Review Drama Korea : Oh My Ghostess (2015)

Oh_My_Ghost-p1

Cuekin judulnya yang rada aneh. Korsel dan selera judul mereka yang emang ajaib, remember? Gak usah dipikirin.

Yang perlu kalian tahu cuma satu : drakor yang satu ini epic πŸ˜€ Gak percaya? Coba lihat ini :

Kim_seul_Gi_oh_my_ghostess_gif

Itu potongan .gif dari teaser Oh My Ghostess menggambarkan semua hal menyenangkan, kocak, dan seru dari drakor yang satu ini. Nilainya 85 dari 100 :D. Genrenya romance, comedy, supernatural, and mystery. Cocok ditonton untuk 17 tahun ke atas ya, karena meskipun gak ada yang forno2 amat, banyak referensi ke arah sana πŸ˜€

Udah tertarik? Yuk mari kita review lengkap πŸ˜€

Na Bong Sun (Park Bo Young) bekerja sebagai asisten dari asisten dari asisten chef (pokoknya rantai makanan terbawah) di sebuah restoran. Bong Sun sangat pemalu dan pendiam. Sifatnya tersebut disebabkan oleh beberapa hal : orangtuanya sudah meninggal sejak kecil sehingga dia harus diasuh neneknya yang berprofesi sebagai dukun, dan dia bisa melihat hantu.

Seriously, Bong Sung menghabiskan sebagian besar hidupnya dikejar oleh hantu2 yang mendekatinya untuk berbagai alasan.

Bong Sun sebenarnya ingin bisa berinteraksi normal dengan orang2 di sekelilingnya, tapi apa daya dia tak sanggup. Bakat masaknya terkubur karena sikap tak percaya dirinya, perasaan kagum (menuju cinta) yang dia miliki untuk bosnya, Chef Kang Sun Woo (Jo Jung Suk) juga terpaksa disimpannya rapat2.

dxhmjl

Namun suatu hari hidup Bong Sun berubah saat seorang hantu perawan merasukinya dan mengambil alih kesadarannya.

Si hantu perawan yang bernama Soon-Ae (KIM SEUL GI!) meninggal 2 tahun yang lalu untuk alasan yang tak bisa diingatnya. Dia satu-satunya hantu yang kehilangan ingatan di antara teman2 hantunya yang lain. Jangankan penyebab kematiannya, awalnya dia pun tak bisa mengingat namanya sendiri. Dia hanya tahu bahwa roh2 penasaran yang masih berkeliaran di dunia memiliki urusan yang belum tuntas. Karena satu dan lain hal, Soon-Ae yakin bahwa dia meninggal tanpa pernah merasakan hubungan intim, itulah mengapa rohnya tak kunjung naik ke surga. Karena itu, satu2nya solusi adalah dengan merasuki manusia yang masih hidup dan melakukan apapun yang harus dia lakukan (if you know what I mean) untuk menuntaskan keinginannya.

omg13

Masalahnya, Soon Ae tak bisa bersama sembarang pria. Manusia biasa akan pingsan dan sakit kalau bersentuhan dengannya terlalu lama. Dia harus mencari man of vitality (translation : pria perkasa?) yang konon bisa bertahan bersamanya. Semua itu harus dia bereskan sebelum tahun ketiga kematiannya, atau dia akan berubah menjadi roh jahat dan berkeliaran di dunia selamanya.

Namun, siapa yang menyangka bahwa bos Bong Sun, Chef Kang Sun Woo, adalah man of vitality yang dibutuhkan oleh Soon-Ae?

Oh-My-Ghost3

Maka dimulailah hari-hari dimana Soon-Ae menggunakan raga Na Bong Sun demi memaksa Sun Woo (dan cowok2 pegawai restoran lainnya) untuk bercint* dengannya (in case kalian belum nangkep juga). Soon Ae merayu dengan segala cara, tanpa memedulikan reaksi pria-pria di sekelilingnya. Semua orang pun mulai heran, sejak kapan Bong Sun yang pemalu menjadi agresif luar biasa?

