Rekomendasi Drama Korea 2016

Rekomendasi Drama Korea 2016
Rekomendasi Drama Korea 2016

Buat yang masih menunggu, maaf beribu maaf baru bisa posting lagi. Akhirnya setelah berjuang kejar setoran nonton drakor yang sempet vakum nonton sejak Agustus 2016 (karena satu dan lain hal, nanti diapdet mengapa di postingan berikutnya) saya bisa bikin postingan Rekomendasi Drama Korea 2016. Itu juga pake was2 karena ada beberapa drakor yang kata orang bagus, tapi saya nonton 2 eps awal kok ilfil ya, ada juga yang katanya bagus tapi belum sempet nonton lengkap baru sliwatan doang, ada juga yang saya suka tone episod awalnya tapi kok rating keseluruhannya jelek banget jadi rada was2 entar kalau diterusin ampe tamat ilfil lagi, apa mending pindah drakor lain aja, ya?

*galau moment*

Tapi akhirnya yaudah sih, selera kan masing2. Daripada harus tunggu bulan depan lagi (basi! mading udah terbit), saya coba percaya aja sama penilaian saya sendiri. Semoga postingan rekomendasi drama korea kali ini pun membantu untuk jiwa-jiwa butuh hiburan yang butuh lari sejenak dari kenyataan bersama oppa2 ganteng kayak yang posternya saya pajang seenaknya di atas =)) *curcol

Eh tapi sebenernya yang kanan bawah cenderung manis sih bukan ganteng *pilih kasih

Tanpa berlama2 lagi, monggo dicek drama korea favorit versi Mandhut dan list drama korea lainnya :

Drama Korea Favorit 2016 (versi Mandhut) :

Berikut ini adalah drama2 korea yang mungkin gak sempurna (karena memang gak akan ada drama korea yang sempurna – quote by Mandhut), tapi memorable dan paling bikin saya betah nonton tanpa perlu dicepet2in.

Penting kan tuh? Nonton tanpa perlu dicepet2in :))

[SATU] Signal

3 Pemeran Utama Signal (2016)
3 Pemeran Utama Signal (2016)

Ini kayaknya emang gak perlu dipertanyakan lagi, sih. Dramanya muncul di awal tahun 2016 dan dari situ saya juga udah langsung mikir “ini kayaknya bakal jadi rekomendasi nomor 1, deh.”, susah banget nandinginnya. Drama besutan TvN ini bergenre crime, mystery, police-story, dan sedikit fantasy. Ceritanya serius, bikin mikir, bikin mewek, ngeri2 sedap juga, tapi yang utama sih bikin ketagihan. Biasanya saya suka ilfil sama drama korea bertipe crime karena pemerannya suka sok keren sendiri (nantangin geng berantem 1 lawan banyak padahal ada temennya — gitu2 deh), tapi ini enggak sama sekali, saya bahkan berani bilang, ini drama korea bertema crime terbaik yang pernah saya tonton (so far). Gandrungnya hampir mirip sama kegilaan saya akan Marriage Not Dating (belum move on) yang sampai hari ini masih jadi drakor romcom terbaik versi Mandhut.

Bagi penggemar drakor yang agak bosen sama romcom, butuh drakor yang agak maskulin biar significant othernya mau ikut nonton (hahahah), atau pengin drama yang bikin agak2 mikir sesudahnya, monggo dicicip, worth it banget ini.

 

[DUA] Cheese in the Trap

Cheese in the Trap (2016)
Cheese in the Trap (2016)

Meskipun drama yang diangkat dari webtoon ini sempat mengundang kontroversi karena perdebatan sengit antara fans, pengarang webtoon-nya, dan pihak produksi dramanya, yang mana mengakibatkan beberapa episod sebelum ending jadi melempem bak kerupuk yg plastiknya lupa ditutup abis makan (*sigh). Buat gue, Cheese in the Trap tetap di hati. Mainly karena pesan moralnya yang berasa sangat real dan mengena, juga karena karakter2nya yang gak pernah bener2 baik dan jahat.

Drama Cheese in the Trap menyinggung tentang realitas di dunia kuliah. Tentang interaksi antar karakter di sana : siapa yang berkuasa, siapa yang tersingkir, siapa yang bertahan, siapa yang memanfaatkan, dan siapa yang dimanfaatkan. Semua karakternya nyebelin, bahkan pemeran utamanya aja kadang buat saya geregetan, but at the same time buat kita jadi ngaca juga sih.

