Review Drama Korea : Oh Hae Young Again (2016)

Halo penggemar drama korea sekalian!

Pertama-tama mau minta maaf dulu karena udah lama banget gak bikin postingan review. Udah  hampir 2 bulan belakangan ini saya terpaksa keluar dari comfort zone, jadi banyak yang berubah dan menyita pikiran, sampe-sampe gak sempet mikirin hal lainnya lagi. And yes, itu alasan mengapa beberapa postingan sebelum ini bernada galau.

*terbawa lautan emosi*

Well, berhubung sekarang udah bisa sedikit nyantai *baca : pasrah*. Sudah, sudah mari lanjut ke postingan!

Nah, mungkin udah banyak yang nonton, tapi berhubung dramanya emang bagus, jadi saya tetep mau review. Siapa yang udah nonton Oh Hae Young Again aka Another Oh Hae Young?

OH HAE YOUNG AGAIIINNNNN~ *heboh sendiri*

ohhaeyoung

Sebenernya kalau dibilang sempurna banget sih enggak, ya. Plot, karakterisasi, dan semua-muanya bagus, tapi ada sedikit ganjalan di bagian selipan tema fantasinya dan plot jelang ending. Tapi meskipun begitu, rasanya masih lebih keren dan memorable dibanding drakor lainnya di tahun 2016 ini.

Drama Oh Hae Young Again ini dibintangi oleh Eric Mun (ex. Shinhwa), Seo Hyun Jin (kayaknya drama hits peran utama pertamanya), Kim Ji Seok yang sebenernya gue udah liat sliwar-sliwer berkali-kali di drama lain tapi baru bener2 bikin kepincut, dan Ye Ji Won yang bad ass dan lebih berkesan dari perannya di drama Producer (2015) dulu.

Ceritanya tentang cinta yang rumit berbelit-belit. Temanya rom-com dengan bumbu fantasi yang gak kental, tapi konsisten dari awal sampai akhir. Plotnya unik banget, bikin nyelekat-nyelekit di hati. Berhubung sutradaranya itu yang pernah nanganin Marriage Not Dating juga (dan saya penggemar MND garis keras), jadi harus banget dibandingin, ya : Saya masih lebih suka Marriage Not Dating dibanding Oh Hae Young Again, tapi gak akan mikir dua kali untuk rekomen drama ini ke penggemar rom-com. Nilai dari saya untuk drama ini : 8 dari 10.

Gimana? Udah penasaran? Yuk dibahas sampe ngelotok!

Park Do Kyung (Eric Mun) menyabotase karir seorang entrepreneur muda berbakat bernama Han Tae Jin (Lee Jae Yoon). Dengan cara licik, Do Kyung membuat bisnis pria itu mendadak terjun bebas, para investor menarik dukungan mereka, bahkan Han Tae Jin dijebloskan ke penjara dan terpaksa membatalkan rencana pernikahannya.

Do Kyung melakukan semua itu karena calon yang sedianya akan dinikahi Tae Jin, seorang perempuan bernama Oh Hae Young. Dari sahabatnya, Do Kyung mendapat kabar bahwa Oh Hae Young, mantan tunangannya yang dulu meninggalkan Do Kyung begitu saja di altar, telah menjalin hubungan dengan pria lain dan berniat untuk menikah. Karena tidak terima, Do Kyung pun tak bisa menahan emosi dan melakukan cara kotor untuk membalas dendam pada Oh Hae Young–yaitu dengan cara mengerjai Tae Jin begitu rupa.

Cinta ditolak-Do Kyung bertindak
Cinta ditolak-Do Kyung bertindak

Impas, biar saja hidup Oh Hae Young dan Tae Jin berantakan–begitu Do Kyung meyakini perbuatannya. Namun suatu kejadian menyadarkan Do Kyung bahwa dia telah menghancurkan hidup perempuan bernama Oh Hae Young yang berbeda–bukan Oh Hae Young yang telah mengkhianatinya, bukan Oh Hae Young mantan tunangannya (Jeon Hye Bin). Oh Hae Young (Seo Hyun Jin) yang ini jauh lebih sederhana. Oh Hae Young yang ini begitu bahagia karena akan menikah dengan pria pujaannya, namun terpaksa menelan sakit hati bulat-bulat karena Tae Jin, kekasihnya, mendadak memutuskan hubungan sehari sebelum hari pernikahan mereka. Oh Hae Young yang ini tidak tahu bahwa Tae Jin menghilang karena tak mau calon istrinya kelak menanggung malu. Oh Hae Young yang ini diam-diam merasa bahwa dialah penyebab pupusnya rencana pernikahan tersebut, dan memutuskan untuk berpura-pura kuat di hadapan orang lain–bahkan berbohong bahwa dialah yang membatalkan rencana pernikahan–bukan Tae Jin.