——–

Ceritanya mungkin sedikit terdengar tak logis, tapi percayalah kalau drama ini worth it banget buat ditonton. Utamanya karena akting2 para pemerannya (Park Bo Young, Jo Jung Suk, Kim Seul Gi) yang kerennya luar biasa. Serius lah. Layak banget dapet penghargaan.

Jo Jung Suk (si boss Chef) berhasil membawakan karakter Sun Woo yang meskipun gak sempurna dengan segala kenarsisan dan kenorakannya, tapi baik hati. Gak berlebihan dan pas banget, ekspresinya juga dapet.

ghostess7-00299a
Jadi suka ama Jo Jung Suk deh πŸ˜€

Kim Seul Gi (si hantu perawan) yang biasanya dapet peran2 konyol (dan selalu epic) di drama2 sebelumnya (Discovery of Romance, Kill Me Heal Me, The Idle Mermaid), di sini dikasih kesempatan buat nunjukin sisi seriusnya and she nailed it! πŸ˜€

xmTejCO

Dan yang terakhir dan paling pantas dikasih bunga2, peluk2 sok ikrib, dan selamat adalah Park Bo Young (Na Bong Sun), yang skillnya aktingnya keliatan banget karena berhasil meranin 2 karakter yang kontras : Na Bong Sun yang pemalu, dan Na Bong Sun yang lagi kerasukan setan haus belaian. Sebagai nilai plus, Bo Young bisa akting persis sama kayak Seul Gie kalau lagi konyol2-sampai ke gaya ngomong, gerakan dan intonasi. Gak bercanda. Seul Gie satu biji aja gue udah girang, ini ada dua. T-T *angkat topi*. Kayaknya baru di drakor Oh My Ghostess ini deh gue nemu drama yang berhasil ngangkat dua lead female dengan porsi seimbang dan sama kuat.

headerep16

Saking jagonya si Bo Young meranin cewek yang lagi kerasukan hantu ala Seul Gie, ampe sekarang gue masih rada kabur fokusnya. Banyak banget momen dimana gue memuji2 Seul Gie untuk adegan tertentu padahal itu Bo Young yang meranin. Otaknya berasa diputer balik nih :))

Oh, jangan lupa. Chemistry asli antara Bo Young sebagai Bong Sun dan Jo Jung Suk sebagai Sun Woo juga gak boleh lupa disebutin. Mereka cocok dan alami banget. Padahal awalnya gue pikir si Jung Suk rada berasa om2 dan Bo Young kayak cewek remaja, tapi makin ke belakang, makin berasa mereka itu match made in heaven. Itu si Mbak Bo Young mukanya innocent tapi aktingnya totalitas πŸ˜€

tumblr_inline_ntsaalQJMA1ral7jw_540

photo604139

Terus, plotnya juga lumayan oke sih menurut gue. Komedinya mayan lucu, romancenya gak terlalu ketebak, dan konfliknya itu berasa banget dilemanya. *spoiler hindari biru* Plot twist fav gue : saat Soon-Ae udah gak bisa bener2 fokus dengan tujuan utamanya mendekati Sun Woo. Udah bukan sekedar supaya dia bisa buru2 bisa ke surga lagi, tapi dia sendiri telanjur jatuh cinta ama Sun Woo. Tapi di sisi lain dia tahu bahwa Bong Sun emang udah suka duluan sama Sun Woo. Terus penonton juga dibuat bertanya2 : Sun Woo itu jatuh cintanya ama siapa? Bong Sun apa Soon Ae yang lagi merasuk ke Bong Sun? Kalau emang sukanya ama Bong Sun terus Soon-Ae nya gimana? Kalau suka Soon-Ae gimana wong itu cewek udah mati? dan seterusnya, dan seterusnya… *end of spoiler*

Tangkapan layar 2015-09-03 20.16.16

Selain itu, drama ini juga semakin seru karena dibumbui misteri. Perlahan, plotnya mulai membuka satu-persatu fakta tentang Soon Ae, mulai dari keluarganya, cita-citanya, kematiannya yang gak wajar, sampai orang yang dicurigai punya andil besar di dalamnya. Pokoknya sedih deh, gue sendiri ampe ikut menyayangkan kematian Soon Ae, cewek ini pantes untuk hidup lebih lama, huhuhu T-T.

