Review Drama Korea “Who Are You : School 2015” (2015)

WAY2015 (11)

Gak terasa udah hari ke-5 ya *lap keringet*. Untuk drakor minggu overdosis review drama korea 2015 Racauan Manda kali ini saya mau bahas drakor Who Are You a.k.a. School 2015. Kalau saya tidak salah, stasiun TV Korsel KBS dan KBS2 telah menayangkan serial drama bertema sekolah sejak tahun 1999 (biasanya judulnya depannya ada School-nya, dan dibarengi judul alternatif). Ceritanya mainly membahas kehidupan anak remaja sekolah di masa dimana drama tersebut dirilis, tapi plotnya so far beragam. Saya sendiri sudah menonton Jungle Fish 2 dan School 2013, dan saya lumayan suka, itulah mengapa saya cukup penasaran dengan serial School 2015 ini.

Pada serial drakor School tahun 2015 ini, kita dipertemukan oleh bintang2 remaja korsel yang sedang berjaya, Kim So Hyun, Yook Sung Jae (BTOB) dan Nam Joo Hyuk. Dua pertama emang oke, tapi satu yang terakhir (Joo Hyuk) aktingnya menurut saya masih rada kaku. Oh sama satu lagi, namanya Jo Soo Hyang, artis remaja baru yang aktingnya oke banget di drama ini (padahal second-lead), tapi itu kita bahas lebih lanjut nanti ya.

Drama bertema sekolah, cinta, persahabatan dan suspense ini lumayan oke sih, meski ada logika plot yang rada meh dan ending romance-nya kurang sreg di hati. Tapi yang penting, paling gak pesan moral tentang persahabatan dan bullying-nya masih ada, penulis ceritanya juga mampu menyampaikan penyakit sosial yang sadar gak sadar sudah tertanam di benak masyarakat, terutama remaja. Bukan cermin kehidupan remaja Korsel aja sih, masih bisa relate pada kehidupan remaja di Indonesia yang gue tahu kok.

Oke, udah tertarik nonton? Ayo kita lanjut!

Eun Byul dan Eun Bi (dua2nya diperankan oleh Kim So Hyun) adalah dua saudari kembar. Mereka yatim piatu dan sempat dirawat hingga balita di panti asuhan yang sama di Tongyeong, Gyeongsang Selatan (masih wilayah Korsel). Tapi mulai dari situ, takdir mereka berpisah jauh. Eun Byul diadopsi oleh keluarga kaya dan pindah ke Seoul, sementara Eun Bi tetap tinggal di panti yang sama hingga dewasa. Memori Eun Byul balita lebih kuat, sehingga hanya dia yang masih ingat bahwa dia memiliki saudari kembar di Tongyeong, sementara seiring waktu berlalu, Eun Bi lupa bahwa dia masih memiliki keluarga. Keduanya tidak saling berkomunikasi secara langsung sejak berpisah.

Eun Byul hidup dengan baik di Seoul. Orangtua yang mengadopsinya menyayanginya, memberinya kehidupan yang lebih dari cukup. Eun Byul belajar di sekolah privat, pintar, percaya diri, populer di kalangan teman2nya. Gadis itu tidak pernah kekurangan suatu apapun, kecuali hatinya yang seringkali masih memikirkan saudari kembarnya yang tinggal jauh di Tongyeong. Eun Byul diam2 masih memperhatikan Eun Bi, mencari tahu kabar saudarinya itu, tapi Eun Byul tidak pernah berani untuk menemui ataupun bicara dengan Eun Bi secara langsung.

WAY2015 (9)

Eun Byul si Queen Bee.

Sementara di Tongyeong, Eun Bi hidup dengan segala kesederhanaan. Dia hanya tahu bahwa dia sebatang kara, sama sekali tak ingat bahwa dia masih punya saudara. Eun Bi bersekolah di sekolah negeri setempat, belajar dan ikut membantu mengurus panti asuhan tempatnya tinggal dan dibesarkan. Prestasi sekolahnya biasa saja, tidak ada yang istimewa. Yang menyedihkan, Eun Bi telah lama menjadi sasaran bullying dari teman2nya. Gadis itu mengalami tekanan mental untuk banyak hal.

WAY2015 (5)

Eun Bi yang malang.

Suatu hari, Eun Bi mengalami kecelakaan dan hilang ingatan. Saat sadar, seorang ibu yang tak dikenalinya memanggilnya Eun Byul dan membawanya ke Seoul. Karena masih kehilangan memori, Eun Bi benar2 menyangka bahwa Seoul, sekolah privat, teman2nya yang populer, pakaian2 indah, dan ibu yang baik hati benar2 adalah kehidupannya sebelum amnesia. Tapi seiring waktu, Eun Bi (yang sedang menjadi Eun Byul) mulai mencium keganjilan pada identitas yang dia miliki sekarang.

