Review Drama Korea : Discovery of Love (2014)

Discovery-of-Romance-Poster1

Sementara menunggu akhir tahun biar bisa nulis rekomendasi drama korea 2014, saya mau kasih review salah satu drakor yang lumayan oke, ya :D. Ratingnya (kalau dari saya) 7,5 dari 10. Saya kurangin soalnya ada beberapa aktor yang aktingnya kurang pas / kurang bagus (tapi peran utamanya sip kok). Tapi kalau dari segi plot, moral dan chemistry, oke lah :D.

Genre drama Discovery of Love ini romantic comedy with a touch of melodrama di pertengahan – akhir. Jumlah episodenya 16. Formatnya agak mirip serial drakor I Need Romance 1-2-3, banyak ngebahas potret kehidupan cinta manusia modern di Korsel sana. Jadi dedek2 yang masih imut2 mending ga usah nonton sih, 17++ aja, soalnya selain sering ciyum2, banyak banget adegan romantis modus2, banyak awww moments, banyak yang menjurus2 ke arah yang lebih jauh lagi, meski gak ditunjukin jelas2.

Adapun yang bikin drama ini unik adalah beberapa adegan yang menunjukkan seakan2 tokoh2 utama itu lagi diwawancara (sama penonton). Jadi tokohnya pegang mic dan liat kamera, tetep berakting, saling counter omongan satu sama lain dengan cara yang kocaak banget, tapi sebenernya bukan bagian dari alur cerita :D. Lucu yaaa.

Oh terus satu lagi, IMO, pemain2nya lumayan cakep ;). Jadi buat kalian yang anaknya visual banget, bolehlah ditonton :P.

Pemeran utamanya Eric Mun dari grup musik Shinhwa, Jung Yu Mi (yang ini), Sung Joon (pernah main di Lie To Me, I Need Romance 3 sama Gu’s Family Book), Kim Seul Gi (EPIC! MBAK INI EPIC!) sama Yoon Hyun Min. Jung Yu Mi sama Eric Mun pernah main drama bareng juga, judulnya Que Sera-Sera, jadi ini reuni buat para penggemarnya. Gue sebelumnya udah sering denger kalau Eric Mun itu aktingnya lumayan, tapi ini drama Eric Mun yang pertama buat gue, begitu juga Jung Yu Mi.

Terus gara2 drama ini gue jadi ngefans sama salah satu artis, namanya Kim Seul Gi. Dia aslinya komedian, banyak tampil di TvN. Disini dia tuh jadi sidecast, sahabatnya Jung Yu Mi si pemeran utama, gak pernah dengan sengaja ngelucu dengan bikin adegan slapstick, tapi ekspresi dan cara ngomongnya memorable sekali.

tumblr_na3deb4rPo1sz568uo3_r2_1280
Pemeran2nya, mayan ganteng2 dan cantek2 kan? Kim Seul Gi yang kiri bawah 😀

Ceritanya tentang seorang cewek bernama Han Yeo Reum (Jung Yu Mi) yang tiba2 ketemu lagi sama mantan pacarnya yang bernama Kang Tae Ha (Eric Mun). Karena satu dan lain hal, Tae Ha yang sekarang udah jadi pebisnis real-estate dan kontraktor yang mayan sukses dan Yeo Reum yang aktif jadi furniture designer, tau2 harus kerjasama bareng untuk pengerjaan proyek rekonstruksi sebuah kafe.

Masalahnya, Tae Ha ama Yeo Reum itu masih menyimpan dendam dan pertanyaan pada satu sama lain karena dulu putusnya gak baik2, terus, Yeo Reum itu udah punya pacar setia yang udah berhubungan 3 tahun lamanya, Nam Ha Jin (Sung Joon). Kalau bisa sih, Yeo Reum gak mau ketemu2 lagi ama Tae Ha. Selain karena dia merasa udah abis banget disakitin Kang Tae Ha pas jaman pacaran dulu, Yeo Reum juga gak mau buat pacarnya yang sekarang, Ha Jin, cemburu. Tapi usaha furnitur yang dia jalanin lagi sepi proyek, dan karena gamau bangkrut, terpaksa dia mengiyakan kerjasama sama Tae Ha.

