Bye, Genie.

Genie5

You ever have that funny friend, the class-clown type, who one day just stopped being funny around you? Did it make you think they were depressed? Because it’s far more likely that, in reality, that was the first time they were comfortable enough around you to drop the act.

Read more: http://www.cracked.com/quick-fixes/robin-williams-why-funny-people-kill-themselves/#ixzz3ACShYbvV

Baru baca artikel ini : Robin Williams and Why Funny People Kill Themselves, terus meski agak kurang suka sama judulnya (karena berasa generalisir), somehow lumayan bisa relate dengan apa yang ditulis. Lebih lagi, beberapa opini yang dijabarkan itu termasuk yang pernah gue singgung sedikit di postingan ini.

Dari dulu gue selalu tertarik dengan bidang psikologi, makanya suka rada sok tau kalau udah menyangkut soal manusia dan tindak-tanduknya :D. Salah satu hal yang gue pegang adalah manusia itu memperlakukan orang lain sesuai dengan bagaimana dia ingin diperlakukan. Ini standar normal yang gue pernah baca, ya. Kalau serial killer atau psikopat jelas udah beda lagi. Jadi kalau lo punya teman yang suka melucu atau menghibur, kemungkinan ya karena dialah yang paling pengen dihibur, dibuat ketawa. Kalau lo punya temen yang loving, ya mungkin dia yang kurang kasih sayang. Atau, seperti teori yang diungkapkan pada link artikel yang paling awal, melucu karena ingin disukai, karena rendah diri dsb.

Paragraf favorit gue dari artikel yang gue sebutkan di atas :

Be there when they need you, and keep being there even when they stop being funny. Every time they make a joke around you, they’re doing it because they instinctively and reflexively think that’s what they need to do to make you like them. They’re afraid that the moment the laughter stops, all that’s left is that gross, awkward kid everyone hated on the playground, the one they’ve been hiding behind bricks all their adult life. If they come to you wanting to have a boring-ass conversation about their problems, don’t drop hints that you wish they’d “lighten up.” It’s really easy to hear that as, “Man, what happened to the clown? I liked him better.”

I’m a clown myself. Semasa sekolah dan kuliah label ‘kocak’, ‘lucu’, ‘humoris’ itu beberapa kali mampir menjadi superlatif :D. Seiring umur, baru deh tahu kalau gue ga perlu menghibur semua orang – cukup orang2 yang nyaman dan emang pengen gue buat hepi aja, tapi dulu gue pernah berada di posisi dimana gue pengen buat semua orang ketawa.
Emang, gue gak selucu itu sampe bisa jadi icon komedi dunia yang digandrungi, tapi gue ngerti sedikit kenapa dan mengapa-nya, jadi kepergian icon Hollywood yang satu ini emang agak bikin miris. Lebih lagi karena dia banyak memerankan tokoh yang positif di film kayak Dr. Patch Adam, Genie-nya Aladdin, Peter Pan dan masih banyak lagi. Jadi inget kisah hidupnya J.M. Barrie deh T-T.
Terakhir, sesibuk apapun, kayaknya kita kalau bisa jangan pernah lupa untuk kasih perhatian ke orang2 di sekitar kita, deh. Sekedar telfon, tanya kabar via mention atau chatting. Bukan cuma yang keliatannya lagi susah aje, tapi yang normal2 aja juga ditanya.
Sebagai penutup, mari lihat klip favorit saya dari kartun Aladdin (Disney, 1992, suara Genie diisi oleh Robin Williams) :

Well Ali Baba had them forty thieves
Scheherezad-ie had a thousand tales
But master you in luck ’cause up your sleeves
You got a brand of magic never fails
You got some power in your corner now
Some heavy ammunition in your camp
You got some punch, pizzazz, yahoo and how
See all you gotta do is rub that lamp
And I’ll say

Mister Aladdin, sir
What will your pleasure be?
Let me take your order
Jot it down
You ain’t never had a friend like me
No no no

(Friend Like Me song from Aladdin)

yes, indeed.

Mandhut.

2 thoughts on “Bye, Genie.

Leave a Reply

