Review Drama Korea “Night Scholar” (2015)

nightscholarRM (3)

Secara udah hari ke-4, boleh dong ya kalau kita bahas sageuk untuk drakor minggu overdosis review drama korea 2015 Racauan Manda kali ini. Saya sangat paham kalau gak semua orang suka dengan tema korsel jaman dulu, mainly karena baju2nya yang kadang bikin ilfil (no, seriously. Ilfil. cowok pake rok yaudahlahya. Tapi topi tembus pandang? gagal paham.). Tapi sepanjang pengalaman saya nonton drakor, saya menemukan beberapa drakor sageuk yang plotnya bagus kok, salah satunya Sungkyunkwan Scandal.

Nah, drama korea sageuk yang mau saya perkenalkan kali ini berjudul Night Scholar, atau yang biasa juga disebut Scholar Who Walks the Night. Ceritanya diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Kisahnya bergenre fantasy, romance dan mystery. Membahas vampir di korea selatan jaman dulu. Pemerannya ada Lee Jun Ki (yang kayaknya emang demen bener main sageuk), Lee Yu Bi, Changmin DBSK, daaannn…

LEE SOO HYUK!

hip hip huuuray, hip hip huuuraaayy~

You know, sejak liat LSH di drakor High School King of Savvy, terus Valid Love, terus Night Scholar, gue rasa gue emang ngepens deh ama dese. Meh. Berbahaya.

Secara gue ini jaman remajanya penggemar berat serial Vampire Expert (you know, vampir Hongkong yang loncat2 itu), jadi gue suka2 aja sih. Night Scholar plotnya rada dragging dan endingnya rada… garing. Tapi gue suka penokohannya serta hubungan antar karakternya :D. Gue gak mau mengakui kalau gue suka Twillight (karena emang enggak.) tapi kalau kalian suka salah satu cast, dan kalian suka Twillight dan drama2 vampir lainnya, mungkin Night Scholar cocok untuk selera kalian 😉

Oke, udah penasaran? Mari lanzut!

Ada desas-desus yang mengatakan bahwa kerajaan goryeo (dinasti kerajaan korea yang mulai memerintah sejak 918-1392) bukan diperintah oleh raja, tapi vampir. Konon, raja Taejo (pendiri dinasti Goryeo – tapi ini semua alternate reality ya) meminta bantuan seorang vampir untuk mendirikan kerajaan. Sejak itu, Taejo dan keturunannya (raja-raja setelah Taejo) terus dilindungi oleh vampir tersebut, dan harus melayani sang vampir sebagai imbalan.

Awalnya semua hanya gosip belaka di kalangan rakyat. Cerita yang dibisikkan untuk membuat anak kecil menangis ketakutan dan para gadis mimpi buruk di kala malam, tapi siapa yang menyangka bahwa cerita itu benar adanya. Kerajaan goryeo memang melayani seorang vampir yang sudah hidup ratusan tahun lamanya, namanya Gwi (Lee Soo Hyuk).

Tahun demi tahun berlalu, ternyata tidak semua keturunan Taejo bersedia untuk diperintah oleh vampir. Ada beberapa raja dan pangeran yang hilang, umur pemerintahannya tidaklah lama, semua karena menantang kekuasaan Gwi. Salah satunya adalah Putra Mahkota Junghyun (Lee Hyun Woo-cameo) yang bertekad untuk mencari cara memusnahkan Gwi. Bersama sahabat sekaligus pelayannya yang setia, Kim Sung Yeol (Lee Jun Ki), Junghyun mencari naskah2 lama dan mencatatnya dalam sebuah buku.

Namun apa daya, raja dan pengikut vampir keburu mencium gelagat pemberontakan Junghyun. Putra mahkota itu dibunuh, dan pengikut2nya ikut diburu. Sung-Yeol seharusnya ikut mati, tapi sebuah kejadian mempertemukannya dengan Hae-So, satu-satunya vampir yang dapat membunuh Gwi. Hae So yang sekarat mengubah Sung Yeol menjadi vampir, memberinya amanat untuk tetap hidup dan membunuh Gwi.

kk

Kenapa gue sih yang kena gigit? Kenapa gue gak pake S*ffel sih?

Sung-Yeol, yang masih terlalu lemah dan tak tahu cara membunuh Gwi, terpaksa bersembunyi dan mengatur strategi.