Jadi dramanya itu banyak berpusat ke Yeo Reum yang pontang-panting nutupin dari Ha Jin kalau Tae Ha itu mantan pacarnya 😀

.. dan situasi menjadi jauh lebih rumit lagi saat Tae Ha dengan terang2an bilang ke Yeo Reum kalau dia akan berusaha supaya mereka bisa balikan. Lagian, Tae Ha masih gak ngerti kenapa Yeo Reum mutusin dia di masa lalu.

Tae Ha yakin kalau pada akhirnya, Yeo Reum akan kembali sama dia.

Gimana ceritanya Tae Ha dan Yeo Reum bisa putus?

Jadi kepada siapakah hati Yeo Reum akan berlabuh? Tae Ha atau Ha Jin?

Percayalah, walaupun terdengar tipikal drama korea, ceritanya ga sesimpel itu 😀

—–

[SPOILER ALERT YANG PANJANG HINDARI WARNA BIRU]

Seiring plotnya berjalan, sedikit demi sedikit, kita dikasih liat latar belakang dari masing2 karakter. Yeo Reum, betapapun dia mengaku kalau dia benci Tae Ha yang menurutnya egois, gak bisa menutupi kenyataan kalau mereka punya sejarah panjang dan dalam. Jadi banyak banget momen dimana Yeo Rum tanpa sadar lebih nyaman dan lebih nyambung saat sama Tae Ha ketimbang Ha Jin, tapi meskipun begitu, Yeo Reum gak mau lagi bertindak bodoh, dia sebenernya jauh di dalam hati tahu kalau dia masih suka Tae Ha, tapi dia mau realistis, dia pengen sama orang yang bisa buat dia ngerasa aman dan bisa dengan mudah dia kontrol, yaitu Ha Jin.

Itu kata Yeo Reum, tapi ternyata di akhir cerita terbukalah fakta lain. Yeo Reum memang kecewa karena waktu sebelum putus itu Tae Ha terlalu sibuk. Janjian batal melulu. Lagi butuh perhatian, Tae Ha-nya sibuk terus. Tapi puncak kemarahan yang bikin Yeo Reum gak bisa maafin Tae Ha adalah karena cowok itu gak ada di sampingnya saat ayah Yeo Reum meninggal bunuh diri. Tae Ha bener2 gatau, dia bahkan baru tahu ayah Yeo Rum meninggal ya bertahun2 kemudian setelah putus, pas ketemu Yeo Rum buat proyek kafe itu (padahal Tae Ha sama ayah Yeo Rum dulu deket banget). Jangankan Tae Ha, sahabat2 Yeo Rum aja tahunya ayah Yeo Rum meninggal kecelakaan. Yeo Rum emang sengaja menutupi itu karena hal itu sensitif untuknya, dan dulu sekali dia berpikir, semua orang ga boleh tahu, tapi minimal Tae Ha mesti tau, Tae Ha pasti ngerti, tapi ternyata Tae Ha dihubungin aja susah.

Ngerti kan ya perasaan dimana lo pengen bergantung sama satu orang tertentu dan gak mau sama yang lain? Terus ternyata orang itu terus2an bikin kecewa, dan gak hadir di momen paling penting? Itulah kenapa Yeo Rum dulu mutusin Tae Ha.

