Topik 3 : Manajemen Waktu

index

Topik ketiga kali ini datangnya dari Alfirahmaa, yaitu tentang manajemen waktu. Jujur, sebenernya saya merasa sangat tidak kompeten tentang topik yang satu ini, karena bertanya ke saya tentang manajemen waktu itu kayak bertanya ke Abraham Lincoln tentang suka-dukanya bernama Suparman (“Meneketejreng? Nama gue bukan Suparman!” – my point exactly).

Tapi yaudahlah, topik ya topik, dibahas aja deh. Yang jelas, perlu saya tekankan bahwa disini saya menempatkan diri sebagai sesama pejuang manajemen waktu. Anggap aja kayak perkumpulan ‘Orang-Orang Kurang Konsen Anonymous’ gitu πŸ˜€

*berkumpul membentuk lingkaran*

*curhat nangis2*

πŸ˜›

Jadi, dari dulu saya ini anaknya emang rada kurang konsen. Banyak banget – and I mean, banyak banyak banget – mimpi yang gak tercapai dan kerugian besar maupun kecil cuma gara2 saya gak cukup disiplin dalam mencapai tujuan saya.

Apa aja sih emangnya? Yaaa… contoh paling nyatanya adalah dari dulu niatnya mau diet tapi yang ada makin gendut. Sempet pengen jadi pengarang komik tapi ga bisa terus2an gambar yang sama makanya gak jadi. Sempet ikutan kursus jahit tapi gak betah.

Dan seterusnya, panjang deh daftarnya.

Btw, diliat2 ini kayaknya masalah gue bukan manajemen waktu doang, tapi emang dasarnya mudah menyerah aja anaknya =))

Tadinya saya gak gitu aware, karena gak ada yang bilangin juga kalau saya punya sifat kayak gitu. Tapi pas kuliah, karena satu dan lain hal, saya sadar dan akhirnya bertekad banget untuk memperbaiki diri. Tujuan saya gak muluk2 deh, minimal at the end of the day, saya gak nyesel ampun2an karena saya kehilangan sesuatu cuman gara2 saya gak mau peduli. Paling gak, kalau memang saya gagal pada akhirnya, saya tahu saya udah kasih yang terbaik jadi nanti mellow2nya kalau bisa ya cuman karena gagal aja, bukan karena saya tau saya bisa tapi saya gak lakuin. Itu aja deh.

Salah satu yang membantu kualitas hidup jauh lebih baik adalah time management, yang kalau dari hasil boleh searching di mbah google, artinya adalah : The ability to use one’s time effectively or productively, especially at work.

Sebagai freelance illustrator, kerja saya sebagian besar bertempat di rumah. Tepatnya di kamar saya, di meja belajar, depan kompu. Enaknya freelance apa sih? Gak macet, bisa ngerjain sesuai mood, kerjanya enak karena ga ada mandor jadi kalau ngantuk parah bisa tidur dulu, kadang kalau gak mood kerjanya sambil nonton drakor *HUAHAHAHA*, pokoknya manajemen waktunya itu kekuasaan gue and me only. Tapi gak enaknya... ya ada juga sih. Salah satu paket tambahan kalau kerjanya di rumah itu kalau gue kebanyakan datangnya dari godaan2 yang dekeet banget, tinggal hop, dapet deh, contohnya facebook, pinterest, kasur, cemilan all you can eat. Atau gangguan lebih domestik : emak tiba2 nyuruh, ada paket dateng, pemeriksaan PAM, ada barang ponakan ketinggalan jadi gue mesti anterin ke sekolah padahal lagi deadline.

Ya gitu2 deh ^^;

Nah, makanya time management saya pun menyesuaikan sama situasi yang gue miliki saat ini. Berikut beberapa metode yang saya pake :

[SATU] Pentingnya To Do List πŸ˜€

Saya punya banyak banget media buat nyatet to do list, baik yang tertulis (sticky note yang ditempel di meja kerja, bloc note, table calendar) maupun digital di pc dan ponsel (aplikasi rainlendar, aplikasi sticky note, aplikasi evernote). Alasannya sih biar inget terus harus ngapain aja.

