Review Drama Korea “Angry Mom” (2015)

Cover

Untuk tema hari ke-6 minggu overdosis review drama korea 2015 Racauan Manda kali ini saya mau bahas drakor Angry Mom (2015). Bukan angry bird ya guys, Angry Mom. Temanya sekolah sih, mainly pendidikan, bullying (lagi), tapi karakter utamanya (believe it or not) ibu2 anak satu yang nyamar jadi anak SMA.

Sebelum saya lanjutkan, bolehlah kiranya saya bertanya *ribet* apakah kalian sudah tau arti kata ‘makjang’ dalam dunia drama korea? Saya sendiri baru bener2 aware sama kata tersebut sekitar 3-4 bulan yang lalu sih, jadi mari kita bahas sedikit bagi yang belon paham. ‘Makjang’ itu artinya (CMIIW) berlebihan, merujuk pada plot cerita drama korea yang lebaaay banget, kayaknya kemungkinan terjadi di dunia nyata itu 1:1.000.000. Sebenernya perihal mana makjang dan mana yang bukan itu masih tergantung selera sih, kayaknya ya pada akhirnya berdasar vote terbanyak aja, tapi beberapa drakor yang (saya baca katanya) full atau semi makjang itu adalah King of Baking Kim Tak Goo (2010) dan tentu saja yang baru2 ini main : Mask (2015).

Dari sini udah bisa disimpulkan sendiri bahwa drakor makjang itu gak selalu berarti jelek–maknanya murni merujuk pada lebay/tidaknya suatu bagian/keseluruhan cerita. Eh jangan salah, lho… drakor Angry Mom ini karya pemenang 2014 MBC Scenario Contest (MBC stasiun yang nayangin).

NAH, Angry Mom ini drama yang jelas makjang. Saking berlebihan dan ajaibnya kadang saya nyimpulin ini drama satir (versi ironis, sarkasme dari dunia nyata). Tapi entahlah, saya juga masih meraba2. Yang jelas, banyak banget hal2 gak logis yang bertebaran di sana-sini, jadi buat kamu2 yang anaknya serius banget, mending skip aja deh, ya :)).

Pemeran2nya ada Kim Hee Sun yang awet muda tapi sebenernya ya gak bisa dibilang kayak anak SMA juga, tapi yasudahlah. Terus ada Kim Yoo Jung, Ji Hyun Woo, Ji Soo si aktor baru yang tampangnya mayan, dan Baro B1A4. Gue gak melihat ada yang istimewa dari castnya, but that’s that.

150428rlagmltjs111122
iya cantik awet muda kok mbak Hee Sun, tapi kalau ampe dikira anak SMA sih enggak. yaa… -_-

Oke, bagi kamu2 yang tertarik, ayo kita lanjut!

Jo Kang Ja (Kim Hee Sun) luar biasa murka. Oh Ah Ran (Kim Yoo Jung), putri satu2nya yang sangat disayanginya, masuk rumah sakit karena menjadi korban bullying di sekolah. Ah Ran mengalami syok yang begitu hebat, hingga gadis kecil itu menjadi penakut, penuh rahasia. Karena merasa tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari lingkungan sekolah bahkan hukum, Kang Ja memutuskan untuk mengambil jalan ekstrim. Dia akan menyamar menjadi remaja, mendaftar ke SMA Ah Ran, dan mencaritahu apa yang sebenarnya terjadi; biar dia sendiri yang memberi pelajaran pada biang kerok yang berani menyiksa putrinya, Ah Ran.

20150327003525687503
Jangan nangis Ah Ran, biar semua mama yang bales!

Tapi setelah Kang Ja bersekolah di sana, ibu satu anak itu perlahan tahu bahwa permasalahan yang dihadapi Ah Ran (dan anak2 lainnya) lebih dari sekedar kenakalan antar-remaja. Ada kebusukan yang menelusup dalam sistem pendidikan yang seharusnya lurus tanpa cela. Saat sadar, Kang Ja sudah terlalu jauh terlibat.

