Review Drama Korea : Hogu’s Love (2015)

Halo semuanya, lama tak bersua ya. Heheheh, minggu kemaren saya abis long-weekend-an sama keluarga, jadi baru sempet posting2 lagi :P. Itung2 sekalian merayakan ponakan yang baru selesai ujian negara SMP dan lagi nunggu pengumuman nem tanggal 10 Juni nanti. Doain mendapatkan yang terbaik menurut Yang di Atas yaaaaa πŸ˜€

Kali ini, saya mau review drama korea yang berjudul Hogu’s Love (dikenal juga dengan nama Fool’s Love dan a Pushover’s Love). Drama berjumlah 16 episode ini tayang di stasiun TvN di korsel sana. Cast-nya ada Choi Woo Shik yang dulu pernah main jadi salah satu ajudan-nya Yoo Chun di Rooftop Prince, Uee si idol dari grup After School yang memang udah cukup dikenal juga di dunia perdramaan (pernah jadi lawan main Joo Won di Ojakgyo Family), ada Seulong ex-grup 2AM yang emang makin jago aktingnya, dan bintang baru bernama Lee Soo Kyung yang aktingnya lumayan epic :D.

hogu (3)

ki-ka : seulong, choi woo shik, uee, lee soo kyung

Nilai dari saya… 9,2 dari 10 deh. Hogu’s Love ini, sampai detik saya menuliskan posting ini, masih menempati ranking 1 drama terfavorit saya untuk tahun 2015, belum ada yang menggeser :). ‘Hogu’ itu, kalau ditranslate dari bahasa korea bisa diartikan sebagai fool alias bodoh, ada arti lain juga sih, yaitu pushover alias penurut. Sesuai judul dan nama pemeran utamanya, Hogu’s Love bercerita tentang Kang Ho Gu (Choi Woo Shik) dengan tindak-tanduknya yang seringkali terlalu polos dan baik, sehingga suka dianggap bodoh dan dimanfaatin orang lain. Sifat Ho Gu ini membuat dirinya sering sakit hati dan kecewa, terutama soal cinta.

Drama bergenre romantic comedy ini lumayan lucu, meskipun tentu saja masih lebih lucu Marriage Not Dating ya *masih belum move on*. Kalaupun ada kekurangan, paling ada beberapa scene yang mungkin maksudnya komedi, tapi entah kenapa berasa maksa dan bikin bingung. Cuma menurut saya semua kekurangan itu termaafkan oleh pesan moral yang bener2 kuat membekas – hasil dari plot mumpuni yang gak ketebak, konsistensi tema dan karakterisasi yang unik dan kuat πŸ™‚

Drama ini pas juga ditonton untuk para pria2, terutama pria2 yang masa mudanya cupu atau masih cups ampe sekarang *dijejelin suspender*, range umurnya 17+ kali ya, soalnya topik bahasannya lumayan dewasa meski gak ada adegan menjurus πŸ˜‰

Sekian review cepat, lanzut! Btw, biru berarti spoiler ya πŸ˜‰

——

Kang Ho Gu (Choi Woo Shik) lagi-lagi patah hati. Seorang cewek yang ditaksirnya memberinya harapan palsu, bahkan sempat memanfaatkan Ho Gu sebelum pindah ke lain hati. Masalahnya, ini bukanlah kali pertama Ho Gu diperlakukan semena-mena. Cinta terasa begitu jauh dari gapaian Ho Gu, tak tahu bagaimana meraihnya.

hogu (4)

ceritanya terlatih patah hati πŸ˜›

Tapi meskipun begitu, Ho Gu tetap menjalani hidup damainya. Hogu memang begitu, sejak kecil ayah dan ibunya tak pernah menuntutnya apa2, mereka hanya mau Ho Gu hidup bahagia dalam kesederhanaan.Β Keluarga Ho Gu berprinsip : tak perlu luar biasa, yang biasa-biasa saja asal bahagia. Mereka menerima setiap anggota keluarga apa adanya. Ibunya bekerja sebagai tukang jahit. Ayahnya memiliki sebuah penyewaan komik. Hanya saudari kembar Ho Gu yang bernama Kang Ho Kyung (Lee Soo Kyung) yang memang sedikit ambisius dan mengambil S2 psikologi. Sedangkan Ho Gu yang memang berbakat seni bekerja sebagai kartunis webtoon pada temannya, gajinya tak besar tapi cukup. Tak ada yang istimewa.

