Review Drama Korea : “Kill Me, Heal Me” (2015)

kill-me-heal-me-1

Jadi, KONON kemarin malam saya ngetwit pengen balas dendam posting blog banyak2. Apa daya jadinya cuma sabiji karena ngantuk =)) =)) =)) *peluk bantal*. Jadinya, hari ini saya mau posting minimal satu lagi deh. Buat membayar absen yang lama banget. Baru nyadar aja kalau postingan bulan April kemaren cuma 2 doang, kalau gak diingetin pembaca gak sadar tuh =)) =)) *makasih ya, you know who you are*

Kali ini, mau review Kill Me, Heal Me (2015). Drama ini adalah satu dari sekian drama yg ngikut tren drama psikologi yang dipelopori oleh It’s Okay That’s Love (2014) itu lho :D. Sebagai psikolog amatiran wannabe, tentu saja saya tertarik amat sangat.

Drakor “Kill Me Heal Me” mainly membahas tentang DID (Dissociative Identity Disorder) a.k.a. kepribadian ganda. Topiknya sama kayak drakor tetangga yang kebetulan tayang bareng : Hyde, Jekyll and I. Tapi IMO masih bagusan drakor Kill Me Heal Me sih 😉

Jumlah episod 20. Genrenya romantic, medical, komedi dan misteri. Nantinya makin ke belakang makin banyak adegan yang menguras air mata. Casts-nya ada Ji Sung (Protect The Boss, Secret), Hwang Jung Eum (Full House 2, Secret, Can You Hear My Heart) dan Park Seo Joon (Witch’s Romance). Nilai dari saya… 90. Sebenernya bisa aja 100, tapi karena ada beberapa elemen yang bikin ilfil jadinya saya kurangin. Tapi di luar itu ceritanya bagus, terutama akting Ji Sung yang sangat sangat exceptional 😀

Sekian review cepatnya! Mari kupas tuntas! Yang takut spoiler hindari warna biru, ya!

Cha Do Hyun (Ji Sung) adalah pewaris utama dari sebuah keluarga kaya di Korea Selatan. Pemuda itu bukan hanya berlimpah harta, tapi juga wajah yang tampan dan otak yang encer, belum lagi perilaku santun yang membuat dirinya mudah disukai. Hidupnya nyaris sempurna, tapi sebuah kenyataan pahit membuatnya terpaksa menutup diri rapat2. Dia memiliki kondisi kepribadian ganda (DID : Dissociative Identity Disorder) yang diduga akibat trauma masa kecil : kakek dan ibunya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas, kemudian bapaknya koma setelah menyelamatkan Do Hyun dari kebakaran besar, dan kenangan-kenangan lain yang masih terkunci di memorinya – entah kenapa terlupakan begitu saja.

kill-me-heal-me-episode-4-scene-1-ji-sung-as-cha-do-hyun-med-opt-420x240_c

mas Cha Do Hyun yang beban hidupnya berat 😀

Karena kejadian-kejadian menyedihkan itu, tidak tanggung-tanggung, ada 6 kepribadian tambahan yang muncul di dalam diri Do Hyun : Shin Se Gi, Perry Park, Nana, Mr. X, serta si kembar Ahn Yo Na dan Ahn Yo Seob. Seandainya mereka semua hanya muncul saat sesi terapi bersama psikiater pribadinya, mungkin Do Hyun tak akan pusing. Masalahnya ke-6 kepribadian ini kerap kali mengganggu ritme hidupnya : berbuat kasar, mabuk-mabukan, berdandan ala perempuan, bahkan melakukan percobaan bunuh diri.

cdh7

ki-ka : Se Gi, Mr. X and Nana, Yo Seob, Perry Park, Yo Na

Karena tidak ingin dianggap gila, apalagi mempermalukan dan membuat khawatir orang2 di sekelilingnya, Do Hyun sengaja bertahan di luar negeri, tinggal jauh dari keluarganya di Korea, memasrahkan tahtanya di perusahaan yang seharusnya dia warisi, hanya supaya dia bisa merahasiakan kondisi DID yang dimilikinya.

