Review Drama Korea : Misaeng (2014)

Misaeng-p1

Sebenernya udah mau nulis posting rekomendasi drama korea 2014, tapi berhubung ada yang mesen minta drama Misaeng (arti inggrisnya : Incomplete Life) dibuat postingan khusus, jadi tertunda lagi deh. *cari alesan*

Yah, berhubung drama ini emang bagus banget, jadi gapapa deh, gue juga emang udah niat review :P. *dasar*

2014 ini emang masa berjayanya TvN, sepanjang tahun, dramanya bagus semua, terus akhir tahun ditutup dengan Misaeng yang – gue berani bilang – sangat melebihi ekspektasi :D. Rating eps terakhirnya hampir 6 kali lipat dari rating eps awal :). Nilai dari gue : 10 dari 10, dan ini bukan termasuk nilai soundtrack lho ya, murni plot dan akting.

Drakor berjumlah 20 episode ini diangkat dari webtoon (semacam komik online) berjudul sama karangan Yoon Tae Ho. Screenplay-nya ditulis oleh Jung Yoon Jung dan disutradarai oleh Kim Won Seok. Genre utamanya slice of life dan workplace drama. Pesan2nya menyentuh banget, mudah relate dan gak berlebihan, begitu pula dengan komedinya. Romance-nya hampir gak ada, cuma ditunjukkan ketertarikan satu sama lain aja, itupun sedikit dan subtle.

Tapi gue rasa ya, justru karena romancenya hampir gak ada itulah makanya dramanya terasa fresh. Apalagi didukung akting dan plot yang mumpuni :D.

Karena ga ada yang ‘aneh2’, semua umur bisa nonton. Kendalanya paling istilah2 trading dan perusahaan yang mungkin rada sulit dimengerti oleh orang2 awam, tapi beberapa subtitle kasih penjelasannya kok ;). Wajib nonton ya, terutama orang2 yang baru mau terjun ke dunia kerja πŸ˜€

[TANPA SPOILER] Ceritanya tentang pemuda bernama Jang Geu Rae (Im Shi Wan) yang sebelumnya mendedikasikan waktu dan hidupnya untuk menjadi pemain Go profesional (semacam board game gitu, tampilannya mirip Othello). Tapi karena satu dan lain hal, Geu Rae terpaksa mengubur cita-citanya dan mencoba peruntungan menjadi karyawan magang di sebuah perusahaan perdagangan bernama One International.

misaeng
mas Geu Rae di kanan pusing mikirin tabel kayaknya

Geu Rae yang hanya memiliki ijazah GED *setara SMA?* dan tidak menguasai satu pun bahasa asing mendapatkan banyak kesulitan di perusahaan besar tersebut : baik pengucilan dari sesama karyawan, sampai kenyataan bahwa pada akhirnya kurangnya ilmu dan kualifikasi resmi menjadi benturan terbesar untuk Geu Rae. Tapi Geu Rae tak mau menyerah – belajar dari kegagalannya di dunia Go, kali ini dia ingin memberikan yang terbaik dengan bekerja keras dan terus belajar :D.

Apakah Geu Rae bisa mengejar ketertinggalannya dan sukses di One Internasional? πŸ˜€ makanya nonton!

Pas denger sinopsis plotnya (sebelum nonton) yang kebayang ama gue ya cerita ala2 from zero to hero. Tapi setelah nonton, ternyata plotnya itu lebih membahas tentang pahit-manisnya dunia kerja. Contohnya, yang ditekankan pada karakter Geu Rae itu ya sifat sabar dan mau belajarnya dia, tapi tetep aja, dalam beberapa situasi, plotnya masih menjejak pada kenyataan. Geu Rae yang ga bisa bahasa inggris dan baru pertama kali presentasi perusahaan di depan banyak orang gak lantas tiba2 dibuat langsung jago, penulisnya ga ragu memperlihatkan kegagalan Geu Rae.