Adapun kekurangannya menurut gue… endingnya sih. Gak jelek sih, lumayan, tapi gue masih merasa itu seharusnya masih bisa dibuat lebih bagus lagi *berasa orang yang gaji tim Oh My Ghostess*. Klimaks dari misteri kematian Soon Ae-nya rada kurang mengena, bikin gue ngebatin “yaampun gitu doang?”. *spoiler hindari biru* terus yang paling bikin bete, gue masih merasa sebel aja karena Sun Woo cepet banget menyimpulkan kalau dia sukanya ama Na Bong Sun, padahal dia juga punya banyak kenangan manis ama Soon Ae. Ya sebenernya gue juga suka sih ama Bong Sun, dia punya charm-nya sendiri. Tapi gue berharap paling gak Sun Woo adalah dilemanya dikit, minimal nyaritau sendiri soal Soon Ae dan marah2 desperate ke Soon Ae atau siapa, depresi karena jatuh cinta ama hantu atau gimana, baru terakhirnya saat Soon Ae udah pergi, dia bisa pelan2 menerima kalau dia juga punya chemistry ama Bong Sun yang asli.*end of spoiler*

Tangkapan layar 2015-09-03 20.08.08
Ini. Gue mau adegan ini lebih lama dan lebih banyak. Huh T-T

Meskipun begitu, semua kekurangan di atas tertutupi banget kok ama kelebihannya. Tetep worth it untuk ditonton :D. Terutama untuk kamu2 penggemar Park Bo Young, Jo Jung Suk, dan Kim Seul Gie (fun reads : Dramafever : 10 Times we wanted to be best friends with Oh My Ghostess star Kim Seul Gi)

Ayo ayo nonton terus pada ceritain dong reviewnya gimana πŸ˜€ Aku tak sabar melihat komentar orang2 soal hantu epik huahahaha πŸ˜€

*takut hantu tapi masih belum move on soal hantu Seul Gie*

Mandhut.

43 thoughts on “Review Drama Korea : Oh My Ghostess (2015)

  1. Sebelumnya aku gak gitu suka sama Jo Jung Suk gegara sempet nonton drakornya bareng IU garing banget (entah apa judulnya). Awal nonton OMG ini juga rada gak niat karena kurang demen ama cerita hantu-hantuan. Tapi kata temenku bagus. Ya udah nonton episode pertama kalau gak berkesan gak niat lanjutin. Ehyaaa, berubah drastis. Kok di sini Jo Jung Suk keren banget. Unyu nya pas banget. Iya ,iya..Park Bo Young juga keren maksimal aktingnya. Ini, baca review dari ce Mandhut, kepalaku ikut manggut2, merinding juga. Ngiyain tiap untaian kata2mu. Halah. Itulah kenapa aku selalu sempetin buka blog-mu. Buat cari review drakor. πŸ˜€

    1. Hehehehe, makasih ya Putri udah mampir dan komen πŸ˜€ Akhirnya ada temen ngobrol soal Oh My Ghostess ^^
      Iya aku juga awalnya biasa aja ama jo jung suk, malah sempet ragu nonton karena gak berasa cowoknya cakep *shallow*. Tapi terus liat rekomen orang2, terus ratingnya melesat tajam, baru deh nonton :D. Jo jung suk aktingnya emang jago sih, meski dia gak sempurna dan narsis2 gak penting gitu tapi tetep bikin nyess ya πŸ˜€ hihihi

  2. Park Boyoung d cutie pie!!
    Gw aja yg cewe gemes liat dia pas lg dirasukin si kim seulgi..uchuchuu..
    Manda demen si Cordon ga? He is a real eye candy!! #fanscordon #promoinCordondimanamana =))

    1. Park boyoung jago…
      Kim Seul Gie juga jago πŸ˜€
      Cordon si Kwak Si Yang ya? Suka2 aja sih dia cool manis gitu kayak eskrim *lah*. Menurut gue tampangnya agak mirip Min Hyuk CNBlue versi lebih manly sih. hahaha πŸ˜€

  3. haha sama nda, sayang di akhirnya, kurang gimanaaaa gitu,, padahal building misterinya udah dari kapan trus akhirnya gitu doang :))

    recommend drakor berikutnya apa nih nda? tp aku bru ntn klo dah slese si, biar ga menderita ngikutin ongoing :))

    1. Heee Ajen nonton juga? πŸ˜€ Misterinya emang gak nendang babar pisan, bete banget ya. Padahal villain-nya udah mayan bagus sih menurutku, muka2 malaikat tapi bisa keliatan kejem juga.

