Review Drama Korea “Hello Monster” (2015)

HelloMonsterRM (4)

Halo halo halo,

Udah hari ke-2 dari minggu overdosis review drama korea 2015 Racauan Manda, nih :D. Kali ini saya mau bahas drama korea bergenre crime, thriller, komedi, dan tentunya romance. Judulnya “Hello Monster” atau yang juga dikenal sebagai “I Remember You”. Drakor ini tayang pertengahan 2015, baru tamat 1-2 bulan yang lalu, kok :D. Ceritanya menurut saya percampuran antara Sherlock (tv series inggris) dan Criminal Minds (tv series amerika), mainly ngebahas tentang perilaku dan cara pikir psikopat :D.

Pemainnya ada Jang Na Ra, Lee Chun Hee (Chunderella!), D.O. EXO (kyaaaaaaa dedek do kyung sooo~ *dasar*) dan Seo In Gook. Mengenai Seo In Gook ini saya pengen curcol sedikit. Jadi sebenernya, sejak pertama nonton dese di drakor Reply Me 1997 saya ngerasanya biasa aja. Tapi kok ya terus2annya jadi ngikutin drama dia, mulai dari High School King of Savvy, The King’s Face sama sekarang Hello Monster.

JANGAN2 SAYA JATUH CINTA?

Kalau iya yaudah sih biarin aja *antiklimaks* =)) =))

Tema drama ini sebenernya keren, pemainnya pun lumayan ganteng, chemistry antara couple utamanya juga oke, tapi sayang, penokohannya rada gak konsisten. Terus untuk drama dengan genre thriller crime, plotnya itu ketebak banget πŸ˜€. Pokoknya kalau untuk saya, bener2 gak ada kaget2nya deh sepanjang drama, semua yang saya duga benar adanya. Tapi meski begitu, saya acung jempol untuk scriptwriternya yang udah cukup berani meramu cerita macam ini untuk sebuah drama televisi. Oh ya, untuk penggemar D.O EXO, monggo banget ditonton, karena disini dese lagi2 menunjukkan kualitas aktingnya :). Meski cuma cameo beberapa episod, worth it banget kok πŸ˜€

Oke, bagi yang penasaran, ayo lanjut! πŸ™‚

Ceritanya tentang seorang pria genius bernama Lee Hyun (Seo In Gook). Sebenarnya dia sudah lama tinggal di luar negeri, tapi sebuah email misterius membuatnya harus kembali ke Korea. Di tanah kelahirannya tersebut Lee Hyun yang memang merupakan professor di bidang psikologi bekerja sebagai pengajar, juga bertindak sebagai penasihat kepolisian (nama lain : profiler) untuk beberapa kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh psikopat. Kasus-kasus yang Yi Hyun temui membantunya untuk membuka misteri dari tragedi masa kecilnya yang terlupakan–ketakutan Lee Hyun yang terdalam, kata-kata ayahnya yang terus terngiang2.

HelloMonsterRM (2)

Jadi, mendiang ayah Lee Hyun yang bernama Lee Jung Min itu berprofesi sebagai psikolog. Istrinya sudah meninggal lebih dulu dan dia tinggal dengan dua anak laki-lakinya : Lee Hyun dan Lee Min. Sewaktu Lee Hyun masih berumur 7-8 tahun, Jung Min memang pernah melakukan wawancara beberapa kali dengan seorang narapidana remaja psikopat bernama Lee Joon Young (D.O. EXO). Di saat yang sama, Jung Min diam-diam merasakan kejanggalan pada anak laki-laki pertamanya, Lee Hyun. Perilaku Lee Hyun, dan beberapa hal kecil yang Jung Min temukan, mengarahkannya pada kesimpulan bahwa Lee Hyun memiliki beberapa ciri psikopat pada usia dini : mengompol, kekejaman pada binatang, sikap dingin, imajinasi yang unik, genius, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi kata-kata anak bungs unya Lee Min yang memperingatkan Jung Min untuk tidak terlalu percaya dengan Lee Hyun.