Adapun yang perlu gue garis bawahi adalah betapa detail plot yang ditawarkan. Mulai dari dilema ala orang kantoran yang beberapa mungkin ngeluh2 mau resign, eh 5 tahun ke depan ya masih kerja di perusahaan yang sama. Politik kantor yang menguras hati nurani – suka gak suka harus ditelen aja demi bisa bertahan dan dapet gaji. Senioritas. Perbedaan budaya antar negara yang mempengaruhi sistem kerja proyek. Menjunjung hasil bukan proses. Sampai ke kebijakan perusahaan yang saklek – yang kadang dinilai gak efektif, tapi mesti dituruti supaya gak mengundang masalah lain.

Ternyata ya, kedetailan plot itu tidak lain tidak bukan bisa dicapai karena si pengarang webtoon-nya, Yoon Tae Ho, sempet masuk selama sebulan di perusahaan perdagangan yang asli di Korsel sana, ampe ikut rapat segala. Konon, karena pas awal produksi drama plot webtoon-nya dinilai kurang dalam, makanya tim drama Misaeng mendaulat Yoon Tae Ho untuk riset lanjut. Terharu banget dengernya, bukan hanya pengarang komiknya sendiri yang digandeng, dikasih kesempatan buat riset dulu lagi. T-T Angkat topi banget.

Terus, yang dibahas itu bukan hanya Geu Rae, tapi tokoh2 lain yang juga punya permasalahan masing2. HEBATNYA semuanya pas untuk karakter masing2 dan aktingnya bagus2, lho.

misaeng-poster-1
Barisan karakter drama Misaeng. 3 di kiri itu sama2 karyawan baru. Yang tengah pake dasi coklat itu Oh Sang Sik (Lee Sung Min) tokoh fav gue setelah Geu Rae πŸ˜€

Saking kuatnya plot drama ini, beberapa tokoh/aktor juga ikut kecipratan spotlight. Mulai dari Lee Sung Min yang berperan jadi Oh Sang Shik, bosnya Geu Rae (kepala Sales Team 3). Sikapnya keras, kalau bentak ga kira2, emosian, tapi sebenernya sangat sangat baik hati. Si manajer Oh ini digambarkan workaholic, matanya sering banget merah saking kurang tidur (katanya sebelum syuting pake tetes mata dulu). Ngefans banget deh gue!!!

Ada juga Byun Yo Han yang berperan jadi Han Seok Ryul. Karyawan baru yang jago ngomong dan suka gosip (awal2 sempet gaji buta tapi abis itu lumayan rajin kok :D). Ini drama pertama Byun Yo Han dan emang karirnya masih baru banget di dunia akting, tapi perannya sebagai Seok Ryul sangat memorable ;).

Byun-Yo-Han1
tapi selain aktingnya bagus emang Byun Yo Han itu imut2 gimana gitu sih πŸ˜›

Terus ada juga Kang So Ra yang jadi Ahn Young Yi, satu2nya cewek di antara karyawan baru One International (temennya Geu Rae). Sebelumnya, gue gak pernah suka ama Kang So Ra. Apalagi denger review kalau perannya di Dream High 2 gak gitu bagus kan. Tapi di Misaeng dia bener2 membuktikan kualitasnya, baik dari segi tampilan, akting maupun skill lainnya. Dia bisa memerankan Ahn Young Yi yang jago bahasa inggris dan bahasa asing lainnya (entah ngerti apa ngelafalin doang, tapi beneran dengernya enak gak kerasa ganjil), terus dia juga bisa jadi tokoh yang cantik tapi dandannya ga berlebihan, seksi tapi bajunya gak ketat, jahil tapi tertutup :D. Keren lah :D.

