bangett bangett :))

3. Kubah Masjid + Tarawih + Doa

Dulu pernah cerita disini soal saya dan kubah masjid. Dan itu sempet sampe SMA sensasi tarawih itu istimewa masih terasa. Gapapa deh ya Alhamdulillah masih ada rohaniah-nya dikit, setelah semuanya duniawi, hahaha.

Mulai SMA saya mulai buat program2 sendiri tapi cuma saya aja yang tahu, ga ngajak2 orang. Salah satunya kayak buat ‘doa Ramadhan tahun ini’, terus ntar sepanjang Ramadhan saya ngutamain doanya ya itu. Semisal lagi mau lulus2an SMA, doanya ya biar dapet universitas yang bagus, dst.Β  Terus ada masanya juga pernah doa minta pacar, ini pas kuliah, ceritanya abis putus terus butuh rebound banget, TERUS DAPET LOH, cuma mungkin karena doanya juga kurang berserah diri sama Allah jadi gak langgeng, hauhahahahaha =)). Abis waktu itu mintanya yang bener2 mirip sama gue biar cocok, eh ternyata bener dikasih yang miripnya >80%, tapi ternyata mirip bukan berarti cocok loh :D.

Makanya tahun ini juga saya udah siap2 doa, terus kata2nya disusun biar tetep berserah sama Allah, semoga diberi yang terbaik ya, Amin :D.

Pokoknya, Ramadhan kali ini saya kepengennn banget bisa happy2 excited kayak jaman masih kecil dulu, tapi semoga lebih terarah ke yang baik dan benar ya :)) *ngomong sambil nyemil teri kacang dan main The Sims 3 : University Life*. Mohon maaf kalau ada kata2 yang kurang berkenan selama saya ngeblog yaaa. Semoga puasanya penuh, kalaupun ada utang bisa dibayar cepet2 nanti. Semoga hatinya tentram, bahagia, ikhlas, pasrah. Semoga bulan ini bisa makin mendekatkan kita sama Allah dan sama orang2 tersayang. Semoga kalau sahur ama buka makannya ga kurang maupun berlebihan. Semoga tetep sehat, tetep kuat selama puasa. Semoga tarawih dan shalat sunah lainnya ga males, konsisten dari awal ampe akhir. Semoga doa2 diterima dan dikabulkan, dikasih yang terbaik. Semoga amalan dilipatgandakan, dosa2 diampuni.

Amin!

Selamat berpuasa πŸ™‚

Mandhut.

Advertisements

12 thoughts on “Besok Ramadhan!

  1. amin amin…
    kepada yth., semuanya wkwkw
    mohon maaf kalau ada kata2 yang kurang berkenan selama komen2
    selamat berpuasa

    • kenapa sih pake diulang *ceburin ke kalimalang* :)) KAN GUE JADI MALU.

      hehhh emang ada primus? gue ingetnya yang teddy nendang panci πŸ˜›

  2. >>Semoga puasanya penuh, kalaupun ada utang bisa dibayar cepet2 nanti

    aamiin aamiin. pengennya taon ini, kelar bulan Syawal, utang udah lunas nas,

  3. HUKS MANDA. Gw jadi super kangen masa2 Ramadhan di rumaahh. Bikin posting gini juga ah ntar malem. Thank you idenyaa πŸ™‚ Met puasa yahh.

    • hihihi, tapi biarpun di negeri orang, puasa tahun ini bareng si nelman kan? ^^ cie cieee

      met puasa jugaaa ditunggu postingannya πŸ˜€

  4. Mandaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…

    Dulu ya kalau pas masih SD. Gue paling rajin pergi tarawih. Soalnya waktu tarawih itulah kesempatan gue untuk JAJAN! Hakhak.. Jajan jajanan pas pulang tarawih itu yang ditunggu-tunggu. Ada batagor, siomay, makaroni, atau lidi-lidian ituhh.. Ih, kalau ingat momen itu bahagia banget! πŸ˜€

    Eniwe, happy fasting ya Mand! Semoga puasa tahun ini memberikan kesehatan lahir batin bagi kita semua. Amin πŸ™‚

    • tuh kaaan pasti ada deh kesenangan duniawi yang halal2 gitu pas Ramadhan =))

      ih sekarang udah bisa ke mesjid bareng misoa kan? priceless!

      selamat puasa juga, semoga bermanfaat lahir batin yaaa aminnnn πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s