Kalau memang dia bukanlah Eun Byul, kemanakah gadis bernama Eun Byul yang asli itu menghilang?

——————-

Hal pertama yang gue suka dari drama ini, dari awal gue itu sempet dibuat penasaran banget sama plotnya. Penulisnya jago deh untuk hal ini. Drama ini bener2 bernuansa suspense banget di awal cerita, membuat gue bertanya2 dan menebak2, gak sabar untuk liat episode berikutnya. Hal-hal kayak siapa yang sengaja ninggalin Eun Byul di toilet pas lagi study tour, siapa yang neror Eun Byul, apakah Eun Byul melakukan tindakan bullying juga ke orang lain sementara Eun Binya nun jauh di sana jadi korban bullying, dll. Yang gue suka, plotnya ngasi gue waktu buat gregetan, semuanya dibuka pelan2, plus dikasih beberapa clue yang membuat gue menduga macem2.

Terus selain itu, drama ini memancing emosi dengan cukup baik. Plotnya mengulas penyakit sosial yang memang harus kita akui benar2 ada di dunia nyata, bukan di Korsel doang, tapi di Indonesia juga. Bentuk bullying itu bermacam2, bukan hanya dengan konfrontasi langsung : pemalakan, melabrak, dll. Tapi tidak melakukan apa2 saat melihat tindak bullying, memilih cuek saat kita tahu ada seseorang di lingkungan kita yang diperlakukan tidak adil, menganggap bahwa sesuatu yang dilakukan semua orang itu berarti benar adanya (contohnya, semua anak morotin si X, berarti morotin si X itu gak salah dong, toh X-nya juga bersedia), itu juga termasuk bullying, hanya saja mungkin dalam versi lebih halus.

Terus drama ini juga lumayan sarat akan hal2 khas di dunia remaja, contohnya si C ngeliat si A dan si B kembaran tas, terus si C jadi rada insecure karena sebelumnya ngerasa bertemennya bertiga, tapi kok si A dan B kayaknya lebih deket satu sama lain. Contoh kasus lainnya, pengen populer, tekanan sebagai anak pintar, taksir2an, sampe2 ke kehidupan sekolah yang melibatkan orang tua juga ada. Meski ortu korsel (kalau memang bener dramanya mengulas apa yang benar2 terjadi di sana) kayaknya kok super ambisius banget soal nilai2 anaknya, ya -_-;. Sepanjang yang gue tahu, alhamdulillah ortu Indonesia masih lebih manusiawi sih soal ini, tapi gak tahu juga πŸ˜›

WAY2015 (13)

kita kembaran tas nihhh, manis yaaa~

Nah, yang gue rada ganjel itu, ada beberapa detail plot yang menurut gue gak masuk akal aja. Soal Eun Bi yang lupa dia punya saudara kembar yaudahlahya, secara emang memori anak2 itu beragam, ada yang tajem ada yang enggak. Lagian, emang Eun Byulnya diceritakan lebih cerdas dari Eun Bi. Tapi soal Eun Byul yang sempet ngilang lalu *spoiler alert hindari biru* mendadak balik tanpa ada penjelasan lengkap mengenai : dia tinggal di mana, duitnya dari siapa, kenapa ngilang dan tuker tempat bukannya ngajak Eun Bi ke seoul aja, ngomong kek ama ortu angkatnya, dll dsb. Ketidakjelasan mengenai hal tersebut membuat gue rada ilfil aja ama ceritanya.

Itu satu, yang kedua, romancenya bener2 nyebelin. Jadi diceritakan Eun Byul itu punya childhood romance–temen dari kecil yang sebenernya sama2 naksir tapi ya gak jadi2 aja ampe SMA, namanya Han Yi An (Nam Joo Hyuk). Pas Eun Bi tertukar ama Eun Byul, awalnya Yi An-nya kan gak tahu kalau itu bukan Eun Byul, jadi ya PDKT-nya jalan terus. Along the way, Yi An ngerasa si Eun Byul kok jadi rada beda ya (jadi suka olahraga, jadi gak sejudes dulu), tapi si Yi An ya tetep naksir2 aja. Nah, sementara itu, si Eun Bi (yang lagi jadi Eun Byul) mulai deket sama temen satu sekolah Eun Byul yang namanya Gong Tae Kwang (Sungjae)–anak orang kaya yang slengean, yang sebelumnya gak mungkin banget bakal bergaul ama Eun Byul. Jadilah cinta segitiga : Eun Bi (yang lagi pura2 jadi Eun Byul)-Tae Kwang-Yi An.