And last but not least, I’m in love with Shi Wan as Geu Rae, yang aktingnya pengen bikin bekerja lebih keras ^^;. Sampe2 gue ada kebiasaan baru, di kalender gue suka nulis “Yes? Yes!” (Geu Rae dalam bahasa Korsel – kalau gue gak salah tangkep – pengucapannya mirip sama iya/yes) biar semangat dan gak malu ama Geu Rae.

siwan-misaeng
Geu Rae yang polos bin sabar

POKOKNYA, drama ini mematahkan pendapat gue kalau orang korsel rada susah belajar dan melafalkan bahasa asing kecuali emang lahir/belajar di luar negeri. Maaf karena tanpa sadar generalisir :P. Mungkin beberapa idol2 dan aktor itu (yang membuat gue berpendapat begitu) emang kurang berusaha aja kali ya ^^;.

Adegan yang buat gue paling berbekas adalah pas Oh Sang Sik (si kepala sales team 3 fav gue itu) ketemu sama mantan koleganya yang udah resign. Terus koleganya (yang ternyata baru rugi gede gara2 bisnis yang dibangunnya gagal) bilang begini : “The company is like a battlefield, you said? Don’t quit until you’re kicked out. Outside… it’s hell.”

Terus quote dari Geu Rae, setelah setahun lebih kerja dan ada salah satu temen koleganya yang lagi sedih gara2 dikerjain terus sama seniornya – tapi gak bisa ngomong apa2 : “But none of us would dare… to give each other advice. We know clearly by now. You have to withstand hardships by yourself. “

Dekor, wardrobe dan kebiasaan2 kecil yang ditampilkan di drama ini pun gak kalah detail. Yang namanya kopi, map, printer, kertas, tabel, alkohol (karena di korsel), begadang, cara pasang dasi, sampe tipe jas yang gampang kusut itu kayak apa juga dikasi tau.

Soundtrack-nya berkisar antara dua : mellow atau berasa jadul banget – semacam lagu bapak2 gitu. Tapi gue suka, karena biasanya lagu2 itu muncul di ending drama yang emosinya lagi memuncak, jadi terikat dengan itu ;). Ini dua fav gue :

Rose Motel – Dream / Romang <- lagu bapak2

Han Hee Jung – Tomorrow <- lagu mellow

Gimana? Udah tertarik nonton belom? Kalau belom, biar gue kasih satu fakta lagi. Drama Misaeng ini terpilih sebagai drama dengan plot terbaik (dan kategori2 lainnya) versi portal drama Korsel dari amrik : Dramabeans, ada yang berdasar polling, dan ada juga yang review langsung dari adminnya ;). Monggo dicek dan baca sendiri biar ada review tambahan :).

JADI NONTON YA BIAR AKIK ADA TEMEN NGOBROL! πŸ˜€

그래?그래! (Yes? Yes!)

Mandhut.

 

 

68 thoughts on “Review Drama Korea : Misaeng (2014)

  1. Aaaaaaak. Tos duluuuu dooonk.
    Dr kmrn jg aku blm bs move on dr misaeng. Dan quote favorite nya teteeep… “roads are open to everyone, but not everyone can have the roads”.
    Oh chajangnim emang bener2 kereeen. Director nim, writer nim, ah semuanyaaaaah. Eiy, blog ny vita masli jg habis bahas ttg misaeng ini, ah link blog ny ntar deh. Dan aku donk suka seneng aja ngeliat senior ny young yi yg duduk di sebelah young yi, yang galak, mukanya jutek maksimal, tp diem2 baik. πŸ˜€

    Dan gak abis2 ngebahas misaeng dr mensen2an di twitter, colek2an di fesbuk (dan karena ini jg akhirnya jd sering buka fesbuk lg), ngegosip di IG (pas ada yg dapet bts ny misaeng), sampek bbm an pun masih ngebahas misaeng. Xixixixi..

    Misaeng daebak lah!

    *eh ini komen apa nulis cerpen*

    1. *tos* *tos*

      Iyaaa aku telat nih baru nonton :P. Abisan nunggu komplit dulu kannn hahahaha =)) *alesan*. Terus ini tipe drama yang nontonnya mau pelan2 biar konsen, jadi sehari cuman 3-4 eps *itu udah pelan*.

