Rekomendasi Drama Korea part 2 (Juli 2012- Desember 2013)

Selamat siang para pencinta drama korea sekalian,

Jadi sejak saya posting Rekomendasi Korea ( sampai 2012) dan mendapat sambutan yang lumayan, saya udah bertekad untuk review lagi, tapi keukeuh maunya akhir tahun *obsesi yang selalu kurang penting*. Nah, berikut ini saya mau review drama2 korsel dengan patokan drama2 yang dimulai dan tamat dalam rentang waktu Juli 2012 sampai November 2013. Ada beberapa yang ditonton ampe abis, ada juga yang cuma episod2 awal (lalu ilfil) tapi banyak juga yang cuma dipantau lewat review di portal drama korea. Sebenernya kalau bisa nonton semua, ya kepengen semuanya, tapi manusia itu gak bisa seneng2 doang, ada kalanya harus mencari sesuap nasi *ditabrak alat bajak berikut kerbau*. Tapi gue memberikan yang terbaik yang gue bisa (percayalah gue ambisius banget soal postingan ini), jadi semoga membantu ya :).

Sebelumnya gue mau kasih gambaran dulu. Seperti yang udah pernah gue bilang, drama Korea itu cenderung menciptakan plot sesuai trend. Kalau ada satu rumus plot yang laku, bisa dipastikan plot yang mirip2 akan muncul di drama dan stasiun televisi lain.

Nah, kalau drama korea tahun ini tema yang populer adalah :

  1. Buronan yang berlomba dengan waktu, tema ini diambil drama Two Weeks, dan Heaven’s Will : The Fugitive of Joseon. Dua2nya kepengen ketemu putrinya yang lagi sakit tapi gak bisa karena sembari diuber2 polisi dan orang2 jahat. Bedanya si Fugitive of Joseon bersetting jaman dulu. Nah, gosipnya Park Yoo Chun juga mau ambil tema buronan time-thriller ini, judulnya 3 Days (kompetitif abis sama drama Two Weeks), kalau tak ada aral melintang akan tayang awal tahun 2014 πŸ™‚.
  2. Tema kemampuan super (esper), bisa lihat hantu, denger suara hati orang, dll dsb. Tema ini diambil sama drama Master’s Sun, yaitu tentang cewek yang bisa lihat hantu. Drama Who Are You? juga bisa liat hantu, tapi bedanya yang ini agak melodrama, sedangkan Master’s Sun lebih komedi. Nah, ada juga yang punya kemampuan denger pikiran orang, itu ada di drama I Hear Your Voice.

5 Most Anticipated Korean Drama (menurut pantauan Mandhut) :

  1. That Winter the Wind Blows,Β menggandeng nama besar Jo In Sung dan Song Hae Kyo, ditambah kehadiran Kim Bum si ganteng manis dan Jung Eun Ji yang lagi naik daun.
  2. Reply Me, 1994> pemainnya sih gak ada yang gue kenal, tapi drama yang satu ini sangat diharapkan bisa meneruskan kesuksesan prequel-nya, Reply Me, 1997.
  3. Master’s Sun, karya Hong Sister yang udah ditunggu2, terus So Ji Sub main komedi bersama Gong Hyo Jin si ratu komedi Korsel *nangis bahagia*
  4. Gu Family Book,Lee Seung Gi!
  5. The Heirs, tentang anak2 ganteng cantik kaya pewaris perusahaan2 besar, liat aja cakepnya pada keroyokan begini :

cakep itu mutlak, kaya itu takdir

Oke, mari lanjut ke 5 Drama Terbaik dari Juli 2012 sampai November 2013 (versi Mandhut) – tanpa spoiler :

[satu] Reply Me, 1997

Ada Eun Ji Won, Seo In Guk, Jung Eun Ji dan Hoya Infinite!

Ceritanya tentang sekumpulan sahabat umur 30-an yang reuni SMA di tahun 2012. Terus penonton dikasih teka-teki : dari sekumpulan orang itu ada pasangan yang menikah, tapi yang mana? lalu kita dilempar ke tahun 1997 untuk ngeliat suka-duka mereka berenam selama jadi sahabat semasa sekolah. Mulai dari dengan siapa mereka jatuh cinta, persahabatan dekat lalu menjauh dll dsb. Nah yang bikin seru adalah, penulisnya lumayan jago mainin perasaan penonton. Jadi ada saat dimana kita udah pede “Ah si A ini jadinya sama si B nih” cuman ternyata muncullah C yang kayaknya kandidat unggul juga. Lalu saat kita lagi ragu A sama B apa sama C nih jadinya, muncullah fakta tentang C yang bikin kita mikir kayaknya emang A gak mungkin ama C. Tapi kok ya si B kurang legowo juga sih anaknya. Gemes lah pokoknya. Masalahnya gak seheboh masalah bullying, harta atau perkosaan, narkoba lala lala, tapi justru karena itu jadi kerasa sangat realistis dan dekat di hati :).