Suatu hari, Lee Hyun kecil menyusul ke penjara untuk mengantar barang ayahnya yang ketinggalan. Karena satu dan lain hal, bukannya bertemu dengan ayahnya, Lee Hyun malah bertemu dengan Lee Joon Young (si narapidana psikopat). Joon Young merasakan koneksi dan kemiripan yang kuat antara dirinya dan Lee Hyun, maka mereka mengobrol dan saling berbagi rahasia (yang pada waktu itu penonton aja gak tahu persis apa). Saat tahu, Jung Min segera menjauhkan Lee Hyun dari Joon Young, tapi yang mengerikan adalah, Joon Young tahu bahwa alasan Jung Min mewawancarainya selama ini bukan hanya untuk alasan pekerjaan, tapi juga karena Jung Min curiga anak kandungnya adalah psikopat.

mon18

Karena semakin takut akan masa depan anaknya, Jung Min memutuskan untuk mengurung Lee Hyun dari dunia luar. Dia bertekad untuk meluruskan Lee Hyun, memberinya pelajaran akademik sendiri, mendidiknya, menjaganya untuk tidak melakukan hal2 yang mengerikan di luar sana. Tapi baru beberapa minggu, pihak penjara memberi kabar bahwa Lee Joon Young berhasil melarikan diri. Malam itu juga, Lee Jung Min ditemukan meninggal terbunuh di rumahnya, Lee Min — adik Lee Hyun menghilang, dan Lee Hyun kehilangan ingatan akan momen paling mengerikan pada hidupnya :

Siapa yang membunuh ayahnya? Apakah benar Lee Joon Young yang membunuh ayahnya? Tapi kenapa? Apa benarΒ  dia adalah psikopat sesuai dugaan ayahnya? Apakah benar bahwa suatu hari nanti dia akan mampu untuk membunuh seseorang tanpa rasa bersalah?

—————————

Awal2 nonton, saya terpukaunya banget2 gara2 D.O. aktingnya lagi2 bikin merinding. Jujur, saya khusus nonton drama ini bukan karena Seo In Gook doang, tapi juga penasaran pengen liat D.O. akting di drama lain setelah It’s Okay That’s Love. Dan emang gak mengecewakan sih, hihihi πŸ˜€

HelloMonsterRM (2)
ampe babak belur gini mas D.O.nya

Terus, awalnya saya lumayan suka dengan ide criminal profiler/professor psikologi yang insecure tentang apakah dirinya psikopat atau enggak. Di satu sisi, pemahamannya tentang cara pikir psikopat membantunya untuk memecahkan kasus, tapi di sisi lain itu menggelitik nuraninya, membuatnya was2 tentang hal2 apa saja yang bisa dia lakukan di masa depan. Tapi ternyata seiring plotnya berjalan, karakter Lee Hyun itu sempet rada membingungkan, jadi ada episode dimana dia digambarkan girang/senang/bersemangat pas lihat kasus pembunuhan keji, tapi terus episode2 berikutnya *spoiler alert : hindari biru* terbukalah clue bahwa Lee Hyun itu curiga bahwa dalang dari beberapa kasus yang dia tangani adalah adik kandungnya yang telah lama hilang : Lee Min.

Dan emang ternyata yang psikopat itu si Lee Min sih (jadi later dikasitau bahwa yang bunuh binatang, yang gambar2 hal mengerikan itu ternyata emang Lee Min, tapi si Lee Min ngefitnah kakaknya di depan ayahnya). Tapi maksud gue gini lho : kalau emang dari awal udah tahu kalau Lee Min yang buat segala macem itu, ngapain juga lo insecure kalau lo psikopat? Si Lee Hyun ini katanya jenius tapi kok rada gak logis ya? -_-

Kasus2nya lumayan oke sih, contohnya kayak kasus anak narapidana pemerkosa yang dateng ke Lee Hyun untuk nanya apakah benar bahwa sifat psikopat itu bisa menurun secara genetik? Kasusnya sih menarik, justru plot utamanya (cerita si Lee Hyun dan orang2 di sekitarnya) yang gampang ditebak. Dari awal aja gue udah tahu si Joon Young dewasa itu nyamar jadi siapa. Saya nunggu2 twist, menanti kejutan apa yang akan ditawarkan oleh scriptwriter Hello Monster, tapi gak ada. Semua sesuai dengan apa yang saya prediksi. Udah gitu ritme ceritanya mendekati ending agak dragging, dilama2kan dan terlalu filosofis.

