Tentang Berkorban.

Mau ngeracau ngalor ngidul.

Belakangan lagi ngerasain banget yang namanya berkorban. Sesuatu yang dulu waktu kuliah kayaknya gampang banget, tapi sekarang jadi susah karena gue secara refleks berkali2 mikir :

worth it gak?

nanti kalau misal situasi berbalik dan ternyata gak ada yang mau berkorban segininya buat gue, gue bisa handle sedihnya gak?

berlebihan gak sih berkorbannya? atau gue harus kasih batas?

Gue udah memasrahkan diri gue dengan prinsip bahwa, gak ada manusia yang bener2 tulus – including me. Jadi setiap hari, gue memastikan gak semua porsi waktu gue itu untuk orang lain, tapi ada juga untuk diri gue sendiri. Kadang ngasi batasnya itu, dalam hitungan waktu (misal : eh gue ada projek tapi harus nemenin, yaudah gue tungguin sejam aja, abis itu udah), dari penilaian (kalau orangnya apresiatif, gue tungguin, kalau enggak ya enggak). Kesannya superficial banget, kalau kata orang tua, bisa2 pahala dibatalin. Tapi gue mengenal diri gue sendiri, dan gue melakukan ini karena tujuannya tiada lain tiada bukan biar gue gak sebel dan mendem marah akhir2nya.

Bagian dari manajemen emosi yang gue ciptakan =)).

Jadi kasarnya gue sebisa mungkin memasukkan logika dalam keputusan gue, karena gue sadar, gue juga cuma manusia biasa, yang kalau lagi stres gampang marah dan kalau lagi happy ya gue bisa baik hati aje. Karena gue mau gue hidup nyaman tenteram, gue coba pastikan emosi gue gak meledak, dan gue juga mencoba untuk menemukan orang2 yang betah sama gue, seneng maupun susah.

Tapi kadang, ada kalanya lo terlalu sayang sama orang, jadi logika2 itu lo kesampingkan dulu, karena lo cuma mikir gimana orang itu bertahan, dan mikir : kalau bukan gue, siapa lagi?. Atau kadang, karena gue tau orang itu lagi kalut, dan emang butuh pengertian ekstra aja.

Dalam hati, gue pun sadar bahwa kebaikan sekecil apapun itu bisa besar artinya buat orang lain. Satu senyum dan pujian bisa menyelamatkan nyawa stranger yang gak lo kenal.

Terus gara2 kadang bertindak karena hati gitu, akhirnya belakang2nya baru sadar deh kalau urusan lo jadinya rada terbengkalai, terus jadi agak khawatir2 aja dan mikir2 gimana caranya biar lupa pengorbanan yang kemaren dan gak ngamuk kalau entar2 (lagi2 pikiran semacam ini) – kalau entar2 gue susah dan gak ada yang mau berkorban sejauh ini, gimana?

Teorinya sih tahu, harus pasrah dan percaya aja sama Allah, gak akan ada kebaikan yang gak dibalas, dan kadang datangnya juga bukan dari orang yang menerima kebaikan lo. Tapi namanya insecure ya, kadang pikiran2 semacam itu gak bisa ditepis gitu aja. Berusaha dicuekin, tapi di hati jelas ada. 😀

Paling gak udah kasih yang terbaik yang bisa dikasih lah ya. Nanti insha Allah makin hari makin ikhlas lagi. Makin tenteram dan gak curigaan insecure :)).

Sekian curcolnya!

Selamat Bekerja!

Mandhut.

 

 

2 thoughts on “Tentang Berkorban.

  1. Mand.. Pernah gak lo ada di suatu kondisi dimana semua urusan atau momen penting dlm hidup elo terasa dimudahkan sama Allah? Kalau pernah, itu adalah waktu disaat kebaikan elo kepada orang lain (yg bahkan pernah elo abaikan dan gak anggap penting) dibalas nyata olehNya.

    Gak akan ada yg sia2 di muka bumi ini. Tiap apapun yg elo kerjakan akan dinilai dan berbalas hal serupa. Elo berbuat baik, akan mendapatkan kebaikan pula. Sebaliknua, berbuat buruk, bersiaplah menerima keburukan.

    Akan ada waktu dimana semua terasa dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah. Sekalipun momen tsb terasa sangat berat. Tapi disitulah cara Yang Maha Pemurah sedang berbicara pada kita atas setitik ikhlas yg dulu tak pernah disadari ♡

    Senang bisa komen secara waras postinganmu kali ini. Nyahaahaha!

    1. aaaaaaaaaa *berkaca2*

      Iya sih, sering ngerasa banget dimudahkan dalam berbagai urusan :(.

      Thank you ya Din udah ngingetin, gue sempet lupa kalau itu juga salah satu bentuk balasan kebaikan :)) *butuh siraman rohani*

      *peluk2*

      Thank you udah mau komennn 😀

Leave a Reply