Oh Hae Young yang satu ini tidak tahu bahwa hidupnya baru saja hancur berantakan karena emosi dan keteledoran seorang pria bernama Park Do Kyung. Tinggallah Do Kyung sendiri menanggung rasa bersalah. Rasa itu tumbuh menjadi simpati, dan berkembang menjadi sesuatu yang lebih mengusik hati–perasaan yang tak ingin dia miliki untuk gadis bernama Oh Hae Young–lagi.

Do Kyung di antara 2 Oh Hae Young
Do Kyung di antara 2 Oh Hae Young. Maksud hati mau balas dendam ke Oh Hae Young kanan, apa daya Oh Hae Young kiri yang ketiban sial.

————-

Moral pertama dari cerita ini : kalau mau bales dendam mbokyao yang teliti, jangan ampe idup orang udah ancur lebur, eh taunya salah sasaran.

Tuh denger ya mas Do Kyung, denger ya.

dokyungsinyalbusuk
“Hah apa? Sorry di sini sinyalnya busuk. WA apa LINE aja, deh!”

Lho malah iklan =))

Btw, kalau ada yang bertanya2 : “Apa iya salah orang bisa segitunya?”, kalian gak sendiri, saya juga sempet rada2 sangsi pas awal. Pembelaannya sih begini : kebetulan kedua Oh Hae Young itu (yang diperankan oleh Seo Hyun Jin sama Jeon Hye Bin) bukan cuma namanya doang yang sama, tapi keduanya juga merupakan temen sekelas pas SMA. Jadi sebenernya, Do Kyung bukannya balas dendam gak pake mikir, pas denger ada cewek bernama Oh Hae Young yang mau nikah sama pengusaha namanya Tae Jin, dese juga udah coba ngecek identitas si Oh Hae Young yang dimaksud (bukan dia sih, tepatnya sahabatnya Do Kyung yang ngecek). Do Kyung dan sahabatnya emang gak pernah liat Tae Jin jalan bareng si Oh Hae Young yang mereka kenal, tapi dari cek2 riwayat sama bisik2 tetangga (hahahaha), mereka tau kalau si Oh Hae Young yang katanya mau merit ama Tae Jin itu alumni SMA A kelas B angkatan C blablabla–intinya ya SMA dan kelas dari Oh Hae Young yang mereka kenal, yaitu si mantan tunangan Do Kyung yang kabur pas hari pernikahan.

Jadi sekali lagi, Do Kyung dan sahabatnya emang udah ngecek, sayang aja mereka gak cukup teliti untuk tahu bahwa ada 2 Oh Hae Young yang berada di sekolah, angkatan, dan kelas yang sama.

2 Orang yang gak teliti. Do Kyung dan sahabatnya, Lee Jin Sang (Kim Ji Seok)
2 Orang yang gak teliti. Do Kyung dan sahabatnya, Lee Jin Sang (Kim Ji Seok)

Mungkin kalau mau diumpamakan, nama Oh Hae Young di Korea itu sama nasibnya sama kayak nama Anissa/Nissa di Indonesia kali, ya. Banyak banget yang punya.

Nah, kemiripan nama di antara 2 Oh Hae Young ini jadi makin miris bukan hanya karena keduanya temen satu kelas di SMA, tapi satu sama lain memiliki nasib yang bertolak belakang. Oh Hae Young yang diperankan oleh Jeon Hye Bin digambarkan populer, pintar, tinggi, langsing, cantik, tapi datang dari keluarga yang kurang harmonis, jadinya agak kurang kasih sayang dan insecure pengin disukai semua orang. Sementara Oh Hae Young yang diperankan oleh Seo Hyun Jin itu digambarkan gak sepopuler, pintar, dan secantik Oh Hae Young-nya Jeon Hye Bin. Oh Hae Young yang satu ini pake kacamata dan berpenampilan biasa aja. Diceritakan pas SMA itu Oh Hae Young Biasa menderita banget karena sering kena getahnya Oh Hae Young cantik–pernah didamprat kakak kelas padahal salah orang, pernah dimaki2 cowok kelas sebelah karena dianggap baca-baca surat cinta orang lain, padahal cowoknya yang salah kirim (maunya Oh Hae Young Cantik, suratnya malah mampir ke locker Oh Hae Young Biasa). Tapi meski begitu, Oh Hae Young-nya Hyun Jin punya orang tua yang meski galak dan sederhana tapi selalu hadir dan mendukung kesehariannya dia, jadi somehow Oh Hae Young cantik juga suka ngiri gara2 itu.