      Emang beda ya dari drakor2 sebelumnya πŸ˜€ berasa agak serius dan keren πŸ˜€ biasanya aku nemu rasa kayak gini tuh di dorama jepang atau tv series amrik ahahaha

      Misaeng daebak! Yes? Yes!

      Makasih udah baca dan komen, seneng deh bacanya πŸ˜€

      1. Aduuuuh Misaeng emang kereeen bgtttt…
        Telat bgt nontonnya, krn setahun kemaren off nonton drakor (bikin ga focus kerja soalnya πŸ˜€πŸ˜€)
        Tapi emang Misaeng ini ga bisa ditonton marathon kaya drakor laennya, jd nontonnya kudu focus ga bisa disambi kerja.
        I love sales team 3, yg paling kompak!
        Episode 8, paling bikin terngakak2… Lucu tp ga slapstick

        Aaaaaaah pokoknya sukaaaa bgtttttt

        1. Hehehehe, ini ya sebenernya tahun 2015 lalu ada drakor judulnya Awl, sama, temanya dunia kerja juga, diangkat dari webtoon juga. Tapi aku belon sempet nonton -_-; Cobain aja, sapatau suka πŸ˜€

          Aku demennya Oh Sang Sik Ama Geu Rae, heheheheh ~

  2. Ah, Misaeng emang nggak bakal abis kalo dibahas. Saking kena effectnya, aku juga udah bertekad nggak mo nonton drakor lagi sampe 2015. Biarlah 2014 ditutup dengan manis oleh Misaeng ^^
    Salam kenal, ya ^^

    We are all incomplete life, trying to be complete ^^

    1. wakakakak biar keinget terus ya? aku malah jadi susah nih cari drama bagus setelah misaeng, standarnya jadi tinggi banget πŸ˜€

      Salam kenal juga, Della. Makasih ya udah baca dan komen πŸ™‚

      Yes? Yes!

      1. Welcome to the club. Aku pun sekarang cuma nonton RM. Abisan tiap nonton drakor, baru berapa menit udah mikir, “Ih, apaan nih?”
        Entahlah kapan sindrom ini berakhir πŸ˜€

  3. whoaaa nama gue disebut2 Ilmiy.. tentunya aku datang hahahaha

    Kalau gue bilang sih, ini drama semacam Panduan How To Be Newbie in Office sekaligus juga How To Survive in Office. Yg perlu gw peluk ini adalah writer-nim oennie and her team. Tanpa mereka yang mendramatisir (tanpa membuat kita eneg) naskah webtoonnya, gak bakal kita liat adegan2 luar biasa kek gini.

    Kalo OST gue sukaaaa semuaaaaaa.. Juara pokoknya! Tpi aku paling suka yang ini, soalnya liriknya nyentuh banget. Pas buat Geu Rae mengenang masa2nya di One International. Saking sukanya gue buat sendiri MVnya (hihihi, promosi)

    Pertanyaan gue adalah, akankah Jang Geu Rae kembali ke One International?

    1. Waaaaahhh orang yang diomongin Ilmiy dateng! =))
      Iya nih, adek gue yang baru lulus kuliah dan mau cari kerja juga jadi ada gambaran nanti kehidupan perkantoran seperti apa. Lebih siap jadinya πŸ˜€
      Iyaaa tim writer makasih yaa *lho*. Kapan ya pembuat sinetron Indonesia bisa kayak gini, gak main njiplak2 dan panjang2in plot cerita ampe udah gak jelas arahnya mauu kemana *doa bersama*
      Gue suka yang dinyanyiin Rose Motel :)) jadul2 bapak2 gitu, mengingatkan akan Pak Oh banget hahahahaha