Lalu, yang paling gue suka dari drama ini adalah tokohnya gak ada yang bener2 jahat/baik, semua ada plus dan minusnya. Komedi dan hubungan kekeluargaannya juga digambarkan sangat baik. Ada beberapa adegan yang bikin mewek juga. Nanti kapan2 gue ceritain di postingan khusus aja ya :).

Btw, kalau boleh jujur, Ini adalah drama yang awalnya gue remehkan amat sangat. Biarpun adikku si Kempeso udah promosi terus2an tetep aja gue males nonton. Alasannya simpel : pemainnya gak ada yang bikin gue selera *ditimpuk* dan settingnya ngambil Korsel tahun 90-an akhir, yang mana diceritakan salah satu tokohnya ngefans sama salah satu idola Korsel di masa itu, ini orangnya :

Moon Hee Jun

ngerti ya kenapa gue mau nonton aja ragu?

Tapi lalu, suatu hari di bulan Agustus, gue lagi bosen banget dan sudahlah gue memaksakan diri nonton drama ini. Terus gue langsung nyesel kenapa gak nonton2 dari dulu. Plotnya sangatsangatsangat rapih, mateng dan dewasa dibanding plot drama korea lainnya :D. 9 dari 10! hampir sempurna!. Sequel-nya, yaitu Reply Me, 1994 sekarang lagi tayang dan katanya juga gak kalah bagus, loh πŸ˜‰ (gue belum sempet nonton).

[dua] That Winter, The Wind Blows

Ceritanya tentang seorang cewek tuna netra kaya raya bernama Oh Young (Song Hae Kyo) yang ditinggal mati sama ayahnya, terus dia mencari kakak laki2nya, Oh Soo (dulu bapak ibu mereka cerai pas dia kecil, dan kakak laki2nya ikut ibunya – yang juga udah meninggal). Dia butuh Oh Soo untuk bantu urus usaha keluarga, lagian dengan posisinya yang sekarang, bisa dipastikan banyak orang yang ngincer harta Oh Young. Terus long story short, muncullah cowok yang mengaku2 sebagai Oh Soo (Jo In Sung), padahal sebenernya dia bukan kakak si Oh Young, dia cuma pura2 supaya bisa dapet harta kekayaan yang berlimpah. Selanjutnya bisa ditebak lah ya.

Ini awalnya juga gue males nonton, soalnya ceritanya ketebak. Tapi ternyata gue masih bisa menikmati sih, soalnya biarpun udah ditahan2, tetep aja gak bisa menghindari momen2 mewek, pokoknya airmataku sederas air mata pemeran2nya yang semacam gak berenti2 nangis.

Adapun yang bikin gue ganjel adalah, semua akting pemerannya sih bagus, Jo In Sung juga bagus, tapi kenapa kalau lagi ngomong dia suka tutup-buka mulutnya sampe ngeluarin bunyi ‘cap-cap’ gitu. KAN ILFIL. Terus gue juga rada sedih melihat Kim Bum yang gantengnya alaihim dijadiin sidekick. KENAPAAA *sentimen pribadi*.

*yang waras ngalah*

Tapi dramanya oke sih bok. Saking bagusnya drama ini banyak dapet penghargaan. Terus di Indonesia juga diperlakukan sangat istimewa dengan menggandeng pengisi2 suara yang terkenal macam Reza Rahadian dan Rianti Cartwright. Usahanya bagus sih secara gue udah eneg ama suara2 yang itu2 mulu. Cuma yang gue gak terima adalah kenapa Indra Bekti mengisi suara Kim Bum dan kenapa Fitri Tropica ngisi suara Jung Eun Ji. Karakter Fitri dan Indra itu udah kuat banget melekat (pecicilan) dan rada gak pas aja sama karakter yang mereka suarakan di drama tersebut πŸ˜€ (tampangnya juga kurang pas).

Bagi yang belum nonton, sempatkanlah, jangan lupa bawa tisu.

