[Film-in Dong!] Almost 10 Years Ago by TRINI

Kayaknya minggu depan bakal hectic, makanya mumpung ada kesempatan saya mau posting di blog dulu. Udah lama banget nih gak bikin postingan [Film-in Dong!], jadi kali ini mau bahas novel oke yang baru saya baca, judulnya Almost 10 Years Ago by TRINI.

index

Hal pertama yang harus saya garisbawahi adalah : novel ini karya asli penulis Indonesia, tapi gaya menulisnya somehow agak kayak novel terjemahan asing gitu. Serius, deh. Apalagi settingnya emang di London dan pemainnya emang british man and woman (kecuali peran utama yang setengah Indonesia). Rasanya rada lucu aja selama baca, tapi tetep bagus kok, buktinya saya susah move on ampe sekarang 😀

Almost 10 Years Ago berkisah tentang Ayanna Mollan (Anna) yang hidupnya penuh tragedi. Bagaimana tidak, 10 tahun yang lalu, ibu dan kakak laki-lakinya meninggal karena kecelakaan lalu lintas, lalu ayahnya depresi dan menjadi gila karena rasa bersalah yang teramat sangat. Sejak itu, Anna terpaksa hidup sebatang kara. Dia meneruskan sekolahnya tanpa bimbingan orang tua, lalu setelahnya bekerja sampingan sana-sini untuk membiayai kuliahnya dan perawatan ayahnya di rumah sakit jiwa. Hanya ada dua sahabatnya yang sudah sangat dekat layaknya keluarga, Ellie teman satu flat-nya, dan Nolan teman sejak SMP yang setengah mati berusaha mencuri hati Anna.

Tapi jangankan mencari pacar, membuka diri untuk cinta pun Anna tak sanggup. Hatinya terlalu sakit dan pikirannya terlalu kalut karena dipenuhi ayahnya dan trauma masa lalu. Anna masih marah, Anna masih merutuki takdirnya. Dia hanya ingin ayahnya sembuh, tapi itupun rasanya begitu mustahil terwujud.

Di tengah hari-harinya yang menyiksa itu mendadak Danny muncul di hadapan Anna. Pemuda itu hadir tiba-tiba dalam hidupnya, memberi Anna setangkai bunga setiap harinya untuk alasan yang tidak Anna ketahui apa. Apa Danny menyukainya? Sepertinya tidak. Apa dia hanya iba pada hidup Anna? Mungkin juga, tapi mengasihani karena apa?

Anna tak mengerti apa yang diinginkan Danny, tapi satu hal yang pasti, hati Anna mulai tercuri olehnya.

————

NO SPOILER NO SPOILER *tapi sebenernya mulut udah gatel*

Spoiler deh. Awas yang mau baca jangan kecolongan nih.

[SPOILER]

Jadi ternyata ya Danny Branson itu nama samaran. Nama asli cowok misterius itu adalah Samuel Louisandie. 10 tahun yang lalu, Samuel yang masih muda menyetir dalam keadaan mabuk dan tanpa sengaja menabrak mobil keluarga Anna, menyebabkan ibu dan kakak laki-laki Anna meninggal dan ayah Anna depresi. Singkat kata, Samuel memiliki peran besar dalam menyebabkan hidup Anna menjadi tragis seperti yang ada di dalam cerita. Anna cuma pernah ketemu sekali sama Samuel, dulu pas pemakaman ibu dan kakak laki2nya, makanya Anna gak inget2 banget muka Samuel kayak apa. Tapi meski gitu, diceritakan Anna emang benci banget sama pelaku yang menyebabkan kecelakaan keluarganya itu.

Setelah Danny kasih bunga tiap hari, lama2 Anna naksir. Danny (aka Samuel) jelas gak mau Anna naksir ama dia, karena selama ini dia ngasi Anna bunga ya (katanya) karena dia pengen menebus dosa aja. Danny melarikan diri dari Anna, terus pas ketemu lagi ama Anna, dia bunuh diri. Anna baru tau dia adalah Samuel setelah itu cowok dibawa ke rumah sakit.

Setelah itu Samuel koma dan meninggal beberapa waktu kemudian (NOOOOOOO SAMUELLL T-T *nangis ala sinetron*). Anna akhirnya nikahnya ama Nolan. Ayahnya sembuh dan dia akhirnya bisa memaafkan Samuel.