WAY2015 (1)

ki-ka : Tae Kwang, Eun Bi/Eun Byul, Yi An

NAH, sepanjang cerita itu dikasih lihat bahwa si Tae Kwang itu pengorbanannya untuk Eun Bi (yang lagi pura2 jadi Eun Byul – gue mulai capek deh jelasinnya -_-) lebih besar dari Yi An. Yi An bahkan sempet ngamuk2 gitu pas tau itu bukan Eun Byul, bahwa mungkin Eun Byul yang asli itu udah meninggal (padahal masih hidup, cuma ngumpet aja). Secara ini drama remaja, kemungkinan happy endingnya ya Eun Byul sama Yi An, Eun Bi sama Tae Kwang, kan? TAPI TIDAK SODARA2, ceritanya berakhir dengan Eun Bi sama Yi An, Eun Byul dan Tae Kwang jomblo.

WAY2015 (10)

KENAPAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

MENGAPAAAAAAAAA??!!!

WAY2015 (7)

KENAPAAAA KENAPAAAAA KENAPAAAAA *stress banget*

Gue bener2 gak melihat kenapa Eun Bi mesti ama Yi An. Mereka chemistry-nya aja kurang gitu, jadi mengapa dear scriptwriter? mengapaaa???

*tebalikin meja*

Lain masalah ya kalau Yi An-nya juga udah ada kontribusi untuk kelancaran hidup Eun Bi, ini semua2nya Tae Kwang yang berkorban, kok T-T.

WAY2015 (4)

yah terserah sih kalau menganggap yang cocok itu yang lebih tinggi πŸ˜›

Kekecewaan yang kedua, meski pesan moral tentang bullyingnya bagus, gue rada bete karena sampe akhirpun, Eun Byul tetep digambarkan sebagai pribadi yang kuat, dia yang ngelabrak Soo Young (Jo Soo Hyang)–orang yang selama di Tongyeong ngerjain Eun Bi. Menurut gue, akan lebih bagus sih kalau Eun Bi yang fight buat kehidupannya sendiri, for once menghadapi Soo Young dan membereskan urusan dengan kapasitasnya, tanpa bantuan Eun Byul. Tapi yaudahlahya, secara romancenya aja udah kriuk, apalah yang gue harapkan lagi.

Tapi, gue mau memuji Jo Soo Hyang yang meranin Soo Young, si tokoh antagonis remaja yang nyebelinnya luar biasa. Sumpah ya, ekspresi dan kelakuannya itu Zetan banget pake Z. Kayaknya kalau dia main sinetron Indonesia itu bangsa2 yang ketemu ibu2 di pasar langsung ditimpukin pake sayur. Sosiopat banget si Soo Young itu. Btw ini pujian lho, aktingnya bener2 mencuri perhatian, bahkan menurut gue dia seringkali lebih total dari pemeran2 utamanya :D.

WAY2015

emmmm… makasih? – Soo Young

Yah, intinya, drama Who Are You : School 2015 ini lumayan lah untuk ditonton. Ceritanya lumayan dalam, memperlihatkan bahwa anak bermasalah itu gak muncul begitu aja, seringkali karena situasi rumah yang gak kondusif, membuat anaknya mencari pelampiasan stress di luar. Pada akhirnya, peran serta guru, orangtua dan teman2 bisa membantu kok. Tapi pertanyaannya ya itu : mau gak bantu?

Nilai dari saya 7,5 dari 10. Kabar2in ya kalau udah nonton, kalau bisa saya pengen nangis bareng *kejer* *gak rela*

Met nonton!

Mandhut.

 

 

 

 

 

Advertisements

21 thoughts on “Review Drama Korea “Who Are You : School 2015” (2015)

  1. Pingback: Minggu Overdosis Review Drama Korea! | Racauan Manda

  2. Pingback: Review Drama Korea “Angry Mom” (2015) | Racauan Manda

  3. Hai Manda salam kenal πŸ™‚ aku baru aja menyelesaikan drama ini dan secara keseluruhan suka banget! Sama kayak kamu, aku juga nggak setuju kenapa Eun Bi harus sama Yi Ahn, secara kalo diliat-liat hubungan dia sama Tae Kwang lebih gimana gitu. Dan berharap Eun Byul sama Yi Ahn, tapi ternyata Eun Byul malah nggak punya perasaan lebih dari teman ke Yi Ahn……. Di episode dimana Eun Byul kembali ke Seoul, dia bilang kok kalo dia kembali ke panti asuhan tempat dia tinggal dulu, tapi bukan panti asuhan Sarang (di sini aku bingung kenapa panti asuhannya berbeda).