Namun hidup Do Hyun bertambah rumit saat dia terpaksa kembali ke Korea karena perbuatan Se Gi – salah satu kepribadian gandanya. Di puncak kekacauannya itu, Do Hyun bertemu dengan Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum), seorang residen psikiater. Oh Ri Jin bukanlah psikiater yang menanganinya, tapi entah mengapa kepribadian-kepribadian ganda Do Hyun terus melibatkan Oh Ri Jin ke dalam permasalahan yang mereka timbulkan. Seiring waktu, Do Hyun pun mendaulat Oh Ri Jin untuk menyembuhkan DID-nya.

Masalahnya, bisakah Ri Jin menjadi terapis yang baik bagi Do Hyun saat keduanya mulai saling tertarik satu sama lain? 

Bisakah Ri Jin mengumpulkan kembali dengan ke-6 kepribadian ganda Do Hyun yang terpecah, saat salah satu di antaranya juga menyimpan rasa pada gadis itu, bahkan menantang Do Hyun untuk bersaing?

Makanya nonton! 😀

—–

Jujur, sebenernya gue udah coba nonton eps 1 dan 2 nya pas awal2 drama KMHM ini muncul, tapi ilfil gara2 liat adegan ini :

KMHM (2)

Jadi itu pas adegan2 awal Se Gi muncul gitu. Gara2 itu gue langsung gak tertarik nonton lagi, bener2 gak minat kalau bukan karena adik gue sesudahnya berkali2 promo drama KMHM bagus (dan ternyata emang gak mengecewakan sih).

Soal perubahan pribadi itu, gue bisa terima soal tanda lahir di leher warna merah yang tiba2 muncul saat Do Hyun berubah jadi Se Gi. Gue maklumin sebiasanya deh biarpun itu tanda lahirnya lebih mirip tattoo. Gue juga bisa maklumin soal warna mata yang berubah karena emang pernah denger kasus serupa. Tapi kalau terus matanya ada kilat2 gitu entah kenapa rasanya kayak berubah wujud macam sailor moon gitu ya. 

Gue rasa, tim KMHM cuma mau memastikan bahwa penonton yang kemungkinan besar awam untuk bener2 paham bahwa si Do Hyun lagi bertukar kepribadian dengan Se Gi. Itu sebabnya bukan hanya dandanan, cara bicara dan gestur dari Ji Sung, tapi efek2 mata berkilat bahkan efek2 lainnya juga diperlukan. Tapi entahlah, gue ga berasa klop aja. Bahkan tanpa perlu gitu, akting Ji Sung udah exceptional kok, sampai titik di mana ga perlu ganti dandanan juga udah bisa keliatan dari gaya ngomong dan sorot matanya yang langsung berubah drastis, tapi yah, mungkin biar tambah oke aja.

Untunglah adegan2 lebay mata berkilat itu gak sering2 muncul lagi sesudahnya. Bahkan udah hilang sama sekali menjelang ending :D.

Ngomong2 soal akting jisung, ke-6 kepribadian itu lovable semua lho. Favorit gue ada 2, yaitu Ahn Yo Na, si cewek 17 tahun yang gemar menguntit boyband dan centilnya minta ampun :

oppa

motivational sekali si Ahn Yo Na ini :D.

Lalu Perry Park, si bapak2 umur 40 tahun yang ngomongnya medok2 ala korsel gitu dan kepengen punya kapal supaya bisa berlayar sesukanya :

perrypark

oh, dan entah mengapa om Perry ini demen bikin bom 😛

:)) :)) aku sungguh rindu pada mereka berdua huhuhuhu.