      Oh ya, katanya ada gosip mau dibuat season 2 ama 3-nya, ya? Mungkin juga sih dia balik ke One International (setelah memenuhi requirement?), tapi gue kayaknya lebih prefer dia bangun perusahaan barunya Pak Oh sampe nyaingin One Internasional :)) *dasar*

    2. Hai…Manda & Vita salam kenal yah, saya Panji a big fan of Korean Drama Misaeng The Incomplete Life. MV nya Vita keren bingits & bikin nangis… (Baper mode on). Gw pernah ngrasain pengalaman seperti yg dialami olehJang Geurae Hehehe maklum karyawan swasta juga. Pokoknya Misaeng daebak..!!

  4. Jujur bapak gue ampe nonton ini. Dan pantengin kalo gue jadi nonton ini
    “Misaeng, udah keluar belum ep. Barunya” kata bapak gue… ini bagus banget… terus, ceramahin gue deh abis nonton misaeng.

  5. Mantab banget dah nih drama. Cm dua hri doank ane embat. Geu re mngingtkn ane wktu krja dlu di perushaan tnama jalur kontrak.
    Bru tau sstem di korsel sm dgn indo jg
    Misaeng daeeebak!

    1. oh sistem trading company di indo sama korea sama? πŸ˜€
      Emang daebak banget, keren yaaaaa~ Geu Rae gak gimana2 tapi anaknya sabar dan pekerja keras banget dan itu udah bikin suka πŸ˜€

  6. gua udh nonton._. dan sukaaaaaaa bgt.
    tapi knp raingnya ga tinggi tinggi amat yak-_-
    padahal ya ampun ini drama asdfghjkl bgt lah.
    bru kali ini nemu drama ga ada romance nya tapi tetep asik. haha
    tapi di kelas cuman gua yg bilang bagus. temen temen gua pada bilang ‘biasa’
    dan nemu ini rasanya, jadi kaya ga sendirian hehe

    1. Mungkin karena drama Misaeng ini di sononya itu tampil di TV kabel, jadi memang jangkauan audiens-nya gak seluas stasiun tv korsel lainnya :D, no wonder ratingnya ya gak setinggi yang lainnya. Tapi Misaeng itu setauku ratingnya udah masuk 2 digit, dan itu aja udah termasuk hebat untuk standar tv kabel.

      Hihihihi, kalau beda selera ya apa mau dikata… cari aja yang satu pikiran. Hehehehe, welcome to the club! Geu Rae? Geu Rae! πŸ˜€

      1. Hei. Maaf nimbrung. Kamu udah nonton misaeng full? Aku ada bagian yang sedikit ga ngerti. Jadi mau nanya hehe. Kan eun ji itu meninggal gara gara mr. Oh, meninggalnya karena apa? Dan itu teh kakak nya jang geu rae?

        1. haloo maaf baru bales,

          Setahuku sih, Eun Ji itu dulu bawahan Mr Oh, kayaknya sih (sepemahamanku) dulu ada proyek yang gagal, terus karena situasinya gak menguntungkan, atasan Mr Oh pada waktu itu nyuruh Mr Oh jadiin Eun Ji sebagai kambing hitam. Karena waktu itu Mr Oh takut kehilangan pekerjaan juga, jadinya Mr Oh diem aja, terus Eun Ji dipecat.
          Lumayan yakin sih kalau Eun Ji itu bukan kakaknya Geu Rae, tapi agak gak inget deh bagian Eun Ji bunuh diri apa enggak. Udah agak lama nih nontonnya yang fakta perintilan udah lupa. Ada yang bisa bantu?

          1. Hai,

            Aku bantu jawab ya, setahuku *karena baru nonton Misaeng* Eun Ji meninggal itu bukan karena bunuh diri, tapi kecelakaan (entah apa kecelakaannya disengaja atau nggak, karena cuma dijelasin sedikit-sedikit). Eun Ji bukan kakaknya Geu Rae, tapi memang kasus Geu Rae kurang lebih sama kayak Eun Ji, temporary worker yang mau jadi full time worker.

