Review Drama Korea : Marriage Contract (2016)

Contractposter1

Setelah berturut2 bahas drakor2 serius dari TvN (Pied Piper, Memory, Signal), kali ini saya mau mereview drakor bertema lebih ringan dari stasiun MBC. Dari poster di atas dan judulnya aja udah kerasa tipikal roman drakor-nya : Marriage Contract alias Pernikahan Kontrak.–udah kebayang dong ya kisahnya tentang apa?

Yak benar, pernikahan kontrak! *bukan maksud nyindir tapi minta digebok*

Marriage Contract dibintangi oleh UEE (member AfterSchool) yang sudah teruji kemampuan aktingnya di drama2 sebelumnya (Ojakgyo Family, Hogu’s Love, High Society), dan Lee Seo Jin yang meskipun tampilan jelas agak jauh dari standar Song Joong Ki yang lagi naik daun (ya, ya, kapten Si Jin) atau Lee Min Ho si pemain lama, bersabarlah karena seiring cerita bapak2 yang satu ini akan menunjukkan pesonanya juga.

Nilai dari saya… 8 dari 10. Agak kurang puas sama fokus plotnya, terus ada beberapa bagian cerita yang kerasa kurang logis (IMO), tapi masih layak banget buat ditonton, terutama untuk kamu2 yang kecewa sama plot Super Daddy Yeol yang super flop itu (terbayarkan sudah semua dendam! –> curcol), terus pas juga buat yang pengen nonton drakor just for fun buat mellow menye2 sambil tereak2 so sweet. Oh ya, karena ceritanya mainly tentang kehidupan lajang2 dewasa dan pernikahan, jadi kayaknya drakor ini emang lebih pas ditonton untuk pemirsa dewasa, ada adegan2 yg agak berbahaya juga soalnya :D.

Ayo lanjut bahas!

tsksthe-marriage-contracte001720pko_cn0801962016-03-07-01-15-45

Ibu kandung Han Ji Hoon (Lee Seo Jin) menderita gagal liver dan membutuhkan donor untuk bertahan. Ji Hoon bisa saja menunggu rumah sakit menemukan donor yang tepat, namun dia khawatir semuanya akan terlambat. Dengan uang dan kekuasaan yang dimilikinya, tak akan sulit bagi Ji Hoon untuk turun tangan dan mencari donor dengan usahanya sendiri, namun rumah sakit mengajukan syarat adanya hubungan keluarga (darah maupun karena pernikahan) untuk bisa melakukan transplantasi organ, sedangkan satu2nya kerabat dia dan ibunya yang dinyatakan cocok sebagai donor hanyalah seorang paman yang menolak untuk membantu.

6b419292eb17ce9ff6b7ebc7c61f2168561c6533

Kang Hye Soo (Uee) bekerja keras untuk membayar hutang suaminya yang telah meninggal. Masalahnya, penghasilannya tak cukup besar untuk mengganti pinjaman beserta bunga, sehingga Hye Soo terpaksa membawa anak perempuannya, Eun Seong (Shin Rin Ah), hidup berpindah2 untuk menghindar dari ancaman lintah darat.

Hye Soo dan Ji Hoon bertemu dalam suatu hubungan kerja antara bos dan karyawati. Mendengar niat Ji Hoon untuk menikahi perempuan yang mau mendonorkan liver untuk ibu kandungnya, Hye Soo pun mengajukan diri. Ji Hoon menyanggupi syarat Hye Soo atas sejumlah uang yang nantinya akan digunakan Hye Soo untuk melunasi hutang dan simpanan dana pendidikan Eun Seong.

Sesuai kontrak, pernikahan mereka seharusnya hanyalah pertukaran uang dan organ tubuh saja, namun ternyata nasib berkata lain. Perasaan mereka dan orang2 di sekelilingnya pun ikut terlibat di dalamnya.

MarriageContract5-00019a

“Mau dibawaaa kemanaa… hubungan kitaaa…???”

——————

Gak tau sih jelasnya gimana, tapi katanya di Korsel itu memang ada peraturan hubungan keluarga untuk bisa mengajukan diri sebagai donor–katanya sih untuk menghindari praktik jual-beli organ tubuh di sana, makanya sampe ada komite untuk memeriksa adanya hal mencurigakan dalam hubungan kekerabatan antara donor dan pasien. Tapi yang bikin gue ganjil sebenarnya bukan itu, cuma alur plotnya yang kerasa instan banget : pas butuh donor liver, ehhh pas ada cewe mau nukerin liver demi uang, eehhh dites ternyata donornya cocok buat pasien, nikah kontrak deh! Tau sih kalau itu drama korea banget, tapi tetep aja, secara udah pernah liat plot yang jauh lebih smooth daripada itu, jadinya rada ganjel di sana. Hehehe.

Meskipun begitu gue cukup menikmati drama ini, kok. Ceritanya itu mirip banget sama plot Super Daddy Yeol, tapi Marriage Contract jauuuhh lebih bagus karena sanggup untuk ngasi liat chemistry antar pemainnya, terutama Ji Hoon – Hye Soo – Eun Seong.

