Mallika, tapi Bukan Nama Orang.

Sebelumnya gue peringatkan postingan ini gak penting :))

Semua bermula dari iklan ‘Kecap Bango versi Kedelai Terbaik Mallika’ ini :


Bagi yang koneksi internetnya dibatasi jadi ga bisa buka youtube, atau bagi yang alergi nonton stasiun tv lokal, biar gue kasih penjelasan singkat mengenai iklan tersebut. Jadi intinya adalah mau memperkenalkan kedelai hitam Mallika, bahan dasar kecap Bango. Nah, sebenernya ya, kalau nonton versi lengkapnya, intronya itu ada pak tani, bu tani dan 2 anaknya, kata2nya itu begini :

“Ini anak kami. Ada juga yang di kebun. Namanya Mallika. Mallika itu kedelai hitam dari Bango yang saya besarkan sepenuh hati, seperti anak sendiri.”

Tapi berhubung gue pun nonton stasiun lokal paling kalau lagi disambi ngeladenin nyokap, maka gue gak pernah nonton versi lengkapnya, kebagian versi yang udah dipendekin. Jadi cuma ngeh pas kata2nya tinggal begini :

“Namanya Mallika. Mallika itu kedelai hitam dari Bango yang saya besarkan sepenuh hati, seperti anak sendiri.”

Terus gue langsung ngeganjel.

Bagi yang mengenal gue dengan baik, tentu tahu seberapa obsesifnya gue soal nama. Jangankan nama anak sendiri (yang belum lahir, beli tiket aja belon), nama anak orang aja gue pikirin baik2. Gue adalah satu orang yang kalau ada temen ngelahirin anak, deket maupun enggak, pasti yang paling penasaran adalah nama anaknya siapa. Terus biasanya entah nanya langsung atau googling2 sendiri aja arti namanya apa.

Makanya, begitu ada iklan itu gue merasa sangat terganggu karena :

  1. pada waktu itu belum pernah denger ada kedelai hitam jenis mallika
  2. sebenernya pada waktu itu salah satu dugaannya adalah, oh mungkin maksudnya itu kedelai hitam varietas mallika kali ya *sebenernya waras*
  3. menyangkut poin 2, kalau emang maksudnya kaya gitu, kenapa sih kalimatnya ambigu? kesannya kayak si suara bapak2 itu rada fetish ama kedelai, saking sayangnya ama tumbuhan, terus iseng aja dinamain Mallika.

Nah, berarti kemungkinannya 2 dong ya, kedelai JENIS Mallika, atau kedelai yang DINAMAIN Mallika – for fun aja. Dan gue sungguh kepikiran dengan kemungkinan yang terakhir. Tahukah kalian apa arti nama Mallika?

Mallika is a Sanskrit word and forename meaning “Jasmine” or “lamp”. Not to be confused with Malika, an Arabic word and forename meaning “Queen”. (sumber : wiki aja)

Beberapa temen gue ada yang namain anak perempuannya Malika, jadi begitu tahu ada kedelai dinamain sama just for fun *waktu itu masih suudzon* jadinya rada2 ga terima aja :D.

Tapi terus ya gue tahan2 aja karena deep inside gue tahu kalau INI GAK PENTING.

Sama gak pentingnya saat gue terus bertanya2 kenapa keluarga aktor Syach semua anak laki-nya berawalan A (Atalarik, Attila, Attar) tapi cuma Teddy si anak kedua aja yang berawalan T.

Padahal tampang mirip semua. Padahal meski Teddy tampangnya ga semanis sodara2 yang lain, dia ga kalah ganteng kok (sebenernya fans Teddy Syach sejak zaman Karmilla, tapi terus dia kebanyakan main peran aneh di sinetron yang ajaib :'(. Cari duit buat dana pendidikan anak kayaknya)

Sampe gue googling, karena gue pikir mungkin ‘Teddy’ cuma nama panggung aja, nama aslinya Ateddy atau apa, tapi ternyata bukan T-T

Teddy Syach atau Ateddy Syach? (courtesy of detik.com)

………….