Selalu ada pilihan untuk menyerah dan menutup mata. Pergi dan mulai hidup baru di lingkungan yang berbeda. Tapi apakah itu jaminan bahwa masalah yang sama tidak akan terulang untuk kali kedua? Bahkan ketiga?

———–

Seperti yang udah gue bilang, drama ini lebaynya totalitas, makanya gue gak akan komentar deh tentang hal ajaib apa aja yang gue temukan di sana. Nonton sendiri dan kaget2lah (sambil ngakak). Tapi… ada satu yang pengen gue share–anggep aja ini adalah ikon kelebayan Angry Mom. Saya persembahkan Han Gong Joo, tante2 temennya Kang Ja (ibu2 juga) yang kebetulan adalah pemilik klub karaoke malam (dan gue rasa pluzpluz) sekaligus ketua kelompok dari… ya dibilang gangster ya emang bisa berantem sih… tapi ya gak gangster2 amat, nilai sendiri deh :

ob_53cf47_angry-mom-e03-150325-hdtv-h264-450p-li

Ha. Speechles gak? Sekedar info, temennya si Kang Ja itu yang kanan.

=)) =))

Btw, mari kita bicarakan kelebihan Angry Mom. Gitu2 ada juga lebihnya. Yang pertama, gue merasa drakor ini memberi pesan moral yang lumayan bagus : bahwa bullying gak sepatutnya dibiarkan, harus dibasmi sampai akarnya. Meskipun caranya si Kang Ja agak ajaib, tapi terbukti bahwa posisinya sebagai murid membuat dia bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Yang kedua, Baro aktingnya mayan bagus, jeng2 sekalian. Jadi buat penggemar Baro B1A4, monggo ditonton. Mayan kok, meskipun gak se-epic akting dia di Reply Me 1994 atau God’s Gift – 14 Days. Yang salah itu jambulnya sih. Tapi udahlahya, namanya juga lagi mendalami karakter.

1428641746-앵그리맘_7화.tp_002003.179
Entah kenapa berasa jadul.
CDYdPKzUMAAcanK
Kasih bocoran ah biar pada panas, muahahahahaha

Yang ketiga, ada aktor baru namanya Ji Soo yang tampangnya (IMO) kayak Yoo Ah In tapi distretch jadi tinggi gitu. HUahuahuahua. Gue sih awal2 suka karena dia tough2 gitu, tapi menjelang ke tengah mulai ilfil karena tiba2 dia jadi konyol2 melempem jinak. Terus dia ceritanya naksir ama Kang Ja, lagi. Aku tak bisa, lah… menurut gue itu dua orang romancenya gak dapet. Tapi tetep, Ji Soo itu cakep!

DV3LGuq
Nih anaknya yang namanya Ji Soo 😀

Yang keempat, drama ini juga menampilkan potret pendidikan Korsel yang mirip2 dengan School 2015. Ya gak jauh2 dari bullying antar remaja, orangtua yang over-ambitious akan nilai dan masa depan anaknya. Dll dsb. Lumayan menyentuh, kok. 😀

Sekian review dari saya, maafkan saya yang gak mau bocorin banget2 lebaynya dimana aja, karena keyboard tidaklah cukup untuk menggambarkan dan saya menghormati hak kalian untuk ketawa dan heran seheran2nya pas nonton Angry Mom (gak sarkas nih gue, seriusan).

Selamat nonton! Jangan lupa pegangan!

Mandhut.