[tiga] Master’s Sun

Salah satu drama yang gue tunggu2, berhubung yang nulis skenarionya adalah Hong Sisters. Ceritanya tentang seorang cewek bernama Tae Gong Shil (Gong Hyo Jin) yang sejak kecelakaan jadi bisa lihat hantu. Suatu hari dia bertemu sama CEO kaya ambisius berhati dingin, Joo Joong-Won (So Ji Sub), yang sama sekali gak percaya sama hal2 supernatural. Tae Gong Shil menemukan fakta bahwa kemampuan melihat hantunya akan hilang selama dia megang si Joong-Won. Drama rom-com yang mencekam tapi lucu, keliatannya ringan tapi menyimpan twist yang lumayan deh :).

Satu hal yang bikin gue tetep suka Hong Sisters meskipun plot mereka ‘drama korea banget’ adalah mereka jago bikin penasaran di ending tiap episod. Kayak lo udah panik segala rupa hanya untuk menemukan bahwa di episod berikutnya ternyata masalahnya gak sebesar itu, tapi terus abis itu di ending episod tersebut lo dibuat kebat-kebit lagi.Β  Terus Hong Sister juga sangat mengandalkan dialog. Banyak banget perdebatan antar tokohnya yang berkesan berusaha membuat logis perasaan di hati masing2, hanya untuk menemukan mereka sama sekali gak bisa logis tentang hal tersebut. Lucu dan manis lah. Mesti nonton sendiri biar tau :). Yang jelas selama nonton bareng ponakan, kami heboh ber- ‘aaaaaaawwww’, ‘uuuhhh’ gara2 banyak adegan yang sebenernya sih norak, tapi emang manis.

Adapun yang bikin ganjel adalah, jadi gini ya, gue ini anak yang lumayan suka horror, tapi gue tetep takut. Jadilah ada beberapa adegan yang sangat menyiksa karena hantu2nya di awal2 episod bikin kaget banget. Tapi lalu, kayaknya produser dan sutradara tahu kalau penonton ditakut2in melulu ntar takutnya pada kabur gak mau nonton lagi, jadi mulai episod 3, hantunya udah dibuat lebih user-friendly. Gak seserem sebelumnya, paling cuma dandanan putih dan mata merah aje. TAPI GONG-NYA ADALAH :

MUNCULNYA HANTU BANCI PENATA RIAS!

Diceritakan siapapun yang dihinggapin hantu itu, langsung merasa cantik luar biasa terus dandanannya jadi dangdut plus make up menor dan rambutnya cuma mau ditata megar singa. Gimana gue mau takut?

[empat] Monstar

Drama anak sekolah yang soundtrack-nya keren banget!. Udah pernah direview di postingan yang ini :D.

[lima] Good Doctor

Tentang Park Shi-On (Joo Won) seorang anak penderita Savant Syndrome yang bercita2 menjadi ahli bedah. Lumayan bagus karena tentu saja diperankan oleh mas Joo Won yang imut2, di samping aktingnya juga keren. Awal2 episod sempet nangis gitu liat kisah hidup Park Shi-On *sedot ingus*.

Jujur ya, gue gak nonton drama ini ampe abis. Belum sempet, terus meskipun ceritanya menurut gue bagus, tapi ada beberapa hal yang gue jadi ilang harapan aja. Masalahnya kan drama ini ada bumbu cintanya juga, antara Park Shi-On sama senior dokternya yang bernama Cha Yoon-Seo (Moon Chae Won). Tapi gue ga sreg, karena : pertama, gue gak suka ama Moon Chae Won-nya *sentimen pribadi*, kedua adalah… gimana ya, bukannya gue ngomong orang kayak Shi-On gak bisa merasakan cinta, tapi rasanya kurang real aja. Gak dijadiin bikin penonton nangis, dijadiin semacam maksa, kasian mba Yoon-Seo juga *pilin2 ujung baju*.

Tapi ini drama medis yang bagus sih, meski ada beberapa yang menurut gue ga perlu dan plotnya rada lamban. πŸ˜€

Rekomendasi Drama Korea Berdasar Genre :

Drama bertema sekolah :

  1. Reply Me 1997 (Ada Jung Eun Ji dan Seo In Guk)
  2. Monstar (sekolah musik, soundtrack bagus!)
  3. School 2013Β  (tentang persahabatan 2 orang cowok : Lee Jong Suk dan Woo Bin, bromance alert!)
  4. Reply Me 1994 (sequel Reply Me 1997)
  5. The Queen’s Classroom (anak SD)

Drama bertema supernatural/kemampuan super :

  1. Master’s Sun (Gong Hyo Jin bisa lihat setan, dipasangin sama So Ji Sub)
  2. Gu Family Book (Lee Seung Gi jadi manusia setengah siluman)
  3. I Hear Your Voice (Lee Jong Suk bisa denger suara hati orang, dipasangin sama Lee Bo Young)
  4. Who Are You? (pemeran utama cewek bisa lihat setan, ada Taecyeon 2pm)