Beratus-ratus tahun kemudian, Gwi masih menjadi bayangan di kerajaan Goryeo. Kali ini putra mahkota Lee Yoon (Chang Min DBSK) yang diam2 memberontak, tapi tetap saja tak ada perkembangan yang berarti. Sudah lama vampir Sung Yeol mencari buku harian Putra Mahkota Junghyun untuk mencari cara memusnahkan Gwi, tapi pencariannya tak kunjung menampakkan hasil. Sung Yeol menyewa jasa seorang penjual buku bernama Jo Yang Sun (Lee Yu Bi) untuk menemukan buku harian tersebut. Tapi sepertinya keterlibatan Jo Yang Sun memang sudah digariskan, karena gadis itu memegang kunci penting untuk mengenyahkan Gwi.

nightscholarRM (2)

Yang Sun si penjual buku imut2

———————

Mungkin karena diangkat dari webtoon, jadi cerita ini punya waktu cukup banyak untuk dites dulu ke pembaca, makanya ceritanya jauh lebih matang dari yang gue harapkan. Gue pikir ya tadinya ini pure twillight sageuk, tapi karakterisasinya lumayan dalem dan kompleks, sehingga cukup untuk bikin gue penasaran nonton. Plotnya sendiri emang dragging, banyak muter2 di tempat yang sama, tapi lumayan terbayarkan oleh hubungan antar karakternya yang gak ketebak.

*SPOILER ALERT, kalau gak mau dispoiler jangan terusin baca*

Salah satu yang gue suka, meski Jo Yang Sun dan Sung Yeol itu dari awal udah ketahuan bakal jatuh cinta. Sung Yeol juga gak langsung jatuh cinta head over heels sama Yang Sun. Ada beberapa momen dimana Sung Yeol tetep berpegang teguh pada goalnya untuk mencari cara memusnahkan Gwi, bahkan meski itu berarti dia harus ngorbanin Yang Sun. Pokoknya Yang Sun itu disini bukan lead female yang dimanja2 deh 😀

Meski gue masih rada aneh liat Jun Ki sama Yu Bi (karena entah kenapa kok berasa rentang umurnya jauh bener, Jun Ki salah makeup gue rasa), tapi okelah, gue suka tarik-ulur hubungan Yang Sun sama Sung Yeol-nya 😀 lumayan bikin hati cekat-cekit.

nightscholarRM (3)

dedek2 dan paman

tumblr_nswl7fFDfP1ucmkkzo2_1280

berendem bareng demi (beneran deh) tujuan mulia. harusnya adegan romantis. TAPI ENGGAK AH ANEH. KABUUR YANGSUUN. Creepy!

Yang kedua, gue suka sama Gwi. Bukan cuma karena yang meranin adalah Lee Soo Hyuk ya, tapi karena karakternya emang menarik. Di akhir2 cerita, si Gwi ini bahkan kerasa lebih manusiawi ketimbang manusia2 egois dan rakus yang sehari2nya ngelayanin dia (pelayan setia Gwi, pejabat2 korup gitu). Membuat perasaan gue jadi campur aduk gitu deh. ABANG GWI!!!

nightscholarRM (4)

berlumuran darah aja cakepppp

UDAH GITU YA. Si Gwi ini semacam gak punya angle jelek, lho :

nightscholarRM (5)

lobang idungnya aja cakep

Saking gantengnya si Gwi ini, sepanjang nonton ada beberapa kali gue rada ngeluh dalam hati : kenapa sih pemeran utamanya mesti Jun Ki banget, bukan si Lee Soo Hyuk aja.

BUKAN PILIH KASIH. Tapi emang kenyataannya, di drama ini Jun Ki rada kalah tampilan, deh. Sementara Gwi kagak punya angle jelek, si Jun Ki ini rada kurang beruntung sama kamera :

nightscholarRM (4)

salah makeup gak sih?

nightscholarRM (1)

mengutuk makeup dan wardrobe artist-nya

Ya salah juga sih ya lawannya si Lee Soo Hyuk spesialis vampir (ini drama vampir kedua Soo Hyuk). Puk2 Jun Ki. Next time mungkin rambutnya digerai aja ya kayak pas di drama sageuk Iljimae. Maskeran juga mungkin.

