[Film-in Dong!] : Bangkok The Journal by Moemoe Rizal

Halooowww, udah lama banget ya ga posting rada serius :D. Halo halo halo semuanya apa kabar *peluk2 sok ikrib*. Sebenernya deadline udah beres dari Minggu lalu, tapi saya terjebak adiksi The Sims 3 dulu, maklum ada expansion baru jadi ga bisa tenang sebelum nyobain main ampe eneg.

*udah eneg*

Kali ini mau bahas novel terbarunya Moemoe Rizal yang berjudul “Bangkok : The Journal”. Saya pertama kali baca karya Moemoe Rizal itu dari novel “Fly to The Sky”, yang barengan sama Nina Ardianti. Since then, saya jadi berburu karya2 mereka berdua :D.

17844084

Buku “Bangkok the Journal” ini termasuk dalam seri “Setiap Tempat Punya Cerita” punya Gagasmedia dan Bukune. Selain Bangkok, ada juga London by Windry Ramadhina, Melbourne by Winna Effendi, dan masih banyak lagi. Adapun alasan kenapa saya belinya Bangkok, selain karena emang ngefans adalah karena ratingnya di Goodreads bagus *anak goodread* :P.

INi dia ceritanya, spoiler alert ya :

Kisahnya tentang seorang arsitek bernama Edvan, yang sudah bertahun-tahun memutuskan kontak dengan ibu kandungnya karena bermacam alasan. Sejak awal kuliah sampai bekerja dan sukses, Edvan tidak pernah peduli dengan keluarganya, sampai suatu hari adiknya Edvin mengabarkan kalau Edvan harus pulang ke Bandung guna menghadiri pemakaman ibu mereka.

Edvan datang ke Bandung, berniat untuk melihat jasad ibunya terakhir kali, tapi Edvan hanya sempat melihat kuburan ibunya dari jauh, saat ibunya baru saja dikebumikan. Edvan bahkan tidak berani untuk muncul di antara kerabat yang lain. Edvan menghubungi Edvin, berharap mereka bisa bertemu di pemakaman, tapi Edvin menolak, dia mengajak Edvan untuk bertemu di sebuah restoran, bukan di pemakaman. Meski bingung, Edvan menurut, dia menunggu Edvin di restoran dan begitu terkejut saat tahu bahwa adik laki-lakinya Edvin sudah berubah menjadi wanita, dengan nama baru : Edvina.

Absurd dan saya suka itu *langsung semangat baca banget*.

Edvin memberikan Edvan peninggalan terakhir dari ibunda mereka, secarik jurnal yang dituliskan di atas sebuah lembar kalender lama. Ternyata ibunya dulu sekali pernah bertualang di Bangkok, Thailand. Dia menitipkan 6 buah jurnal pada orang yang berbeda2 di sana, sementara jurnal terakhir dia bawa pulang. Dia memerintahkan keturunannya untuk mencari 6 jurnal yang lain di Bangkok. Edvin menyerahkan jurnal itu kepada Edvan, berkata bahwa dia tidak peduli apakah Edvan akan mengabulkan permintaan ibunya atau tidak, dia hanya ditugaskan untuk menyampaikan. Edvin sendiri memang ada urusan ke Bangkok, untuk mengikuti kontes Waria disana, tapi dia tidak akan mencari ke-6 jurnal yang lain, itu tugas Edvan.

Edvan merenung, dan akhirnya mengambil cuti. Didorong rasa bersalah, dia memutuskan untuk mencari ke-6 jurnal yang lain. Dia bertualang ke Bangkok, Thailand.

Di sana, Edvan menyewa guide dari penduduk lokal, seorang gadis bernama Charm. Dibantu Charm, dan belakangan Max, adik Charm, Edvan berhasil menemukan jurnal-jurnal yang dia cari. Sepanjang petualangan mereka, Edvan mulai jatuh cinta pada Charm, yang mana Charm terlihat sangat jelas menolak cinta dari Edvan, dia juga menjalin hubungan kakak-adik dengan Max. Meski di belakang ada adegan dimana Max keliatan banget ‘minta lebih’ if you know what I mean, tapi Edvan bisa sangat dewasa menyikapinya. Edvan juga menjadi lebih mengerti tentang ayah dan ibunya, tentang petualangan mereka selama di Bangkok, pertemuan ibunya dengan beberapa orang yg inspiratif. Pada akhirnya, Edvan juga bisa menerima kondisi Edvin, adiknya. Menyadari bahwa Edvin adalah satu2nya keluarga yang tersisa, dan dia harus menjaga itu baik2, supaya kelak tidak menyesal lagi.

Semua ceritanya dibumbui lokasi dan budaya Bangkok yang dengan apik dituturkan oleh Moemoe Rizal. Dari mulai modus penipuan turis, budaya Thailand yang percaya hantu, sampai gaya hidup waria yang sudah sangat mendarah daging di Bangkok sana.