MARRIAGECONTRACT (29)

Yang pertama, manisnya interaksi Ji Hoon dan Eun Song si anak bawaan ‘istri’-nya. Sereus deh, proses kedekatan mereka kerasa natural banget, mulai dari sebel2an sampe reket banget kayak perangko. Gak kebayang aja gimana caranya ngasi instruksi ke artis cilik yang meranin Eun Song, si Shin Rin Ah, buat akting sampe level kayak gitu. Keren!

MARRIAGECONTRACT (5)

Awalnya enek

MARRIAGECONTRACT (33)

lama2 lengket cium2 jidat

MARRIAGECONTRACT (32)

eciieeee panggil2 papa 😀

Pokoknya si Shin Rin Ah itu aktingnya jago banget deh, chemistry-nya dia sama ibunya di drama, si Uee alias Hye Soo juga dapet banget. Kerasa kayak ibu-anak di dunia nyata.

Nah, chemistry selanjutnya yang bikin gue demen banget sama drama ini adalah, interaksi antara Ji Hoon sama Hye Soo. Gue cuma pernah bener2 nonton Uee itu di drama Hogu’s Love, dan menurut gue chemistrynya dia sama lawan mainnya di drama itu kalah jauh daripada dia sama Lee Seo Jin di  Marriage Contract ini. Untuk seorang cewek idol Korsel dengan semua aturan agensi dan kerewelan fans, bisa mendalami akting jadi ibu2 janda anak satu di drama aja udah hebat menurut gue, ini bisa total main lawan aktor kayak Lee Seo Jin, jadi pasangan dewasa (if you know what I mean), gue agak2 kaget aja karena semuanya berasa di luar ekspektasi.

MARRIAGECONTRACT (15)

kaget nih yee~

Sebenarnya ya, adegan2nya gak ada yang kelewatan gimana gitu sih. In my opinion, Yi Suk sama Hong Do di drakor Heart to Heart masih jadi juara soal adegan ranzang standar drama korea (penasaran? nonton makanya!). Tapi emang kayaknya di Marriage Contract ini, Uee sama Lee Seo Jin itu akting ciyumnya gak pake mikir, mentoookkkk gak ada rambu2. Adegan ranzang ada juga meski gak ampe ada yang terlepas. Mereka cuma sayang2an aja di kasor, gak mesyum gimana gitu sih, tapi tindih2an gitu kayak lontoong *ini omongan apa*.

Sumpah deh ya, gue ini ngomongnya udah kayak ibu2 tetangga yang ngabuburit bukannya ngaji malah gosip sambil ngebayang es campur =))

Serius lah, gak mungkin deh gue ngomongin Marriage Contract tanpa menyinggung betapa hebohnya si Uee sama Lee Seo Jin. Efeknya itu sampe mereka sempet digosipin pacaran, eeehhh… gak lama dramanya ending, Uee menyatakan bahwa dia pacaran sama Lee Sang Yoon, aktor juga (mungkin pacarnya rada kesel2 jiper juga kali ya liat Uee reket banget sama Seo Jin). Hancurlah sudah fantasi penonton =)).

Adapun yang sebenernya menurut saya agak disayangkan adalah plotnya yang ke belakang makin fokus sama si Uee dan Lee Seo Jin. Ya emang mereka pemeran utama sih, cuma di awal2 itu sempet ada bumbu plot yang lumayan menarik tentang ibu kandung Ji Hoon tapi ke belakang malah gak terlalu dibahas, terus suami pertama Hye Soo yang udah meninggal juga gak dibahas2 lagi meninggalnya kenapa dan gimana padahal menurut gue lumayan penting buat kedalaman plot. Karena tema utama dramanya emang melodrama, jadinya saya gak banyak komplen soal kisahnya yang emang nguras air mata. Berbeda dari openingnya yang kerasa maksa, endingnya dibuat serealistis mungkin, dan gue suka2 aja, tapi tetep aja berasa ada yang kurang maksimal–entah apa.

MARRIAGECONTRACT (20)

gue harus point out kalau Lee Seo jin di sini nangisnya ampe ngiler

Oh dan keluhan yang paling bikin ilfil, drakor Marriage Contract ini sempet ada titipan iklan kacamata Vedi Vero yang sama sekali gak smooth. Semacam ujug2 mereka pake kacamata item bareng aja gitu. Mana pas adegan penting yang nyampein pesan moral lagi, jadinya udah gak terlalu mengena lagi 😀

MARRIAGECONTRACT (37)

meh

MARRIAGECONTRACT (38)

well, you should, drama bagus2 dirusak iklan kacamata ya harus nyesel lah

Pokoknya, kalau kalian tipe2 orang yang nonton drakor buat cari adegan2 sweet, terus gak keberatan liat plot yang mellow2 gitu, Marriage Contract ini wajib banget kalian tonton. Kabar2in ya kalau udah tahu pesona dimple ahjussi dan kaget2 liat Uee+Lee Seo Jin 😀

Met nonton!

Mandhut.

Advertisements

One thought on “Review Drama Korea : Marriage Contract (2016)

  1. Pingback: Review Drama Korea : Oh Hae Young Again (2016) | Racauan Manda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s