  7. jadi penasaran sama ini drama πŸ™‚ awalnya pengen nonton cuma karena ada Siwan… Tapi setelah liat review eonni kayaknya seru bgt deh ^^

    1. Kalau penggemar drakor yang tope romantis kayaknya gak akan demen drama ini, tapi kalau gak keberatan dengan tema2 yang lebih ‘serius’, yang berasa real dan mengharukan, drama ini recommended banget deh πŸ˜€

  8. canggih bgt asli.. tiap orang mendalami bgt perannya. Seolah2 memang itu pekerjaan asli mereka. drama korea paling detail yg pernah ada, plotnya luar biasa…

  9. Thank you ya . Hehe banyak nangis sih laih drama ini . Ga berat . Dan banyak motivasi . Awalnya ga di recom sm temen soalnya ga ada romance nya . Tapi so far balin suka . Masik ep 12 ini . Pelan2 aja nonton biar ga cepet abis soalnya bagus .

  10. Aku suka dkor ini mngingtkan sma dunia kerjaq jman dlu yg hiruk pikuk ( wlopn yg skrg jg bgt, krn wlopn kerjaan klo lgi g enak, bwaannya pngen resign ). Ikut nangis jg, serasa pemeran utamanya diriku sendiri. Kira2 ada ga drama lain yg mirip2 real life spt misaeng ini yg bs di rekomendasi buat tontonan berikutnya, terima kasih sebelumnya

  11. Gw benar2 terkesima dengan drama ini. Sulit utk mencari drama kaya gini krn kebanyakn drama ya about love, stupid love, magic, nonsense story, kalaupun masuk akal cenderung lebay dan bertele-tele di beberapa episod terakhir. Dari ep 1 gw langsung terenyuh dengan kata2 jang geu reu I’ll see it till the end ketika dia dibully oleh intern yg lain. Drama ini sekaligus tamparan buat gw untuk fight till the end. Byk motivasi yang bisa diambil dari drama ini tentang kerjakeras, sabar, teamwork, dll. Saat nonton tiap episodes gw selalu takjub melihat bagaimana drama ini benar2 niat untuk dibikin. Detail cerita, akting yang memikat dari pemainnya, atmosphere kantor yang kentara, gesture dll nya.

  12. Aq baru aja selesai nonton miseang..awl magang sedih bgt geun rae d kucilkan sma tmn satu magangnya..apalagi pas d suruh periksa gurita dan cumi satu truk trsd tinggal..sumpahh ngena bgt fakta awal2 msk krj emg kya gt apa yg mau kita kerjakan msh bingung cm nunggu d perintah senior bru krj..aq suka bgt apalagi sm im siwannya imutyyy…

    1. iya itu miris banget. Senior dan temen gak ada yang bener2 mau ngajarin, perusahaan pun nampak gak peduli, suruh mikir sendiri harus gimana T-T. Makanya kagum banget ama Geu Rae, mau neken ego segitunya πŸ˜€

  13. iseng-iseng, jelas iseng banget cari searching tentang MISAENG…nyasar deh ke review nya kamu tentang MISAENG..heran aja kok bisa dapat banyak award, eh setelah 1 tahun baru tersampaikan rasa penasaran dan SUMPAH!GUE TELAT BANGET!!! TELAT…..Ternyata emang DAEBAK lah, TOP BANGET ni drama, selama ini ngumpet dimana gue!! dimanaaa… T.T padahal drama nya akhir tahun 2014, dan baru nonton di akhir 2015, >.< baru bener2 selese setelah 3 hari menghabiskan waktu daysoff, ngebuut ini mah…seharusnya nonton drama ini pas gue baru masuk kerja pas tahun 2014, tapi apa daya kesibukan di dunia kerja menyita banyak waktu sehingga out of date, bener2 kudet ttg drakor yang lagi main (btw, rekomen dong drakor yg best di tahun 2015, need them to kill my stress…lol), absolutely loved this drama so much… still cant move on from geu-rae…

    salam kenal πŸ™‚

    1. salam kenal Rie, πŸ˜€

      Hehehe, emang drama ini bagus banget untuk pekerja kantoran. Gak apa2 telat nonton daripada enggak sama sekali. Sebar2in ke temen2 kantor biar ada temen ngobrolin Geu Rae πŸ˜€