34
Yeo Reum dan Tae Ha jaman pacaran dulu.

Tapi Tae Ha juga bukannya sengaja nyuekin, dia emang bener2 sibuk karena waktu pacaran ama Yeo Reum itu, dia baru lulus kuliah dan lagi awal2 kerja. Lagi sering2nya dimarahin atasan. Dan emang orangnya tipe introvert koleris yang kalau udah fokus satu hal ga bisa dan gamau diganggu. Agak narsis dan egois memang, tapi gak pernah berniat jahat, mana dia pernah nyangka kalau Yeo Reum akan ngalamin hal kayak gitu. Lagian di sini Yeo Rum juga gak bisa dibilang bener karena dia juga gak ngasitau Tae Ha dengan jelas kalau bapaknya meninggal bunuh diri. Kan Tae Ha juga bukan dukun.

Bahkan, setelah tahu, Tae Ha tuh nyeselnya minta ampun. Itu juga yang ngasitau bukan Yeo Reum, Tae Ha nebak2 sendiri.

Di sisi lain, tokoh Ha Jin (Sung Joon) sendiri, digambarkan sebagai calon suami yang super perfect. Kerjanya dokter bedah plastik. Sopan. Mapan. Ganteng (itu kata Yeo Reum dan orang2 di drama tersebut, menurut gue mah biasa aja). Selalu ada untuk Yeo Reum. Selalu ngalah. Selalu ngemong. Kalaupun harus berantem ga pernah kasar. Kurangnya adalah orangtua Ha Jin aja yang kurang setuju dengan Yeo Reum, tapi itu gak jadi masalah besar karena Ha Jin-nya ga goyah. Dia tetep serius mau nikah sama Yeo Reum.

Tapi ternyata, ketahuanlah bahwa Ha Jin bersikap begitu karena dia aslinya anak angkat. Itulah mengapa dari kecil sifatnya selalu ingin berbuat manis dan baik supaya disukai orang2 di sekitarnya. Termasuk terhadap Yeo Reum. Jadi semuanya kayak start dari awal lagi, kan? Sebenernya Ha Jin suka ama Yeo Reum apa enggak?

Sebaliknya, Yeo Reum bener2 cinta gak sama Ha Jin? sementara Ha Jin aja gak tau ayah Yeo Reum mati bunuh diri.

Kalau udah kayak gitu, harus pilih siapa dong?

discovery_of_love_dramafever_2
cinta segitiga!

———

Meskipun gak sempurna karena gue pribadi agak kurang sreg ama aktingnya Sung Joon (entah kenapa gue selalu kurang nyess sama orang ini), dan ada beberapa plot bolong yang untungnya gak signifikan tapi ganggu, gue lumayan suka drama ini karena pesannya kuat. Tentang cara mencintai seseorang. Tentang rasa insecure yang menyamar sebagai cinta. Tentang memaafkan. Tentang apa yang terjadi saat dua orang yang saling mencintai memutuskan hubungan.

Gue kurang pengalaman soal cinta2an jek, tapi ini manisnya banget2, episode2 terakhir gue ampe sering mewek lho nontonnya huhuhu T-T.

Terus, ada satu lagi yang gue suka banget, sahabat2 Yeo Reum yang namanya Do Joon Ho (Yoon Hyung Min) sama Yoon Sol (Kim Seul Gie) itu kocak + manis. Jadi mereka bertiga tuh temenannya udah lama. Yoon Sol sama Yeo Reum itu temen seangkatan pas kuliah, sedangkan Joon Ho itu temen Yoon Sol sejak kecil + kakak kelas. Joon Ho ama Yoon Sol tuh udah ketauan lah dari awal saling care satu sama lain, tapi emang dua2nya gak pernah mikir untuk jadi pacar. Dalihnya sih karena udah terlalu lama kenal, sampe2 udah ga bisa nganggep satu sama lain lawan jenis. Sekarang gimana mau naksir kalau Joon Ho sering banget gak sengaja liat buangan Yoon Sol yang lupa disentor di kamar mandi?  Tapi terus makin lama ya you know lah ngarahnya kemana, dan mereka itu soswit bangeettt~ 😀 😀 😀

Buzaip6CcAAgpzi
Yoon Sol ama Do Joon Ho (ceritanya) jaman kuliah

Saking sweetnya, mereka menang side cast couple favorit di Dramabeans lho 😛

10620727_1479075592358616_5718184696164338281_n
eh masa? kita berdua menang?