Gak ngerti deh ampe sekarang berasa masih gantung dan ga puas dengan misteri penamaan Syach bersaudara itu. Kalau ada yang bisa kasih pencerahan, tolong kasitau saya :(.

Oh well, back to kedelai hitam Mallika :D.

(courtesy of okezone.com)

Terus yaudah, daripada tambah penasaran, gue coba selidiki lebih serius, dan ternyata bener Mallika itu jenis kedelai asli dari negeri sendiriΒ  yang dikembangkan oleh Prof. Mary Astuti, peneliti dan guru besar di Fakultas Teknologi Pangan UGM. (baca di sini)

Mengenai alasan penamaan si kedelai hitam, biar gue kutip ya :

Awalnya, tiada yang tahu harus menyebut kedelai hitam varietas asli Indonesia ini dengan nama apa. Karakteristik genetik unggul yang dibawanya pun mengantar sang kedelai dengan sebutan Mallika, yang dalam bahasa Sansekerta berarti kerajaan.

Yang jelas, akhirnya dari baca2 artikel, jadi tau kalau Mallika ini perjuangannya berat banget. awalnya petani2 pada ga berani nanem si kedelai varietas unggul ini, tapi akhirnya setelah Prof. Astuti berusaha keras, banyak petani yang mau percaya, bahkan diresmikan sebagai bahan baku brand kecap yang saat ini paling beken di Indonesia, kecap Bango :D.

Faktanya adalah Mallika itu selain rasanya lebih gurih dari kedelai biasa karena kandungan proteinnya lebih banyak, Mallika juga bisa ditanam di segala cuaca, dalam setahun bisa 3 kali panen, sedangkan kedelai yang sebelumnya cuma bisa sekali setahun, jadi bener2 menguntungkan. Tapi Prof. Astuti gak cuma berjuang untuk memastikan Mallika diakui sebagai varietas unggul, tapi juga berjuang agar Mallika bener2 bisa memperbaiki taraf hidup petani Indonesia, dengan cara dia menjaga banget harga jual Mallika bisa di atas harga pasaran kedelai hitam pada umumnya waktu itu, dan dia menjaga petani2 di bawah bimbingannya dari tipuan tengkulak :D. Terhitung sampai tahun 2012 lalu (sesuai tanggal di artikel) Prof. Astuti dan mahasiswa-mahasiswa-nya masih memberikan pengarahan untuk penanaman kedelai hitam Mallika ini.

Jadi semua hepi karena Mallika! (bukan posting berbayar, tapi gak nolak juga kalau abis ini dikirimin bingkisan kecap dari Bango, pake daging juga ya! *siap2 bikin semur*)

Makanya, gue gak komplen deh meskipun setelah gue googling2, so far nemunya sih arti sansekertanya Mallika itu tetep “scent of jasmine” dan semacamnya, belum nemu yang artinya ‘Kerajaan’ tapi sudahlah *tetep obsesif*

Maka dengan ini, kasus Mallika saya simpulkan menjadi ganjel buat saya, simply karena kalimat di iklannya aja yang rada ambigu. Kalau emang sejarah di balik Mallika seindah itu harusnya sih yang ditonjolin ceritanya aje ye, bukan namanya *lo aja yang terlalu meratiin, Man*.

Bagi ibu2 yang anaknya namanya Mallika atau baru rencana, gak usah khawatir, kedelai hitam ini varietas unggul kok, sukur2 anaknya jadi sehat, bergizi tinggi dan tahan di setiap cuaca sampe bisa 3 kali panen dalam setahun, persis kedelai hitam Mallika πŸ™‚

Case Closed!

Mandhut.

*updated 10 Des 2013*

Pada ikutan Lomba Review Iklan Lucu Seru Keren Kreatif –Β  nya Habib Asyrafy yuk πŸ™‚

Advertisements

29 thoughts on “Mallika, tapi Bukan Nama Orang.