      Rekomendasi berikutnya? Aku sih sekarang lagi baru2 nyicip nonton Yongpal, Last, ama Scholar Who Walks The Night (masing2 baru 2 eps pertama). Yong Pal ratingnya mayan bagus sih, terus katanya ada tambahan episod segala. Kalau Last plotnya agak2 kejepang2an, unik gitu soal hierarki tunawisma, pokoknya gak melulu soal cinta. Hihihi, intip2 aja juga Jen, sapa tau suka :D.

  4. Wah.. pemikiran kt sama nih pas nntn drama nih, aktingnya mang beneran pd top markotop. Smp aku jg kebawa sebel sma bong sun pas lg dirasukin abs kan kasian bong sun asli idupnya merana bgt dah gtu cintanya ga berbalas..
    aahh.. jd kesemsem sama jo jung suk

          1. Sebenernya 2 epi akhir blm nntn2 bgt, hehe.. soalnya gw ga sabaran klo nntn drama on going jd subtitle blm keluar gw dah kesambet setan penasaran jd nntn yutup dah besokannya pke bahasa kalbu nontonnya haha.. tp Intinya ngerti lah. Penyakit gw nih klo nntn drama on going antara nntn pke bhs kalbu apa ga lanjutin nntnnya.. haha.. sensory couple aja smp skrng ga tamat2 mpe lupa jg terakhir nntn epi brp πŸ™‚

            1. Sori baru bisa bales πŸ˜€

              bahasa kalbu buahahaha =)) =)) =)) tapi emang sih ongoing itu nyiksa, makanya gue kalau penasaran banget suka ditahan nontonnya 2 eps awal dulu, kalau suka, tunggu ampe tamat baru nonton komplit (itu kalau bisa ditahan). Soalnya kadang sesuka apapun kalau nunggunya kelamaan suka ilfil duluan terus males nerusin =))
              Sensory couple lumayan lucu sih depannya tapi ke belakang2nya mulai lebay gak masuk akal :)) tapi coba aja, sapa tau suka

  5. hi manda, salam kenal πŸ™‚
    ga sengaja nemu blog kamu dan langsung suka! isinya bener2 informatif dan pleasing^^
    setelah scroll2 ke post2 lama nemu banyak post yang related bgt sama aku, dari mulai hobi nonton drakor sampe pengen ikutan kursus nulis skenario.
    btw aku juga sukaaa banget sama OMG dan Jo Jung Suk, cakep banget yaa diaa XD

    1. Halo sally, (bener gak sih manggilnya?)

      Salam kenaaal. Makasih udah mampir dan komen. Waaah kesukaan kita sama ya? Kalau kamu tertarik kursus nulis skenario coba aja buka2 webnya plotpoint atau skenario.org. Yang terakhir pilihan narsum scriptwriter-nya dan kelasnya lebih banyak sih.
      Aku awalnya gak gitu perhatian ama Jo Jung Suk, tapi abis drama ini langsung masuk ke hati :))

  6. Gue setujuuu. Aaaaaa! Jung Suk nggak pake ragu-ragu. padahal banyak momen sweet bareng Seul Gie.
    Mandha suka Jung Suk juga kan? udah dengerin dia nyanyi beluum?
    kayanya ngisi ost juga deh, sweet chocolate (?) kalau ga salah sih. hihi
    tapi suaranya Jung Suk bagus bgt, apalagi kalau lagi nyanyi lagu2 opera gitu.. melted :3

    1. Sebelumnya gue biasa aja ama Jung Suk, tapi gara2 drama ini jadi rada2 demen gimana gitu :)). Udah pernah denger suaranya pas nyanyi, dulu pernah nonton running man pas guest-nya dia soalnya :D. Bagus yaaaaa. Emang dasar aktor musikal sih ya :))