Gak ada karakter yang bener2 baik di Cheese in the Trap (2016)
Gak ada karakter yang bener2 baik di Cheese in the Trap (2016)

Meski Cheese in the Trap sempat kehilangan fokus dan keliatan banget cari amannya di episode2 akhir (karena skandal protes dari fans dan penulisnya itu), dan membuat saya bener2 gak puas karena ada satu karakter yang udah dibangun sedemikian rupa tapi yaudah gitu aja endingnya (meh), tapi meskipun begitu, drama ini berhasil menutup episode terakhir mereka dengan pesan moral yang cukup bikin mikir lamaa banget.

Recommended, terutama buat kamu2 yang bentar lagi masuk kuliah, lagi kuliah, atau bentar lagi masuk kerja. Pemerannya pun mayan ganteng2 hehehehe. Monggo ditonton!

 

[TIGA] Memory

Memory(2016)
Memory(2016)

Alasan pertama gue nonton drakor ini karena kangen sama tokoh Park Tae Suk (diperankan oleh Lee Sung Min) di drama Misaeng. Alasan kedua karena tema dan keywordnya yang udah menjanjikan bakal bikin mewek : melodrama tentang penderita Alzheimer.

Early warning, drama ini bener2 mellow dan serius banget. Tonenya juga sedih, sendu. Sepanjang cerita harapan timbul tenggelam (seringan kelelep), dan begitu terus ampe ending. Jadi nontonlah saat kalian emang pengen nangis. Karena percayalah, susah banget buat gak nangis.

Hal lain yang buat gue kagum sama drama ini (selain akting Park Tae Suk tentunya), adalah kemampuan script dan sinematografinya untuk buat penonton ikut2an lupa bersama Tae Suk. Ada beberapa momen dimana fakta A misalnya dikasih tau ke penonton sambil lalu, terus ya gak dibahas2 lagi gitu, sampe akhirnya pas Tae Suk inget, gue sebagai penonton juga ikutan ngebatin : “Lho? OH IYA YA”. Gaktau deh apa emang guenya yang pelupa aja (kalo ada yang merasakan hal yang sama mohon tinggalkan komen), tapi berhubung ini ceritanya tentang Alzheimer, ini membantu banget buat gue jadi makin KRENYES DI HATI, karena aku sedih aja ngerasain ketidakberdayaan Park Tae Suk.

HUAAAAAA~ *nangis lagi

[EMPAT] Oh Hae Young Again

Oh Hae Young Again (2016)
Oh Hae Young Again (2016)

Endingnya gak sebagus yang diharapkan, pasangannya berakhir cheesy dan elemen fantasinya ngilfilin. Tapi meskipun begitu, akting dan chemistry pemerannya mengingatkan saya akan gilanya Marriage Not Dating (emang sutradaranya sama sih, so no wonder), dan yang kali ini gak flop2 amat lah (ingat Super Daddy Yeol?), buktinya saya demen, meski saya masih lebih suka MND sih πŸ˜› *fans MND garis keras.

Drama ini diperankan oleh duet Eric Mun (ex.Shinhwa) dan artis baru naik daun Seo Hyun Jin. Ceritanya bertema romantic comedy, dengan sedikit fantasi (yang sebenernya gak perlu karena ngilfilin). Yang bikin ceritanya memorable adalah romcom yang ini jokesnya gak main2 konyolnya, sarapnya mentok dan menurut gue ya romcom emang harus gitu, antara sarap kelewatan atau gak usah sama sekali lah. Dan ini drama masuk ke kategori yang pertama :).

Ceritanya agak cheesy — bukan berarti jelek ya, karena penonton drakor pengejar romcom pada umumnya emang butuh PDA dan gombal2 bikin baper gitu (NGAKU!), tapi kalau gue pribadi sih suka agak geli2 gimana gitu nontonnya. Berhubung aku sudah telanjur jatuh hati sama karakternya aja makanya tetep ditonton ampe abis dan masih menduduki peringkat empat dalam ranking drama favorit πŸ˜€

Drama ini cocok untuk kamu2 penggemar romcom. Pemain2nya juga ganteng2 kok, ada Eric Mun dan sahabatnya juga not bad ;).

