Review Movie : About Time (2013)

Salah satu film termanis yang pernah gue tonton. Rasanya hampir mirip kayak pas saya nonton film favorit : Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004). Berkisah tentang seorang cowok bernama Tim (Domnhall Gleeson) yang memiliki kemampuan rahasia, yaitu time-travel.

Ceritanya sendiri banyak berpusat pada rentetan hidup Tim dan orang2 di sekitarnya, dari umur 21 tahun sampai dia menikah dan punya anak, terus ngasi liat bagaimana usaha dia untuk memaksimalkan hidup yang dia miliki dengan kemampuan time travel yang dia punya. Gimana dia memperbaiki setiap kesalahan, kecil maupun besar yang membuat nasibnya berjalan sesuai dengan apa yang dia inginkan. Sampai gimana dia belajar dewasa, dan menemukan kebijaksanaan dari kelebihan time travel tersebut *tssah bahasa gue*

Dari segi plot sebenernya ada celahnya yang secara logis dan saintifik bikin rada ganjel (makanya rating di rotten tomatoes-nya cuma 69% aja), tapi karena dibawakan dengan sangat baik, terus gue bener2 bisa relate dengan pesan moral dan kondisi Tim, jadi gue sama sekali gak komplain.

Buat gue, film ini perfect. Termasuk casting, akting, soundtrack (elemen penting banget buat gue) dan lokasi. Semuanya bagus :D.

Spoiler.

Memang kisah cinta Tim dengan Mary (Rachel McAdams) lumayan bikin lumer, tapi gue justru lebih kena ke kisah keluarganya si Tim. Diceritakan, ayahnya Tim juga punya kemampuan time travel yang sama (diturunkan secara genetik hanya pada anggota keluarga pria, anggota keluarga lain yang gak punya kemampuan yang sama – sama sekali gak tau). Suatu hari, Tim dapet berita kalau ayahnya menderita kanker dan umurnya udah gak lama lagi. Tapi pas tau itu, Tim udah punya anak bersama Mary, dan kalau Tim seenaknya ngubah masa lalu, semisal, gimana supaya ngingetin ayahnya biar lebih jaga kesehatan dsb dst, salah2, sejarah bisa berubah, Tim bisa gak lahir ke dunia, atau anak2nya bisa aja ganti gender (tadinya anaknya cewe, terus jadi cowo), malah bisa aja gak lahir juga. Karena ini urusannya adalah anggota keluarga, jelas gak tergantikan apapun situasinya kan? itulah kenapa Tim dan ayahnya gak bisa apa2 soal kanker itu, dan ke depannya pun, kelahiran anak akan menjadi pembatas bagi Tim untuk time travel.

Lalu Ayah Tim meninggal. Tapi kalau kangen, Tim masih bisa bolak-balik diam2 ke masa lalu untuk ketemu sama Ayahnya, main pingpong dan ngobrol bareng. Kadang ayahnya ngerti Tim datang dari masa depan, terus bertanya2 soal gimana pemakamannya dll (dengan nada bercanda, tapi air mata gue si penonton udah mengalir kayak bengawan solo). Lalu, one day, Mary, istri Tim, mengusulkan untuk memiliki anak ketiga. Dan itu berarti, kalau nanti anak ketiga-nya lahir, Tim gak akan pernah bisa balik lagi ke masa lalu untuk ngobrol sama Ayahnya, karena kalau dia nekad, anak ketiganya mungkin akan berubah (ganti gender, atau kejadian lainnya). Istrinya gak tahu soal time travel ini.

Tapi Tim memutuskan untuk let go, dia mau move on, menyongsong masa depan. Terus di malam kelahiran si anak ketiga Tim, si Tim pergi ke masa lalu, nemuin ayahnya untuk terakhir kali.

GUE NANGISNYA GAK BERENTI BERENTI.

Terus ayahnya ngasi dia cara untuk bisa tetep menikmati waktu tanpa terus2an kepengen memperbaiki tiap dia melakukan kesalahan. Yaitu dengan menjalani satu hari dulu, untuk tahu kesalahan2 apa aja yang terjadi, presentasi gagal, kopi tumpah, salah perkataan. Lalu kembali menjalani hari yang sama tanpa mengubah apapun.

