Review Drama Korea “Valid Love” (2014)

validloveRM (2)

Halo pecinta drama korea sekalian,

Sebagai bagian dari minggu overdosis review drama korea 2015 Racauan Manda, kali ini saya mau bahas drakor yang tayang deket2 awal tahun 2015 yang lalu : Valid Love (2014). Cerita ini sebenernya lumayan, tapi kebetulan pada waktu itu gak direview karena tergeser sama drakor lain :D. Kisahnya cocok untuk penonton dewasa–terutama yang sudah atau akan berkeluarga. Temanya perselingkuhan, pernikahan, dan cinta segitiga.

Drama ini diramaikan oleh Uhm Tae Woong, Lee Shi Young, Choi Ye Jin dan Lee Soo Hyuk yang bikin hati kebat-kebit luar biasa 😀 *dicekokin buah bit*. Serius deh mbak2 -dan mungkin mas2- sekalian, kalau belon pernah denger/belon kenal, ini nih yang namanya Lee Soo Hyuk :

1db67b95d915ed910fa042772c8c6e62

Mukanya emang kadang kelewat cantik, tapi kebetulan banget di drakor ini dia dapet peran yang manly (pengrajin furnitur!) terus gak disangka2 dia lumayan cocok lho meraninnya :D.

Udah gak sabar? Yuk kita kupas lengkap kisah Valid Love ini :

Kisah cinta Hee Tae (Uhm Tae Woong) dan Il Ri (Lee Shi Young) layaknya film romcom yang sempurna. Keduanya kenal sejak lama. Saat Il Ri masih SMA, Hee Tae muncul sebagai guru biologi baru di sekolahnya. Usia Hee Tae yang waktu itu masih terhitung muda membuatnya menjadi idola dan perhatian para murid perempuan, termasuk Il Ri.

Sifat Il Ri yang ceria, sedikit aneh, polos, dan penuh semangat juga menarik perhatian Hee Tae. Tapi karena pada waktu itu posisi mereka adalah guru dan murid (dan Il Ri masih di bawah umur), maka Hee Tae memilih untuk sebisa mungkin menjaga jarak–memastikan bahwa hubungan mereka tidak lebih dari yang seharusnya. Berbagai kejadian menguji perasaan mereka berdua, sampai akhirnya Hee Tae harus pergi ke luar negeri untuk melanjutkan sekolah, meninggalkan Il Ri di Korea.

Bertahun-tahun kemudian, Hee Tae kembali ke tanah kelahirannya. Dia bertemu lagi dengan Il Ri yang sudah menjadi wanita yang lebih dewasa. Bisa ditebak, cinta bersemi lagi di hati mereka, dan kali ini Hee Tae tidak buang-buang waktu, Hee Tae dan Il Ri meresmikan hubungan mereka sebagai suami istri.

validloveRM (3)

pasangan perfect di Valid Love : Hee Tae dan Il Ri

Tapi ternyata pernikahan mereka juga tak lepas dari cobaan, karena perlahan namun pasti, kenyataan hidup juga mulai mengikis hubungan mereka. Hee Tae kebetulan adalah anak laki-laki pertama dari keluarga yang cukup terpandang di lingkungan sana. Ibu Hee Tae (mertua Il Ri) sedikit kasar bicaranya dan suka mengatur, bapak Hee Tae suka berselingkuh, adik laki2 Hee Tae pengangguran dan malas, dan adik perempuan Hee Tae yang bernama Hee Soo (Choi Ye Jin) menderita kelumpuhan tak lama setelah Hee Tae menikahi Il Ri. Sebagai menantu perempuan satu-satunya, Il Ri pun harus membantu keluarga Hee Tae, terutama mengurusi Hee Soo–mulai dari menyuapi Hee Soo sampai memandikannya.

Situasi keluarga Hee Tae yang sedikit sulit, ditambah pekerjaan Il Ri yang juga memakan tenaga (Il Ri bekerja sebagai tukang cat), lalu pertanyaan dan desakan orang2 mengenai mengapa Hee Tae dan Il Ri tak kunjung memiliki anak (padahal sudah 7 tahun menikah), diam-diam membuat Il Ri frustrasi. Tapi jangankan Hee Tae, Il Ri bahkan tidak menyadarinya stress yang dialaminya. Il Ri terlalu sibuk memperhatikan orang2 di sekelilingnya.

Semuanya berjalan seperti biasa, sampai suatu hari Il Ri bertemu dengan seorang pengrajin furnitur bernama Kim Joon (Lee Soo Hyuk).

Kim Joon mungkin lebih muda dari Il Ri, tidak sematang Hee Tae, tapi pemuda itu menawarkan sesuatu yang lama diinginkan Il Ri : kebebasan, kenyamanan. Hubungan yang awalnya hanya pekerjaan, lama-kelamaan menjadi lebih dalam daripada itu. Saat sadar, keduanya sudah saling membutuhkan kehadiran satu sama lain.