Jadi nilai plus novel ini adalah :

  1. dengan apik menggambarkan kota Bangkok-Thailand, sampe2 saya jadi pengen maen kesana
  2. mengangkat topik yang belum banyak diangkat lewat novel, waria. Tapi emang kalau bahas Thailand gak mungkin gak ikut bahas tentang itu sih ya. Tapi kalau sampe dengan berani membuat adik si tokoh utama waria itu menurut saya cerdas.
  3. bercerita tentang persahabatan dan keluarga, dibawakan dengan sangat manis :).

adapun yang rada bikin ganjel :

  1. Judulnya adalah si Edvan ini mau cari jurnal peninggalan ibunya. Dengan alasan karena dia merasa bersalah, dia kepengen menebus dosanya dengan mengenal ibunya lebih jauh. Tapi sepanjang cerita, sering banget deh Edvan itu galau gara2 Charm, terus ada momen2 dimana dia males nyari jurnal jadi yang nyariin Charm sama Max. Udah aja gitu beberapa jurnal yang nemuin bukan Edvan, bahkan jurnal terakhir yang nemuin si Edvin. Kurang kerasa aja sih usahanya si Edvan buat make connection ama emaknya. 😀
  2. Entah kenapa dari awal udah mengira kalau Charm pasti gak mau ama Edvan gara2 sakit terminal. Mungkin akan lebih nendang kalau Charm gak mau nerima cinta Edvan karena dia sukanya perempewi, atau dia adalah waria. Mungkin loh ya.
  3. Kalau memang ini cerita soal keluarga, kenapa Edvin gak ikutan bareng aja nyari jurnal sama Edvan dari awal. Edvin baru agak aktif di akhir2. Padahal kayaknya masuk akal aja kalau Edvin mau nyari bareng, meski mungkin dia gak harus kemana2 barengan sama Edvan.

Begitulah. Mari lanjut ke sesi berikutnya yaitu :

CAST PREDICTION *tiup2 terompet*

tapi ini karena ada beberapa pemeran yang orang Bangkok sedangkan saya kurang tanggap sama bintang Bangkok, jadi prediksi saya dibatasi aja ya, cukup untuk pemeran Edvan dan Edvin.

Nah untuk Edvan, karena di novel dibilang kalau si Edvan itu mirip bintang Bangkok : Chaiwat Th*ngsaeng (apa?! TONGSENG? MAKANAN!) jadi berarti cari yang mirip2. Enggak, jangan di-googling, gue coba googling dan menyesal, oleh karenanya gue sampe sensor nama si Chaiwat ya gara2 mengerikan aja. Sesuai namanya, semua fotonya bernada CAWAT *why, Thailand? why?* T-T. Ini dia foto si Chaiwat yang paling…adem :

chathong

*ngakak ampe nangis* *rukiyah blog*

Nah pokoknya Edvan kan udah tau ya syaratnya, sementara karena Edvin itu adiknya, maka dicari yang agak2 mirip bisa diaku sodara tapi bisa diaku/dijadiin waria. Yuk mari.

Inilah prediksi cast Edvan dan Edvin untuk Bangkok the Journal versi saya, prediksi nomor 1 :

edvanedvin1
Rio Dewanto as Edvan dan Jessica Iskandar as Edvin.

What? why not kan? toh mereka bisa dimirip2in, dan gue rasa ini tahapan karir yang bagus buat Jessica Iskandar. Setelah Dealova, dia butuh film yang bagus lagi buat balik jadi artis yang diperhitungkan bukan? dia kebanyakan wara wiri di acara Olga, padahal menurut gue, dia lebih berbakat dari itu 😦 aktingnya di Dealova lumayan kok -_-;.

Soal Rio Dewanto, gue udah ubek2 dan menurut gue aktor Indonesia yang mungkin rada mirip si Cawat tapi aktingnya bagus ya doi deh.

Sekarang prediksi nomor 2, yang ini gak dimirip2in sama Cawat, nyari yang kira2 cocok aja :

edvanedvin2

Herjunot Ali as Edvan dan Aura Kasih as Edvin

Gue pribadi lebih suka prediksi kedua sih, soalnya berasa cocok sama karakternya, lagian Aura Kasih kan tinggi, pantes kalau ikut pageant gitu. hahahah.

Sebenernya buat Edvin tadinya ada banyak pilihan sih, semacam Endhita dan Luna Maya, tapi kalau dari segi umur, gue kebayangnya si Edvin itu masih 20-an, jadinya lewat aja.. padhaal gue berasa Endhita cocok banget. *mikirnya serius abis*Baiklah, sekian review Bangkok the Journal dari saya. Kalau berminat selamat membaca ya, semoga one day beneran bisa di-filmin, paling gak sebagai bentuk kerjasama Thailand-Indonesia, amin!

ลาก่อน!

Mandhut.

Advertisements

2 thoughts on “[Film-in Dong!] : Bangkok The Journal by Moemoe Rizal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s