Lalu, kebetulan di drama ini Ji Sung lagi2 dipasangin sama Hwang Jung Eum yang sebelumnya main bareng jadi lead di drama Secret (bagus! pernah direview disini). Gue awalnya seneng, tapi entah mengapa di sini Jung Eum-nya rada kurang gimana gitu. Mungkin karena ada genre komedinya kali ya, jadi beberapa kali suka ada ekspresi2 over gini dari si Jung Eum yang jadi Oh Ri Jin :

KMHM00

Oh Ri Jin si lebay

Tapi di luar itu, si Jung Eum cukup bisa mengimbangi akting Ji Sung yang luar biasa kok.

Di samping itu, drakor KMHM ini juga menampilkan si abang ganteng Park Seo Joon yang sudah lama mencuri hatiku sejak kemunculan drakor Witch’s Romance (tapi gak ditonton ampe abis). Gue menunggu2 drama Seo Joon yang berikutnya gitu, makanya girang pas tau dia bakal main di KMHM jadi… Oh Ri On, saudara kembarnya Oh Ri Jin.

KMHM (7)

Oh Ri On dan Oh Ri Jin

*spoiler* jadi ceritanya si Oh Ri On sama Oh Ri Jin ini ternyata bukan saudara kandung, apalagi kembar. Suatu hari ibu Oh Ri On bawa anak perempuan entah dari mana dan bilang kalau mulai hari itu mereka saudara kembar. Tambah dewasa, Oh Ri On ternyata jadi jatuh cinta sama Ri Jin. Tapi ya namanya juga udah disuruh jadi saudara ya mana bisa tau2 minta pacaran apalagi nikah kan? Bapak ibunya bisa jantungan. Jadi Oh Ri On gak pernah bilang siapa2, diem2 aja melindungi Oh Ri Jin.

Gila gila gila, lo2 semua mungkin ada yang pernah ngenes karena di-friendzone, tapi Oh Ri On tuh di-brotherzone-in T-T hari2 makan bareng, sekolah bareng, curhat bareng, tapi gak bisa memliki. T-T

Makanya sepanjang film hati gue teriris2 banget deh liat Oh Ri On, semacam pengen puk2 sambil digiring pelan2 ke KUA, mau kasi kejelasan hitam di atas putih bahwa gue gak ada minat samsek jadi saudara kembarnya, gue minatnya jadi istri! *ditimpuk sendal penghulu*.

KMHM (1)

SINI OH RI ON AMA SAYA AJAAA LUPAIN OH RI JIIINNNNNN *MENGHAMBUR*

—–

Huehehehe, sekian soal casting dan hal2 yang bikin ilfil maupun suka setengah mati dari segi perintilan dramanya, sekarang saya mau bahas plot dan alur KMHM. Keterlibatan Ji Sung memang menambah poin hampir 70% untuk penilaian dari saya. Ji Sung stole the show deh pokoknya. Tapi elemen lainnya juga gak kalah bagus kok :

1. Karakter2nya sesuai konten dan konteks. Dalam artian, masing2 memiliki alasan yang kuat kenapa si A jadi pendiam, kenapa si B jadi lebih terus terang, dan seterusnya :D. Bahkan karakter2 kepribadian gandanya Do Hyun pun memiliki pribadi khas alter ego pecahan yang seringkali gak seimbang/terlalu ekstrim dan fokus akan sesuatu. Kejadian yang menstimulasi kemunculan mereka pun ada yang sampe bikin terbengong2 saking ga nyangka :D. Untuk hal ini penulisnya cukup detail dan saya suka.

2. Plot twist-nya lumayan bikin bengong juga. Ada yang bisa gue tebak, tapi ada juga yang gak ketebak. Ada juga yang sebenernya udah nebak, tapi pas *jrengjreng* dikasitau tetep aja mewek durja. Ahahahahah~

3. Drama ini sempet bikin reviewer dan admin2 portal drakor rada bingung karena menggabungkan elemen psikologi yang jelas bakal ada mellow2nya, dengan komedi dan misteri. Gak kebayang aja mau dibuat kayak gimana dan kenapa memilih kombinasi genre kayak gitu. Tapi setelah dipikir2 lagi, saya rasa unsur komedi membantu drama yang bahasannya udah sangat serius ini terasa sedikit lebih ringan. Meskipun caranya kadang2 ngilfilin dengan adanya efek2 norse macam begini :

KMHM (6)

Itu si Shin Sae Gi yang katanya bad-ass minta ampun, lagi tebar pesona di lobby kantor Do Hyun. Norak to the max.