Pertanyaannya : Kalau cinta bisa terjadi dua kali dalam waktu bersamaan, manakah cinta yang benar-benar nyata untuk Il Ri, yang pertama? atau yang kedua?

validloveRM (6)

Il Ri dan Kim Joon yang jatuh cinta di momen yang salah

————————————

Jadi, alasan mengapa drakor ini dulu gak direview cepet2, adalah karena plotnya melempem bahkan sejak cerita baru jalan 1/3nya, teruuus melempem menjelang akhir. Padahal awal2nya saya udah sempet terpukau gitu sama drama Valid Love. Karakter Il Ri yang diperankan oleh Lee Shi Young di sini itu cukup unik, aneh2 ajaib gitu (dari SMA udah kepengen jadi tukang ngecat, terus pas SMA juga suka pergi ke bukit belakang sekolah buat manggil alien). Hee Tae juga berkesan, pendiam, kaku, dan suka heran aja sama Il Ri. Kim Joon (Lee Soo Hyuk) apalagi, jatuh cinta bolak balik mentok deh gue. Ditambah sinematografi yang oke dan manis (nuansa warnanya ciamik), terus karakter2 pendukung yang cukup menarik, kisah Valid Love punya potensi besar untuk jadi favorit sepanjang masa.

Nah sayangnya, plot Valid Love ini semacam suka hilang arah mendadak aja. Kayak nanggung gitu. Awalnya gue sempet mengira bahwa kisah Hee Tae dan Il Ri ini akan menggarisbawahi tentang cinta pertama yang mungkin terlalu dini untuk diresmikan, atau mungkin cinta yang pudar seiring seseorang bertambah dewasa dan berubah, atau perasaan bertanggung jawab/ rasa bersalah yang disalahartikan sebagai cinta, tapi ternyata semua clue yang udah dikasih dan tebakan gue itu sia2.

Abis ini spoiler (hindari biru kalau gak mau baca)

Yang paling bikin heran ya, Kim Joon ama Il Ri itu kalau dibilang selingkuh juga masih nanggung banget, lho. Cuma ciuman, itu juga sekali doang, terus gak lama kedekatan mereka ketahuan sama Hee Tae gara2 ada tetangga usil yang motret mereka berdua dan ngasitau ke Hee Tae. Abis itu masalahnya jadi gede banget, Hee Tae rewel2 ngambek, marah besar ampe minta cerai. Il Ri udah minta maaf kaya apa juga Hee Tae gak mau maafin. Terus Il Ri-nya juga ngeselin. Kelakuannya itu semacam plin plan, mau deket ama Kim Joon tapi mau deket juga ama Hee Tae, jadi gue yang diam2 sayang ama Kim Joon ini kan jadi bete ya *mendadak berasa jadi tetangga Il Ri*.

Endingnya juga bener2 hambar, Hee Tae sama Il Ri udah heboh2 soal cerai dan lain2 sepanjang drama, eh endingnya baikan cuma gara2 dimasakin makanan. Kim Joon-nya berakhir sendirian, pergi aja gitu pindah kota. KAN AKU SEDIH.

Terus belum lagi side story soal adik Hee Tae yang bernama Gi Tae dan adik Il Ri yang bernama Yi Ri. Si Gi Tae – Yi Ri ini diceritakan deket banget sampe pernah begono begini (if you know what I mean). LAH? mereka ipar bukan? emang boleh? 0_O apa emang budaya di Korsel memperbolehkan itu ya? Ada yang bisa kasih info gak soal ini?

kitaeyiri

Yi Ri dan Gi Tae yang bener2 bikin heran -_-

Maksud gue, kalau emang scriptwriternya cari aman biar gak diprotes ibu2 dengan sengaja memperpendek hubungan selingkuh Il Ri dan Kim Joon, kenapa Gi Tae sama Yi Ri bisa lolos gitu? Ah sudahlah. Pusing saya.

Kalau ada yang worth it untuk ditonton, itu justru kisah keluarga Hee Tae yang broken home. Gue lumayan terharu dengan masing2 karakter keluarga Hee Tae yang egois dan difficult, tapi sebenernya saling sayang satu sama lain. Mereka bener2 udah di ambang perpisahan dan kehancuran, tapi pada akhirnya semua berusaha untuk tetap bertahan. Bener2 nangis deh gue dibuatnya T-T recommended banget untuk soal drama keluarganya 😀

ValidLove-19-20-4-540x337

Nah dari kelebihan dan kekurangan yang sudah saya jabarkan di atas, nilai saya untuk drama ini 6,5 dari 10. Seperti yang udah saya bilang, drama keluarganya oke, Lee Soo Hyuknya oke, tapi justru cerita utamanya melempem banget, hehehehe. Kalau gak ngefans sama salah satu pemainnya mendingan cari drama yang lain deh ;).

Sebagai penutup, ini saya kasih gif Lee Soo Hyuk, sapa tau jadi semangat :

vl_epkj

*lirik dikit* *eh ketahuan*

Selamat nonton dan jangan lupa kabar2in kalau jadi ikutan naksir ama Lee Soo Hyuk di drama ini yaaa 😀

Mandhut.

Advertisements

9 thoughts on “Review Drama Korea “Valid Love” (2014)

  1. Pingback: Minggu Overdosis Review Drama Korea! | Racauan Manda

  2. Mandaaa. Aduh jadi bener pingin nonton. Udah lama masuk daftar plan-to-watch. Tapi gawat Mann! Belum apa-apa gw udah merasa si Li Su Hyok nya tampak ganteng. *uhuk uhuk*

    • =)) ya kalau emang demen ama muka tipe2 lee soo hyuk, di sini dia lumayan banget sih 😀 kabar2in aja kalau jadi nonton, jadi kita bisa gosip hahahahaaa 😀

  3. Pingback: Review Drama Korea “Night Scholar” (2015) | Racauan Manda

  4. Pingback: Rekomendasi Drama Korea 2015 | Racauan Manda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s