Dua Oh Hae Young
2 Oh Hae Young yang selalu dibandingkan satu dan yang lainnya. Oh Hae Young Cantik (kanan) dan Oh Hae Young Biasa (kiri).

Itulah mengapa, saat sejarah di antara dua Oh Hae Young ini terulang lagi di umur mereka yang lebih dewasa, malah sampe ada pernikahan yang batal lagi dan salah satu jadi depresi berat karenanya, Do Kyung yang sedikit-banyak udah pernah denger cerita tentang Oh Hae Young Biasa dari Oh Hae Young Cantik tunangannya (waktu mereka masih pacaran), jadinya makin merasa bersalah. Setelah nantinya Do Kyung terpaksa kenalan sama Oh Hae Young Biasa pun, Do Kyung gak berani jujur bilang bahwa dialah alasan mengapa hidup Oh Hae Young Biasa yang sekarang jadi luluh lantak menyedihkan. Dari situ udah ketebak lah ya bagaimana ceritanya bergulir. Pokoknya nasib memaksa kedua pemeran utama (Do Kyung dan Oh Hae Young Biasa) untuk bareng2, lama2 ya gitu deh… afufufu.

*ditabok*

Oh Hae Young Again
Momen2 afufufu ala drakor : “Permisi, ini bukan kamar mandi, ya?” | “Bukan, tapi kalau mau mandi ya silakan aja.”

Ribet yaaaa? Ya gitu deh. Saya sih pribadi merasa meski ide ceritanya sekilas kerasa rumit njelimet dibuat2, tapi plotnya lumayan fresh dan bikin penasaran. Didukung akting2 pemerannya yang ciamik dan chemistry yang pas, jadi konstan deh bikin deg-degan kupu2 dalam perut penasaran! *lengkap*.

Serius deh, kali ini pun 2 sutradara jebolan Marriage Not Dating (Song Hyun Wook dan Lee Jong Jae) berhasil membawakan drama ini dengan khas romcom konyol mereka. Untuk yang satu ini saya tetep mengakui kehebatannya, bahkan drakor mereka sebelumnya Super Daddy Yeol, biar flop juga elemen romcom gila-nya kentel banget.

Kalau MND punya adegan menceret *disamarkan*, dan SDY punya adegan mabok sambil ngancem orang, di Another Oh Hae Young mereka juga punya adegan konyol paling bikin ngakak sekaligus kasihan. Sayang banget kalau dispoiler, jadi perhatian kepada yang udah nonton adegan gendong2an antara Oh Hae Young Biasa sama Park Do Kyung (hint : Akhir episode 4 dan awal episode 5) monggo komen di bawah ya, saya butuh temen gosip =)) =)).

Adegan Oh Hae Young Again dari akhir eps 4 dan awal eps 5 yang menggemparkan
Adegan Oh Hae Young Again dari akhir eps 4 dan awal eps 5 yang menggemparkan — nonton ya!

Anyway, seperti yang sudah saya ungkapkan di awal2 postingan. Drakor ini tetep menjadi rekomendasi utama saya untuk orang2 yang gemar nonton romcom lucu2 konyol. Semua elemen ala drakor yang kalau dipikir2 cenderung maksa (salah orang, salah nama, tinggalnya jadi sebelahan) masih bisa saya terima karena ketutup banget sama plotnya yang unik, tapi satu hal yang sedikit mengganggu buat saya adalah elemen fantasinya.

[SPOILER ALERT HINDARI WARNA BIRU]

Jadi terlepas dari plotnya yang udah rumit, si Do Kyung ini diceritakan bahwa sejak tahu bahwa dia udah ngancurin hidup Oh Hae Young yang salah, dia mulai dapet ‘penglihatan’–semacam kemampuan buat ngintip masa depan. Jadi random aja gitu, lagi ngapain tau2 setsetset (apa pula ini) dia ngebayangin tampang Oh Hae Young Biasa lagi nangis, lagi nyureng, lagi senyum (padahal belum pernah ketemu atau lihat fotonya). Terus seiring waktu berjalan, si Do Kyung juga mulai bisa lihat nasib dia di masa depan, yaitu Do Kyung bakal ditabrak mobil sama Tae Jin (si calon suami Oh Hae Young Biasa yang masuk penjara gara2 Do Kyung).

Kayaknya, scriptwriternya sengaja masukin elemen fantasi ini buat nambahin plot dramatis menuju akhir, terus biar Do Kyung mau jujur aja sama perasaannya (karena dia tau dia mau metong). Tapi serius deh, sebenernya gak perlu digituin juga udah bagus, kok. Kalau gini jadinya malah kerasa cheesy.