  7. Hai Mandha… Gw suka sm review kamu… Pas bgt sama yg di pikiran gw. ^^

    Gw barusan kelar nonton OMG dan gw msh susah moveon. Gw suka bgt. Tipe drama yg gw mau ngulangin nontonnya. Hehehe
    Btw, tp kok kayaknya ini drama minim OST ya? Gw cm denger 1 lagu dan gw ga tau judulnya.
    Oiya, emang suara Jung Suk keren yaaa… Judul lagu yg dinyanyiin pas di kamarnya itu apa sih? Sukaaa! ^^
    Mandha… Gw minta rekomendasi drama2 tipikal OMG gini donk… Yg romantis, lucu dan temanya ga gt berat… Kayak The Greatest Love, Fated to Love You gt… Kamsahamnida… ^^

    1. haloo maaf baru bisa bales πŸ™‚ Drama ini emang minim ost dan sama, gue juga notice satu lagu doang, tapi tetep aja ga nyantol =)). haduh inget sih adegan jo jung suk nyanyi di kamar pake gitar, tapi kurang tau deh judulnya apa >.<
      Drama2 tipikal OMG… coba aja Marriage Not Dating, kebetulan banget nih sekarang lagi tayang di rtv indonesia. Bride of Century gak selucu OMG dan MND sih, tapi lumayan romantis dan ringan kok πŸ˜‰
      selamat menikmati, atas komen dan mampir2nya : jeongmal kamsahamnida πŸ˜€

  8. Halo salam kenal…
    Nemu review kamu pas googling oh my ghostess. Setuju banget deh sama yg kamu tulis. Baru selesei nonton dan pengen nonton ulang lagi ini drama. skinshipnya itu loh bikin gimana gitu liatnya. Langsung jatuh cinta sama jo jung suk. Pengen dia jadian beneran sama bo young eh ternyata udah punya pacar -_-

    overall keren banget nih drama. gak nyangka bakal dibumbui misteri ala psikopat gila (yg emang aku demen film begituan hehe). Ngakaknya dapet, gemes2 sendiri dapet, gregetan, deg2an apalagi meweknya dapet banget.

    1. Halo salam kenal juga πŸ˜€

      hehehe iya, emang Oh My Ghostess ini agak beda dibanding drakor2 yang lain, jadi nontonnya fresh, gak bosen πŸ˜€ Aku paling suka sama si hantunya sih :)) lucu banget epik πŸ˜€

  9. Lagi-lagi nyantol di blog ini hehehe

    Baru aja kelar nonton drama ini aaaaaaah rasanya aksjhdjskdhksfhjkfhsjk[?] awalnya rada kesel sih sama Na Bong yang terlalu lemah (kan biasanya lead female drakor setrong-setrong hihi) tapi gak nunggu lama she turned to be ‘setrong woman’ by getting possessed. Huuuuuffff…akhirnya!

    Oiyaaa pronouncation Na Bong lucu banget deh, pas lagi goda-goda manja si chef, she was like, “syeeeep…syeeep..” KANG ASYEEEEP hahahahaha

    POKOKNYA BENEEER ITS WORTH TO WATCH GAK NYESEL NONTON INI~ AYO DITONTON~~ *KETOK-KETOK PANCI BARENG SYEP*

    1. ASYEEPPPP =)) =)) =))
      Iya, drama ini emang lumayan unik dari segi karakternya. Memorable banget deh. Yang meranin Bongsun (Park Bo Young) emang menurutku jago banget sih aktingnya. Tiga pemeran utamanya (Chef, Bongsun, si hantu) kuat semua ^^

  10. Huaaa~ nemu review drama ini seneng bnget. Saya bru mlai nnton mba, tp apa yg mba bilang di atas bner sih.. πŸ˜€
    Jatuh cinta bnget sama ini drama walaupun saya bru nnton di eps 7. Dramanya epic bnget emang… XD
    Sung Woo-Bong Sun jd couple favorit, mereka lucu bnget.. >__< Tp, nyarinya susah.. T-T
    Siapapun… tolong siapa yang tau lagu itu.. Jebal… T-T
    Huaaaaa~ Mianhe mba manda, saya bnyak ngoceh. Hihihihihihi.. Saya menunggu review drama mba yg lain. Mba.. review drama White Christmas a.k.a Monster nya mana nih? Saya nunggu loh mba, berharap kita sehati dgn drakor itu. Hehehehehehehehe…. πŸ˜€
    Makasih mba reviewnya dgn gaya review mba yg lucu+spoilernya. Saya suka.. πŸ˜‰
    Makasih sekali lagi… di tunggu review drama lainnya..

