Review Buku : Cheeky Romance by Kim Eun Jeong

20141125_163842

Ini adalah kali pertama gue baca novel terjemahan Korsel, dan ternyata lumayan oke, lho. Gue pikir bakal ada kendala di bahasa, karena struktur kalimat Korsel ama Indonesia beda kan, ya. Tapi ternyata ceritanya bisa dimengerti dengan mudah (good job buat penerjemahnya : Putu Pramania). Paling yang perlu di-ingat buat yang mau baca :

  1. Kalau ada kalimat italic yang berada dalam kurung siku kayak gini : […..], itu artinya lagi mengutip dialog/cerita di masa lalu pemeran utamanya.
  2. Jangan bingung sama julukan ‘Ibu Hamil Nasional’, ‘Dokter Nasional’ dll dsb. Sebagai orang yang lumayan lama nonton drama/variety show Korsel, orang2 sana emang suka menjuluki idola/tokoh terkenal dengan embel2 ‘bangsa’ atau ‘nasional’ gitu sih :D. It’s their thing, lah.

Nah, kalau soal ceritanya, Cheeky Romance itu berkisah soal Yoo Chae, gadis muda yang bekerja sebagai reporter. Setelah bertubi-tubi tertimpa kemalangan, Yoo Chae terpaksa menanggung malu karena seorang dokter kandungan tak dikenal menjulukinya ibu hamil saat Yoo Chae sedang melakukan liputan secara live (pas Yoo Chae lagi nyicipin alkohol dan makan ikan fugu pulak). Padahal Yoo Chae tidak mengandung, tapi entah mengapa dokter yang ternyata bernama Yoon Pyo itu menuduhnya begitu.

Gara2 Yoon Pyo, karier Yoo Chae semakin terpuruk, semua orang menuduhnya tidak memiliki hati nurani,Β  sampai akhirnya sebuah kesempatan yang tak terduga datang : Yoo Chae didaulat menjadi reporter acara dokumenter rumah sakit – khususnya spesialis kandungan…

…yang ternyata adalah rumah sakit tempat Yoon Pyo praktek. Bahkan Yoon Pyo adalah dokter penanggung jawab yang akan bekerjasama dengan Yoo Chae.

Bisakah Yoo Chae meluruskan kesalahpahaman yang ada dan mengembalikan citra baiknya?

Apakah Yoon Pyo memang selancang yang Yoo Chae kira?

———-

Segitu aja biar ga spoiler2 amat :D. Sebenernya ada banyak twist-nya dari karakter2 di sekeliling Yoo Chae, tapi baca sendiri aja :P.

Kesan pertama yang gue tangkap setelah baca novel ini : ih kayak lagi nonton drama korea, ya. Serius deh. Adegan dan reaksinya ala-ala drama korea genre romantic comedy yang biasa gue tonton banget. Which is : good! Gue suka2 aja sih :D. Jadinya malah ngebayangin kalau bener2 difilm-in, kira2 pemerannya siapa aja. Dan akhirnya gue memutuskan, kayaknya orang2 di bawah ini yang tepat :

prediksi

Cuma beberapa pemeran utama sih. So Yeong itu temennya Yoo Chae, Dae Joon itu temennya Yoon Pyo dan Hye Rong itu pacarnya Yoon Pyo πŸ˜‰

Gimana-gimana? Oke tak? πŸ˜€

Kalaupun ada yang mengganjal, itu karena ada beberapa bagian yang menurut gue terasa dipaksakan aja. [SPOILER YANG WARNA BIRU] Terutama bagian sperm donor. Itu maksa banget deh karena sebagai dokter harusnya Yoon Pyo dan Dae Joon (temen Yoon Pyo) itu lebih tahu – bahkan sebagai dokter harusnya paham benar betapa beratnya konsekwensi menukar sperm milik sendiri dengan orang lain *uwek*. Itu aja sih. Sisanya oke lah mayan :D.

Novel ini bagus untuk yang suka drama korea. Yang suka bikin2 fanfic. Yang suka romantic comedy. Yang suka novel panjang yang menyediakan banyak waktu untuk membangun karakter dan interaksi di antara tokoh2nya :). Tapi ada batasan umurnya ya, karena meskipun gak ada yang bener2 vulgar (paling cium2 aja – beberapa kali), novel ini agak menyinggung soal pergaulan bebas di Korsel sana, jadi adek2 kecil kayaknya ga usah baca dolo, yang 15++ aja deh. πŸ˜€

Terakhir, gue akan seneng banget kalau novel ini diangkat jadi drama/movie (dengan pemeran2 yang udah gue pilih) hahahaha. Semoga jadi kenyataan yaaa πŸ˜€

Mandhut.

Advertisements

One thought on “Review Buku : Cheeky Romance by Kim Eun Jeong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s