Di tengah hidup Ho Gu yang tenang itu, tiba-tiba seorang cewek bernama Do Do Hee (Uee) muncul dan mengaduk2 perasaannya. Mereka dulu satu SMA. Ho Gu diam2 menyimpan perasaan pada Do Hee yang merupakan siswi populer – jauh berbeda darinya. Di saat acara temu alumni SMA mereka, Ho Gu ingin sekali mengobrol – setidaknya menyapa Do Hee, meskipun Ho Gu yakin Do Hee tak akan mengingatnya. Tapi tanpa disangka2, Do Hee mengenalinya, Do Hee bahkan membingungkan Ho Gu dengan tingkahnya. Cewek itu seakan memberi Ho Gu lampu hijau untuk merayunya, tapi Ho Gu tak yakin juga. Maksudnya, mana mungkin seorang atlet renang nasional yang cantik luar biasa macam Do Do Hee mau dengan seorang Ho Gu? Lagipula apakah Ho Gu tidak salah mengartikan atau tertipu lagi seperti yang sebelum2nya?

Tapi lalu, sinyal2 yang diberikan Do Do Hee itu apa artinya?

hogu0200077a

lha kalau ampe mau aja diajakin sharing earphone gini apa artinya ya? mampuss Ho Gu pusing nih yee πŸ˜›

——————–

Ceritanya sedikit banyak membahas juga tentang teori2 cinta dan pacaran. Ho Gu mewakili karakter seorang cowok polos yang tak sabar untuk menjalin hubungan serius tapi masih sangat clueless tentang banyak hal, terutama soal wanita. Sedangkan adik kembar Ho Gu yang bernama Ho Kyung yang sedang menjalani jenjang S2 psikologi, seringkali membahas hubungan percintaan dari sisi yang lebih realistis dan sinis.

Drama ini memberikan saya banyak kejutan. Ceritanya terlihat sederhana, bahkan mungkin bagi sebagian orang premisnya seperti membosankan, tapi ada pesan yang begitu dalam menusuk di tiap episodenya :D. Sejak menonton episode pertama saya sudah mencoba menebak2 kemana cerita Hogu’s Love ini akan mengarah. Tapi seringkali saya dibuat malu karena salah menduga. Hogu’s Love sama sekali tidak biasa πŸ™‚ Pokoknya, saking ketipu mulu saya sampe mikir2 drama ini bukan judulnya doang fool, tapi membuat penonton juga berasa fool karena udah terlalu sok tahu menebak motif karakter2 di drama tapi gagal melulu :P.

[SPOILER] Hal yang paling bikin saya kecele adalah motif Do Hee ndeketin Ho Gu. Tadinya gue pikir… Do Hee mau manfaatin Ho Gu untuk jadi bapak gadungan bagi anak yang lagi dikandungnya (iya, Do Hee hamil entah anak sapa pas ketemu Ho Gu lagi di temu alumni), tapi ternyata enggak. Terus gue pikir, itu anak Do Hee ama Byun Kang Chul (Seulong), mantan pacar Do Hee yang satu SMA juga sama Ho Gu, tapi ternyata enggak. Terus gue pikir si Do Hee ini dihamilin sama bapaknya Byun Kang Chul (ceritanya panjang) tapi ternyata bukan. Sampe yang terakhir, gue selalu yakin bahwa Ho Gu punya perasaan sepihak sama Do Hee dari jaman SMA dulu, dan TERNYATA ENGGAK. Do Hee dateng ke temu alumni itu emang bener2 buat nemuin Ho Gu, simply karena bagi dia Ho Gu adalah sahabat pertamanya, sekaligus cinta pertamanya. Dia gak berniat manfaatin Ho Gu dari awal, dia cuman butuh ditemenin aja :D. [/SPOILER]

Pesan2 moral dari drama ini begitu banyak, baik dari cerita maupun dialog karakternya. Salah satu hal yang saya tangkap adalah bahwa gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Bahwa seringkali tanpa kita sadari, ketidakyakinan kita akan diri sendiri menutupi potensi kita yang sebenarnya – membuat kita buta akan apa yang benar2 terjadi di sekitar kita.

fullsizephoto554356

pay attention dong Gu!