Dan Tim akhirnya tahu bahwa, pada percobaan kedua, dia gak segugup hari pertama karena dia udah tahu apa2 aja yang bakal terjadi. Dan ternyata kesalahan2 yang awalnya bikin dia frustrasi, rasanya gak sebesar itu saat dia udah siap. Dan karena dia lebih tenang, dia jadi punya waktu lebih untuk menikmati pemandangan, senyum pada pelayan cafe, ngasi semangat sama kolega yang ketiban masalah.

Manis kan? 😀

Free Web Proxy

Tim dan ayahnya

Abis nonton film ini gue jadi mikir2, kira2 kalau gue bisa kembali ke masa lalu, momen apa yang pengen gue ubah/kunjungi ulang?

Waktu kelas 3 SD, saat gue gak cukup ngotot untuk ikut les balet?

Waktu gue ujian ITB dan gue gak ngambil formulir seni rupa juga?

Waktu gue naksir seseorang dan belum tahu kalau nanti2nya itu bakal jadi pengalaman pahit buat gue?

Bulan-bulan akhir sebelum bokap gue meninggal?

Tapi terus gue baru sadar bahwa, di antara penyesalan2 gue itu, ada banyak hal yang gak pengen gue ubah, gak pengen gue jalanin 2 kali, gak peduli itu bikin gue bahagia atau sedih. Ada beberapa orang yang meskipun gue tau belakang2nya bakal bikin gue sedih, tetep aja kalau harus ngulang, gue mau ketemu mereka lagi, in the exact same way waktu gue ketemu pertama kali dulu. Pokoknya, kalau itu berarti membuat gue gak belajar apa yang gue pelajarin sekarang, gue gak mau.

Ternyata saat bener2 dihadapkan dengan pilihan untuk memperbaiki masa lalu, hari esok itu terasa lebih menjanjikan buat gue.

*guling2 karena malu, sok keren sendiri*

Makin suka lagi sama film ini, karena seperti yang udah gue bilang, soundtracknya bagus ;), salah satu yang gue suka adalah Mid Air by Paul Buchanan :

 The buttons on your collar
The color of your hair
I think I see you everywhere

I want to live forever
And watch you dancing in the air

All the lies and make believe
The very things that one day leave
But I can see you standing in mid air

The girl I want to marry
Upon the high trapeze
The day she fell and hurt her knees

And only time can make you
The wind that blows away the leaves

For everything that life was worth
The fallen snow, the virgin birth
Yeah I can see her standing in mid air
I can see you standing in mid air.

Free Web Proxy

We’re all travelling through time together. Everyday of our lives. All we can do is do our best, to relish this remarkable ride.

– Tim Lake

Carpe Diem!

Mandhut.

6 thoughts on “Review Movie : About Time (2013)

  1. Sbnrnya kl gw bs muter wkt gw pengen g jd dokter…gw pengen balik kenmasa lalu bilang jngn mau jd dokter..capee g d hargain..d tuntut pdhl dah usaha max..d maki2 sm pasien pdhl bukan slh kt jg..tp..d saat yg sm gw jg b’syukur bs jd dr..krn bs liat senyum pasien wkt sembuh,…a precious moment

  2. iyaaa ini film emang super oks, gue inget pulang dari nonton, langsung ambisius cari donlotan album ost about time hahaha.. sampai sekarang tiap dengerin lagu2nya gue kebayang scene2 di film nya, perasaan langsung hangat :’)

  3. Mand.. Ini nonton si bioskop, dvd apa download? Sepertinya manis jalan ceritanya ya 🙂
    Gue paling suka baca kalimat ini : “Dan ternyata kesalahan2 yg awalnya bikin dia frustasi, rasanya gak sebesar itu saat dia siap.”

    Apapun kejadian yg akan menanti di masa depan. Ketika diri sudah dibekali dengan persiapan. Mungkin semua akan terasa ringan dilewati. In a good time or bad time. Everything is gonna be fine :’)

    Nice post Mand…

    • download! tapi masih ada nih, mau? 😀

      manis bangeet bangeettt gue nontonnya senyum2 sendiri.

      nanti ingetin gue bawain buat lo ya ;), everything’s gonna be fine! 🙂

Leave a Reply