Tapi tetep aja, boleh juga rasanya dibuat ketawa setelah nangis2 miris, berasa seimbang 😀

4. I can’t confirm this karena udah coba nyari sumbernya tapi gak ketemu. Jadi kalau ada yang lebih tau, monggo komen2 ya. Adik saya pernah baca di forum katanya penulis drakor KMHM ini mempelajari dulu seluk beluk tentang DID dari sebuah buku psikologi (di Korsel sana? atau universal?). Saya udah cari2 googling tapi ga ketemu infonya. Soalnya kalau beneran iya jadi tambah salut aja sih sama penulisnya :D.

Hihihi, sekian reviewnya, ini nulisnya udah panjaaang banget tapi sebenernya masih banyak yang pengen saya tulis. cuma gak pengen spoiler banyak2 juga, karena gak mau merusak kenikmatan nonton Kill Me, Heal Me yang bikin emosinya berlarut2 itu :)). Please please please kalau udah nonton pada komen2 dong karena i’d love to talk about Kill Me, Heal Me, butuh pelampiasan nih 😛

Akhir kata, nonton deh. Fun sekaligus menyentuh hati, juga memberi overview bagi orang2 awam mengenai child trauma dan DID. Kalau gue efeknya jadi gak bisa berenti muji2 Ji Sung, tapi orang lain kan belum tentu sama ;).

*masih terkena ji sung fever*

Selamat terpukau dengan Kill Me, Heal Me dan akting Ji Sung! Ditunggu Ahn Yo Na tuh!

oppaoppa

Mandhut.

26 thoughts on “Review Drama Korea : “Kill Me, Heal Me” (2015)

    • Iya, kepribadian ganda gitu. Seru, lucu dan mengharukan sih. Asal bisa bertahan aja sama ilfil2nya itu dan romantis2nya korea, ya not bad lah :D.

      Woo belum pernah baca nih Rumah Lebah, entar cari ah. Kalau split personality cuma pernah baca Sybil sama Billy aja 😀

  1. Haduh .. It’s Okay That’s Love aja gw belom selese notooonn hehehe! Tapi kayanya ini menarik ya.. thx manda udh info2 drakor baru! huehehe

    • Hahahaha, dicicil aja pelan2 kalau lagi butuh hiburan 😀

      Kalau suka drama psikologi boleh lah ditonton abis It’s Okay That’s Love

      Makasih ya udah komeeeen 😀

  2. Suka banget juga sama drama ini!!! Meski yah, emang terkadang lebay banget efek-efek norak itu…
    Awal pertama kali pas liat mata berkilat-kilat itu tadinya udah ilfil dan mikir duh bakalan kayak sinetron GGS ngga ya -______- dan untungnya aja ngga. Ngga ngerti sih kalo kayak GGS kayaknya bakal drop saking ilfilnya, lol.
    Dan… entah kenapa sama banget, rasanya pengen bawa si oh ri on kabur aja ke indo nikah di sini lupain oh ri jin T______T rasanya hati langsung nyes kalo udah mellownya si oh ri on huhuhuh

    tapi entah kenapa aku ngga sreg sama endingnya, bukan ending secara keseluruhan sih. Cuma sampe sekarang ngga ngerti aja ngapain tiba-tiba karakter Mr. X nongol, kayak ngga ada kepentingan gitu… tapi harus dikeluarin karena kalo ngga dikeluarin malah tambah bikin aneh. Jadinya ya, pas nonton si Mr. X itu rada-rada ngernyit dan memengaruhi penilaian sama ending haha.

    • GE-GE-ES! terimakasih karena abis baca itu langsung ngakak2. Sekarang makin ngerti kenapa aku ilfil berat sama si mata ganti warna kilat2 =)) =)).