Saya juga mendefinisi ulang arti fool/Hogu dalam judul drama ini. Ini bukan soal Hogu seorang, ini soal kita, tentang siapapun yang tersentil dengan kisah Hogu dan teman2nya. Menurut saya ‘fool’ dalam drama ini adalah orang2 yang mengasumsikan hidup dan kejadian sekitarnya seenaknya sendiri, terlalu cepat putus asa, terlalu cepat kecewa tanpa berusaha mencari kejelasan πŸ™‚

Berikut beberapa quote Ho Gu yang membuat saya sayaaaaaaaang banget sama si anak polos ini *unyel2* :

76SClDc

senyum happy hogu πŸ˜€

When I was going to art school, I didn’t want to waste the paint, so I used it sparingly. Do you know what happened? It became hard and clumpy. I didn’t even use half of it and I had to throw it away. Your heart and the paint is all the same. Don’t save it or it’s going to get hard. ” – Kang Ho Goo (eps. 8)

My father told me that tears are just like urine. It’s bad for you to hold back. He said we must release them regularly so they don’t overflow. I guess you haven’t released your tears in a long time.” – Kang Ho Goo (eps.9)

HOGUUUU DALEM AMAT SIH LO KAYAK MARIO TEGUUUHH *lho*

————-

Hal lain yang membuat saya suka sama drama ini adalah akting2 para karakternya yang gak berlebihan tapi pas. Yang paling bikin terpukau sih akting Seulong sebagai Byun Kang Chul yang total banget kacaunya :

hogu (1)

Seulong si mantan idol. Rusaaak rusaaakk.

hogu (5)

no reputation no cry. Apa itu reputasi? sudah lupa tuh – Seulong

Byun Kang Chul itu karakter yang perkembangannya paling terasa sih. Bikin senyum2 karena konyol banget :))

Terus karakter kedua yang bikin kagum adalah artis baru Lee Soo Kyung sebagai Kang Ho Kyung adik Ho Gu. Jadi ceritanya si Ho Kyung ini anaknya males dandan kalau di rumah, tapi kalau udah di luar rumah, prima abis. Dia begitu memperhatikan penampilan sampe sempet oplas dikit. Ini dia orangnya :

beforeafter

Lumayan drastis lah ya. Sifatnya juga kontras banget sih sama Ho Gu. Si Ho Kyung ini lebih ambisius, lebih galak dan lebih cuek sama orang lain ketimbang Ho Gu. Dia bisa marah2 dan ngerjain semua orang, tapi kalau Ho Gu udah marah dia nurutt banget. Lucu deh anaknya :)) aktingnya mengingatkan gue akan Kim Seul Gi favku :P, semoga aja perannya di drama berikutnya bagus juga πŸ˜€

Sekian review dari saya, semoga tertarik, sebagai penutup, ini saya kasih satu2nya soundtrack dari Ho Gu yang bikin saya kebayang2 terus sama nadanya, “Destiny” by Seulong feat. eSNa :

When I look at you, I sometimes think
You’re by my side right now
If you were a little different, if I was a little different
Would we have met?

My foolish heart and the inevitable future
You’re a little different, I’m a little different
Now we’re face to face
My heart’s still beating for your love

We were decided a long time ago
Destiny can not be changed
Love is the same as goodbye
So we can never break up

I’m a Ho Goo too,

Mandhut Ho Goo.