Mari kita tinggalkan fashion dan kesegaran wajah vampir2 tersebut, lalu lanjut ke Changmin DBSK yang alhamdulillah kali ini aktingnya lumayan oke. FINALLY. Setelah beberapa kali main drama rasanya dingin2 datar garing, akhirnya si Changmin udah mulai ada progress yang positif. Perannya sebagai putra mahkota Lee Yoon di drama ini lumayan oke, lho. Dandanannya juga gak mengecewakan :

nightscholarRM (1)

ternyata kumis bak barisan semut lumayan ngaruh

Nah, itu karakter2nya, kalau dari plotnya, maaf banget tapi endingnya itu kentang goreng kriuk2 banget. Jadi ceritanya dari awal itu udah digembar-gemborkan kalau ada cara khusus untuk memusnahkan Gwi. Gak bisa main serang aja karena bahkan Seung Yeol (yang katanya udah dapet turunan ilmu dari satu2nya vampir yang dapat memusnahkan Gwi itu) masih kalah kuat dari Gwi. Nah, terus seiring cerita terbukalah clue kalau Gwi itu hanya bisa dimusnahkan oleh gabungan kekuatan 3 orang : perawan keturunan Gwi (Jo Yang Sun), putra mahkota (Lee Yoon) sama vampir (Seung Yeol). Tapi ternyata ya, di ending itu si Gwi musnahnya gara2 diekspos di bawah sinar matahari. Emang sih si Seung Yeol sempet masuk mode beserk setelah minum sedikit darah Yang Sun makanya bisa mengalahkan kekuatan Gwi, tapi tetep aja deh mengecewakan.

TERUS SI PUTRA MAHKOTA LEE YOON PERANNYA DIMANANYA SIH? KATANYA MESTI GABUNGAN KEKUATAN 3 ORANG?

Garing kriuk2, itu buku harian dicari sepanjang cerita tapi ternyata isinya gak berguna2 amat. Kasian amat orang2 hulubalang, kasim, pelayan semuanya dan rakyat yang udah mati disedot vampir cuma gara2 pada ngerebutin buku harian Jung Hyun.

Kurangnya cuma itu sih, banyak info yang gak konsisten dipegang ampe akhir, jadinya dramanya kaya bercandaan doang. 😀 Makanya setelah dipikir2, saya kasih nilai 7 dari 10 😉

Hehehe, gimana? Tertarik nonton, gak? Kalau emang pengen, saran gue sih cuma satu, karena ini fantasi, gak usah terlalu dipikirin logis-enggaknya, nikmati aja tokoh2nya yang cakep2 😀

maxresdefault1

ya kabarin aja deh ya jadi nonton apa enggaknya. hm. ~Gwi

Met nontttoonn!

Mandhut.

Advertisements

12 thoughts on “Review Drama Korea “Night Scholar” (2015)

  1. Pingback: Minggu Overdosis Review Drama Korea! | Racauan Manda

  2. Jadi ceritanya udah beralih ke Lee Soo Hyuk bukan ke Seo In Guk lagi nih? *salah fokus*
    Aku kurang tertarik drama saeguk selain SKKS sih dan SPLASH SPLASH LOVE *dujuuuun* *mari melipir*

    • the heart want what it wants sih *nyanyi lagu Selena*
      Seo In Gook-nya masih kookk, tapi Lee Soo Hyuk juga ahuahuah *rakus*
      SPLISH SPLASH LOVE belon nontooon, nanti liat ah *ikut melipir*

  3. aaaaak! Lee Soo Hyuk sih emg ciamik bgt yak *ngiler sampe lantai*
    kapan gitu sekali2 dia jadi lead actornya, kasian atuh jadi second guy mulu :”) *pukpuk abang soohyuk sambil bawa pulang ke rumah*

    • =)) kalau buat saya, Lee Soo Hyuk tampangnya cantik2 gitu bikin rada mikir kalau mau naksir, tapi lama2 luluh juga *Terbawa lautan emosi*
      Btw, dia pernah kok main drakor yang lumayan first-lead (karena dia muncul di poster sama porsinya sama pemeran lain), judulnya Valid Love 😀

  4. ngelihat Lee Soo Hyuk jadi ga sabar nunggu drama baru nya 😀 , Neighborhood Hero, kayaknya doi di drama NH termasuk pemeran utama deh 🙂

  5. Pingback: Rekomendasi Drama Korea 2015 | Racauan Manda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s