Penjurusan di SMA

Judulnya bikin kabur ya, ibu2 bapak2?

Berhubung saya punya ponakan remaja 2 SMP, jadi kemaren2 ini sempet ada obrolan bareng kakak saya soal perihal entar si ponakan pas SMA boleh masuk IPS apa harus masuk IPA (tau2 masuknya bahasa, jeder!). Si anak sih merasa gak suka eksak, jadi mau IPS aja, atau Bahasa, tapi kakak saya mau anaknya masuk IPA, karena menurut dia anaknya itu eksak banget.

*garuk2 bingung*

Terus tiba2 si ponakan nyeletuk, kalau katanya kurikulum 2013 ini, ada gosip2 kalau sistemnya udah beda, penjurusannya sejak kelas 1 SMA. Gak kayak pas jaman saya (2001-2004), yang penjurusan pas kelas 3 SMA, atau jaman adek saya si kempeso (sekitar 2007an, lupa), penjurusan pas kelas 2 SMA.

Continue reading →

Advertisements