Review Buku : Angel of Morning Star Club

final cover angel of morning star club-500x500

Haloooooo kali ini mau review novel terjemahan korsel lagi, judulnya “Angels of Morning Star Club” karangan Lim Se Hyuk. Judulnya panjang yes :D.

Ceritanya tentang Lim Hwi Chan, pemuda berumur 20-something yang pernah masuk penjara karena kesalahan yang tidak dia lakukan. Lim Hwi Chan ini tipe2 anak muda yang jujur tapi suka emosian gitu, jadi banyak terjebak dalam kejadian2 yang merugikan dirinya sendiri, salah satunya yang menyebabkan dia masuk bui. Setelah keluar dari penjara pun, Lim Hwi Chan merasa hidupnya tidak menjadi lebih baik. Dia mengalami banyak kesulitan di kehidupan sosialnya, baik mencari pekerjaan maupun berteman karena status mantan narapidananya itu.

Suatu hari, Lim Hwi Chan bergabung dengan sebuah klub khusus mantan narapidana yang bernama Morning Star Club. Disebut begitu karena merujuk pada bintang paling terang yang bersinar di pagi hari, yang biasanya bisa dilihat dari jendela penjara. Tak disangka-sangka, Morning Star Club berhasil mengubah Hwi Chan menjadi manusia yang lebih baik. Lewat kegiatan-kegiatan sosial yang rutin dilakukan, Hwi Chan bisa belajar banyak keahlian dan berteman dengan banyak orang dari berbagai tingkat ekonomi, latar belakang dan usia.

“Kalau 100 lamaran pekerjaan gagal, maka kirimlah 200 lamaran pekerjaan. Kalau 200 gagal, maka kirimlah 300!” – begitu kata Ketua klub Morning Star pada Hwi Chan. Ternyata, nasib sedang berpihak padanya karena tak lama, Hwi Chan diterima kerja untuk pertama kalinya, di perusahaan yang elit pula! Tapi ternyata cobaan Hwi Chan tak berhenti sampai di situ, bagai penagih hutang yang memberikan bunga tinggi, Hwi Chan lagi-lagi terpuruk karena nasib mengambil kebahagiaan yang sudah sempat berada di tangannya.

Apakah status mantan narapidana akan terus membuat Hwi Chan menderita?

—–

Hal pertama yang harus gue puji adalah penerjemahnya (Dimitri Dairi). Translasi ke bahasa Indonesianya enak banget, mudah dimengerti :D. Penting nih untuk novel2 terjemahan. Plotnya sendiri agak mengingatkan akan drama korea Misaeng, karena banyak bercerita tentang kesabaran dan ketekunan Hwi Chan dalam mengatasi kekurangan yang dia miliki. Kalau Jang Geu Rae di Misaeng kan terbentur dengan kualifikasi pendidikannya yang membuat karirnya di dunia korporat mentok, kalau Hwi Chan itu terhambat oleh status mantan narapidananya dan mind-set bahwa dia adalah korban ketidakadilan hukum.

Novel ini bukan bergenre romantic comedy, tokoh utamanya pun laki2, jadi kayaknya cocok sih untuk pembaca cowok yang ga demen menye2. Sarat akan moral dan pesannya bagus, memberitahu kita bahwa bahagia itu pada akhirnya pilihan. Apapun bisa dijadikan sebagai kelebihan kalau kita mau, tapi kalau enggak ya sampai kapanpun kita akan selalu merasa kurang.

Sayangnya, alur ceritanya sedikit datar, kurang klimaks. Untuk sebuah novel fiksi, rasanya kayak lagi baca biografi tokoh inspiratif aja, kurang nampol gitu.

Selamat membaca!

Mandhut.

Advertisements

7 thoughts on “Review Buku : Angel of Morning Star Club

    1. Ada kok di Gramedia, kemaren aku baru dari sana terus liat kok novel2 terjemahan korsel pada bertebaran :D. kalau ga nemu juga mungkin coba tanya penerbitnya langsung ya (twitter @penerbitharu), atau mungkin bisa pesen di toko buku online.

  1. Entah kenapa buku-buku terbitan penerbit Haru bikin penasaran melulu ><
    Ini lagi otw khatam-in Girls in the Dark. Dan… Angels of Morning Star Club udah jadi bacaan idaman selanjutnya x( tapi beneran kurang klimaks yaaa? Oooo… kayaknya harus dibaca nih biar tau.

    1. kalau baca novel korea atau jepangnya haru biasanya abis itu pengen nonton drama :)) :))

      Iya, kurang klimaks, rasanya somehow kayak autobiografi (padahal bukan). Tapi bagus2 aja sih. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s