Biasanya kalau untuk agenda jangka panjang (contohnya rentang deadline), terus beberapa momen yang mungkin butuh gue perhatikan kayak ultah2 atau occasion lainnya, gue tulisnya di table calendar yang emang sengaja gue buat custom untuk mengakomodasi kebutuhan πŸ˜€

20150619_051402
ini contoh tampilannya πŸ˜€ sampe jadwal dateng bulan juga ada lho hahahahahhhh

Nah, untuk kerjaan dan hari H yang emang ga boleh telat, gue tempel pake sticky note di meja kerja, tepatnya di sebelah layar monitor yaitu CPU biar gue gak lupa. Ini udah termasuk to do list harian yang biasanya gue ambil 3 utama sebelum gue boleh nempel yang lainnya lagi πŸ˜€

Aplikasi Evernote biasanya dipake untuk apa2 yang bentuknya dokumen — apakah itu list, hasil riset tertentu, atau artikel2 yang pengen gue baca one day. Ini penting gue tempatin di evernote karena biasanya gue suka iseng pengen update2 pake laptop/pc/ponsel nantinya πŸ˜€

Kalau blocnote (kayak agenda kecil tertulis gitu) biasanya sih buat daftar belanjaan ya. Atau kalau misalnya hari itu gue rada hectic, gue catet harus ngapa2in aja step-by-step biar ga panik. Percayalah itu sangat membantu πŸ˜€

http://www.dreamstime.com/stock-image-small-notepad-image2512771
ini loh yang namanya blocnote, beli di toko buku atau bikin aja pake kertas sisa πŸ˜€ yang murah aja gak perlu mahal2 πŸ˜€

Aplikasi Rainlendar… fungsinya mirip2 sama table calendar, tapi belakangan jarang dipake sih :D.

NAH. Untuk aplikasi sticky note yang ada di kompu, lebih maksimal gue berdayagunakan nih. Jadi tadinya gue kalau pake aplikasi sticky note di kompu ya fungsinya hampir mirip kayak sticky note yang real bener2 kertas aja sih, tapi waktu itu, tanpa sengaja pernah baca artikel ini. Intinya sih biar lebih aware aja mana task yang bisa menunggu dan mana yang prioritas, disarankan to do list-nya itu dibagi menjadi 3 kategori :

  • Ready –> untuk to do list yang menunggu untuk dikerjakan
  • Doing –> untuk to do list yang menjadi prioritas kala itu (disarankan jangan lebih dari 3 biar gak bingung sendiri)
  • Done –> untuk yang sudah selesai dikerjakan. Fungsinya itu lebih ke reminder aja kali ya, sama semacam reward untuk diri sendiri.

Nah, setau gue sih sistem di atas biasanya digunakan untuk kerja tim, tapi gue sih ngerasa fine2 aja untuk kerja solo. To do list Ready-Doing-Done ini bisa berbentuk catatan di buku kayak gini :

courtesy of : inc.com (http://www.inc.com/jessica-stillman/ditch-your-to-do-list.html)

Bisa juga dibuat kolom2, terus digambar deh di whiteboard yang bisa dengan mudah dihapus dan ditambahkan setiap harinya kayak ini :

courtesy of : slideshare.net, versi lebih njelimetnya nehh, tapi ngerti lah ide dasarnya πŸ˜€

Saya pribadi lebih suka kalau bentuknya kolom dan tasknya dari sticky note yang warna-warni gitu :D. Nah, biar hemat kertas, saya putuskan bikinnya di PC aja. Jadi saya sengaja bikin background desktop yang berbentuk kolom2 Ready, Doing (tapi gue salah tulis Going dan gue males benerin), dan Done, kayak gini nih :

Tangkapan layar 2015-06-19 05.28.17
sederhana tapi sangat membantu πŸ™‚
Tangkapan layar 2015-06-19 05.27.14
ini dia background desktop-nya πŸ˜€

Bingung juga nih jelasinnya gimana lagi. Pokoknya begitu. Monggo tanya2 kalau emang tertarik dan kurang jelas ya πŸ˜‰

[DUA] Putus Koneksi Internet / Aplikasi Blocking di Browser

Jadi berhubung kerjanya di pc dan ada koneksi internet, gue suka banget tuh lupa diri terus sadar2 lagi stalking orang di FB atau ngepin2 di pinterest padahal harusnya kerja. Ganggu banget sumpah. Rasanya udah kayak cuci otak karena sering banget lagi kerja, maunya pindah dari photoshop ke corel, eh tau2 nyasar ke FB. Kan kamfret.