[LIMA] Age of Youth

age-of-youth-full-65763

Jadi salah satu alasan kenapa gue sempet lama banget ngeluarin rekomen drakor 2016, karena gue merasa kandidat favorit gue masih kurang 1. Gue mah anaknya realistis aja ya, mata cuma dua, badan cuma satu, berat lagi *lah kok curhat*, gak akan mungkin gue nonton semua drakor yang ada, jadi kalau ilfil ya tinggalkan danΒ  begitu udah dapet 5-7 drakor yang worth it (along with alasannya kenapa) ya langsung buat aja lah ya rekomennya. Nah, akhir tahun itu gue udah dapet kandidat drakor favorit sampe Oh Hae Young Again, tapi kandidat kelima masih agak kurang sreg *perfeksionis*. Dan berhubung emang gue sempet vakum nonton dari bulan Agustus 2016, jadi emang ada sedikit ganjalan : “jangan2 ada drakor yang bagus di luar sana tapi gue belum tahu karena BELUM NONTON?”

Jadi yaudah, selama 2 bulan ini gue ngumpulin drakor2 yang sempet ga tertangkap radar, yang direkomen orang2, dll dsb dan diusahain nontonin satu2. Mulai dari Bring it On, Ghost (nope, nontonnya dicepet2in), W Two Worlds (hemmm), Moon Lovers (okeee tapii), Moonlight Drawn by Clouds (bagus kok tapii), Jealousy Incarnate (gagal paham, lucunya dimana? 1 eps awal gue udah capek), The K2 (eps awal udah kesel liat Yoona lari2 pake daster kedodoran) — semua gue lahap. Tapi tetep aja, masih ada yang ganjel. Sampe akhirnya gue nyerah, udah mau pilih satu yang paling mendingan aja lah, tapi terus mulai cari2 drakor favorit orang dan ada satu website yang rekomen drakor Age of Youth dari stasiun JTBC.

Jujur, gue sebenernya udah pernah denger drakor Age of Youth, tapi gue skip karena kayaknya masih ada yang lebih menarik. Tapi kata si web sumber yang gak gue sebutkan itu, drakornya lumayan bagus. Jadi yaudah gue tonton, dan ternyata emang surprisingly good. Terutama buat yang selama idup pernah ngekos, cobain nonton ini deh. Relatable banget T-T.

han-seung-yeon-age-of-youth
5 Karakter Age of Youth yang cantik2 πŸ˜€

Ceritanya tentang 5 cewek muda teman kos yang karakternya berbeda2. Ada yang pendiam, ada yang centil suka dandan, ada yang seksi — pacarnya banyak, ada yang harus banting-tulang cari uang sambil kuliah, dan ada yang horneh *disamarkan, I’m not kidding about this*. Semua punya rahasia, semua punya masalah masing2. Tapi yang paling bikin gue suka adalah bagaimana scriptwriternya bener2 kasi liat perbedaan 5 karakter tersebut dalam menyikapi hidup mereka.

Meski cuma 12 episod (dan gue curiga dipotong karena ada beberapa plot yang berasa ga dilanjutin) dan ada beberapa cerita yang mendadak kerasa lebay di akhir, tapi gue lumayan puas nontonnya. Bakal dibahas lebih lanjut di review terpisah (kalo sempet) πŸ˜‰

————

Honorable Mention :

Drama2 yang gak masuk ke 5 favorit versi gue tapi masih akan gue rekomendasikan ke orang lain (kalau ada yang nanya) :

