Kupas Sampe Ngelotok : Ada Apa Dengan Sequel Ada Apa Dengan Cinta?

aadcnostalgia

Mungkin telat. Mungkin demamnya sudah lewat. Mungkin, kalau Cinta tahu postingan ini baru muncul setelah sekian lama, dia bakal melototin gue terus ngebentak : “BASI! MADINGNYA UDAH SIAP TERBIT!”

Tapi gue dengan tenang akan menjelaskan ke Cinta (dan ke lo-lo semua yang baca tulisan gue ini) bahwa keterlambatan gue beralasan. Pertama, karena gue ada kerjaan lain *ditabokin*. Kedua, karena gue aja ya mau nonton si mini drama AADC by LINE aja butuh waktu lama (karena mau klik ‘play’ aja gugup – fans yang norak) gimana coba mau cepet2 bikin postingan apresiasi? Ketiga, bagi gue, ini bukan masalah dulu2an. Bukan soal momentum. Bukan timing. Bukan pula rating, site traffic dan viewcount.

Ini soal AADC dan gue ga bisa setengah2. Ini soal hati. Ini prinsip. Ini dunia dan seluruh isinya.

*ketawa freak sambil lari ke hutan terus belok ke pantai*

Sudahlah, kalau gue lebih sarap lagi dari ini entar ponakan gue malu. Kapan itu gue baru aja menunjukkan reaksi berlebihan waktu ponakan gue (yang umurnya baru 2 tahun saat AADC tayang pertama kali di bioskop itu) tanya : “Nicholas Saputra itu siapa sih?

MUAHAHAHAHA ‘SIAPA’ KAMU BILANG?! *ngingetnya aja esmosi* salahbangetsalahbangetsalahbangetbangetbangetttnanyakayakgituu *heboh*

Sudahlah, mari move on ke bahasan utama -_-;

Sebelumnya mau warning dulu, ini postingnya panjang bener dan gue ga ada niat mengurangi sama sekali (atau membaginya jadi part. males ah). Jadi kalau waktu kalian sempit atau matanya takut siwer, scroll2 aja ke bawah sampe nemu topik yang mau kalian baca. Gue udah coba highlight yang penting2 kok ;).

Sebenernya, kemaren2 sempet juga kepengen bikin postingan nostalgia AADC, tapi gue mikir2, apalagi coba yang fans AADC gatau? hampir semua dialog, ekspresi, gaya hidup, artis-aktor, plot dan printilan AADC udah pernah dikupas di sumber lain. Terus kalau soal ngomentarin mini drama kemaren, itu lagi, meme-nya udah bertebaran dimana2 :)). Tapi, kalau masih pada kangen, gue ada sih postingan favorit dari blogger tetangga, monggo dikunjungi di sini ;), dan… postingan komentar mini-drama AADC yang ini juga lumayan kok.

Nah, kali ini, gue mau membahas sequel-nya AADC aja. Tentang gosip2 terakhir yang gue baca/dengar dan prediksi plot kisah romantis Cinta dan Rangga. Apa yang terjadi 12 tahun kemudian?

Sebelumnya, gue mau cerita. Perlu kalian tahu bahwa jauuhhhh sebelum mini-drama AADC sebagai iklan LINE itu resmi di-publish, gue (dan adek gue si Kempeso) udah mencium gelagat2 reuni AADC dari acc instagram mba Dian Sastro (cieh bangga gitu ceritanya, seakan2 gue selangkah lebih maju padahal semakin membuktikan kesarapan gue soal AADC). Jadi selama beberapa minggu sebelumnya, si jeng Dian ini rajin banget post foto2 Cinta and the gank + Rangga, bikin fans2 blingsatan. Gue gak tau yang lain pegimane, tapi kalau gue, selama beberapa minggu itu juga gue ribettt banget cari info soal sequel AADC. Ya gak ampe nanya ke Miles sih (soalnya gak kepikiran <- anaknya kurang canggih), gue cuma browsing2 foto2 Cinta and the gank + Rangga di instagram, sama cari2 tahu sekarang lagi pada syuting apa. Berharap ada clue dan info yang bocor dan bisa membuktikan keberadaan sequel AADC.

heboh
Salah satu foto pre-rilis mini drama AADC yang bikin dunia gue gonjang-ganjing

Itu ya, foto2nya semacam diliatin dan dibedah2 bersama adek gue si Kempeso. “Gak kali ya, cuma ketemuan doang.”, “Tapi kalau ketemuan doang, KENAPA DI BELAKANG ADA KAMERA?”, “Iya ya, terus kenapa ketemuan doang rapihnya banget2 kayak mau syuting ya?” dsb dsb.

fotomasalah - Copy
salah satu foto pre-rilis mini drama AADC yang bikin penasaran

Tapi terus yang gue tau, Dian itu lagi syuting film 7/24 bareng Lukman Sardi. Dan itupun bukan produksi Miles. Sempet gue mikir, apa gank-nya Cinta sama Rangga itu numpang lewat di 7/24 as cameo? Tapi tetep aja dalam hati berharap amat sangat bahwa mereka semua ngumpul buat syuting sequel. Biarpun cuma iklan.