Drama bertema medis :

  1. Good Doctor (Joo Won!)
  2. Heaven’s Will : The Fugitive of Joseon
  3. Horse Doctor
  4. Medical Top Team
  5. Gu Am Heo Joon

Drama bertema kejahatan/action :

  1. Two Weeks (Lee Jun Ki jadi buronan :D)
  2. Heaven’s Will : The Fugitive of Joseon (ada Song Ji Hyo, Lee Dong Wook jadi buronan)
  3. Secret Love (Hwang Jung Eum jadi tersangka)
  4. 7th Grade Civil Sergeant (Joo Won! tapi pasangannya kurang klop -_-)
  5. Iris II

Drama bertema harta/warisan/uang :

  1. Incarnation of Money (Kang Ji Hwan)
  2. The Heirs
  3. Empire of Gold
  4. Yawang

Drama yang bikin nangis kejer (melodrama) :

  1. That Winter, The Wind Blows (Song Hye Kyo)
  2. Missing You (ada Yoon Eun Hye, Yoo Chun dan Yoo Seung Ho)
  3. Two Weeks

Drama bertema Fashion :

  1. Cheongdamdong Alice (hmm baju2 gitu deh, ada Moon Geun Yong)
  2. Her Legend (tentang tas)

Drama bertema Time Travel :

  1. Marry Him If You Dare (Yoon Eun Hye and Lee Dong Gun yang menurut gue disini rada kurang ganteng. Tapi ada Yonghwa!)
  2. Nine : Time Travel Nine

Drama bertema office/mimpi/passion :

  1. Ad Genius Lee Tae Baek (dari kisah nyata, tentang dunia advertising)
  2. The Queen of Office

Drama bertema sageuk / historical :

  1. Heaven’s Will : The Fugitive of Joseon (ada Song Ji Hyo)
  2. Jang Ok Jung : Living in Love (Kim Tae Hee dan Yoo Ah In!)
  3. Horse Doctor
  4. Gu Family Book
  5. Gu Am Heo Joon

Drama dengan tema Flower Boy (banyak cowok gantengnya) :

  1. Pretty Man / Bel Ami (Jang Geun Suk, IU)
  2. The Heirs (Tuh ada Lee Min Ho, meski gue masih gagal paham kerennya apa -_-;, ada Kang Ha Neul dan Woo Bin juga)
  3. Pretty Boy Next Door (Yoon Shi Yoon)

Drama yang couple-nya paling manis :

  1. Master’s SunΒ dengan Gong Hyo Jin dan So Ji Sub-nya
  2. The Heirs dengan Krystal F(x) dan Kang Min Hyuk CN-Blue
  3. Reply 1997 dengan Jung Eun Ji dan Seo In Guk
  4. I Hear Your Voice dengan Lee Jong Suk dan Lee Bo Young
  5. School 2013 dengan Lee Jong Suk dan Woo Bin (mereka bromance doang sih, tapi manis :D)

Drama yang ada idol-nya * :

  1. The HeirsΒ (ada Krystal – F(x) sama Kang Min Hyuk CNblue)
  2. Monstar – (Yong Jung Hyun – Beast)
  3. Reply 1997 (ada Hoya – Infinite)
  4. Marry Him If You Dare (ada Yonghwa – CNBlue)
  5. Who Are You? (ada Taecyeon – 2pm)
  6. Blade and Petal (ada Lee Jung Shin – CNBlue)
  7. Medical Top Team (ada Choi Min Ho – Shinee)
  8. Let’s Eat! (ada Yoon Doo Joon – Beast)
  9. Dating Agent : Cyrano (Choi Soo Young – SNSD)
  10. I Miss You (Yoo Chun – JYJ)

*ini anak2 CNBlue kok pada ngeroyok drama ya? ^^;

Sekian review-nya dan selamat menonton. Kalau ada yang mau ditambah2in monggo ya komen, terimakasih πŸ™‚

Free Web Proxy

Jangan lupa nonton Master’s Sun dan drama lainnya ya!

Mandhut.