Permisi abang ganteng mau liwat - Descendants of the Sun (2016)
Permisi abang ganteng mau liwat – Descendants of the Sun (2016)
  1. Descendants of the Sun – ceritanya bagus, pesan moralnya dapet, tapi ada beberapa momen dimana gue berasa Song Joong Ki-nya sok keren dan aku ilfil, Mak. Maafkeun. Gue juga gak merasa Joong Ki dan Hae Kyo fits each other. Just sayin’ πŸ˜›
  2. Moonlight Drawn by Clouds – Jadi waktu itu lagi mikir masa gak ada drakor favorit tema sageuk/historical, sih? Cari2 dan ketemulah review drama ini. Berhubung yang main itu Park Bo Gum kesayangan yang main jadi Choi Taek di Reply Me 1988 *kyaa* jadi ya ditonton aja. Ceritanya sekilas kerasa tipikal tapi gak terlalu : cewek nyamar jadi kasim istana :)). Sebenernya ceritanya lumayan lucu, awalnya gue lumayan suka, tapi sayang banget bagian yang paling bikin gue penasaran malah gak dieksplor : fakta bahwa putra mahkota (Bo Gum) jatuh cinta sama kasim dan gimana dia menyikapinya. Cari aman nih drakornya T-T. Tapi karakter2nya kocak sih, terutama putra mahkotanya yang agak bandel, ngeselin, tapi gak terlalu maksain diri jadi berandalan :D.
  3. Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo – kalau gak keberatan liat cowok2 ganteng namun pake cepol ubun2 dan pake rok, nontonlah drama ini. Drama sageuk/historical yang satu ini bertabur bintang2 ganteng, sejuklah sejauh mata memandang. Gue lumayan amaze sama ceritanya yang gak ragu2 menjabarkan untuk semirip mungkin dengan nasib tokoh historis aslinya, tapi di saat yang sama gak ragu juga buat ngasi improvisasi2 sejarah. Kisah cintanya rata2 tragis, endingnya pun apaan banget, tapi sudahlah. Ceritanya hangat di beberapa bagian dan cukup menghibur πŸ˜€
  4. Goblin – Hypenya gila2an, udah sempet nonton 2 eps awal dan suka sama karakter2nya, tapi belum sempet diabisin. Tapi gue rekomen banget deh, karena karakternya rata2 quirky dan gue selalu lemah sama karakter2 aneh macam Yoo In Na di drama itu serta si grim reaper :D. Bonus : pemainnya rata2 ganteng/cantik semua πŸ˜€
  5. W Two Worlds – Alasan pertama : pemeran utama perempuannya cantik yes, ngeselin banget ya kamu Han Hyo Joo. Alasan kedua : ini tentang fantasi sebuah komik/illustrasi webtoon yang tokohnya jadi nyata. Gue lemah selemah2nya iman sama plot yang melibatkan illustrasi, cerita, gambar, apa pun (Perahu Kertas itu contoh Kryptonite gue), apalagi kalau jadi nyata. Ahahaha. Ceritanya awal2 mayan oke sih. Gue lumayan terbawa lautan emosi. Tapi ya itu terus2nya udah tinggal suruh nontonin pemerannya pacaran dan nangis2an aja, aku capek kak. =)) Tapi masih recommended sih, terutama buat yang kerjaan dan hobinya berhubungan dengan seni lukis, apalagi komik :D.

Drama Korea yang Paling Diantisipasi di 2016 :

Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (2016) : Sejauh mata memandang, ganteng semua!
Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (2016) : Sejauh mata memandang, ganteng semua!
  1. The Legend of the Blue Sea Jun Ji Hyun jadi mermaid dipasangin sama Lee Min Ho jadi tukang tipu
  2. Goblin – ada Lee Dong Wook, Yook Sung Jae dan Gong Yoo dalam satu drama. Maka nikmat mana yang kamu dustakan.
  3. Jealousy Incarnate – Gong Hyo Jin dan Jo Jung Suk yang digadang2 jadi duet romcom terbaik. Tapi gue ilfil di eps pertama. Terlalu banyak karakter yang berasa tipikal, dan chemistry pemeran utamanya gak jelas gimana. Ada yang bisa jelaskan bagusnya dimana?
  4. Descendants of the Sun – Song Hae Kyo jadi dokter mandiri yang rada2 galak. Song Joong Ki jadi tentara berotot bad ass bermuka imut. Ada mas Jin Goo juga yang gantengnya bikin ati krenyes2. Nontonlah πŸ˜‰
  5. Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo – Cowok ganteng bertaburan bagai permen. Permen jadul, tapi masih permen. πŸ˜€

Β Drama Korea dengan Ide Plot paling oke (Versi Mandhut) :

Entourage versi Korsel!
Entourage versi Korsel!
  1. Signal – no need to ask. Gue gak biased. ini bagus.
  2. W Two Worlds – yang ini kayaknya agak biased, tapi sudahlah aku bisa relate banget dan aku belum move on meski endingnya kusuuut.
  3. Pied Piper – Tentang divisi kepolisian korea yang menangani terorism. Untuk ukuran drakor lumayan bagus. πŸ˜‰
  4. Entourage – Tentang kenyataan dunia entertainment korea. Franchise dari serial berjudul sama dari Hollywood sana. Meski ratingnya jelek, gue lumayan suka sih tone2 awalnya. Belum sempet nerusin lagi tapi nanti dipantengin lah kalo sempet.
  5. Weightlifting Fairy Kim Book Joo – Diangkat dari kisah nyata, bercerita tentang persahabatan dan cinta di dunia olahraga : weighlifting, renang, dan senam indah πŸ˜€

———–

Berikut adalah list beberapa drama korea tahun 2016 berdasar genre :

Drama korea bertema Romantic Comedy :

  • Oh Hae Young Again
  • One More Happy Ending
  • Weightlifting Fairy Kim Book Joo
  • Lucky Romance
  • Shopping King Louie
  • My Beautiful Gong Shim
  • Jealousy Incarnate
  • Come Back Mister
  • Ms Temper & Nam Jung Gi
  • My Little Baby
  • The Legend of the Blue Sea
Jealousy Incarnate (2016) yang katanya lucu banget
Jealousy Incarnate (2016) drakor romcom yang katanya lucu banget