      Oh Ri On emang nyeseknya total banget sih. Brotherzone. Huhuhu. Semoga Park Seo Joon bisa bahagia dan jadi lead male lagi di drama selanjutnya ya. Amin! ^^

      Aku fine2 aja sih sama endingnya :D. Kayaknya sih si Mr. X itu kayak kejutan yang disimpen2, cuma mau nunjukinn seberapa carenya si Do Hyun sama Ri jin, sampe2 dia punya kepribadian ganda yang bertindak sebagai bapak Ri Jin (Nana) 😛

  3. Well, aku komen.
    Aku ketemu kok. Dan sebenernya ini itu dari kisah nyata dan udah pernah difilmin juga sama orang barat. Namanya, gue lupa dut.

    Saya sih lebih suka ahn yona sama oh ri on ya allah hahaha. Lucu banget. Ahn yo na keren to the max. Jisung acungin jempol meranin ahn yona macam itu. Wkwkwk. Perry park juga konyol

  4. Perubahan kpribadiannya benar2 lebay. Aku jd ga tertarik, meskipun critanya keren tp ga detail. Membuat psikologi menjadi aneh dimata org awam yang mungkin percaya bgt sama drama itu 😭 padahal seandainya ga di lebayin, aktik pemerannya udh total bgt kok mewakili penyakit DID.

  5. Pingback: Review Drama Korea : Oh My Ghostess (2015) | Racauan Manda

  6. suka banget sama drakor inii.. baru sampe ep 14 penasaran smpe abisny.. emang sih pas awal2 ny emang agak lebay aneh gitu.. tpi sesudahny udah keren lagi kokk.. pas jdi yona ny lucu bangett.. lumayan suka lah sm yg genre ginian,, bisa nambah pengetahuan.. hehe.. emang bener dr kisah nyata?

    • kalau soal kepribadian gandanya emang salah satu kondisi psikologi yang cukup dikenal tapi kalau ceritanya diangkat dari kisah nyata sih belum pernah denger, yang pernah denger itu katanya penulis naskahnya puyna buku pegangan psikologi untuk ngembangin cerita dan tokohnya :D.

  7. Aduuuuuuuh ini favorit banget! serius, aku udah expect drama korea itu (mostly) awalnya seru, lucu tapi kesana-sana makin banyak sedihnya. Padahal genre-nya “romance comedy” HA! itu yang kadang bikin males. Tapi gak tau kenapa kok KMHM pas banget ya dari awal semuanya seimbang(?) :3

    AKU MAU KASIH SEMUA JEMPOL-KU (INCLUDE JEMPOL KAKI *EH) BUAT JI SUNG~~~

    • emang langganan banget drakor depannya kocak2 belakangnya melodrama :)), setahuku yang dari awal sampe akhir masih romcom dan ceritanya bagus ya Marriage Not Dating, udah nonton belum?

      *tambahin jempol* 😀

      • Oh pernah liat di tv lokal dan dapet review dari temen katanya itu bagus. Pernah nyoba nonton sebentar itu juga iseng lagi gonta-ganti channel tapi entahlah ngeliat castnya kurang suka(?) kurang cakep *digetok* tapi kayaknya i should give it a try!

  8. Pingback: Rekomendasi Drama Korea 2015 | Racauan Manda

  9. haiii thor, panggilnya author aja yak. hehehe. tulisan ini sukses bikin baper sama drama ini lagi deh.
    aku ngga bisa move on beberapa minggu, even ampe sekarang masih suka pandang-pandang cantik liat review drama kece ini. oh ya, kalau ngga salah aku pernah baca, walopun ngga sampe tamat, sebuah buku soal DID judulnya ’24 wajah Billy’ tapi penulisnya lupa (mian). nah jadi di buku itu diceritain (katanya nyata) seseorang yang mengidap DID, kalo om Jisung punya 7, Billy ini punya 24, nah ngga kacau gimana idupnya. googling aja, kemungkinan buku ini salah satu inspirasi screenwriternya Kill Me Heal Me 🙂

