Run-Run-Runaway, Runaway, Baby!

Mau curhat ngalor ngidul!

Jadi ponakan gue lagi mau ujian kenaikan kelas minggu depan. Sudahlahya, gue diberdayagunakan kakak gue buat ngajarin anaknya matematika dan fisika. Kemaren2 juga udah ngajarin sih, tapi berhubung mau tes, yaudah belajarnya lebih rajin, jadi tiap hari. Gue suka matematik, jadi pelajaran itu sama sekali gak berat, tapi fisika? *buang muka*. Oh well, jadinya kalau untuk fisika, sekarang kayak gue belajar ulang buat ntar ngajarin ponakan gue (terus banyak momen2 : “OOOOHHH GITU TOH” terus disusul dengan rasa nyesel kenapa dulu gak dibaca lebih jauh =)) =)) HUAHAHAHAH).

Yang paling epic itu 2 hari ini. Jadi harus ngajarin ponakan gue bab tentang cahaya, terus ada pembahasan soal cermin cembung-cekung dan lensa cembung-cekung, beserta hitungan dan hukum2 sinar istimewa blablabla (belum indeks bias, sudut deviasi, dll). Rasanya mulut gue udah keriting mengulang2 potongan kalimat ini : “sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melewati titik fokus, sinar datang melewati titik fokus dipantulkan sejajar sumbu utama, sinar datang melewati titik kelengkungan cermin dipantulkan kembali melewati titik kelengkungan cermin”. Sengaja gue ulang2 biar dia inget dan bisa ngebayangin sendiri, karena menurut kisi2 bakal ditanyain *memble*.

index
oooooooohhh nostalgia masa remaja~

Itu baru satu sifat cermin cekung, belum cermin cembung, belum lensa cekung, lensa cembung, belum gambar2nya *nangis guling2*

Nah, printilan lensa dan cermin itu rada ribet, dan gue takut ponakan gue keburu ilfil, jadi satu bab gak plek gue bahas habis satu hari dan gue pastiin dia dapet cukup latihan soal biar pede. Udah kan ya, menjelaskan udah dengan segala macam cara, dari mulai ngelucu, manipulasi memori (diikat dengan hal2 yang mudah diingat), warna, kertas catatan.

Hasilnya, so far lumayan.

Ngitung letak bayangan cermin cekung? beres! cermin cembung? oke! Bismillah, ya!

Terus tibalah gue mesti jelasin soal lensa. yang mana, sebenarnya cara ngitung dan sifatnya gak jauh beda sama cermin cembung-cekung, tapi, ada beberapa yang ketuker, ada yang min plus, ada yang ini ada yang itu. Kayak bahasa prancis, kebanyakan eksepsyong!

Sampe2 pas jelasin itu tanpa sadar suara gue abis tiba2 lho, padahal belum 2 jam =)).

Abis jelasin lensa cembung (belum cekung) gue liat ponakan gue mulai tidur2an di karpet, terus tiba2 dia ngerengek : “Anti, aku mau muntah….” sambil nyengir2 lemes.

Eh kok sama? kepala gue juga denyut2 gitu jelasinnya. =)) =)) =)) gila urusan cermin ama lensa aja bikin mual gini.

Akhirnya gue sudahi dulu pelajaran hari itu karena gue juga udah eneg liat lensa ama cermin. Gak berapa lama, ponakan gue beneran ke kamar mandi dan muntah, terus gue jadi merasa agak2 berdosa. Apa gue yang jelasinnya salah ya ampe dia pusing gitu? ^^; kan katanya kalau jelasinnya masih ribet means kitanya belum ngerti bener. Nanti gue belajar lagi deh T-T

Oh, seandainya aja bab cahaya ini porsinya gak banyak di kisi2 soal ujian kenaikan kelas…. *elus2 ponakan* *remek kertas kisi2 resmi dari depdikbud*

Curhatan gue tante2 banget ya =)).

Itu salah satu yang bikin gue sibuk kalang kabut 2 bulan ini. Yang kedua adalah, project gue ada yang ngaret dan agak mandeg karena ada yang mesti dirubah. Tiga minggu ini meres ide sampe gaktau lagi mesti ngapain buat cari inspirasi. Terus hari ini gak sengaja denger lagu Bruno Mars yang Runaway Baby terus tiba2 jadi semangat lagi :

Run run runaway, runaway baby
Before I put my spell on you
You better get get getaway getaway darling
‘Cause everything you heard is true
Your poor little heart will end up alone
‘Cause what knows I’m a rolling stone
So you better run run runaway runaway baby

Terinspirasi buat kabur! NOT! =)) *ditimpuk editor*

Bismillah aja lah, kasih yang terbaik. Doakan aku dan ponakan ya. Ponakanku, semangatlah dan janganlah kamu lupa kalau :

CERMIN ITU DIPANTULKAN, BERBEDA DARI LENSA, LENSA ITU DIBIASKAN. Terus jangan lupa ya, kalau hasil jarak bayangan-nya min, kalau soalnya tentang cermin, itu berarti dia ada di belakang cermin. Kalau untuk lensa, dia berada di depan lensa. Kenapa? Karena berbeda dari cermin, lensa itu DIBIASKAN.

*keriting mabok*

Itu ya, kadang2 sambil ngajar gue tuh tanpa sadar bersenandung “kita jadi pintar, dibimbing bu guru… kita jadi pandai, dibimbing pak guru…” <- secara gak sadar minta diapresiasi banget =)).

Ayo cepetan selesai ujiannya biar bisa nonton bareng lagi 😀

Selamat weekend semuanya!

Mandhut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s