Kribo Pala Barbie.

Jadi ceritanya dua minggu belakangan lagi pusing banget ngurusin self-published novel. Aduh udah bukan pusing pala barbie lagi ini copot pala barbie, KRIBO PALA BARBIE. Rasanya capek, pengen nyerah aja udah lah, tapi kalau suruh nunggu kabar penerbit lagi entah mengapa berasa udah bener2 jenuh, tapi kalau berhenti nulis sekarang gak mau soalnya lagi suka2nya, tapi kalau nulis hepi2 doang tanpa hasil berasa sia2 juga gak enak sama keluarga, tapi kalau nulis disimpen sendiri dan gak dibaca orang rasanya gimana gitu.

See? Itu baru dilema tujuan nulis novelnya aja udah pusing.

Gue capek galau2 gitu, jadi kayaknya… timbang gue takut ini itu tapi gak jelas apakah yang gue takutkan itu pantas gue takutin apa enggak, yaudah, gue mesti ambil keputusan. Gue mesti cari jalan, suka-ga suka, gagal atau berhasil, at least gue udah gak penasaran lagi.

So self-published it is. Rencananya apa yang harus dijalanin ya dijalanin aja dulu. Coba kita lihat.

Tapi… ternyata rintangannya pun gak kalah bikin galau. *ketawa miris*. Mulai dari editing dan proofreading yang njelimet. Layout-ing yang bikin mata berasa jereng saking merhatiin ampe detail (gue benci tracking. GUE BENCI KERNING. *tapi tetep dikerjain*). Mikirin ukuran buku. Mikirin jenis kertas. Terus nyari percetakan yang mau nyetak jumlah eksemplar dikit dengan harga miring (so far nihil), TERUS tadinya udah yakin mau publish versi e-book di google play tapi ternyataaaaa… google play lagi gak terima register publisher baru sampai waktu yang tidak ditentukan gara2 banyak akun publisher plagiat (siapapun itu gue kutuk jadi kodok).

MASALAHNYA yang bikin lebih nyesel lagi adalah gue sebenernya udah ngincer google play sejak awal tahun (udah ada pertimbangan self-published waktu itu). Tapi masih mikir2 dulu makanya gak daftar dulu. Padahal waktu itu mereka masih terima pendaftaran publisher perorangan T-T.

Huwaaaaaa padahal menurut gue google play itu salah satu jasa jual ebook yang sistem pembayarannya mayan gampang, dan perlindungan copyrights-nya lumayan oke. Sedih banget. T-T cepetan buka lagi dong. Jangan pada plagiat lagi dong. Udah nemu alternatif lain sih, tapi tetep aja, google plaaaaaayy…. *belum move on*

Terus udah cek2 web yang nawarin jasa self-published juga ada aja yang bikin kurang sreg. Udah nemu sih. Tapi jujur, kurang sreg.

Pokoknya bener2 deh. Galaunya ya ampun banget. Susah tidur, susah ini itu. Sempet pikun2 gitu gara2 kepikiran buku. Hari ini puncaknya. Saking pusingnya, gue putusin untuk break dulu 2-3 hari ke depan, fokus ke yang lain dulu, tapi tiba2 malem ini, abis mandi dan mau tidur, gak sengaja liat tivi dan nemu ini :

20150822_002138

Eh… Kapan Kawin? udah masuk tivi lokal πŸ˜€ (pernah ditulis di sini).

Langsung hepi, hangat2 gimana gitu, terharu. Terus inget lagi kenapa ngambil jalan ini. Kenapa nulis novel, kenapa keukeuh banget belajar ini itu. Inget perasaan excited dan ngiri yang selalu muncul setiap ada novel atau skenario yang difilm-in (terutama lokal). Inget berapa kali gue baca dan nonton Perahu Kertas, The Perks of Being a Wallflower, Silver Linings Playbook, dan masih banyak lagi. Gue ulaang terus.

Cerita mereka gak sempurna, tapi berkesan. Perasaan penulisnya tersampaikan sama penonton.

Gue nih ya, meskipun cuma sekali, juga kepengen one day cerita yang tadinya cuma dalam khayalan gue doang bisa dibaca dan (gue harap) ditonton orang lain.

Iya. Kayaknya emang kepengen banget deh *baru bener2 sadar*.

Jadi, yaudah. Gue semangat lagi. Insya Allah kalau gak ada halangan yang berarti, 2-3 minggu lagi kayaknya udah bisa kasi kabar. Semoga beneran jadi ya. Gue sih gak muluk2, gak ngarep tinggi2 kok. Yang penting udah melangkah mendekati impian meski cuma baby step. Doain ya semuanya lancar.

Karena udah pada manis mau baca curhatan saya, ini saya kasih bocoran covernya :

COVER_AMCNanti kisah2 behind the scene, sneak peek chapter2 awal, dan info lengkapnya bakal diposting di blog Tulisan Manda. Kalau tertarik intip2 aja, ya.

Kribo pala barbie Amora!

πŸ˜‰

Mandhut.

5 thoughts on “Kribo Pala Barbie.

Leave a Reply