68 thoughts on “Rekomendasi Drama Korea part 2 (Juli 2012- Desember 2013)

    • πŸ˜€ drama noona-killer! (soalnya cowoknya lebih muda). Iya aku juga lumayan suka, waktu itu sempet nonton ampe eps 8 tapi terus gak ngikutin lagi soalnya keburu ilang rasanya gara2 harus nunggu eps berikutnya. πŸ˜€

  1. Woh woh woh Monstar, Reply 1997, Reply 1994, Master Sun ❀ hahaha

    Tambahan drama yang ada idolnya: 20's Twenty-Years-Old (Gikwang Beast) itu 4 episode, mobile drama yang tayang mulai 19 Desember tapi tayang di tvN bulan januari. Beast ngeroyok tvN yah -_-

  2. I hear your voice, uhuuuuuu. So cute banget deh itu puppy love nyaa. Terus gw jg sempet nonton reply 1997 berapa episode, dan sukses mewek liat Hoya ditolak sama Seo In-Guk (loh?)

  3. (Yoon Eun Hye and Lee Dong Gun yang menurut gue disini rada kurang ganteng. Tapi ada Yonghwa!)

    LDG mirip Yonghwa gak sih menurut lo mandaaaaaa? Pas liat trailernya pertama kali mata eykeh sempet siwer apa gimana gt ya, tp menurutku kurus-kurusnya, rambutnya, ko mirip aja gt. tapi si LDG kok TERLALU kurus macam pengguna narkoba gt ya?

    btw udah nonton Ojakgyo Brothers blom? Bagus… ADA JOO WONnya, hahaha.

  4. Hi, Man.. selalu suka ama review kamu, n review2 kamu otomatis jadi patokan buat aku nonton drakor, hihihih thanks ya. Btw udah nonton a gentlemans dignity belom ?

    • Hehehe, makasih ya udah mau baca2 dan komen :). semoga rekomendasinya sesuai ya :D.

      Belum sempet nonton A Gentleman’s Dignity, tapi udah baca review2nya dan katanya bagus ya? πŸ˜€

  5. Baru baca sekarang. Yang lo rekomend emang top semua. Tapi gue suka reply 97. Marry him if you dare dan the heirs diakhir gantung. Pada akhirnya “gue nyesel nonton drama ini”. Yang bagus juga ada bel ami, buku keluarga gu juga bagus wkwkwkwk. Klo that winter,jujur gue harus cerna bener2 maksud dari film itu apa. Dan untuk good doctor. Gue gak nonton, karena jujur gue gak suka ngeliat muka moon chae woon *alasannya entah kenapa* klo sekarang2 yg lagi ngetren itu do mi joon si alien dari planet lain alias my love from another star. Gue belum tau sih akhirnya gimanana… gue belum bisa berani nilai berapa buat tuh film. Takut kecewa lagi kaya the heirs dan marry him. Tapi untuk dpet 8 mah,oke ! Ah, kepanjangan. Salam2 author. Itu rekomend tahun ini. Semoga suka ya

    • gue malah gak nonton tuh Marry Him If You Dare sama The Heirs :)). Gu Family Book sempet nonton! tapi tengah2 berhenti soalnya ilfil, Kang Chi-nya kelamaan nyari buku keluarga Gu-nya :)). Gue juga ga suka sama Moon Chae Won btw, tapi berhubung ada Joo Won, gue pantengin aja πŸ˜€

      thank you ya udah komen dan rekomendasi :D, gak kepanjangan kok πŸ˜€

  6. Favorit sih sassy girl,film lama sih,tp ga bosen liat senyum manisnya han chae young/chun hyang aplg pas ntn the heirs eh kangennya terobati n msh cantik aja pdhl umurnya udah 33th,hhe..

    • hihihi iya han chae young emang cantik bener :D. Ketuker2 nih Sassy girl-nya Han Chae Young sama My Sassy Girl-nya Gianna Jun :))

      22nya bagus tapi :), makasih ya udah komen!

  7. “The Heirs (Tuh ada Lee Min Ho, meski gue masih
    gagal paham kerennya apa” mian.. itu maksudnya apaaaaaa????!!!! -_-

      • iya saya minoz jd maaf sih agak sensi bacanya,
        kata2nya terkesan kayak: β€œapasih kerennya
        leeminho sampe banyak yg ngefans” -____- tp gpp sih santai aja kan tiap orang berhak menilai cuma emang sebel bacanya haha :”D

        • hehehehe, tapi maksudku emang gitu, sih :D. Karena ini personal blog, jadi emang isinya banyakan pendapat pribadi saya. Jangan terlalu dimasukin ke hati, ya.