    • Halooo, boleh2 dipanggil thor, hahaha :D. Oh iya, aku juga pernah baca tentang DID tapi aku bacanya Sybill :D. Hihihi iya mungkin kapan2 aku cari biar aku baca 🙂

      Btw terima kasih udah mampir dan komen2, sori balesnya agak lama. Ditunggu lagi kedatangannya 🙂

  10. Halooo…baru beberapa hari nih gue kelarin drama KMHM dan iseng2 nyari postingan yg ngebahas tentang review film nya dan taraaaa ketemulah tulisan ini di negara antah berantah hihihi… ah ya, sekedar info sih kalo Oh ri jin dan Oh ri on maen jd cast utamanya di film she was pretty udah nonton blum?

    Balik lagi sama KMHM, sumpah gue ngakak abis kalo Ahn Yo Na udah mulai muncul. semacam kayak terapi buat penontonnya yg tegang gegara liat Se gi yg suka marah2 hahaha. apalagi klo manggil Ri On “Oppaaaa” Omg gue sampek mau timpuk muka om om kecentilannya Ji sung ahahahhaha. gue kasih banyak jempol deh buat aktingnya Ji Sung *Sampek pinjem jempol tetangga biar tambah banyak* hihihihi. Nah, tapi masalahnya gue nggak begitu suka sama karakternya Ri Jin, di film itu dia kan psikiater tp tindakan dia tuh seolah-olah dy bukan psikiater lho tp org awam yg mendadak muncul buat nanganinn si Do Hyun. kalo si profesor (Gurunya Ri jin + Psikiaternya Do Hyun waktu di Amrik) Nggak muncul mungkin gue beneran mikir kalo si Ri Jin ini bukan Psikiater beneran di film itu hehehe. *Tp itu menurut gue sih*

    Dan gue setuju tuh kenapa harus ada efek mata berkilat dan tato warna merah kalo Shin Se Gi muncul, coba aja kalo nggak ada kayak gitu kan lebih kelihatan natural. lagian akting Ji Sung udah mewakili kok karakter kepribadian yg muncul itu. ya gak? ya gak? ya gak? Hehehe. ah, ya inget waktu Ri Jin di culik sama Se Gi terus di bawa ke hotel dan Se Gi kasih hadiah yg macem2 sama Ri Jin? hahaha lucu abisss!!!!

    Masih buanyaakkk yg kepingin gue tulis tp tangan gue udah mulai kerting hahahhaa …. kamsiaaaa…daaa…daa…daahhh

    • Haloo Alisa… makasih ya udah mampir dan komen 😀
      Udah nonton She Was Pretty dong, kan ada Oh Ri Jin sama Oh Ri On, sekalian pengen ngobatin kekecewaan karena brotherzone di KMHM 😀
      IYa, dari semuanya kayaknya emang Ahn Yo Na itu yang paling loveable meskipun lagaknya egois dan nyusain banget :D. Kalau Ri Jin… kalau gw sih sebenernya gak gimana2 banget ama karakter ri jin di drakornya, lebih gak sregnya malah sama pemerannya si Hwang Jung Eum, belakangan dia kalau main romcom ekspresinya suka lebay maksa lucu banget, tapi lama2 jadi bosen dan capek liatnya. tapi semoga aja dia jauh lebih kalem di drakor romcom berikutnya ya, yang judulnya Lucky Romance itu lho *lah promo*
      IYAAA itu mata berkilat ya ampun banget, berasa ganteng2 serigala =)). Mungkin karena awalnya takut penonton awam gak paham kali ya kalau ji sung itu lagi berubah kepribadian? Jadinya biar lebih terwakili ada adegan2 ngilfilin tersebut. Dan iya, gue juga suka banget adegan se gi nyulik ri jin dan malah disuruh main =))
      Gak apa2, nanti komennya nyambung lagi aja kapan2 :D. Thank youuu~

Leave a Reply