The good side is, chemistry antara Jang Nara sebagai Cha Ji Ahn (inspektur polisi partner kerja Lee Hyun) dan Seo In Gook sebagai Lee Hyun gak jelek lho. Lumayan cocok dan bikin gemes. Hubungan mereka awalnya mirip2 Watson sama Sherlock di tv seri inggris sih, si Lee Hyun suka semena2 gitu ama Ji Ahn, tapi roman2nya lumayan manis dan sesuai ama selera saya : gak gombal kayak pas Healer jadian πŸ˜› *masih dibahas*. Sayangnya karena plot utamanya udah berat, jadi gak banyak ruang untuk melihat progress mendebarkan dari hubungan Ji An sama Lee Hyun. Cuma saya menantikan duet maut Jang Nara dan Seo In Gook lagi di drama lain ya πŸ˜‰

HelloMonsterRM (5)
salah satu momen yang tanpa sadar bikin saya senyum2 sendiri nontonnya. malu2in banget deh.

Nah, hal unik lain dan yang paling utama dari drama “Hello Monster” ini adalah, kisahnya dengan berani mengupas sudut pandang seorang psikopat dari sisi mereka. Gak semua psikopat lahir sebagai monster, tapi situasi memaksa mereka untuk menjadi pribadi tersrbut. Digambarkan juga bahwa gak semua tindakan kejam itu didasarkan atas tujuan keji, kadang2 mereka melakukannya dengan niat (yang menurut mereka) baik. Tapi apa yang menurut mereka mulia – sayangnya – berbeda dengan nilai dan norma manusia pada umumnya.

Miris dan mengerikan. Tapi somehow saya bisa merasakan kedukaan, kepedihan, bahkan simpati, yang ditimbulkan oleh tokoh2 psikopat yang ditawarkan oleh drama Hello Monster ini. Saya juga cukup suka dengan kejujuran Joon Young di akhir cerita : *spoiler alert hindari biru* bahwa dia membunuh ayah Lee Hyun tanpa bermaksud untuk membuat Lee Hyun menderita. Bahwa dia terus-menerus memantau dan mengikuti Lee Hyun sampai dewasa bukan karena dia ingin Lee Hyun menjadi psikopat sama sepertinya. Sebenarnya dia tak pernah benar-benar tahu alasannya apa, mungkin dia merasa berterimakasih karena Lee Hyun kecil adalah orang pertama yang memperlakukannya tanpa takut2, tanpa melihatnya sebagai seorang pembunuh gila, tapi sesama manusia-mungkin juga dia hanya kesepian. Dan kalau memang Lee Hyun adalah psikopat, dia ingin Lee Hyun memilih jalan hidup yang lain. Karena semuanya pada akhirnya adalah pilihan.

HelloMonsterRM (1)

HelloMonsterRM (6)

Tertarik nonton? Kabar2in ya kalau udah tamat, mari kita ngobrol2 soal cowok2 cakep di drama ini. Maksud gue, 2 bersaudara Lee Hyun dan Lee Min dewasa ini kurang imut apa sih :

HelloMonsterRM (2)

Met nonton dan semoga gak pusing!

Mandhut.

Advertisements

4 thoughts on “Review Drama Korea “Hello Monster” (2015)

  1. hi manda!
    wahh aku suka banget drama ini, salah satu drama favorit di 2015^^
    plotnya keren dan beda dari drakor2 pada umumnya dan…Seo In Guk-nya keren dan cowok banget disini ❀ ❀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s