Dan ternyata bener dong. Cuma iklan. Iklan buat chat messenger.

*antara seneng karena doa dikabulkan dan sedih karena berasa kurang nampol* =)) =)) =))

Tapi abis itu ya gue tetep pantau terus, dan… gue dapet kejutan kedua.

Setelah mini-drama AADC rilis dan semua orang heboh, muncullah tweet di bawah ini dari Mira Lesmana (salah satu produser AADC 2002) :

pte

Gue berusaha tenang dan berpikir pintar, tapi reaksi awal adalah jelas heboh banget dan membego mendadak. Gue udah tau kalau ada film lokal berjudul Pendekar Tongkat Emas yang bakal tayang di bioskop Desember 2014. Gue udah minat nonton, utamanya karena ada Reza Rahadian, dan ada Nicholas Saputra juga *ngikut ampe ujung dunia*, tapi gue rasa sih gue mau nonton karena emang anaknya seleranya suka unik dan coba2 aja, sapa tau keren kan? TAPI, gara2 tweet Miles di atas, motif gue bertambah lah. Jadilah ada hari dimana gue ngespam2 trailer dan BTS Pendekar Tongkat Emas T-T di timeline. Tambah heboh karena Nicholas gondrong pake iket kepala itu gantengnya nyess banget di hati T-T (liat detik ke 00:17)

nichogon
Nichogon! Nicholas Gonjes!

Terus, setelah agak tenang dan ngobrol2 sama adikku si Kempeso soal janji sequel AADC 2 ini, kami berkesimpulan bahwa mendongkrak promo Pendekar Tongkat Emas dengan cara tersebut itu boleh2 aja adanya, toh namanya juga nyari rezeki (dan ada Reza Rahadian sama Nicholas Saputra), toh emang faktanya butuh modal lebih buat sewa aktor-artis kaliber Dian Sastro, Nicholas Saputra, Ladya Cheryl, Adinia Wirasti, Sissy Priscillia dan Titi Kamal serta Dennis Adhiswara (aku tidak melupakanmu lho, Mamet). Tapi kan gak ada kata2 yang jelas mengenai harus sepopuler apa Pendekar Tongkat Emas supaya si AADC 2 diwujudkan. Jadi kami berkesimpulan (dan berdoa), bahwa :

Mau Pendekar Tongkat Emas sukses apa enggak. Cepat atau lambat, AADC 2 itu bakal ada. *melotot ala dukun*

Gila aja animo penggemar udah ampe begini terus gak dilanjutin. Di zaman dimana film dibuat 3D biar tiketnya bisa lebih mahal? Dimana film sengaja dibagi 2 part dengan alasan biar mirip sama bukunya padahal biar untungnya dobel juga? Dimana film udah tayang dari kapan tau ehh terus ditayangin lagi versi extended-nya? Pebisnis ulung maupun seniman sejati harusnya curi timing dan kesempatan ini. *mulai sokteu*

Minimal, tanggung jawab moral lah ama fans sejati yang butuh move on setelah abis dicolek2 ampe ngarep.

Tapi ya kalau mau bantu2 Miles Production dikit2, ga rugi juga loh nonton Pendekar Tongkat Emas. Ketimbang udah syuting AADC 2, terus salah satu pemerannya ada yang diganti sama yang bayarannya bisa diskon, kan? atau entar lokasinya cuma mentok di komplek itu2 doang kayak sinetron Putri Yang Ketlisut, kan? Gue sih mau nonton Pendekar Tongkat Emas. Hahahaha.

Lalu, dugaan di atas berlanjut ke pembahasan berikutnya.

Plotnya AADC 2 bakal kayak gimana, ya?

aadc
apa yang terjadi setelah adegan ini?

Di antara meme dan komentar asal soal mini-drama AADC 2014 itu sempet ada selentingan kayak gini : Ih, Cinta kok umur segitu belum nikah?