    1. Emang gila itu hantunya, Park Bo Young keren banget ya meraninnya bisa agresip bisa pasip. hahahaha.
      huaaaaaaa belum sempet nonton White Christmas, padahal yang rekomen udah ada 2-3 orang =)), kegeser mulu sama drama baru. Tapi abis ini dicari deh waktunya.
      Makasih ya udah mampir dan komen πŸ˜€

  11. Ini drama tahun 2015 ya??
    Br sempetin nonton sekarang.
    Penyakit gw kalo nonton drakor ya bisa gak tidur sampe jam 7 pagi. Besoknya bisa kliyengan lemes2 dan gak bisa move on dr ceritanya.

    Btw, OMG ini salah satu drakor yg bikin mewek setelah she was pretty (mgkn bukan ceritanya yg bikin mewek tp krn si oppa park seo jun aktingnya top markotop) πŸ˜†πŸ˜Š

    Gw setuju tuh bagian adegan Jung Suk sm Seul Gie kurang banyak. Gw berharapnya meskipun mereka gak bisa jadian segaknya Jung Suk ikut andil dalam pencarian penyebab kematiannya, segaknya itu ngebuktiin dikit kalo Jung Suk mencintai karakter Seul Gie. Tp ya udahlah yaa,, ceritanya ttp menarik koq. Gak bs move on smpe2 ngulik bts nya di yutub.

    Oiya, sblm nonton ini sempet kepoin pemainnya dl. Br tau klo Jung Suk udah umur 35 dan Park Bo Young msh 26.. Ya ampung kyk ama omnya ya,, tp ttp aja chemistrynya dapet. Seneng aja ngeliat cewe lemes2 kyk Bo Young dapet perlindungan dan diprotektifin sm Jung Suk si bos chef ganteng dan baik hati..

    1. Iya, semacam mendadak cari aman apa scriptwriternya taku didemo karena ada kisah cinta hantu dan manusia, ya? Huhuhu aku berasa di-PHP-in.
      Kalau suka She Was Pretty dan Oh My Ghostess, udah coba nonton Oh My Venus belom? Siapa tau suka πŸ˜€
      Sampe sekarang juga suka gitu sih, kalau nonton drakor dan penasaran banget suka ganggu tidur dan hidup hahahaha. Tapi nonton drakor itu emang paling enak marathon, langsung puas gak pake kepikiran besok2nya.
      Bo Young pernah main film Wolfboy bareng Song Joong Ki. Bagus juga lho ituuu

  12. Wah sumpah ini salah satu drama yg aku suka banget bahkan endingnya aku juga suka ketika akhirnya semua berhak bahagia termasuk pasangan officer choi-eun hee. Setuju banget padahal yg lebih bikinchef naksir nabong pas doi kerasukan yaaaa hahaha tapi gapapalah. And……..aku pikir bakal ada keseruan cinta segi banyak mengikutsertakan Cordon!! Tapi ternyata dia cuma jadi teman yg baik uuuu padahal so sweet gitu kalo lg care sama nabong hahahaha

    1. Eh iyaaa soal Cordon aku malah lupa nyebutin. Padahal dese ganteng ya tapi semacam kurang diberdayagunakan, cuma buat manisan doang jadinya :)). Mungkin durasi gak cukup kali ya, udah terlalu banyak yang mau diceritain. Aku masih belum move on soal Chef dan hantuuu. huhuhuhu T-T