Ps : kalau udah nonton mari kita ngobrol2 yaaaaa πŸ˜€

2015031500312_0

ayo nonton, ditunggu kembar yang samsek gak mirip ini πŸ˜€

Advertisements

22 thoughts on “Review Drama Korea : Hogu’s Love (2015)

  1. Hogu itu orangnya setia banget. Kalo udah cinta sama satu orang dia gak akan pindah ke lain hati dan itulah yang membuat do dohee akhirnya nyadar bahwa hogu cintanya itu besar banget buat dia. Walaupun bodoh, tapi hogu kalo serius beneran serius.

    Intinya gue cuma geli liat adegan seulong. Entah kenapa, bagian dia selalu gue cepetin. *maafkan aku bang. Aku fansmu kok* dan puncaknya adalah bahwa dia memerankan peran orang gay.

    • Seulong emang main total banget di drama ini, putus urat malu. Mungkin karena dese udah keluar dari 2AM jadi gak ada yang marahin lagi kalau dia mempermalukan diri sendiri :)). tapi salut sih, dari semua drama seulong, di sini dia bener2 memorable banget.

      Menurutku, Do Hee suka ama Hogu bukan karena dia setia, tapi karena orangnya tulus dan polos banget. Abis beberapa kali Hogu keliatan ngambekan + insecure dan mundur teratur tanpa minta kejelasan kalau dia udah denger/menduga Do Hee jadian/suka ama orang lain :))

  2. Haha.. lama amat baru nongol nih postingan

    Bener banget ini drama ngebuat kite kecele hampir disetiap episodenya, karena selalu aja ada hal lain yg ternyata blm diceritain tapi kita udeh keburu sotoy nerka2 dengan yakin kelanjutannya.

    Drama paling baik semenjak awal tahun sampe skrg, banyak hal menyentuh yg membuat hati terguncang. Dan tentu hal terbaiknya elo selalu dibuat keki gak keruan dengan kejutan2 tak terduga

    • iyaaaaaa belum ada yang ngalahin nih si hogu.

      gue rada tengsin lho ketipu melulu, tapi menurut gue ya, ini drama lagi2 main aman deh soal identitas bapaknya anak do hee (karena kalau bapaknya seulong, atau si oom2 ayah seulong, hubungan pertemanan mereka bakal rumit gak sih?), tapi yaudah sih asal pesennya tetep nyampe aja πŸ˜€

  3. like I told u.. u’re gonna love hogus love. simply because it’s damnly entertaining but also makes you think like a lot. too much good thing in this drama. the great act.from the casts, the unpredictable scenario and of course the deeper meaning that the writer want to share with us.

    ..One of the best drama in 2015..

  4. Aku juga udah nonton drama ini. Dan sama seperti kamu, drama ini juga paling favorit (setelah misaeng) di tahun ini.

    Endingnya jelek sih kalau kata aku mah, gak jelek-jelek amat sih. Cuman kecewa aja karena penjahat yang sebenernya gak kena hukuman, malah di bebasin.

    Komedinya juga dapet kok, aku aja ampe mesem-mesem sendiri kekeke

    Aku juga lagi bikin blog review nih, mau ngereview drama ini tapi belom ada waktunya hehehe

    • makanya nilainya gak 100 ya karena untuk penjahatnya cuma gitu doang (cuma lupa nyebut di review). Tapi paling gak ada hikmahnya lah, si cewek jauh lebih berani ambil keputusan gara2 hogu dan anaknya, dan temen2nya :P. Masih tetep hangat hahahaha. Komedinya aku tuh paling ngakak yang hogu salah paham dan nonjok seulong di lift :)) Ayo revieeewww hihihi πŸ˜€

  5. Yeay bahas review hogu. Hogu ini sempet bikin aku baper lamaaaa bgt setelah dramanya tamat huhu. Suka bgt sama quotes2nya juga! Anaknya emang polos bin ajaib tapi kalo disuruh mikir jago juga. Terus meski polos unyu gitu bisa jadi namja juga ya di akhir2 hahaha. Dan ho kyung!!!! Epic act-nya belom ada yg bisa ngalahin nih dan suka bgt interaksi dia sama seulong. Apalagi jaman masih kencan buta dikenalin sama mamanya seulong lol