[SPOILER END]

Hal utama yang bikin gue suka dari novel ini adalah ritme ceritanya yang bener2 diarahin untuk ngasi pesan moral yang mengena di akhir kisah. Gak semata-mata ada untuk bikin seneng pembaca aja, tapi juga ngasi pelajaran yang berharga. Terus, gaya menulisnya juga enak banget (udah sempet gue singgung di awal posting), mengalir, simple dan ‘show don’t tell’. Karakter2nya kuat, gak ada yang bener2 perfect, makanya terasa manusiawi banget.

ITULAH MENGAPA GUE MAU NOVEL INI DIFILM-IN! *entah tereak pada siapa*

Semoga banget ya difilmin amin amin amin. Untuk menghemat tenaga para produser dan tim sineas, ini saya udah pilihan pemeran2 yang tepat untuk film Almost 10 Years Ago :

Untitled-1

Lily Collins as Ayanna Mollan (Anna)

Ansel Elgort as Danny Branson

Logan Lerman as Nolan Vervain

Dakota Blue Richards as Ellie

dan Sam Clavin as Joshua (dokter ayah Anna)

Cocok yaa?? 😀 *maksa*

Gue pilih Lily Collins sebagai Anna karena Anna itu setengah Indonesia (lily collins-nya sih enggak ada darah indonesianya, tapi tampang mendekati lah). Cocok lah ya sama Lily yang mata dan rambutnya emang rada gelap. Sebenernya gue merasa bagian si Anna blasteran Indonesia-british ini agak maksa, sih. Seakan-akan karena novel ini karangan orang indo dan audiensnya orang indo ya biar ada indo-indonya aja. Tapi sebenernya dalam cerita fakta bahwa Anna setengah Indonesia itu gak ngaruh2 amat. Cuma sekedar disebutin aja. Tapi berhubung ceritanya sendiri udah amazing jadi tertutupi 😀

Untuk Ansel Elgort, dari awal karakter Danny muncul juga gue ngebayanginnya udah dia. Ini kayaknya karena pernah nonton Faults in Our Star dan begitu terpesona sama peran Gus 😀

Untuk Nolan, karena mintanya cowok2 band yang digandrungi banyak cewek dan agak2 bad boy gitu terus sifatnya kayaknya rada kekanakan, kayaknya Logan Lerman cocok deh. Weits jangan salah, Logan si Charlie “Perks of Being a Walfflower” itu macam bunga lagi mekar2nya. Udah cek belon sih foto dia terakhir tahun 2015 :

B0SQF4tCcAAWgdS
courtesy of GQ.

Sadis badai gak sih. Kayak hottest man on earth-in the making gitu 😀 hahahah *lebay* Sereus lah, kasih deh 10-15 tahun lagi, mungkin dia udah mirip Tom Hardy.

😀 😀 😀 sisanya gak perlu diomongin, milihnya gak terlalu banyak cerita.

Pokoknya difilemin!

Mandhut.

Advertisements

8 thoughts on “[Film-in Dong!] Almost 10 Years Ago by TRINI

  1. Td bacanya buru2. Aku kira si Lily Collins yg ada turunan Indonesianya 😆 sampe browsing kesana-kemari. Setelah postinganmu dibaca ulang, ternyata si Anna toh.

  2. Bagus ya Man? Gw kmaren pas balik Indo beli satu novel Indo judulnya “See You Again”. Dan kecewa berat soalnya ceritanya boring, ketebak, gaya nulisnya lebay bin alay. Kapok beneran beli novel Indo lagi :(((( Emang susah move on dari novel nya Aditya Mulya nih #eh.

    1. 😀 bagus kok gue sukaa :D.

      Menurut gue sih, mungkin emang pas genre+sasarannya gak cocok aja, Fan. Setau gue Arini Putri emang audiensnya lebih ke cewe remaja young adult yang hopeless romantic.

      Gue gak tau sih selera kita mirip apa enggak (anggep aja mirip) tapi kalau masih mau, coba deh Notasi by Morra Quatro atau Memori (keukeuh)/Metropolis by Windry Ramadhina, kalau lo suka2 aja baca format ebook, buku2 mereka udah dijual di google play kok :D, gak usah beli dulu juga gapapa, ada sample-nya 😉

    1. YARN aku baru baca yang rust in pieces, mayan sih suka :D. Katanya sih emang bagus2. Ayo buruan dibaca si ATYA-nya 😀 abis itu kita gosip 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s