Sampe2 ada sesi photoshoot khusus di majalah Ceci buat Joon Ho ama Sol lho 😀

tumblr_ne9rrtCIu61rphwnwo1_500

tumblr_ne6aezB8nN1tqliclo1_500

Akkkkk belum move on dari Sol dan Joon Ho. Wahahahaha~ Baru sekali nih gue lebih suka sama pasangan pemeran pembantu ketimbang pemeran utama. Tapi biar adil, biarlah sebagai penutup gue kasih lagi foto favorit gue dari Yeo Reum dan Tae Ha :

32_zps5660fca2-jpgoriginal
kwek kwek

Gak ada yang bisa benci dua orang yang foto dengan bebek di atas kepala. Gak ada.

Met nonton!

Mandhut.

Advertisements

16 thoughts on “Review Drama Korea : Discovery of Love (2014)

  1. Hmmmm bolehlah kyknya. Aku udah balik ke Indo nih. Halo dvd Ojakgyo Brothers ku yg kutinggal di rumahhhh…. Saatnya kita selesaikan nontonnyaaaa….. (Gak brani kubawa ke Oz, kuatir kena denda klo ketauan bawa dvd bajakan….)

  2. Akuhhhh juga nonton iniiiiiii.. ^O^
    Dan nontonnya bareng sama Surplus Princess kan, di situ juga ada Kim Seul Gi. Mbak yang itu emang jago banget aktingnya, kocaknya natural, tapi kalo sedih juga dapet banget.
    Seneng ya kalo ngeblog, nemu banyak orang yang selera drakornya sama dan akhirnya berpikir, “Ah, gue nggak sendirian di dunia ini,” wkwkwkwk..
    Tadinya ini bakal jadi drama favoritku di 2014. Eh sayang abis itu ada Misaeng. Jadi batal deh 😀

    1. Akhirnya ada juga yang ngomong! iya kaaan si Kim Seul Gi itu epik bangett… lucu tapi gak maksaaa :)) :))

      Aku suka pesannya si Discovery of Romance, tapi menurutku dongsaeng-nya si Ha Jin (cewek yang dulu satu panti asuhan ma dia) porsinya agak kurang sih sebagai saingan cinta :)). Kalau aku, tadinya si Marriage Not Dating yang mau jadi nomer satu, tapi kegeser Misaeng :))

  3. Lumayan kan man drama ini, not bad lahh.. Kalau mau liat Sung Joon akting yang lebih ok di I need Romance 3. Menurut gue lebih dapet aja dibanding di sini.. Gue pribadi juga lebih suka I need Romance 3 sihh.. But well Discovery of Love nilainya 7/10 lahh, cukup oke untuk jadi tontonan.
    Tapi emang aktingnya Sung Joon masih kurang ok dibanding Lee Soo Hyuk ya di Valid Love? Ujung-ujungnya tetep Kim Joon yaa… Hahaha

    1. hihihi gue gak nonton lho si serial I Need Romance :D, cuma tau ceritanya aja dari recap. Sung Joon cuma pernah nonton di Gu Family Book sama Lie to Me sih, 22nya berasa kurang nendang. Nanti kapan2 next time nontonlah si INR3 :D.
      Kalau udah urusan Lee Soo Hyuk jadinya rada bias nih, wkwkwkwkwk. Kim Joon Valid Love 3 lebih keren! wahahahaha!

  4. Hallo salam kenal yak. Ahhh gue lagi ntn eps 3 nih trus berasa dapet banget emosi2nya…random aja ntn si viu..padahal lagi mau nyelesain signal ga kelar2. Hihi ga fokus anaknya. Nah penasaran ama rating2 ya jd baca reviewnya dan nemu blog ini.

    Sukaaaa dramanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s