Kok yakin banget, sih? sapa tau di situ Cinta udah janda dan punya anak kan? Cuma aja ga dikasih liat di iklan karena durasinya emang pendek. Scriptwriternya si iklan mini drama AADC 2014 itu did a good job lho karena sama sekali gak membuka fakta/latar belakang para pemeran AADC sampe detil, semuanya sebatas yang diperlukan aja. Jadi masih ada ruang buat scriptwriter berikutnya untuk berimprovisasi kalau2 ada lanjutannya (AMIN).

AADC tahun 2002 itu, inti premisnya (IMO) ngebahas Cinta si populer yang gak bisa begitu saja menerima kenyataan bahwa dia kesengsem sama cowok judes dan penyendiri kayak Rangga. Hence the title : Ada Apa Dengan Cinta. Makanya gue pikir, kayaknya untuk AADC 2 mungkin bakal bagus kalau premisnya masih ada hubungan tentang itu kan? tentang menelaah perasaan asing/ denial dengan perasaan sendiri.

aadc9ap7
AADC 2002 : pahit manis cinta remaja

Jadi setelah mikir jungkir-balik, gue punya beberapa alternatif (meski gak mateng2 banget) :

[SATU] Sekarang giliran Rangga yang denial karena… I don’t know, mungkin Cinta udah janda seperti yang gue sebut di atas, Cinta udah nikah, Cinta maen Get Rich melulu (enggak deng), Cinta udah punya anak. Biar gimana, kalau urusannya udah mau lanjut ke pernikahan, hal2 yang gue sebut sebelumnya jadi pertimbangan lanjut, kan? Jadi judulnya : Ada Apa Dengan Rangga. Tapi terus kerasa ganjel ya karena judulnya gak ada ‘Cinta’nya =)).

[DUA] Atau… kalau mau endingnya bisa gak happy2 banget bagi sebagian orang – macam ending How I Met Your Mother. Bisa juga Rangga ama Cinta semacam udah balikan dan udah siap2 mau nikah tapi terus Rangga kepincut sama salah satu dari temen Cinta. Sama Milly atau Alya, misalnya? (Karena Carmen nampak kurang cocok dan Maura gak pernah jadi fav gue). Bisa buat bahan renungan dan bisa jadi lebih dalem aja sih. Moralnya : kisah cinta itu gak bisa memilih, gak sempurna kayak cerita dongeng, dan emang intinya bukan itu, tapi kepada siapa hatimu berlabuh. CEILAAAAAAHHH~

[TIGA] Bisa juga udah mau nikah tapi terus Cinta-nya tiba2 di tengah2 coldfeet gitu. Jadi kayak Runaway Bride, Cinta udah berkali2 membatalkan rencana pernikahan karena belum move on dari Rangga, eh giliran udah dapet Rangga, si Cinta galau lagi. Jadi judulnya Lagi-Lagi Cinta Kenapa-Kenapa *dibakar fans AADC*.

[EMPAT] Menguak alasan kenapa Rangga ga balik2 selama 12 tahun tersebut. Bisa jadi mereka udah pacaran dan udah mau nikah, eh terus tiba2 ketauan deh kenapa Rangga ga ngehubungin Cinta, Rangga ternyata… *kamera maju mundur zoom in zoom out*

Rangga ternyata selama ini koma. Rangga ternyata suka lupa aja. Rangga ternyata brengsek. apalah itu.

[LIMA] Cinta udah mau nikah sama Rangga tapi dia jatuh cinta sama Mamet, karena Mamet kayak Umino-nya Sailor Moon, begitu kacamatanya dilepas, lebih ganteng dari abang Nico *dikubur hidup2 sama Miles karena entar butuh biaya CGI banyak2*.

index
YA? ada yang panggil saya?

Yah, bisa macem2 sih, tapi kalau gue pribadi, so far gue suka yang alternatif kedua dengan judul Ada Apa Dengan Rangga. Pertama,Β  karena biar pas sama Rangga yang denial sama perasaannya (jadi masih ada kesamaan tipe ama AADC 2002) dan kedua, karena gue tipe orang yang lebih suka kalau nonton film yang pesan moralnya kuat dan membekas :D. Sapa tau kan Miles baca terus jadi bisa kasih inspirasi.

jodoh
Karena kita gak pernah tahu dengan siapa benang merah di jari kelingking kita itu tersambung.

Tapi apapun itu insya Allah gue nonton sih AADC 2. Nunggunya udah terlalu lama soalnya =)).

Sekian dan terimakasih udah mau baca postingan panjang ini! Kalau ada ide cerita lain buat AADC 2 silakan komen ya. Gue akan dengan senang hati berdiskusi *kurang temen ngobrol*

Jangan berhenti berharap! Mading belum terbit!