  13. kek nya yang komeng disini cewe semuah lol .. gw mewakilin hati nurani cowo dah.
    Drama korea pertama yg gw tonton dan menjadi drakor paling memorable bagi gw adalah Coffee Prince, yang bisa membuat gw suka dan penasaran sama drakor, saking penasarannya gw ampe kleyengan ngubek ngubek drakor lain yang feel nya mirip mirip dengan coffee prince namun ga ada yg benar2 dapet. Beberapa tahun kemudian, beberapa hari yang lalu, gw nemu si oh my ghostess ini, dan gw mengalami feel yang sama seperti nonton coffee prince bbrp tahun yang lalu. Sampe sekarang rasanya mau ngehapus file2 nya dari laptop kayak gimanaa gt wkwkwkw. cast nya semua nya pas. porsi romantis, komedi, misteri dan sedihnya semua nya pas. walau ide hantu perawan yg ngajakin ML itu agak agak gmn gt, cuma eksekusi nya gak mesum. na bong soon nya cute dan imut , bikin gw akhirnya menelusuri semua film2 nya cuma keknya oh my ghostess ini lah masterpiecenya.
    Kalo ada drakor yg feel nya mirip2 oh my ghostes ini kasi tau yaaa …
    Anyway katanya married not dating mirip2 oh my ghostess cuma gw kurang suka sama cast nya. kurang cute dan nggangteng hahahah

  14. Lagu yang dinyanyikan shin soon ae saat masih hidu judulnya apa ya? Sampai sekarang msih pnasaran sama lgu itu. Mksh ☺

  15. sebenernya aku udh selesai liat drama ini baru liat review dari blog ini dan setuju bangeeeeetttttttttttt wkwkwkkw jujur sampe sekarang belom bisa move dari ini drama karna saking chemistry antara Park Bo Young dan Jo Jung Suk ngena bgt TT
    trus aku juga setuju knp si Sun Woo cpt bgt mastiin dia suka sama Bong Sun dan aku rada nggk percya dia lebih duluan suka sm Bong Sun sebelum Bong Sun suka sm Sun Woo dan sblm Bong Sun dirasukin*wkwkwk spoiler nih*
    aaahhhh pokoknya suka bgt sm drama ini nggk bisa move on dari chemistrynya Park Bo Young sama Jo Jung Suk tp sayang Jo Jung Suk nya udh punya pacar TT
    wkwkkwk maaf klo kepanjangan dan belibet bahasanya

  16. halo halo salam kenal..
    aku Mega, aku juga suka bgt sama drama ini, btw mau tnya ada yang tau lagu yang sering dinyanyiin sama Shin Soon Ae waktu masih hidup? trus smpet dinyanyiin lg sma Bong Sun (Shin Soon Ae yang lg merasuki Bong Sun) pas dia lagi cuci tangan yang ketauan sama petugas Choi. aku cari2 gak ketemu nih. aku penasaran banget.

  17. Gw baru nonton drama ini di 2017 , sdh liat ni drama lama tp br pingin nonton, gara2,liat 2,pemeran utamax ky jauhh bgt usiax #awalx dan sungguh nyesal klo gak sampai nonton apa sj yg suka
    1 skill acting pemeran 3 utamax salut bgt πŸ‘πŸ‘πŸ‘Utamax park bo young jago bgt kuat karakterx klo si ajussi jo jung suk jgn di tanya salah satu yg paling actor dgn skilk plg bagus trus yg jd hantu biasax dia meranin karakter ky gini tp di sini dia bisa kasih rasa galaux dia gimana salutttt
    2 plot dan alur yg rapih, menarik, penasaran dr awal biasax aku cm bertahan 4 ep klu udah lbh dr 10 ep masih pengin di lanjutin,,semakin ke sini aku gak liat drama dr face malah skrg hindari bgt cerita2 love2 ala2 abg2 udah mulai jenuh ,,,castx tp ke tema,plot, alur skill, sampai artistik dan angle2 camera pingin seberapa niatx team buat drama yg bgs

  18. mba coba nonton drama korea The Master Sun deh. ceritanya hampir sama dan lebih keren menurut saya karena hantu nya banyak dan dia harus membantu hantu itu satu persatu agar bisa pergi dengan tenang. disaat yang sama dia juga ada bumbu percintaanya. akting Gong Hyo Jin ga ada duanya.

Leave a Reply

