[Film-in Dong!] Notasi by Morra Quatro

 17905336

Score : 8,5 dari 10.

Ini adalah buku Morra Quatro pertama saya. Jadi sebenernya buku Notasi ini udah sempet nangkring di rak buku saya sejak pertengahan tahun 2013, tapi baru dibaca 2 minggu yang lalu, gara2nya… adik saya si Kempeso kan baca itu buku duluan, begitu ditanya bagus apa enggak, dia cuma jawab “lumayan” dengan tampang datar cenderung sepet, jadilah gue keburu asumsi “ah bukunya biasa”, dan akhirnya tiap mulai baca kagak selera (ditambah lagi, kalau di cetakan milik saya itu halaman awalnya banyak yang dobel).

Tapi berhubung itu buku termasuk satu dari sekian buku yang saya mau titipin di Reading Walk, jadilah saya paksain baca, dan ternyata BAGUS. *guling2*

Maafkan aku, Morra Quatro, semua gara2 si Kempeso *colok*.

Review tanpa spoiler :

Ceritanya tentang roman berlatar sejarah krisis kepercayaan yang terjadi pada masa Orde Baru, puncaknya pada kerusuhan Mei 1998. Naila, adalah mahasiswi Kedokteran Gigi, sedangkan Nino adalah anak fakultas Teknik, kedua jurusan di UGM yang konon di masa itu banyak terjadi slek. Awalnya digambarkan keseharian khas aktivis kampus, persaingan calon ketua BEM dari masing2 jurusan, kepanitiaan, kesenjangan kucuran dana, sampai akhirnya perebutan slot promosi di radio kampus UGM, yang belakangan bernama Swaragama.

Naila ingin mempromosikan acara kampusnya lewat radio tersebut, tapi ternyata di masa itu izin dan penyebaran informasi sangat ketat diawasi, radio kampuspun segan untuk mengudara secara bebas. Ketika akhirnya Naila dan Nino saling tertarik, cinta mereka yang masih piyik terhalang oleh gejolak negeri ini, harus bersabar menerima kenyataan pahit, dampak dari Orde Baru yang sedang getol2nya berusaha ditumbangkan oleh rakyat. Bisakah Naila dan Nino tetap bersama?

Karakter :

  1. Naila, cewek asli Yogyakarta, mahasiswi FKG yang lumayan aktif di kampus
  2. Nino, cowok teknik yang digambarkan cowok banet dan sangat misterius. Gak pernah mau difoto.
  3.  Ve, temen kuliah Nino, si mahasiswi jurusan teknik yang rada dingin dan judes.
  4. Farel, calon ketua BEM dari teknik, bosnya Nino,
  5. Tengku, calon ketua BEM dari kedokteran gigi, bosnya Naila.
  6. Zee, temen deket Naila dari FKG
  7. Lin-Lin, temen Naila dari FKG juga, keturuan tionghoa, pacar Tengku

Kenapa bagus :

  1. Berlatar sejarah otentik. Di saat rata2 roman berbau chicklit, ini kita dihadapkan pada permasalahan yang benar2 terjadi dan emang dampaknya serius. Bagi gue yang di masa kerusuhan 1998 itu masih SD nuju SMP, jadi sedikit dapet gambaran lebih dalam tentang apa yang terjadi kala itu.
  2. Membahas soal UGM dan asal-usul radio Swaragama. Sekarang gue jadi pengen main ke UGM dan napak tilas lokasi2 yang digambarin di novel Notasi ini :D.
  3. Cerita cintanya gak cengeng, tapi tetep manis. Buat gue yang berasa capeeek banget kala nonton trilogi Before-Sunrise-Sunset-Midnight, ini mendingan deh. Kalau tipenya sama kayak gue, tipe2 gak betah sama roman menye2 bikin sakit gigi, mungkin bakal suka juga.
  4. Buat yang jaman kuliahnya aktif di organisasi atau kepanitiaan, buat yang pas kuliah sempet jadi anak perantauan, kayaknya bakal suka 🙂

Kurangnya :

  1. KURANG PANJANG *nangis* pembaca belon puaaaaaaasss.
  2. Ada beberapa momen yang digambarkan secara tidak langsung dan gue mikir akan betapa serunya kalau diceritakan Naila ikut terlibat secara aktif disana. Gitu deh.

Terakhir, cuma mau bilang kalau, novel ini bener2 kerasa angin seger banget, gue baca gak bisa berenti mulai dari awal chapter 2 ampe akhir :). Jadi ngefans sama Morra Quatro dan abis ini kayaknya akan mulai berburu buku2-nya yang lain :). Oh ya, kali ini gak ada cast prediction-nya ya, soalnya bener2 mikir dan gak nemu2, gue stuck di Adipati Dolken as Nino dan semacam gak rela aja karena si Adipati tampangnya rada kurang misterius, sementara Nicholas Saputra udah terlalu dewasa untuk peran anak mahasiswa begini. hahahahah. Tapi kalau udah baca novelnya dan ada ide, silakan lho komen2, ;).

Selamat Membaca!

Mandhut.

Advertisements

2 thoughts on “[Film-in Dong!] Notasi by Morra Quatro

  1. Pingback: Happy 12th Birthday Gagas Media! | Racauan Manda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s