Mandhut si penggemar AADC garis keras.

Advertisements

21 thoughts on “Kupas Sampe Ngelotok : Ada Apa Dengan Sequel Ada Apa Dengan Cinta?

  1. MANDAAAAAAAAAA…ahaihaihaihaihaihai.. gilagilagila.. gue juga jadi ingat belom kupas tuntas soal AADC 2014. Gila yaaa lo beneran sama banget sama temen sebelah gue di kantor.. “you cela AADC, you die, mamen!” HAHAIHAIAHIAHIA..

    1. =)) =)) =)) mau jaim juga udah ga bisa kalau urusannya udah menyangkut AADC. Rasanya tuh kayak 12 tahun purnama ga muncul-muncul! *lebay*

      Wkwkwkwk aseeek ditunggu ya postingnya. Sambil dengerin Ost. AADC aja, nulisnya tambah semangat =))

  2. Aku pilih yang Ada Apa Dengan Rangga jugaaaak aah. Keknya itu alternatif yang cukup patut diperhitungkan..
    Aishh. Jadi pengen nonton ulang AADC deh *LAGI?* πŸ˜€

  3. Ihhh.. Itu pendekar tongkat emas kok kayaknya seru amat ya.. *salah fokus*

    Hmmm.. Mungkin selama ini rangga koma, jadi ngga ada kabar…
    Atau nanti pas Cinta-rangga mau nikah ternyata muncul orang ketiga, hmm.. Reza rahardian mungkin…
    *lanjut menghayal indah*

    1. iya kaaan iya kaaan, nonton deh BTS-nya Pendekar Tongkat Emas, seru2 juga kok πŸ˜€

      Uwaaa mari menghayal! πŸ˜€ hahahaha semoga cepet2 tayang deh si AADC 2, amin!

  4. Di minidramanya tuh yang ganggu banget sih kata Linenya. Kenapa harus ada Line di narasi mereka -_- yayaya aku tau itu karena iklan line. tapi TETEP AJA GANGGU! *kalem*

    Dukung “Ada apa dengan Rangga”!!!

    Setelah ditelaah dengan baik, sepertinya Rangga itu memang punya alasan khusus kenapa gak balik saat purnama pertama. Alesannya….

    jeng…jeng…jeng *sok kasih backsound*

    Alasannya karena pas bulan purnama pertama itu dia jadi serigala *BGM: emejing…emejingg* makanya dia gak bisa masuk bandara apalagi pesawat. Pesawat gak nerima binatang masuk kan? Gila aja serigala masuk pesawat, heboh!
    Gara-gara itu rangga jadi galau mau balik ke jakarta atau gak, lambat laun karena kelamaan galau dia jadi lupa sama Cinta, dia sibuk sama serigalanya *loh* Sampai akhirnya diingetin buat balik ke jakarta (walau hanya urusan kantor) dan si buku AKU itu. Tapi disitu dia juga galau, pasti dia galau, galau karena takutnya pas ada depan cinta dia jadi serigala, eh tapi itu dia balik bulan purnama bukan ya?

    Masuk akal kan idenya? Pasti masuk akal, selama GGS masih tayang di tv, yah plot AADC2 ntar gak menutup kemungkinan bakal kolaborasi sama GGS kan? *emejing..emejing*

    1. IYa, kenapa sih ga pake spanduk LINE aja gede2 di bandara. Atau dikasih aja LINE gitu di layar, tapi jangan rusak nilai puitis dari AADC -_-

      najis banget sih digabung sama GGS. Kan purnama kan bukan tiap hari!!! dia tinggal naik pas bulan sabit aja dan semua beres :)).

      Awas aja kalau AADC kollab sama GGS, ga ridho. Bad publication langsung, hukuman sosial! HUH! :))

      Thank you udah komeeennn πŸ˜€

      1. Tapi yah emang itu untuk iklan, mau gimana lagi. Jadi tunggu AADC2 aja dan jangan sampe ada iklan.

        Kan purnama identik sama serigala kan? Harusnya cocok dong sama AADC, kan kan?

        Yah kita berdoa aja semoga miles gak khilaf πŸ˜€

  5. Biis nonton AADC ditv lokal malam minggu 06 Des 14….iseng2 jalan2,eh nemu page ini.
    Freak abis ini mandhut…..hihihihi….

    Tp lebih freak lg gw,jd perang dingin sm istri gw yg pengen nonton GGS,jam penayangannya pas bareng kan,secara AADC ngebalikin memori terpendam gw akan masa lalu.

    Lanjutkannnnnn aadc 2 ga mau tau,gw blom bisa move on nihhhh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s