    • Salam kenal juga Elisa! πŸ˜€

      Iyaa… plot romancenya Eun Bi udah ngarah ke Tae Kwang banget, beda ya kalau dikasih liat bahwa si Yi Ahn juga mau berkorban atau apa kek nilai plusnya dibanding Tae Kwang, lah ini enggak T-T, si Yi Ahn itu udah dikasih liat head over heels sama Eun Byul, kalau aku gak salah tangkep, si Eun Byul juga menurutku udah nunjukin sedikit ketertarikan ke Yi Ahn lho, entah kenapa aku ingetnya begitu.
      Kurasa scriptwriter-nya kejeduk apa mabok, terus mereka ketuker juga kali antara Eun Bi sama Eun Byul *jambak scriptwriternya*
      Hoo? kok aku gak inget ada scene Eun Byul jelasin dia balik ke panti asuhan di Tongyeong? aku tahunya dia kayak nyewa/ngekos kamar gitu, hehehe.

      • Iya ya jangan2 scriptwriternya ketuker kali ya.. Hahaha. Terjemahan drama yang aku download sih gitu, coba ditonton lagi aja episode pas Eun Byul baru sampe di rumahnya, kalo emang translationnya beda, nggak tau deh mana yang bener πŸ˜€

        • scriptwriternya ketuker juga :)), nanti aku coba tonton lagi deh, sapa tau emang terjemahannya salah atau aku udah terlalu ngantuk pas nonton *berbahaya* thanks for infonya ya πŸ˜€

  4. Appaaaaaa? Jadi endingnya si Eun Bi sama Yi An? O.o
    Jinjja.. saya berharapnya si Eun Bi mah sama Tae Kwang, trus si Eun Byul tetep sama Yi An. Hadeuuuh~ saya benar2 jd korban sinopsis stuck tengah2 (?) nih. Saya pkir pasangannya ky yg saya kira, mkanya saya nggak baca sinopnya smpe abis. Ternyata.. eh ternyata.. couplenya kagak cocok -_- Nggak jd tertarik lg deh sama ni drama kalo ending romancenya begitu.. -_-
    Kali ini, saya terima kasih bnget sama spoiler2 yg mba munculin.. Hahahahahahahahaha πŸ˜€ Makasih mba, reviewnya bkin saya ngebaca keseluruhannya dulu supaya bisa mutusin buat nnton apa nggak.. πŸ™‚
    Btw, saya fans blognya mba ini loh. Hihihihihihihihihi :3 Habis, mba kalo bkin review kata2nya lucu.. ^_^ salam kenal ya mba. Di banyakin lg ya review drakornya. Hahahahahahahaha πŸ˜€

    • senang bisa membantu menjauhkan dari drakor2 yang terlarang (?). =)) =)) Ini terlalu mengecewakan soalnya, drama remaja gituuu, twistnya nyebelin banget =)). Salam kenal juga Dessy, makasih ya udah mampir dan baca, sharing2 ya kalau ada drakor yang bagus, hihihi πŸ˜€

  5. hai salam kenal πŸ™‚

    aku sebenernya udh nonton drama korea ini udh lama tapi kebetulan lihat review kamu dan aaaaaaaaaaaaahhh gemes pengen komentar karena sehati banget, KECEWA BERAT *maaf capslock jebol* sama endingnya pfffttt!!!!!! padahal secara logika pun seharusnya eun binya jatuh cinta sama tae kwang (secara gw yang bukan eun binya aja kesemsem sama tae kwang, lah ini entah kesambet apa malah eun binya jadinya sama yi an, HELLO??? it’s me haha LOL) dan soo young ya ampun aktingnya bener2 deh yaa pengen di garuk tuh mukanya tiap lihat tampangnya yg nyebelin

    • sehatiii kita sehatiiii *peluk*

      Aku bener2 ga ngerti kenapa jadinya harus ama Yi Ahn, atas pertimbangan apa gitu? APA KARENA YI AHN LEBIH TINGGI?! *capslock jebol, hati ikut jebol*
      kasian si Tae Kwang, udah ampe cet rambut segala lho dia T-T. Ternyata Eun Binya rada shallow gitu seleranya, maunya ganteng2 doang *asal ngejudge*
      ah sudahlah, namanya juga drama remaja.

      Iya aku terkesan banget tuh ama aktingnya Soo Young, sosiopat abis πŸ˜€ semoga drama dia berikutnya bagus juga, boleh banget tuh dia jadi tokoh antagonis πŸ˜€

  6. Pingback: Rekomendasi Drama Korea 2015 | Racauan Manda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s