Tae Jin Miris
salah satu adegan memorable : Pas Tae Jin tau kalau Oh Hae Young Biasa jatuh cinta sama Do Kyung yang udah menyabotase bisnisnya. Tae Jin gondok, udah bisnis hancur, masuk penjara, mantan pacarnya direbut orang yang udah melakukan itu semua ke dia.

Ngomong2 soal cheesy, tipikal drakor jaman sekarang, jelang ending, dua pemeran utama juga mulai kerasa makin gombal ampun2an. Puncaknya yang bikin saya agak ilfil adalah pas si Oh Hae Young Biasa ngerengek2 minta orangtuanya ijinin dia tinggal bareng sama Do Kyung (padahal belum nikah–sudahlah), tapi dia mau kedua orang tuanya ngomong jelas ke Do Kyung (sambil senyum! -catet) bahwa mereka merestui, karena kalau enggak, Do Kyung gak bakal mau dan ujung2nya bakal anter si Oh Hae Young Biasa pulang lagi ke rumah ortunya.

Oh Hae Young maksa
Oh Hae Young maksa

Iya sih, ini juga masih ada sebab-akibat sama Do Kyung yang katanya mau metong (dan akhirnya Hae Young Biasa tau dan percaya soal itu). Tapi ya plis deh Mba, mintanya gak kira2. Udah lo maksa minta restu, lo minta anter, lo suruh ngomongnya sambil senyum. Sosiopat amat.

[SPOILER END]

Drama ini memang gak sempurna, tapi saya puas banget melihat semuanya–puas ketawanya, puas kupu2 dalam perutnya. Duet Eric Mun dan Seo Hyun Jin surprisingly cocok, sampai2 saya mikir kalau Seo Hyun Jin sama Eric Mun eksis di tahun 60-an dan asalnya dari salah satu desa di Jawa, gue rasa pas pulang kampung penduduk pada demo nuntut mereka nikah–saking mendalaminya itu berdua. Agak mirip2 lah parahnya sama chemistry pemeran utama di drama Marriage Contract. Tapi meski gitu, sebenernya gue lebih suka sama second lead couplenya, sih (as usual, agak anti-mainstream), yaitu pasangan nuna-dongsaeng antara Lee Jin Sang (sahabat Do Kyung yang diperankan sama Lee Jin Seok) sama Park Soo Kyung (Ye Ji Won) kakak perempuan Do Kyung. Gara2 ini saya juga jadi agak ngefans sama Lee Jin Seok, jadi bertanya2 kapan drakor dengan dia sebagai lead male-nya.

Cute Jin Sang - Soo Kyung from Oh Hae Young again
Cute Jin Sang – Soo Kyung from Oh Hae Young again

Hal lain yang saya suka adalah, drama ini banyak memperlihatkan tokoh2 perempuan yang meski rapuh in the inside, tapi menyikapi hidup dengan jujur dan kadang–penuh humor. Beberapa gaya dan quotenya bener2 menggambarkan hidup dan fantasi saya sehari2 dan somehow bikin ketawa2 sendiri.

Best Oh Hae Young quote
Best Oh Hae Young quote

 

Soo Kyung bad ass
Soo Kyung bad ass

I don’t know if it’s just me atau memang sewajarnya cewek seumuran saya berpikir begini. Yang di atas itu tipikal hari saya, nyumpahin banyak orang dalam hati (tapi tetep berusaha senyum) dan berimajinasi saya lagi nyekek seseorang (kalo kesel, spesifik kayak gitu, injek leher orang pake kaki) atau make a cool move saat busway ngerem mendadak. =)) =))

Oh satu lagi, saya lumayan suka sama eksplorasi karirnya. Kerjaan Oh Hae Young dan yang lain gak terlalu dibahas sampe abis, tapi di sini kerjaan Do Kyung sebagai Sound Director diulas sangat detail dan cocok untuk karakternya yang emang digambarkan introvert dan perfeksionis. Buat yang tertarik dengan karir di bidang sound engineering (bener gak sih?), nonton deh.

ohhaeyoung_2

Bottom line, Oh Hae Young again cocok ditonton untuk semua penggemar romcom dewasa. Dewasanya ditekankan ya, karena seperti yang sudah saya ulas di atas, memang cara pikir, scene2 romance, dan galau2nya lebih bisa relate untuk cewek2 usia dewasa (terutama yang berkarir) :D. Selama kalian gak keberatan sama sedikit elemen fantasinya, Oh Hae Young akan sangat menghibur dan memorable 😉

Selamat menonton dan ditunggu komentarnya!

*coba latihan kaki biar bisa kayak Soo Kyung*

Mandhut.

PS : Biar makin gemes pengen nonton, nih saya kasih foto imut2 Do Kyung sama Oh Hae Young di cover ost-nya 😀

cover

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s