          Thank you udah mau baca2, ditunggu komen2 berikutnya πŸ˜‰

  8. Thankyouu Mandhut buat rekomen2nya ~
    Udah donlot Master Sun tapi belum berani nih nonton krn gue penakut bgt apalagi yg berbau2 horor gitu 😦 ngagetin gak sih kemunculan hantu2nya? *ngumpulin nyali dulu*

    btw, gue juga gak terlalu suka The Heirs krn ceritanya standar bgt udah gt ada pemeran utamanya LMH dan PSH, tapi gue syukaaa bgt sama Lee Bona & Yoon Chanyoung (yg diperanin Krystal-Minhyuk) mrk couple ter-sweet menurut gue hehe ^^

    Mau tanya boleh yaa? kl drama yg sejenis Princess Hours / Playful Kiss gitu apa ya chingu? yg tokoh utama ceweknya periang dan agak2 pabo gitu hehe, gue demen bgt dua drama itu dan skg udah agak jarang cerita yg kyakk begitu.
    Gue jg mau rekomenin nih drama yg br aja slese gue tonton, When A Man Loves..Song Seung Hun oppa yang main sama Shin Se Kyung. Bagus sih, dan karakter tokoh utama ceweknya unik aja.

    Mian kl komennya kepanjangan *bow*

    • heeeyy makasih udah baca dan komen πŸ˜€

      Master’s Sun… awal2 sih hantunya lumayan nakutin, tapi setelah episode 3 udah gak terlalu. Tapi secara chemistry antara 2 pemeran utamanya lumayan bikin gemes, worth it laahh liat hantu2 dikit :D.

      Hidup Bona-Chanyoung! πŸ˜€ mereka harusnya dibikinin drama sendiri deh. hahahah.

      Periang dan agak pabo… ada sih tokohnya IU di drama Pretty Man / Bel Ami, tapi gue gak rekomen karena plotnya kurang mumpuni. Udah coba nonton You Who Came From The Star (Kim Soo Hyun, Gianna Jun)? tokoh ceweknya rada pabo, tapi dia lebih mandiri sih, jadi gak persis sama kayak karakter Playfull Kiss, tapi plot dan chemistry-nya bagus πŸ˜€

      Woo kapan2 nonton ah drama When a Man Loves :D.

      Gak kepanjangan kok, hepi2 aja bacanya. Met nonton yaaaaa!!! πŸ˜€

  9. I know, jd ya santai aja πŸ™‚
    Tp riwayat prestasinya perlu dibaca mungkin biar paling gak tau kenapa banyak yg kagum sama dia, thankyou..

    Udah pernah nnton heartstrings? Udah agak lama sih

      • eh sorry jd maksain, maklum jiwa fangirl nya gabisa ditutupin…yg pasti orang ngefans pasti ada sebabnya ^^
        Iya jd kayak kisah cinta bales dendam drama YAB sih, gantian shinhye yg suka duluan, tp drama yg wajib bgt diliat a gentleman’s dignity, jarang bgt drama semacam itu, king 2 heart jg bagus

        • gapapa, ngerti kok :D, tapi gini2 aku ngefans kok sama drama Personal Taste :D, tapi soal akting lebih suka aktor lainnya.

          Iya sering denger tuh Gentleman’s Dignity ama King 2 Heart, tapi belum sempet nontonnya ^^;

            • gak ada idola sih, rata2 gue suka akting satu aktor di drama tertentu, tapi drama berikutnya belum tentu :)).

              Tapi so far sih yang hampir selalu puas liat akting Moon Joo Won dan Song Kang Ho πŸ˜€

  10. waahhh.. akhirnya dapet rekomendasi film yg bagus2.. hehehee thanks ya manda … km harus bener2 nonton “a gentlemans dignity” loohh,,, wajid dicoba 1 / 2 episode dulu … bikin penasaran .. aq aja ampe tidur subuh dan telat kerja.. xixixiixi… aq orang nya suka nonton korea klo ada rekomendasi aja.. makanya kasih rekomendasi teruuss yahh.. salam kenal..

    • :)) kalau aku masalahnya shallow banget sih, soalnya cowoknya menurutku kurang ganteng πŸ˜€ *masalah selera* makanya ampe sekarang ditunda melulu. Tapi nanti dicari lah waktunya. Salam kenal juga, thanks udah mau baca dan komen πŸ˜‰

      • Hahaaa.. iya sih say.. awalnya juga aq juga ga yakin sama pemain cowo nya.. tapiii.. diliat2 ternyata maen film tae guk gi sama won bin dan aktingnya bagus bgt dan jalan cerita nya ternyata oke banget.. makanya asik aja.. apalagi baju2 pemeran cewe nya lucu2.. xixixii… masters sun ga rame yah??