  6. Hai hai kak salam kenal:) penggemar baru blogmu. Awalnya bs msuk k blog ini gegara abis nnton dramanya dan kepo banget am abang kece yg bru tau klo dia x-2AM ga nyngka hahah πŸ˜‚ actingnya sumpah kece!!! Bs nyusup k blog ini jg gra2 d g**gle d list pncrian msuk urutan prtma trud msuk deh k blog ini. Bru kelar nnton soalnya prtma ngliatnya kyanya jln critanya gmpang ktebak trus trlalu bnyak ngomong, eh pas d cba nnton makin pnasaran sm critanya. Hogu sndri d peranin sm actor yg cocok bgt fisik nya sm krakter si hogu yg fool hahaha kdang suka sbel kliatan childish bgt! tp endingnya jempol bgt! Ga nyadar dia itu sbnernya dewasa bgt. Well tp sbnernya dr smua love line yg d sjikan sm stiap krakternya, ak lbh trtarik si kang chul sm ho kyung. Critanya slalu d nanti2, penasaran sm endingnya tp klo d cpetin scenenya pnsaran jg sm jlan critanya mreka. Sm2 suka tp sm2 bloon, sm2 salah tp g ad yg bs d bnerin. Cra ho kyung suka sm kang chul bner2 4 jempol! Dia cwe yg smart plus perfect tp bgtu ngdepin cwo yg dia syang bkalan luluh dan ningglin smua teori yg dia punya. Bner2 cwe perfect, dia cntik tp dia jg cwe biasa pda umumnya yg punya sisi ‘ugly’ apa adanya klo d rmh πŸ˜‚ anyway over all drama ini keren bgt! kamsyaaa 😳

    • Salam kenal Erlyana πŸ˜€ selamat datang dan semoga betah ya πŸ˜€ hihihi

      Jujur, aku juga awal2nya rada males nonton Hogu karena si Choi Woo Shik yang dari awal menurutku gak ganteng2 amat (cenderung manis) kok malah dibuat makin cupu T-T *huahaha*. Mana gak ngepens ama UEE pulak, mana ini mana itu. Eh terus sepupuku nonton duluan dan rekomendasi karena katanya aku pasti suka sama genre ceritanya, dan ternyata emang seleranya pas! πŸ˜€ *hampir melewatkan hogu*

      Terus meski ceritanya dari awal kayaknya biasa dan bakal ketebak, ternyata bener2 menipu ampe akhir lho :)) *termasuk penonton yang tertipu*

      Aku juga suka Kang Chul ama Ho Kyung πŸ˜€ cerita mereka rada bodoh sih soalnya kayak seperti yang kamu bilang salah paham gitu kan :)) :)), tapi gue suka adegan jadian mereka. Manitz!

  7. ini loh min,yang paling bikin bingung yang percakapan antara si do hee sama byun kang chul di rumah sakit , eps. 5. menit 57.54 ” byun : ” kau datang padaku malam itu “, do hee : ” hari itu aku meminta, aku memintamu menggunakan kondom tapi kau menolak “, byun : ” jadi kau maubilang ini salahku? “, byun : ” aku tidak menggunakan kondom, tak pernah memiliki, dan tidak akan pernah ” do hee : ” ya, karena kau tidak akan melakukan hal yang akan membuatmu rumit ” dst…nah ….setelah bingung kok setelah percakapan ini tiba2 anak do hee bapaknya bukan byun kang chul ya..???

    • kalau aku sih nangkepnya jadi kata ‘kondom’ sama ‘condominium’ itu sama struktur kalimat dalam bahasa koreanya mungkin terdengar sama. Kebetulan kan ceritanya memang dari sudut pandang Hogu, makanya translatenya kayak gitu :)). Tapi emang sih menurutku adegan itu emang rada maksa :)) tapi sudahlah namanya juga komedi :D, aku juga awalnya sempet bingung kok :))

  8. Pingback: Rekomendasi Drama Korea 2015 | Racauan Manda

  9. Pingback: Review Drama Korea : Marriage Contract (2016) | Racauan Manda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s