  14. Super sekali Dramanya. Paling suka sama karakter Baek Ki, dia akhirnya sadar bahwa spesifikasi atau pendidikan tinggi tidak selamanya yang utama. tetapi kemampuan personal diri sendirilah yang lebih penting seperti yang ditunjukkan oleh rekan kerjanya yang hanya lulusan GED (SMA) Geu Rae? YES Hahaha
    Tolong kasih tau donk drama yang sejenis kaya gini selain Awl. Thanks For Reviewnya ^_^

    1. Aku sih so far belum nemu lagi drakor bertipe sama, tapi nanti kalau ada dikabarin. Sekadar info, dorama jepang sama tv seri amrik juga ada kayaknya yang bertema kantoran gini, cek2 aja πŸ˜€

  15. 1 kata buat filem ini.i jit i jigeowo jugetseo,shophaloma….!!!!! … seperti melihat diri saya yang sedang berada di dlm itu..kinerja totalitas tanpa batas…dan melihat rekan di sekitarnya menjilat hanya untuk sebuah pujian…haaah setres…

    1. Berhubung gak bisa bahasa korea, aku anggap itu artinya wow Misaeng keren banget dan semacamnya?
      Wkwkwkwk…
      Emang Misaeng katanya menggambarkan banget asam-garam dunia kerja :D. Ampe sekarang kayaknya belum ada yang bisa gantiin sih ya. Oh, ada drakor lain tema mirip2, judulnya Awl sama Last. Udah nonton?

  16. Aq juga baruu nonton drakor misaeng ini baru jalan ep.10…haduuh telat banged yaaa pdhl misaeng produksi th 2014..hahaha..keren deh misaeng..saya suka sama karakternya pak oh sang sik πŸ˜€

    1. gapapaa, mending telat daripada enggak sama sekali. Bagus kan ya misaeeeng. Yang jadi Oh Sang Sik itu lagi maen drama TvN baru lagi lho, judulnya Memory πŸ˜€

  17. Akhirnya nemu juga forum ini, habis selesai nonton misaeng, setuju sama semua komenan dimari. Misaeng benar2 keren, belum bisa move on dari drama ini. Ada recommend drama lainkah dri oppa dan noona sekalian ,drama yg jalurnya ceritanya gak cinta2 mulu. Makasih

    1. Drama dari TVN banyak juga kok yang gak cinta2an melulu (Pied Piper, Signal), dari stasiun OCN juga rata2 tentang crime gitu, coba dicek aja πŸ˜€ Makasih udah mampir ya πŸ™‚

  18. Telat banget baru nonton drama ini di 2017. Udah 4 tahun yang lalu, OMG gue kemana aja T.T 😦
    Tapi nih drama emang bagus banget, relatable banget sama gue yang lagi magang skrg. Bakal kangen banget sama team sales 3 dan persahabatan geu rae dan kryawan2 baru. Ahhhhhh sedih udah selesai nonton, beneran deh setelah drama ini standar buat nonton drama korea jadi lbih tinggi. Pengen nonton awl, tapi blum bisa move on dari Misaeng.

    1. dulu sempet mau nonton AWl tapi belum jadi2 juga =)). dari pengalaman sih, so far Misaeng masih paling oke. Ada sih drama yang udah komplit tahun ini judulnya Radiant Office. Gak sebagus misaeng, tapi realitas kantornya agak2 lah, meski banyak lebay2nya.

Leave a Reply