  11. iya banyak juga yang bilang soal baju2 ceweknya. hihihihi baiklah akan kucoba minimal satu episod dulu. Iya sih, kalau aktingnya bagus kayaknya tampang kayak apapun ditonton aja =)). Ada Jong Hyun CNBlue kan? semoga sering muncul ya dia :)) *tetep cari eye candy*

    • Iya adaa… imut2 .. nyanyi dan maen gitar .. dr awal dah ada.. cuma ga terlalu sering.. intens muncul nya pas akhir2 dan yg bikin klimaks nya tuh gara2 kehadiran nya…. hahahhaaa… ada soo yooung snsd juga… lucu adegan nya.. klo ga salah di awal episode 4 atau 5 .. xixixi..
      mandhaa.. yg comedy romance ada rekomendasi lg tak? Yg sudah lama pun tak apa.. aq baru suka serial korea kok.. baru nonton chunyang, full house, my gf is gumiho, innocent man, gentleman dignity, sama you who came from the star.. 😦

      • sori baru bisa bales ya πŸ˜€
        Kikikik baiklah nanti akan kuintip2 drama itu :D.
        comedy romance… katanya sih pada bilang Emergency Couple bagus, Song Ji Hyo sama Choi Jin Hyuk. Oh terus Best Love yang ada Gong Hyo Jin sama Cha Seung Won juga bagus, drama keren lain besutan hong sisters (yang nulis My GF is a Gumiho), teruuusss Sunkyungkwan Scandal udah nonton? comedy romance, tapi latarnya sageuk gitu sih (drama sejarah), settingnya jaman joseon. Cuman ada Yoochun, ada Song Joong Ki dan Yoo Ah In (kya) terus lumayan lucu juga kok :D.

  12. cuma 1 drama aja yang aku ga suka direkomen ini, Ripley 1994, Kenapa ga Chilbong yang jadi istrinya Najung sih
    akupun berhenti di episode 09 karena tahu akhir yang ga memuaskan dan akupun juga meninggalkan clue” yang aneh*baka baka baka
    Si Trash emang “trash”
    Chil Bong oppa~

  13. rekomend juga nih satu drama yg bagus menurutku. Pemainnya lee hong ki FT ISLAND. Judulnya Bride of The century. Secara pribadi sih aku biasa aja sama hongki (ga suka” bgt tp jg ga benci jg)… akhirnya jg bagus kok. Nggak gantung jg ga maksa. silakan dicari, didonlot trs ditonton bagi yg berminat πŸ™‚

  14. Aku mau nanya dong man, udah pernah nonton medical top team?? bagus ga?? Gara2 nonton emergency couple jadi penasaran sama drama korea bertema medis hahaha ^^ makasih πŸ™‚

    • Ohhh yang ada Choi Min Ho-nya Shinee bukan, sih? Sayang sekali karena aku belum nonton =)).

      Tapi sekarang yang baru mulai itu Dr. Stranger, ada Lee Jong Suk, Park Hae Jin, Bora Sistar sama Kang Sora. Aku baru nonton 2 episod dan kayaknya lumayan bagus :P, terlepas dari drama dan romance-nya, mediknya lumayan deh πŸ˜›

      Semoga suka ya πŸ™‚

  15. I hear your voice bagus tapi aku namatin sampe berbulan2 lol soalnya agak ga suka ‘noona killer’ πŸ˜€ Tapi ya bagus juga kok. The Heirs ngebosenin tapi nonton juga soalnya ada kim woobin ngahaha

    • πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ aku juga kurang sreg ama I hear Your Voice, soalnya logika ceritanya rada aneh (IMHO). Kalau The Heirs, gak nonton soalnya keburu ilfil ama Lee Min Ho =)) =))

  16. Hai Manda salam kenal,

    wah nice review, langsung bahas plus minusnya dengan singkat dan menarik sesuai perspektif saya juga. btw komen tentang hantu bancinya bikin ketawa ngakak,hahahahaha πŸ˜€

  17. Ehem,ehem…numpang ngasih komen ^__^ aq dah nonton bbrpa drama yg d atas *tengok-tengok nyariin*. Tapi sumpah, aq sukaaaaaaaaaa banget ma drama.y Master Sun. Awal.y sih gk ngerti ama judul.y, tp pas baca review ada Gong Hyo Jin ma So Ji Sub, waw!!! Langsung kepengen nonton…drama ini sukses bikin aq bermewek-mewek ria waktu So Ji Sub pamitan ma Gong Hyo Jin T_T…heuheu, makasih ya atas review.y…lainkali q pantengin deh postingan.y

    • iya drama ini emang sering banget bikin mewek, eh terus eps berikutnya ternyata gak selebay itu, kayak pas so ji sub pulang dari china katanya bawa tunangan (bener gak sih?) nyatanya di episod selanjutnya kagak jadi, pertunangan batal, padahal penonton udah mewekkk :))

      okeee, makasih ya udah baca dan komen ;). semoga postingannya membantu.