Drama korea bertema kuliner :

  • Master : God of Noodles
  • Drinking Solo
  • Marriage Contract

Drama bertema remaja/kuliah :

  • Cheese in the Trap
  • Moorim School
  • Age of Youth
  • Bring It On, Ghost
  • Page Turner
  • Weightlifting Fairy Kim Book Joo
  • Solomon’s Perjury

Drama korea bertema melodrama :

  • Memory
  • Oh My Geum Bi
  • Marriage Contract
  • Remember : War of the Son
  • Master : God of Noodles
  • Night Light
  • Goodbye Mr. Black
Marriage Contract (2016) yang lumayan bikin sengguk2
Marriage Contract (2016) yang lumayan bikin sengguk2

Drama korea bertema keluarga :

  • Marriage Contract
  • Memory
  • Oh My Geum Bi
  • Dear My Friends
  • My Little Baby
  • Jealousy Incarnate
  • The Man Living in Our House

Drama bertema work-life :

  • Gogh, The Starry Night
  • Ms. Temper & Nam Jung Gi

Drama korea bertema psikologi :

  • Madame Antoine
  • Signal
  • Pied Piper
  • Cheese in the Trap

Drama Korea bertema Relationship / Marriage :

  • Marriage Contract
  • On The Way to the Airport
  • My Wife’s Having and Affair This Weekend
  • One More Happy Ending
  • Second to Last Love
One More Happy Ending (2016) bercerita tentang status pernikahan 4 wanita :D
One More Happy Ending (2016) bercerita tentang status pernikahan 4 wanita πŸ˜€

Drama korea bertema action/crime/police/spy :

  • Neighborhood Hero
  • Signal
  • Pied Piper
  • Mrs. Cop 2
  • Vampire Detective
  • The K2
  • Neighborhood Hero

Drama korea bertema Legal / Hukum / Politic / Finance :

  • Memory
  • The K2
  • Night Light
  • Solomon’s Perjury
  • The Good Wife
  • My Beautiful Gong Shim
  • Woman with a Suitcase
  • Neighborhood Lawyer Jo Deul Ho

Drama korea bertema Sageuk / historical :

  • Moonlight Drawn by Clouds
  • Six Flying Dragons
  • Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo
  • Jackpot
  • Mirror of the Witch

Drama korea yang diangkat dari webtoon/Novel :

  • Cheese in a Trap
  • Moonlight Drawn by Clouds
  • Imaginary Cat
  • Cinderella & Four Knight
  • Neighborhood Lawyer, Jo Deul Ho
  • Bring it On, Ghost
  • Master : God of Noodles
Moonlight Drawn by Clouds (2016), tokoh putra mahkota sageuk Korsel pertama yang bener2 bikin jatuh cinta
Moonlight Drawn by Clouds (2016), tokoh putra mahkota sageuk Korsel pertama yang bener2 bikin jatuh cinta luar dalam. Park Bo Gum (kiri) aku padamuuuu~

Drama korea bertema misteri/thriller/suspense :

  • Signal
  • Pied Piper
  • Babysitter
  • Beautiful Mind
  • Remember : War of the Son
  • Come Back Mister
  • Wanted

Drama korea bertema medis :

  • Beautiful Mind
  • Descendants of the Sun
  • Doctor Crush
  • Romantic Doctor

Drama Korea bertema entertainment :

  • Entourage
  • Entertainer
  • Fantastic Romance
  • Uncontrollably Fond
  • Jealousy Incarnate
  • After the Show Ends

Drama korea bertema supernatural :

  • Come Back Mister
  • Vampire Detective
  • Bring it On, Ghost
  • Beautiful Gong Shim
My Beautiful Gong-Shim (2016) ada Nam Goong Min!
My Beautiful Gong-Shim (2016) ada Nam Goong Min!

Drama korea bertema fantasi :

  • Imaginary Cat
  • Signal
  • W Two Worlds
  • Mirror of the Witch
  • Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo
  • Moorim School
  • Legend of the Blue Sea

Drama korea bertema unik lainnya :

  • Weighlifting Fairy Kim Bok Joo – > sports
  • Descendants of the Sun -> army
Weightlifting Fairy Kim Book Joo (2016)
Weightlifting Fairy Kim Book Joo (2016)

 

Semoga rekomendasinya membantu dan ditunggu komentar2nya πŸ™‚

Met nonton!

Mandhut.

 

Leave a Reply