 

11 thoughts on “Review Drama Korea “Angry Mom” (2015)

  1. drama ini banyak gak masuk akalnya masa. selama nonton yg ada bertentangan sama akal pikiran. selain ahjumma jd anak sma & tmn gangster itu, masa iya orang seenak jidat nyelonong masuk rumah org bolak balik, bisa ktm menteri seenak udel juga, dsb. hanyalah jisoo yg membuat bertahan nonton drama ini. sumpah dia ganteng banget *-*

    1. emaaang :D, emang gak masuk akal banget nontonnya :)), makanya aku bilang drama makjang.Ji Soo ganteeng, sama, sempet jadi alasan nonton juga tapi makin ke belakang makin ilfil karena tokohnya jadi lembek gitu :))

  2. First of all, review kamu bagus bgt!:D Angry Mom emg cocok dibilang sbg drama yang lebih ‘dark’ utk isu sekolah. Aku juga mikirkalo Angry Mom adalah drama yang ‘suprisingly’ bagus dalam mengekspos ‘bullying’ di sekolah dengan cara yang lebih serius/dark karena dibumbui juga isu korupsi dari petinggi2 perusahaan yang ngejadiin drama ini gak hanya sekedar drama sekolah. Poin cerita drama ini sebenarnya menyentuh; melihat bagaimana 1 ibu yang menyadari anaknya ditindas, turun tangan untuk melindungi anaknya itu, dan tanpa sadar terjerumus kedalam isu yang ternyata gak hanya soal bullying, tapi juga ‘kebusukan’ yang ada di sekolah anaknya itu. Meskipun pada awalnya diantisipasi sbg drama komedi karena inti plotnya yang gak masuk akal, Angry Mom tetap bisa dikatakan drama yang bagus & sarat amanat utk ditonton.

    Jadi kebablasan ngomong, makanya panjang hehe:D

    1. Hehehe, terima kasih ya sudah baca dan komen :D. Gak kepanjangan, kok. Seneng bacanya 🙂

      Waktu itu nonton Angry Mom soalnya katanya plotnya itu pemenang lomba scriptwriter MBC (stasiun tv yang nayangin). Jadi nonton, dan meskipun emang beberapa scene terasa berlebihan dan agak gak masuk akal, kuakui memang idenya bagus karena gak hanya melibatkan sekolah dan orangtua, tapi lebih berat daripada itu.
      Korsel emang lumayan sering sih ngangkat tema bullying di dramanya. Selain Angry Mom ada School 2015, School 2014, sama Jungle Fish juga seingetku ngebahas topik yang sama. Udah nonton belum? 😀

      1. Aku baru nonton School 2013 & 2015 sih, Jungle Fish aku belum pernah coba soalnya:D Dan aku kalo bisa milih, lebih suka sama School 2013, karena terasa lebih ngena aja hehehe:D Ngomong2, Jungle Fish itu bukannya kyk drama special kbs gitu ya?Aku cuma inget Jiyeon T-Ara ada main di Jungle Fish, tapi yg kedua kyknya:D

  3. Menurut gw ini bukan drama makjang, ga ada yg lebay, drama ini sebenarnya diperuntukan untuk menyinggung kebobrokan pendidikan korsel yang terjadi. So, ini gak lebay, ada maksud mendalam dari drama ini

  4. Drama ini tepatnya ke tema drama 가족 “kajok” (keluarga) dan 청소 ‘chongso'(remaja). Angry mom drama yang mendeskripsikan tentang kekuatan seorang ibu, dikorea itu kalo orang tua liat anaknya diganggu atau jadi bahan bully, orang tua langsung kaduin ke komite kekerasa sekolah , kalau sekolah ga ngegubris orang tua, siap siap orang tua bakal ngaduin ke dinas pendidikan. Lihat part di drama angry mom dimana orang tua marah marah ga terima anaknya mati karena ketamakan orang tamak?? Itu bagian dari sifat mendalam orang korea, orang tua disana benar benar ga bisa diam kalau anaknya diperlakukan buruk, drama ini bener bener mengajarkan bahwa “kita berhasil bukan berasal dari ketamakan tetapi berasal dari hati orang tua yang rela dan ikhlas menyayangi anaknya”

Leave a Reply