Tadinya sempet mencoba putus koneksi internet kalau lagi kerja, tapi karena kadang butuh referensi gambar dan rada peer buat on-off koneksi inet (dan pas on ujungnya saya ngintip FB lagi) jadilah saya terpaksa cari jalan lain.

Nah, biar saya juga lebih konsen, saya pake add-ons Leechblock di Mozilla (di Chrome dan browser lain juga ada kayaknya tapi gue lupa namanya). Saya tinggal set waktu2 dimana saya mau produktif bekerja (kalau saya : 0900-1200, 1300-1700) terus masukin juga daftar2 website yang gak boleh dikunjungi di waktu itu (kalau saya FB, twitter, feedly, 9gag, pinterest dan seterusnya). Lumayan membantu banget sih, jadi kalau misal suka lupa gitu dan gak sengaja ngeklik FB atau twitter pas jam kerja (percayalah, sering banget) langsung sama leechblock halamannya diredirect ke gmail (sesuai yang udah saya setting) :D, Ini contoh pengaturannya :

Tangkapan layar 2015-06-19 06.05.58

[TIGA] Tentukan Waktu Ngobrol dan Bermain

Saya nih, biasanya baru buka2 whatsapp yang isinya obrolan temen itu antara pagi sebelum kerja, siang pas istirahat atau malem sebelum tidur. Temen2 ada aja sih yang ngomel karena whatsapp gak dibales cepet, tapi yah, soalnya kalau udah ngobrol takutnya entar keasikan :D. Pokoknya di luar jam itu, komunikasinya ya yang penting2 aja : urusan kerjaan atau yang urgent πŸ˜€

Buat saya sih simpel : lebih baik dan lebih sehat membuat orang lain hepi saat saya hepi. Definisi hepi saya ya saat kerjaan saya gak terbengkalai meskipun saya tetep harus bersosialisasi. Kalau memang ada pengecualian ya itu saya simpan untuk situasi genting only.Β  Makanya meski gak bisa cepet2 jawab, biasanya saya tetep ngintip dikit, terus paling bilang “nanti lanjut ya, lagi gambar soalnya, deadline nih”. Teman/keluarga yang baik insyaAllah mencoba mengerti sih. So that’s that πŸ˜€

[EMPAT] Work hard, play HARD, rest WELL, eat WELL

Saya percaya konsentrasi itu datangnya ya dari tidur cukup, makan sehat dan hidup yang berkualitas. Jadi sebisa mungkin, sesibuk apapun, luangin waktu untuk mikir nutrisi hari itu udah terpenuhi apa gak, tidurnya cukup apa enggak, perlu bikin jus buah biar badan segeran gak ya, perlu jemur2 bentar di bawah sinar matahari pagi biar moodnya oke gak ya.. ahhh hari ini kerjanya udah mayan berat nih, entar malem nonton drama ah itung2 reward.

Keliatannya sepele tapi penting. Saya sendiri gak selalu bisa ngelakuin semuanya. Kadang pas bisa minum jus buah, eh tidurnya kurang. Saat tidurnya cukup, eh kurang serat. Semuanya udah disiapin baik2 nih, eh tetep aja kerjanya kagak konsen. :))Tapi mending ada yang terpenuhi satu timbang gak sama sekali kan?

————–

Kayaknya itu aja sih beberapa cara yang belakangan saya terapkan. Apakah berhasil? yaaa gak selalu karena kadang saya masih nakal, tau2 buka FB pake browser lain di waktu kerja :)) *ditimpuk*. Tapi yah, selama masih mau berusaha niscaya ada jalan. Semoga sharingnya membantu ya πŸ˜€

Live your life to the fullest! Semoga abis ini bisa sama2 belajar memberdayagunakan waktu sebaik2nya biar goal tercapai yaaa πŸ˜€

Mandhut.

Β Baca semua topik postingan #Mandhut15DaysBloggingChallenge2015 di sini

8 thoughts on “Topik 3 : Manajemen Waktu

  1. dan juga langsung instal add-ons leechblock, membantu banget ini. Klo udah kebuka fb, 9gag, sosial media yg lain bisa gak inget waktu.

Leave a Reply