          • Haiiii…hai… newbie diperdramaan korea nih…. sumpah bingung dah mau nonton apa skrg, saking banyak nya rekomendasi hahahaha….
            Terakhir ditonton: its ok its love, my love came from a star, my lovely girl, the faith.
            Its ok its love ngga terlalu oke menurutku. my lovely girl ringan tapi lumayan, lagunya bagus2 πŸ™‚
            dan aku gagal paham knp bisa ilfil ama LMH, krn daku cinta mati pada dirinya huahahahahaha….
            Berikutnya monton apa yaaa… pgn that winter tp rada males berlinang air mata :p

            • Hihihi berarti selera kita tabrakan banget nih, karena aku suka banget It’s Okay That’s Love tapi pas nonton My Lovely Girl cuma betah 5 menit di eps pertama terus langsung cari drama lain =)).

              Emang That Winter mellow banget sih ^^; kalau gitu coba cari aja yang lucu2 πŸ˜€

  18. Pingback: Rekomendasi Drama Korea 2014 | Racauan Manda

  19. Halo haloooo salam kenaaaal 😁
    Kak (?) Mandhut πŸ˜€ jadi ceritanya aku nyasar nih di WP ini pas browsing review review drakor hehe

    Dan kesan pertama aku buat WP ini atau lebih tepatnya buat pemilik WP adalah “Gila lo maniak drama banget ya? Semuanya ditonton”

    Baca reviewan dari author bikin jiwa drakorku terpanggil wkwkwk dan aku seneng karena kita punya pendapat yang mirip mirip buat beberapa drama yeay berasa punya temen baru haha. terutama di part ga begitu suka moon chae won dan ga paham kerennya lee minho dimana hahaha ini sentimen pribadi banget yaaa

    Berdasarkan pengalaman nonton drakor kadang yang di gadang2 malah mengecewakan, contoh the heirs. Menurutvaku sebenernya drama itu biasa aja kalo bukan karena cast2nya yang punya nama. Supporting castnya yang ‘wah’, dan bikin aku enjoy dibanding main castnya sendiri. Aku malah selalu skip adegan2 main castnya haha

    oke sebaiknya curhat pribadi ini harus segera saya hentikan sebelum kepanjangan wkwkwk
    intinya selamat author, aku sepertinya bakal jadi reader tetap di wp ini hehe

    • Halo halo salam kenal, maaf ya baru bisa bales πŸ˜€

      Wakakakkk, keliatannya kayak maniak gitu padahal sebenarnya saya itu…

      …ya emang maniak drama sih :))

      Aseeeek sepikiran ya? gampang deh nih ngobrolnya. Iya Moon Chae Won dan Lee Min Ho emang ganjalan hati banget.

      Kurasa sih, jadi beberapa drama itu kayaknya emang punya target pasar yang berbeda2, kalau kayak The Heirs itu sasarannya kayaknya fans2nya drama Boys Before Flowers, You’re Beautiful dan drakor2 serupa :)). Jadi kalau gak gitu suka 2 pendahulunya ya kemungkinan besar ga suka The Heirs.

      Aku malah gak nonton The Heirs sama sekali :)). Cuma denger kabar2nya aja.

      Gapapa kok curhat pribadi, dengan senang hati dibaca. Sekali lagi salam kenal dan ditunggu kunjungan berikutnya buat gosip2 drakor :)) fufufufuuu

  20. Kalo nonton the winter that the wind blows, aku ingat ceritax yg mirip dgan film “love me not” pemeranx Moon Geun Young…

    Tpi yg pling oke sih Master Sun…
    Gong Hyo Jin n So Ji Sub, bkin q nonton ulng berkali kali…
    Cma filmx yg Its okay Its Love, gk trllu okeh mnurut ku…
    Udah bca sinopsisx marry him if you dare, jd gk pngen nonton, mskpun sk sma yoon eun hye, tp jln critax krg suka…

    Oh ya, thank you buat reviewx…1. Delapan gelas air
    2. Satu sendok teh jahe bubuk
    3. Satu mentimun ukuran sedang, iris tipis
    4. Satu lemon ukuran sedang, cincang dan iris tipis
    5. 12 helai daun peppermint

Leave a Reply