    1. berarti sebelum liat itu iklan udah tau ya kalau ada kedelai hitam jenis Mallika? :D.

      Lho ya gapapa, artinya bagus loh Mallika itu ;). Mau ide nama lain? mau mau? *semangat*

  1. Sebelum liat iklan ga tau sih kalo ada nama kedelai Mallika, cuman pas liat iklan nya lsg ngeh, oo berarti ada kedelai varietas Mallika toh. Ga kayak kamu yg mikir nya tuh bapak namain kedelai just for fun huaahahahahaaa πŸ˜€
    Mau mau… Tampung banyak2 ide dulu niiiiih hihiii πŸ˜‰

    1. itulah terlalu obsesif sampe gak terima ada kedelai dinamain Mallika :)) :)). Aseekk, nanti kabarin aja mau arti nama apa, dari bangsa/daerah mana, dicariin ampe ujung dunia πŸ˜›

  2. anakku namanya malika ,karena ada iklan ini dia jd sering di bully ama bbrp temennya, saya jd kasian meski sering kasi pengertian ke dia.

  3. mbaak ralat nama dosen sama fakultasnya yaks. nama dosen yang nemuin itu Ir. Setyastuti Purwanti, M.S. (dosen saya -_-v) dari Fakultas Pertanian UGM bukan Fakultas Teknologi Pertanian hahaha -.-

  4. Nemu tulisan ini gara-gara anakku ngomongin Mallika di meja makan. Cari2 apaan sih Mallika, kok ketemu tulisannya Manda. Suka dg tulisannya, informasinya oke, jadi tambah info biar gak kalah sama anakku πŸ˜‰

  5. Hmmm sebelum ada si Malika,,kedelai hitam ,,anakku dah lahir dulu,,,udah cocok dengan nama malika karna masih jarang nama itu n artinyapun bagus,,,tp selang sebulan kemudian,,,anakku malah ikutan terkenal dengan nama kedelai hitaam,,,mudah mudahan gak minder ya nak,,,

    1. hehehehehe enggak dong kan kedelai hitam gizinya tinggi πŸ˜€ *lah ngiklan?* tapi kayaknya yang notice iklan kecap bango itu gak banyak juga, kok. semoga gak diledek yaaa πŸ˜€

  6. Mallika, semoga akan banyak lagi penemuan2 varietas ungulan yg lain di tanah negeri ini….
    hormat utk ibu Setyastuti Purwanti, tercatat sejarah sbg penemu Malikka… Bravo Pahlawan !!!

  7. Ada jg ternyata yg ngebahas ini ya… hahahaa, kebetulan sy jg kepikiran… yg artinya mirip2 kerajaan itu ya Maliq dari bahasa Arab yg artinya Raja. Ada juga Malaka atau kerajaan Malaka di Indonesia pd jaman dahuluu sekali… mungkin Mallika plesetan dari kerajaan itu ya?

    Kemungkinan kedua adalah the Prof. Doesn’t really understand the real meaning or wht she’s talking about… which is sorry to say too bad for a person with her title….

    1. Jadi malu nih bahasannya begini =))

      bisa ngerti bisa enggak sih, tapi gak apa lah kalau gak ngerti, toh kebetulan artinya juga bagus. Sapa tau juga itu nama anak dia, terus dipake buat nama hasil risetnya yang menurut dia paling oke πŸ˜‰

      Terimakasih sudah baca dan komen πŸ˜€

  8. nama anakku sih malikha, tp orang2 suka manggilnya mallika kecap bango. sebenernya dr ejaan udah ga sama, dri arti juga udah beda. tp moga aja anakku bisa unggul kaya mallika kedelai hitam pilihan.

  9. aku sering di ejek teman2 ku dengan pangglan kecap bangau, padahal artinya itu kan yg mengerajai . Orang hidup2 kita tuhan yg nentuin kita yg jalnin oranglain ngomentarin. ya ak biarin aja deh hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s